5 Pinjaman KTA untuk Usaha Ikan Cupang dengan Sistem Cicilan Ringan

Tertarik berbisnis ikan cupang tapi gak punya modalnya? Tenang! Dengan pilihan pinjaman KTA untuk usaha ikan cupang ini, kamu dapat mewujudkan impian berbisnismu. Yuk, dicek!

Peluang Usaha Ikan Cupang, Menjanjikankah?

Belakangan, tren ikan cupang kembali populer di kalangan masyarakat. Bukan cuma untuk dipelihara, ikan bernama latin Betta Sp ini, juga dibudidayakan karena peluang usahanya yang menggiurkan.

Betapa tidak, dengan animo masyarakat yang tinggi, bisnis ikan cupang menjadi dunia percuanan segar bagi mereka yang menggelutinya. Pasalnya, orang-orang membeli cupang selain untuk dipelihara, juga diikutkan kontes.

Dari kontes itulah, mereka bisa paham akan kualitas maupun harga dari ikan-ikan cupang yang diadu. Bahkan, tak jarang ada yang menyertakan cupang bernilai jutaan rupiah untuk mengikuti kontes.

Ikan cupang yang bernilai jutaan rupiah ini selalu memikat hati penggemarnya. Mereka rela merogoh kocek dalam hanya untuk membeli ikan air tawar tersebut.

Nah, dari fenomena itulah, kita bisa tahu bahwa bisnis ikan cupang cukup menjanjikan.

Apalagi beberapa informasi yang beredar di internet, mengatakan jika pebisnis ikan cupang bisa mendapatkan keuntungan hingga Rp300 juta. Gimana, tertarik untuk mencobanya?

Perkiraan Modal Usaha Ikan Cupang

Mengutip laman Finance Detik, dari penuturan pegiat ikan cupang, Septian Dwi Suryana, ikan cupang sendiri memiliki tiga kelas yang berbeda, yaitu kelas bawah, menengah, dan atas.

Untuk kelas bawah, kira-kira modal yang diperlukan sekitar Rp500 ribu sampai Rp1 juta. Modalnya digunakan untuk membeli indukan, pakanan, serta bak pembesaran.

Sementara untuk kelas menengah dan atas, modalnya mungkin bisa mencapai Rp15 jutaan ke atas. Kenapa mahal? Sebab, yang paling utama dari usaha ikan cupang adalah pembelian indukannya. Indukan berkualitas tentu saja akan menghasikan anakan yang bagus pula.

Malahan, kalau berani mengambil indukan premium, kemungkinan modal kembali lebih besar, dengan catatan jika pebisnis memang paham mengenai dunia ikan cupang.

(Baca Juga: 6 Cara Menentukan Nama Merk Dagang)

Pinjaman KTA untuk Usaha Ikan Cupang

Apabila kamu berminat untuk usaha ikan cupang dan memang memahami seluk beluk tentang ikan tersebut, enggak ada salahnya kok untuk mencoba bisnis ikan cupang.

Namun, bagaimana dengan modalnya?

Tenang, jika modal yang menjadi hambatan terbesar, mungkin beberapa pilihan pinjaman KTA untuk usaha ikan cupang ini, bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu.

1. Modalku

Pilihan pinjaman KTA untuk usaha ikan cupang yang CekAja rekomendasikan pertama adalah Modalku.

Platform ini memang secara khusus ditujukan bagi usaha kecil dan menengah yang membutuhkan modal usaha.

Namun, lebih baik kamu menggunakan layanan Modalku ini jika memiliki penghasilan lain, diluar dari usaha ikan cupang yang akan digeluti.

Menyoal bunganya, Modalku menetapkan besaran bunganya sekitar 2 persen per bulan atau 24 persen per tahun, dengan masa tenor pinjaman yang fleksibel.

Pinjaman tanpa agunan di Modalku terdiri dari 3 produk, yakni Modalku Virtual Credit, Modal Kwan Mikro, dan Invoice Financing.

Untuk Modalku Virtual Credit, kamu dapat mengajukan pinjaman sampai Rp500 juta dengan tenor mulai dari 15-30 hari. Biaya yang dikenakan pada produk ini hanya pada limit yang terpakai.

Sedangkan untuk Modal Kawan Mikro, pinjaman diberikan khusus untuk pengusaha online dan offline, dengan limit hingga Rp250 juta serta masa tenor mulai dari 3-12 bulan.

Beda lagi dengan produk Invoice Financing. Pinjaman ini diklaim dapat menjadi solusi arus kas bagi bisnis dengan penawaran berupa proses singkat, pengajuan pinjaman hingga Rp2 miliar, serta tenor mulai dari 15-90 hari.

Syarat Apply Modalku

  • Punya bisnis online maupun offline yang telah berjalan selama 6 bulan
  • Berdomisili bisnis di wilayah Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya
  • Memiliki pendapatan bulanan mulai dari Rp6 juta
  • Bukan pebisnis yang berjualan dengan sistem reseller ataupun dropshipper

Dokumen Apply Modalku

  • Menyertakan KTP
  • Menyertakan rekening koran selama 3 bulan terakhir
  • Menyertakan KTP pemilik usaha, akta perubahan terbaru, dan rekening koran, apabila usaha sudah dalam bentuk PT ataupun CV

2. PermataKTA

Pinjaman KTA untuk usaha ikan cupang lainnya yang mungkin bisa kamu coba adalah dari Permata Bank. Di sini, Permata Bank menyertakan pinjaman hingga Rp300 juta, dengan pilihan tenor fleksibel sampai 5 tahun.

Besaran angsurannya tidak akan mengalami perubahan hingga akhir pinjaman, di mana untuk suku bunganya termasuk yang rendah dan kompetitif.

Sementara untuk proses pengajuannya, kamu dapat apply secara online kapan saja dan di mana saja, hanya dengan menyertakan e-KTP serta NPWP jika pengajuan pinjaman di atas Rp50 juta.

Syarat Apply PermataKTA

  • Warga Negara Indonesia yang memiliki e-KTP dan NPWP
  • Usia minimum pengajuan 21 tahun dan maksimum 65 tahun saat pelunasan kredit
  • Berpenghasilan tetap minimum Rp3 juta per bulan
  • Berdomisili di area pemasaran PermataKTA

(Baca Juga: 14 Strategi Instagram Marketing Terbaik)

3. KTA Standard Chartered

Rekomendasi pinjaman KTA untuk usaha ikan cupang berikutnya adalah pinjaman Standard Chartered. Bank multinasional ini menghadirkan produk pinjaman dengan limit beragam, mulai dari Rp5 juta hingga Rp300 juta.

Suku bunganya juga termasuk ringan, yakni sekitar 0,65 persen per bulan dengan masa tenor sampai 5 tahun lamanya. Unggulnya lagi, proses pengajuan KTA Standard Chartered cuma 3-5 hari setelah nasabah menyertakan dokumen yang diminta.

Syarat Apply KTA Standard Chartered

  • Usia pengajuan minimum 21 tahun dan maksimum 60 tahun
  • WNI dengan menyertakan fotokopi KTP
  • Wajib memiliki pendapatan tetap minimal Rp8 juta per bulan
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya

Dokumen Apply KTA Standard Chartered

  • Fotokopi KTP
  • NPWP untuk pengajuan pinjaman lebih dari Rp50 juta
  • Menyertakan kartu kredit utama beserta fotokopinya dengan limit minimal Rp12 juta dengan masa keanggotaan lebih dari satu tahun
  • Fotokopi sampul buku tabungan
  • Fotokopi SIUP/SITU serta Perizinan dan Akta Pendirian Perusahaan

4. Indodana

Tak hanya menawarkan layanan PayLater, Indodana juga menyediakan pinjaman tanpa agunan yang bisa kamu gunakan untuk modal usaha ikan cupang.

Limit yang diberikan mulai dari Rp1 juta sampai Rp8juta, dengan tenor paling lama 6 bulan.

Pengajuannya juga gak ribet, bahkan hanya bermodalkan ponsel, dan dokumen penunjang seperti KTP, NPWP, serta akun internet banking atau BPJS pribadi.

Untuk pembayaran tepat waktu, kamu bakal mendapat reward dari Indodana berupa uang yang akan diberikan saat waktu pinjaman berakhir.

Syarat Apply Indodana

  • WNI dengan memiliki KTP aktif
  • Berusia 17 hingga 55 tahun
  • Berpenghasilan minimum Rp3,5 juta per bulan
  • Informasi data diri yang diberikan harus benar, akurat, serta lengkap
  • Membayar cicilan tepat waktu setiap 30 hari sesuai tanggal peminjaman
  • Suku bunga dihitung dengan metode anuitas maksimum 8 persen per bulan

Dokumen Apply Indodana

  • Foto KTP
  • Foto selfie bersama KTP
  • NPWP
  • Akun internet banking atau BPJS atas nama pribadi

5. KTA Digibank

Pinjaman KTA untuk usaha ikan cupang yang terakhir CekAja rekomendasikan adalah dari KTA Digibank.

Apabila kamu sudah memiliki kartu kredit dari Digibank, maka pengajuan pinjamannya akan lebih mudah, sebab limit yang diberikan cukup besar, bahkan hingga Rp300 juta.

Terus, menariknya lagi, kamu berkesempatan mendapatkan cashback sampai Rp1 juta tiap pengajuan.

Tak hanya itu saja, KTA Digibank juga dapat diajukan kapan saja secara online, karena layanan operasionalnya 24 jam penuh. Approval-nya tergolong cepat, hanya 60 detik saja setelah kamu menyertakan syarat dan dokumen penunjang.

Menyoal bunga, Digibank menetapkan suku bunga mulai dari 0,95 persen dengan masa cicilan sampai 36 bulan.

Syarat Apply KTA Digibank

  • Memiliki e-KTP dan NPWP
  • Minimal usia pengajuan 21 tahun dan maksimal 60 tahun saat pelunasan kredit
  • Berprofesi sebagai karyawan, profesional atau wiraswasta
  • Domisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Semarang
  • Memiliki penghasilan minimum Rp3 juta per bulan dan memiliki kartu kredit

Nah, itulah beberapa rekomendasi pinjaman KTA untuk usaha ikan cupang yang bisa kamu gunakan nanti.

Agar proses pengajuan lebih mudah sekaligus kamu dapat membandingkannya dulu, khusus produk KTA Standard Chartered, PermataKTA, dan KTA Digibank, kamu bisa menggunakan layanan finansial dari CekAja.com.

Di CekAja, proses pengajuan dijamin cepat dengan bunga ringan eksklusif online sekitar 0,65 persen saja. Proses pencairannya juga gak lama, hanya dalam waktu satu minggu saja.

Yuk, langsung apply pinjaman KTA di CekAja.com, dan gunakan buat tambahan modal usaha ikan cupang kamu.