6 Cara Menentukan Nama Merk Dagang Bisnis Agar Semakin Sukses

Beberapa cara menentukan nama merk dagang bisnis memang tak main-main dilakukan. Karena nama memang sangat mempengaruhi kesuksesan sebuah bisnis.

Seperti kata orang, nama adalah doa. Bagi para pebisnis, memiliki nama merk dagang adalah hal yang penting. Merk dagang ini yang akan membuat bisnis kita akan dikenal atau tidak oleh masyarakat luas. 

Merk dagang adalah desain, kata, frasa, atau simbol yang membantu membedakan produk atau layanan kita dari orang lain di pasar. Itu salah satu dari tiga istilah hukum yang menggambarkan kekayaan intelektual, dua lainnya adalah paten dan hak cipta. 

Merk dagang kita adalah aset terpenting yang pernah dimiliki bisnis kita, jadi penting untuk mempelajari cara menentukan nama merk dagang bisnis yang nantinya akan membedakan kita dari pesaing dan membantu produk bisnis kita menonjol di tengah keramaian. 

Merk dagang yang buruk bisa menjerat kita dalam sengketa hukum dan menghambat upaya pemasaran bisnis yang kita jalani loh. maka dari itu disini kita akan memberikan info tentang cara menentukan nama merk dagang bisnis yang menarik pelanggan. 

Tentunya ini akan sangat membantu para pebisnis pemula yang mungkin kehabisan ide akan memberi nama merk dagang apa untuk produknya. Yuk simak terus di artikel ini.

Cara Menentukan Nama Merk Dagang Bisnis

Pemilihan nama merk dagang bisnis bukan hal yang mudah dilakukan. Apalagi jika produk atau layanan kita adalah hal yang sedang hits di kalangan masyarakat. 

Maka dari itu kita bisa loh lakukan riset kecil untuk memilih nama merk dagang. Nah cara menentukan nama merk dagang bisnis yang bisa menarik pelanggan antara lain harus memperhatikan hal berikut ini:

(Baca Juga: Memulai Bisnis Dengan Cara Kreatif)

1. Nama Merk Harus Menggambarkan Produk

Untuk bisa mendapatkan nama merk dagang yang kuat, kita harus pastikan kalau nama yang akan kita pakai menggambarkan produk yang kita tawarkan.

Jadi, jika ada orang yang menyebutkan nama merk kita maka orang akan dengan mudah merujuk ke produk kita. 

Misalnya saja kita akan berbisnis di bidang kuliner, maka kata wheels tidak akan cocok karena itu merujuk ke hal-hal di bidang otomotif.

Tapi ada kalanya kita sebagai pebisnis selalu ingin out of the box, untuk penamaan merk dagang kita. 

Jika ingin memakai kata yang sedikit melenceng ada beberapa alternatif yang bisa digunakan seperti nama deskriptif yang langsung menjelaskan produk apa yang kita jual, lalu ada nama akronim yang merupakan singkatan dari nama perusahaan dan nama kreatif yang mengambil dari bahasa lain.

2. Nama Merk Gampang Diingat

Cara menentukan nama merk dagang bisnis selanjutnya adalah membuat nama yang gampang diingat, dan juga terdengar unik.

Nama merk dagang yang gampang diingat akan selalu menjadi pilihan utama, ketika konsumen mencari barang yang berkaitan. Nama merk dagang ini juga harus kata-kata yang familiar di masyarakat. 

Bisa juga memakai kata-kata yang sering dipakai oleh masyarakat, atau potongan bahasa daerah yang terkenal.

Jika produk kita termasuk produk yang sudah banyak di pasaran, maka kita coba pilih nama yang unik tapi tetap gampang diingat. 

Nama yang unik ini juga bisa membuat konsumen penasaran kemudian berusaha mencari tahu lebih lanjut apa keunikannya dibanding produk lain yang sejenis.

3. Nama Merk Singkat Saja

Masih berkaitan dengan cara menentukan nama merk dagang bisnis sebelumnya, yaitu membuat nama yang mudah diingat maka kita sebaiknya pilih yang singkat saja. 

Nama dengan dua atau tiga suku kata pun cukup. Contohnya adalah nama merk Facebook yang hanya terdiri dari dua suku kata yakni Face dan book. Cukup mudah kan? 

Dengan begini nama merk dagang kita bisa lebih mudah diingat masyarakat. Hindari juga pemakaian nama merk dagang yang panjang. Apalagi jika itu terdiri dari suku kata yang sulit. 

Ini akan membutuhkan usaha yang ekstra keras, untuk bisa mempromosikan produk dengan nama merk dagang yang panjang.

Kita butuh promosi yang gencar, hanya untuk membuat orang tahu akan produk yang kita jual.

4. Nama Merk mudah Diucapkan

Biasanya, saat kita sedang mencari ide untuk nama merk dagang, akan kita tulis dulu di notes. Perhatikan juga saat nama itu diucapkan.

Nama yang terlihat catchy saat ditulis belum tentu terdengar bagus saat diucapkan. Jadi, coba ucapkan nama pilihan itu apakah terdengar bagus atau tidak.

Cek lagi cara menentukan nama merk dagang bisnis yang menarik untuk pelanggan seperti ini, dengan meminta orang lain mengucapkannya apakah terdengar sulit atau mudah, apakah terdengar bagus atau tidak. 

Karena kebanyakan nama merk dagang sekarang adalah nama yang dengan mudah diucapkan bahkan dengan suara keras sekalipun.

5. Logo

Memilih nama merk dagang akan selalu bersamaan dengan desain logonya. Tentu cara menentukan nama merk dagang bisnis ini akan mempermudah orang-orang untuk mengingat produk yang kita jual. 

Logo yang unik dan kreatif biasanya akan menarik banyak orang untuk melihatnya. Maka dari itu sebaiknya kita juga harus memperhatikan kesesuaian antara nama merk dagang dengan desain logo yang kita inginkan. 

Jangan sampai antara nama dan logo malah tidak match sama sekali yang kadang membingungkan pelanggan.

6. Belum Pernah Dipakai Sebelumnya

Cara menentukan nama merk dagang bisnis yang bisa menarik pelanggan adalah dengan tidak memakai nama merk dagang yang sudah pernah dipakai sebelumnya. 

Kita bisa mengeceknya ke website PDKI, apakah nama merk dagang yang kita pilih bebas paten.

Jangan sampai kita sudah susah-susah mencari nama yang unik, kreatif dan catchy malah ternyata itu nama merk dagang bisnis lain.

(Baca Juga: Trik Marketing Dalam Bisnis Yang Patut Dicoba)

Nah itu dia cara menentukan nama merk dagang bisnis yang bisa menarik pelanggan yang bisa kita coba lakukan. Lalu apakah nama merk dagang ini yang menentukan kesuksesan bisnis kita? 

Ada faktor usaha serta manajemen yang solid, serta mampu beradaptasi dengan cepatnya perubahan tren yang saling menunjang.

Jadi, untuk mensukseskan bisnis yang sedang kita kelola harus diiringi dengan usaha, kerja keras serta kreativitas. 

Semoga dengan adanya tulisan cara menentukan nama merk dagang bisnis ini bisa lebih membantu produk kita dikenal oleh konsumen.

Merk memang menjadi satu bagian penting dalam bisnis. Namun modal pun tak kalah pentingnya dalam kesuksesan bisnis.

Nah, jika kamu sudah memiliki merk dagang yang baik, meyakinkan dan teruji, tak ada salahnya menambahkan pinjaman sebagai modal mengembangkan bisnis.

Ada banyak jenis pinjaman yang sesuai dengan bisnis kamu. Mulai dari pinjaman tanpa agunan atau pun dengan agunan.

Bagi kamu yang berniat untuk mengajukan KTA, CekAja.com dapat membantumu menentukan pilihan, karena di sini ada banyak fasilitas pinjaman yang memang terpercaya dan telah terdaftar di OJK.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk ajukan pinjaman KTA untuk mengembangkan bisnis kamu!