Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

BNI Mobile Banking Kini Punya Fitur Baru, Ini Cara Daftarnya

by Vera Khairifah on 10 Desember, 2019

Melakukan transaksi perbankan kini dimudahkan dengan teknologi. Layanan BNI Mobile Banking adalah salah satunya. Bank berstatus Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini selalu mengembangkan fitur baru BNI Mobile Banking agar memudahkan nasabahnya.

BNI Mobile Banking Kini Punya Fitur Baru, Ini Cara Daftarnya

Sesuai Namanya, BNI Mobile Banking adalah nama aplikasi mobile banking milik BNI yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi lewat smartphone yang terkoneksi dengan internet. Aplikasi ini bisa diunduh di smartphone berbasis iOS dan Android.

Selain mobile banking, BNI juga memfasilitasi nasabah dengan layanan ATM, SMS banking, internet banking, phone banking, Layanan Gerak BNI, Agen46, TapCash, BNI Debit Online, UnikQu, SMS Notification, BNI IPay, BNI Smartpay, dan EDC BNI.

Layanan BNI Mobile Banking

Ada beberapa layanan yang bisa kamu nikmati di aplikasi ini. Mulai dari bayar tagihan, isi pulsa, pembukaan deposito, transfer, dan lainnya.

Semua transaksi bisa kamu lakukan dengan mudah, cepat, dan aman. Setidaknya ada 7 fitur yang tersedia, di antaranya:

1. Rekeningku

Yakni fitur untuk transaksi yang berkaitan dengan tabungan dan giro, deposito dan Tapenas, pinjaman, DPLK, investasi, dan pembukaan rekening tambahan.

2. Transfer

Yakni fitur kirim uang ke sesama rekening BNI maupun antar bank, transfer kliring, dana pensiun, virtual account, dan international remittance.

(Baca juga: Sering Cek Saldo BNI Ternyata Bisa Memutus Siklus Generasi Sandwich)
3. Pembayaran

Yakni fitur untuk membayar Kartu Kredit BNI, kartu kredit bank lain, tagihan telepon pasca bayar, listrik, TV langganan, qurban, dan lainnya.

4. Pembelian

Yakni fitur untuk top up LinkAja, top up Go-Pay, top up TapCash, isi pulsa, token listrik, paket data, dan lainnya.

5. Investasi

Yakni fitur untuk transaksi investasimu. Terdiri dari fitur SBN Ritel dan Reksadana.

6. Produk dan Jasa Lainnya

Yakni fitur untuk BNI Debit Online (VCN), aktivasi transaksi kartu di luar negeri, pencairan deposito, ubah PIN kartu debit, dan lainnya.

7. Administrasi

Yakni fitur untuk layanan administrasi seperti mengubah PIN ataupun password, pemblokiran kartu debit, dan penghapusan daftar favorit.

Kini, aplikasi ini juga dilengkapi dengan tiga fitur baru lho. Pertama, ada fitur Quick Transfer yang memungkinkan nasabah mentransfer uang ke rekening Bank BNI tanpa harus memasukkan nomor rekening. Sehingga cukup meng-scan QR code dan mengunggahnya.

Kedua, informasi seputar program dari BNI dapat dilihat melalui fitur Info Banner dan Promo.

Ketiga, ada fitur Launcher untuk pembukaan rekening digital, transaksi BNI Credit Card Mobile, dan BNI Poin. Kehadiran tiga fitur baru ini membuat BNI Mobile Banking menjadi aplikasi yang lengkap untuk memudahkan nasabahnya bertransaksi.

Cara Daftar BNI Mobile Banking

Cara umum untuk mendaftar layanan mobile banking di semua bank adalah dengan mendatangi kantor cabang bank terkait. Nasabah harus melakukan registrasi dan dilanjut dengan aktivasi.

(Baca juga: INTERVIEW : Menilik Potensi Bisnis Kartu Kredit BNI)

Aktivasi terdiri dari tahap input User ID, input nomor kartu debit, pilih lokasi negara, input kode OTP, input MPIN, dan input password transaksi.

Selain mengunjungi kantor cabang terdekat, registrasi dan aktivasi juga dapat  kamu lakukan sendiri di smartphone dengan cara sebagai berikut:

  • Unduh kemudian buka aplikasi BNI Mobile Banking;
  • Pilih ‘Registrasi’, kemudian baca syarat dan ketentuan lengkapnya. Jika kamu setuju, pilih ‘Ya, Saya Setuju’;
  • Input data yang harus sama dengan data nasabah di bank. Seperti nomor rekening, PIN ATM, e-mail, tanggal lahir, NIK KTP, lalu buat User ID yang terdiri dari kombinasi huruf dan angka;
  • Akan ada kode registrasi yang dikirim ke e-mail, masukkan 6 digit kode tersebut, lalu registrasi berhasil dilakukan.

Selanjutnya, kamu harus melakukan aktivasi dengan cara berikut:

  • Buka aplikasi BNI Mobile Banking, lalu pilih “Masuk”;
  • Masukkan User ID dan nomor kartu debit dan lokasi negara;
  • Kode OTP akan dikirimkan ke nomor handphone nasabah sebagaimana yang terdaftar di dalam data nasabah di Bank BNI. Pastikan pulsamu tersedia setidaknya Rp10 ribu untuk pengiriman Kode OTP melalui SMS.
  • Buat MPIN terdiri dari 6 digit angka, tidak boleh angka urut dan angka berulang;
  • Buat juga password transaksi yang terdiri dari 8-12 karakter. Tidak diperbolehkan mengandung unsur nama nasabah ataupun password yang sama dengan User ID;
  • Aktivasi berhasil dan aplikasi bisa kamu gunakan, deh.

Itu lah cara daftar mobile banking BNI yang kini dilengkapi dengan berbagai fitur baru.

Kalau kamu belum menjadi nasabah BNI, ada banyak produk keuangan dari BNI juga bisa kamu pilih dan ajukan lewat CekAja.com loh. Tentunya dengan syarat sederhana dan cara pengajuan mudah secara online.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast