7 Broker Saham Terbaik di Indonesia yang Wajib Diketahui Investor!

Buat kamu yang berencana untuk berkecimpung di dunia saham, sebaiknya kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja broker saham terbaik di Indonesia.

Pasalnya, saham merupakan salah satu jenis investasi jangka panjang, sehingga kamu perlu dengan cermat memilih broker saham mana yang kamu percaya.

Di Indonesia sendiri, saat ini broker saham sudah banyak bermunculan dan berkembang pesat.

Semua broker saham tersebut, tentu menawarkan segala bentuk kemudahan dan keunggulan yang mereka punya, untuk menarik perhatian dan minat investor, khususnya investor pemula.

Maka dari itu, melihat banyaknya broker saham terbaik di Indonesia, membuat kamu harus pintar dan jeli dalam menentukan broker saham yang sekiranya sesuai dan cocok untukmu.

Caranya, yaitu dengan mencari tahu informasi selengkap-lengkapnya terkait broker saham tersebut.

Nah, untuk tahu apa saja broker saham terbaik di Indonesia, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap, khusus untuk kamu. Yuk, simak bersama-sama!

Apa Itu Broker Saham?

Sebelum membahas lebih jauh tentang broker saham terbaik di Indonesia, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu, sekilas informasi tentang broker saham itu sendiri.

Secara definisi, broker saham merupakan perusahaan yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan memiliki izin dalam melakukan kegiatan trading (jual beli saham) pada Bursa Efek Indonesia (BEI).

Yang mana, BEI sendiri adalah sarana yang secara resmi diakui pemerintah Indonesia, dalam menyelenggarakan aktivitas persahaman di Indonesia. Meski begitu, namun kamu tidak bisa melakukan kegiatan jual beli saham langsung di BEI.

(Baca Juga: Cara Beli Saham dengan Kartu Kredit)

Sesuai dengan peraturan yang berlaku, kamu diharuskan untuk melakukan kegiatan jual beli saham, melalui broker saham atau yang lebih dikenal dengan perusahaan sekuritas, atau pialang saham.

Karena, yang berhak dan diizinkan untuk menyelenggarakan kegiatan jual beli saham adalah broker saham.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan trading kamu diharuskan untuk memilih broker saham terbaik di Indonesia, yang tentunya sudah terdaftar di OJK.

Peran broker di sini, yaitu sebagai perantara antara investor atau trader dengan BEI, dalam membantu proses pembelian dan penjualan saham. Sehingga, menjadi hal yang sangat penting dan sudah seharusnya broker saham tercatat di BEI.

Daftar Broker Saham Terbaik di Indonesia

Mencari tahu broker saham terbaik di Indonesia, menjadi langkah pertama yang penting untuk dilakukan.

Sebab, dengan mengetahui apa saja broker saham terbaik di Indonesia, kamu bisa mencegah timbulnya berbagai jenis risiko yang mungkin terjadi, seperti misalnya potensi kerugian finansial.

Lantas, apa saja broker saham terbaik di Indonesia? Di bawah ini CekAja.com telah merangkum tujuh daftar broker saham terbaik yang akan diulas sebagai berikut.

1. BNI Sekuritas

Broker saham terbaik di Indonesia yang pertama adalah BNI Sekuritas. Perusahaan sekuritas yang sudah berdiri sejak April 1995 ini, secara aktif beroperasi di bidang pasar modal tanah air, seperti jual beli saham, pengelolaan investasi perbankan, surat utang hingga pengelolaan aset yang sudah memiliki lisensi Usaha Perusahaan Efek.

Jika kamu berencana untuk menggunakan broker saham BNI Sekuritas, perusahaan ini menyediakan dua jenis pilihan akun yang bisa dipilih calon investor, yaitu konvensional dan syariah. Dengan catatan, persyaratan serta ketentuan dari kedua jenis akun tersebut pun sudah pasti berbeda.

Apabila kamu memilih untuk membuka akun syariah, maka secara otomatis kamu juga akan mendapatkan akun konvensional. Namun, ini hanya berlaku untuk akun syariah saja, tidak berlaku jika kamu membuka akun konvensional.

BNI Sekuritas juga memiliki nilai total transaksi sekitar Rp77 triliun sepanjang tahun 2019 lalu. Melihat hal ini, maka tidak heran apabila BNI Sekuritas dinilai sebagai salah satu broker saham terbaik di Indonesia.

2. Sinarmas Sekuritas

Selanjutnya ada Sinarmas Sekuritas, yang masuk ke dalam daftar broker saham terbaik di Indonesia versi CekAja.com.

Hal tersebut dikarenakan, sepanjang tahun 2019, perusahaan ini memiliki nilai total transaksi sebesar Rp106 triliun.

Perusahaan yang didirikan pada 1998, dengan nama PT Sinarmas Ekagraha Money Changer ini, memiliki saham yang hampir semuanya milik Sinar Mas Multiartha Tbk.

Di awal pendiriannya, perusahaan ini hanya berfokus pada valuta asing (valas), traveller cheque dan surat berharga lainnya.

Tetapi seiring berjalannya waktu dan perubahan nama menjadi Sinarmas Sekuritas, perusahaan ini lebih berfokus pada perantara pedagang efek.

Terlebih, saat ini Sinarmas Sekuritas juga bekerja sama dengan Stockbit, yang menjadi salah satu keunggulannya dibandingkan perusahaan sekuritas lainnya.

3. Trimegah Sekuritas

Sebagai salah satu broker saham terbaik di Indonesia, Trimegah Sekuritas seringkali mendapatkan penghargaan.

Salah satu penghargaan yang pernah didapat perusahaan ini, yaitu Best Listed Company 2017 di sektor Sekuritas dan Reksadana, yang diselenggarakan oleh Majalah Investor.

Di kategori yang sama, Trimegah Sekuritas juga pernah menyabet penghargaan dari Indonesia Digital Innovation Award 2017.

Selain itu, beberapa penghargaan lainnya yang pernah didapat, yaitu dari Most Innovative Business Award dan Indonesia Most Admired Company 2017.

Melihat banyaknya penghargaan yang pernah didapat, membuat perusahaan ini sangat pantas untuk dinobatkan sebagai broker saham terbaik di Indonesia.

Total nilai transaksi yang dimiliki Trimegah Sekuritas sepanjang 2019 pun terbilang cukup besar, yaitu sekitar Rp80 triliun.

4. Mirae Asset Sekuritas

Di urutan keempat ada Mirae Asset Sekuritas, sebagai broker saham terbaik di Indonesia. Perusahaan yang dikenal sangat terjangkau untuk masyarakat luas ini, memiliki keunggulan dalam bentuk layanan customer service.

Sebab, perusahaan sekuritas yang satu ini, memberikan pelayanan customer service yang siap siaga selama 24 jam.

Sehingga, apabila kamu dan investor lainnya memiliki kendala, maka layanan customer service Mirae dapat membantu selama 24 jam non-stop.

Perusahaan yang memiliki nilai total transaksi sekitar Rp200 triliun ini, menyediakan beberapa pilihan akun yang dapat digunakan oleh calon investornya, mulai dari margin, reguler, syariah dan day trading.

Menariknya, apapun jenis akun yang dipilih, semuanya tidak akan dikenakan biaya pemeliharaan akun, serta batasan minimal transfer untuk deposit selanjutnya. Bagaimana, sangat memudahkan para calon investor, bukan?

5. Indo Premier Sekuritas

Tidak hanya menjadi salah satu broker terbaik di Indonesia, Indo Premier Sekuritas juga menjadi perusahaan sekuritas yang aman di kantong, karena modal awal yang harus dikeluarkan para calon investornya sangat terjangkau.

Ya, hanya dengan Rp100 ribu, kamu sudah bisa membuka akun saham di perusahaan ini dan masuk ke pasar saham. Untuk kinerjanya sendiri, kamu sudah tidak perlu meragukannya.

Sebab, Indo Premier Sekuritas sudah terbukti di berbagai sektor, mulai dari pertanian hingga infrastruktur.

Nilai total transaksi yang Indo Premier Sekuritas miliki, di sepanjang tahun 2019 pun terbilang sangat besar, yaitu sekitar Rp138 triliun.

Dengan total nilai tersebut, sudah dapat disimpulkan bahwa Indo Premier layak untuk dijadikan broker saham andalanmu.

6. Mandiri Sekuritas

Selain lima perusahaan sekuritas di atas, Mandiri Sekuritas juga menjadi salah satu broker saham terbaik di Indonesia.

Sebagai anak perusahaan dari Bank BUMN, yaitu Bank Mandiri, perusahaan ini menyediakan tiga pilihan akun yang dapat digunakan calon investornya, yaitu akun syariah, full service dan reguler.

Untuk fee trading-nya sendiri, perusahaan ini menetapkan fee trading sebesar 0,28 persen untuk setiap transaksinya, dengan tambahan biaya sebesar Rp5 ribu per hari.

Sementara untuk biaya pembelian sahamnya, Mandiri Sekuritas memberikan biaya sebesar 0,18 persen untuk setiap transaksi, dengan tambahan biaya sebesar Rp5 ribu per hari.

7. NH Korindo Sekuritas Indonesia

Broker saham terbaik yang terakhir ada NH Korindo Sekuritas Indonesia. Perusahaan ini memiliki daya tarik yang terletak pada program member get member.

Maksud dari program ini adalah memberikan komisi kepada setiap nasabah NH Korindo Sekuritas Indonesia, sebanyak satu persen dari deposit awal, apabila nasabah tersebut berhasil mendapatkan atau membawa nasabah baru.

Sama seperti perusahaan sekuritas sebelumnya, NH Korindo Sekuritas Indonesia juga memberikan beberapa pilihan akun untuk para nasabah atau calon investornya, yaitu akun day trading dan reguler.

Untuk bisa membuka akun, baik akun day trading maupun reguler, kamu perlu memberikan setoran sebesar Rp5 juta. Dengan setoran tersebut, kamu sudah bisa masuk ke pasar saham.

Tips Memilih Broker Saham Terbaik

Setelah mengetahui beberapa broker saham terbaik, maka selanjutnya kamu bisa langsung menganalisa semua broker saham tersebut dan mencari yang paling sesuai dengan dirimu dan kemampuan finansial.

Namun, sebelum memutuskan untuk memilih satu broker saham terbaik, kamu perlu memperhatikan beberapa aspek terlebih dahulu.

Di bawah ini, CekAja.com akan memberikan tips memilih broker saham terbaik, yang bisa kamu jadikan panduan.

Adapun tips memilih broker saham terbaik, yaitu:

  • Pastikan bahwa broker saham yang kamu tuju sudah terdaftar sebagai anggota Bursa Efek Indonesia (BEI). Kamu bisa mengetahuinya dengan mengeceknya langsung di laman esmi BEI, yaitu www.idx.co.id
  • Agar lebih aman, kamu bisa menggunakan broker yang dimiliki pemerintah, atau yang sering disebut dengan broker pelat merah
  • Ketahui dengan pasti jumlah setoran awal yang harus diberikan
  • Ketahui komisi transaksi yang diberikan broker saham. Biasanya, rata-rata komisi untuk pembelian saham berada di kisaran angka 0,1-0,3 persen. Sementara, untuk penjualan saham rata-rata komisi yang diberikan berada di kisaran 0,2-0,4 persen
  • Ketahui, apakah broker saham yang kamu pilih memberikan rekomendasi kepada para investor atau nasabahnya atau tidak
  • Ketahui cara transaksi saham dari broker saham yang dipilih, apakah menyediakan fasilitas online trading atau tidak
  • Apabila broker saham yang dipilih menyediakan fasilitas online trading, maka pastikan terlebih dahulu bahwa fasilitas tersebut nyaman digunakan, mudah dan stabil
  • Mengetahui apakah broker saham yang kamu pilih menyediakan data real time atau tidak
  • Memeriksa kelengkapan fitur yang dimiliki broker saham, seperti kelengkapan indikator analisis teknikal, informasi keuangan, berita, riset saham dan lain sebagainya
  • Yang terakhir, yaitu memeriksa apakah broker saham yang dipilih menyediakan fitur stop loss atau trailing stops, yang berguna untuk meminimalisir risiko yang terjadi.

(Baca Juga: 7 Tips Investasi Saham untuk Pemula)

Itulah beberapa informasi yang sudah kamu ketahui, terkait broker saham terbaik di Indonesia beserta tips memilih broker saham yang baik dan benar.

Semua informasi tersebut, bisa kamu jadikan referensi dan panduan sebelum melakukan trading, atau jual beli saham.

Karena seperti yang diketahui, saham merupakan salah satu bentuk investasi jangka panjang, yang memiliki risiko besar.

Sehingga, diperlukan informasi yang mendalam dan analisis yang tepat dalam memilih broker saham terbaik.

Apabila kamu sudah menemukan broker saham terbaik yang sesuai, maka kamu bisa langsung membuka akun saham dan masuk ke pasar saham.

Namun, untuk bisa membuka akun, kamu perlu memberikan sejumlah uang untuk deposito, yang sesuai dengan ketentuan perusahaan sekuritas.

Agar kegiatan transaksi dalam membuka akun saham lebih mudah dan praktis, kamu bisa menggunakan kartu kredit. BEI sendiri telah mengizinkan penggunaan kartu kredit, dalam aktivitas pembelian saham.

Maka dari itu, buat kamu yang ingin menggunakan kartu kredit untuk membeli saham, namun belum memilikinya, kamu bisa segera mengajukan pembuatan kartu kredit melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Dengan mengajukan kartu kredit di CekAja.com, kamu pun akan mendapatkan pelayanan yang mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang!