Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

12 Cara Agar Tidak Ngantuk Ini Ampuh Jaga Produktivitas Kerja

by Nadhillah Kusindriani on 30 Juli, 2020

Sebenarnya, ada banyak sekali cara agar tidak ngantuk yang bisa kamu lakukan, mulai dari tidur siang, minum kopi hingga mendengarkan lagu-lagu ceria. Semua cara tersebut sangat ampuh untuk mengusir rasa ngantuk saat bekerja.

12 Cara Agar Tidak Ngantuk Ini Ampuh Jaga Produktivitas Kerja

Namun, semua cara agar tidak ngantuk yang kamu lakukan juga perlu diimbangi dengan pola tidur yang baik. Sebab, pola tidur menentukan kualitas tubuh kamu keesokan harinya, apakah dalam keadaan fit dan segar atau tidak.

Pasalnya, rasa kantuk akan menurunkan tingkat konsentrasi dan kewaspadaan. Tidak hanya itu, rasa kantuk juga kerap kali membuat seseorang menjadi mudah lupa. Sehingga, hal itu memberikan dampak yang tidak baik pada tingkat produktivitas serta aktivitasmu di hari itu ketika bekerja.

Penyebab Timbulnya Rasa Ngantuk

Sebelum kamu mengetahui apa saja cara agar tidak mengantuk yang bisa dilakukan, alangkah lebih baik jika kamu mengetahui terlebih dahulu faktor-faktor penyebab timbulnya rasa kantuk. Karena selain kurang tidur, ngantuk juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

  • Pola tidur yang berantakan
  • Mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein sebelum tidur
  • Efek samping dari penggunaan obat-obatan
  • Mengkonsumsi alkohol
  • Memiliki gangguan atau masalah tidur, seperti insomnia, narkolepsi, sleep apnea, hipersomnia dan sindrom kaki gelisah
  • Dehidrasi
  • Memiliki gangguan psikologis, seperti cemas berlebih, stres berat serta depresi.

(Baca Juga: 5 Hal yang Jaga Produktivitas Kerja)

Waktu Tidur Ideal

Selain menggunakan beberapa cara agar tidak ngantuk, kamu juga perlu mengatasi rasa kantuk dengan memastikan, bahwa kamu sudah mendapat cukup tidur sesuai dengan waktu tidur ideal.

Berdasarkan berbagai studi medis, waktu tidur ideal setiap orang berbeda karena disesuaikan dengan usia. Semakin besar usia seseorang, maka semakin sedikit waktu tidur yang dibutuhkan. Sementara, untuk bayi dan anak-anak dengan usia yang masih kecil, waktu tidur yang dibutuhkan akan lebih banyak dibandingkan orang dewasa.

Oleh karena itu, buat kamu yang ingin mengetahui lebih jelas waktu tidur ideal seseorang berdasarkan usianya, di bawah ini CekAja.com akan menguraikannya khusus untuk kamu sebagai berikut.

  • Bayi yang baru lahir sampai berusia 3 bulan, membutuhkan waktu tidur sebanyak 14-17 jam
  • Bayi dengan usia 4-11 bulan, membutuhkan waktu tidur sebanyak 12-15 jam
  • Balita dengan usia 1-2 tahun, membutuhkan waktu tidur sebanyak 11-14 jam
  • Anak-anak pra sekolah dengan usia 3-5 tahun, membutuhkan waktu tidur sebanyak 10-13 jam
  • Anak-anak dengan usia 6-17 tahun, membutuhkan waktu tidur sebanyak 9-11 jam
  • Remaja dengan usia 18-64 tahun, membutuhkan waktu tidur sebanyak 7-9 jam
  • Orang dewasa dengan usia 65 tahun ke atas, membutuhkan waktu tidur sebanyak 7-8 jam.
Cara Agar Tidak Ngantuk

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui tentang penyebab ngantuk dan waktu tidur yang ideal, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui tentang cara agar tidak ngantuk apa saja yang bisa dilakukan.

Sebenarnya, cara yang bisa kamu lakukan sangat banyak. Namun, kali ini CekAja.com telah merangkum 12 cara agar tidak mengantuk yang efektif dan mudah dilakukan, khusus untuk kamu. Adapun 12 cara tersebut, di antaranya yaitu:

1. Hindari mengkonsumsi makanan berat di siang hari

Hindari mengkonsumsi makanan berat di siang hari - 12 Cara Agar Tidak Ngantuk Ini Ampuh Jaga Produktivitas Kerja

Cara agar tidak ngantuk pertama yang bisa kamu lakukan adalah hindari mengkonsumsi makanan berat di siang hari. Pasalnya, hal itu hanya akan memicu rasa kantuk yang berkepanjangan, karena perutmu sudah terisi penuh makanan.

Dibanding mengkonsumsi makanan berat seperti nasi, akan lebih baik jika kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung lebih banyak sayur dan buah-buahan. Selain itu, jika kamu ingin mengkonsumsi makanan ringan, pastikan juga bahwa makanan ringan tersebut rendah gula.

2. Minum kopi

Minum kopi - 12 Cara Agar Tidak Ngantuk Ini Ampuh Jaga Produktivitas Kerja

Memiliki kandungan kafein, kopi nyatanya bisa kamu konsumsi sebagai salah satu cara agar tidak ngantuk. Bagaimana tidak, kafein yang terkandung dalam kopi dapat memberikan energi tambahan untuk tubuh yang sedang lelah atau mengantuk.

Terlebih, sifat kafein yang stimulan juga dapat meningkatkan sistem saraf pusat, sehingga aktivitas di otak pun ikut meningkat. Oleh karena itu, orang-orang umumnya akan merasa lebih fokus dan memiliki kemampuan berpikir yang meningkat, setelah minum kopi.

3. Mencuci muka

Mencuci muka - 12 Cara Agar Tidak Ngantuk Ini Ampuh Jaga Produktivitas Kerja

Selain dua acara di atas, kamu juga bisa mengusir rasa kantuk dengan mencuci muka. Kamu bisa langsung membasuh muka dengan air dingin, maka rasa kantuk pun seketika hilang dari wajah. Hal tersebut dikarenakan, suhu air yang dingin secara efektif dapat menghilangkan rasa kantuk.

4. Melakukan stretching

Melakukan stretching - 12 Cara Agar Tidak Ngantuk Ini Ampuh Jaga Produktivitas Kerja

Cara agar tidak ngantuk yang bisa kamu lakukan berikutnya adalah melakukan peregangan otot-otot tubuh, atau stretching. Untuk bisa melakukan stretching, kamu tidak memerlukan lokasi khusus.

Kamu bisa stretching di tempat dudukmu, dengan cara merentangkan tangan, menekuk leher ke samping kanan dan kiri, dan memutar badan ke arah kiri dan kanan hingga semua otot-otot mu rileks dan tubuh segar kembali.

5. Tidur siang sejenak

Tidur siang sejenak - 12 Cara Agar Tidak Ngantuk Ini Ampuh Jaga Produktivitas Kerja

Di urutan kelima ada tidur siang, sebagai cara agar tidak ngantuk yang bisa kamu lakukan. Tidur siang di tengah-tengah waktu istirahat bekerja memang sangat enak. Namun, kamu tetap harus waspada, jangan sampai tidur terlalu lama.

Sebab, tubuh hanya waktu istirahat selama 15-30 saat siang hari, untuk segar kembali dan bisa beraktivitas dengan produktif seperti sedia kala. Kegiatan tidur siang singkat ini disebut dengan power nap, yang mana sudah terbukti efektivitasnya dalam mengisi kembali tenaga.

6. Mendengarkan lagu-lagu ceria

Mendengarkan lagu-lagu ceria - 12 Cara Agar Tidak Ngantuk Ini Ampuh Jaga Produktivitas Kerja

Siapa di antara kamu yang tidak senang mendengarkan lagu? Sebagai aktivitas yang menyenangkan, mendengarkan lagu ternyata menjadi cara agar tidak ngantuk yang bisa kamu lakukan.

Kamu bisa memilih lagu-lagu ceria dengan tempo cepat, lalu mendengarkannya untuk menyegarkan otakmu yang lelah. Dengan begitu, maka rasa kantuk secara perlahan hilang dan kamu bisa kembali fokus bekerja.

7. Minum air putih yang banyak

Minum air putih yang banyak - 12 Cara Agar Tidak Ngantuk Ini Ampuh Jaga Produktivitas Kerja

Sudah menjadi rahasia umum, apabila mengkonsumsi cukup air putih dapat membuat tubuh terhindar dari dehidrasi. Sebab, apabila tubuh mengalami dehidrasi, maka otak akan kehilangan fokus dan dapat memicu timbulnya rasa ngantuk.

Selain itu, minum banyak air putih juga dapat membuat kamu lebih sering buang air kecil. Sehingga, mau tidak mau kamu harus beranjak dari tempat duduk untuk berjalan ke kamar mandi. Dengan begitu, minum banyak air putih menjadi salah satu cara agar tidak ngantuk yang tepat untuk dilakukan.

8. Jangan duduk terlalu lama

Jangan duduk terlalu lama - 12 Cara Agar Tidak Ngantuk Ini Ampuh Jaga Produktivitas Kerja

Tidak hanya membuat otot menjadi tegang, duduk terlalu lama pun dapat menimbulkan rasa kantuk. Padahal, hal ini merupakan hal rutin yang memang dilakukan setiap hari oleh para pekerja.

Tetapi kamu jangan khawatir, karena rasa kantuk ini dapat diatasi dengan cara sesekali berdiri dari tempat duduk, atau berjalan ke tempat lain, seperti toilet atau pantry untuk mendapatkan udara segar dan aliran darah dalam tubuh pun dapat mengalir dengan baik.

9. Pastikan lampu ruangan tetap menyala terang

Pastikan lampu ruangan tetap menyala terang - 12 Cara Agar Tidak Ngantuk Ini Ampuh Jaga Produktivitas Kerja

Cara agar tidak ngantuk yang kesembilan adalah memastikan, bahwa lampu ruangan tetap menyala terang selama bekerja. Pasalnya, bekerja di ruangan yang memiliki cahaya redup hanya akan memicu bahkan menambah rasa kantuk.

Tidak hanya itu, bekerja di ruangan yang redup pun dapat merusak kesehatan mata. Dengan demikian, bekerja di ruangan bercahaya terang sangat baik dalam menjaga produktivitas dan kesehatan mata.

10. Sesekali berbincang dengan rekan

Sesekali berbincang dengan rekan - 12 Cara Agar Tidak Ngantuk Ini Ampuh Jaga Produktivitas Kerja

Sesekali berbincang dengan rekan kerja, juga menjadi salah satu cara agar tidak mengantuk yang bisa dilakukan. Sebab, aktivitas menyenangkan yang satu ini dapat mengalihkan mu dari rasa kantuk yang datang seketika.

Untuk benar-benar bisa menghilangkan rasa kantuk, kamu bisa berjalan ke meja rekan kerjamu dan berbincang sejenak, dibandingkan mengobrol melalui aplikasi kirim pesan.

11. Menghirup benda-benda beraroma tajam

Menghirup benda-benda beraroma tajam - 12 Cara Agar Tidak Ngantuk Ini Ampuh Jaga Produktivitas Kerja

Menariknya, menghirup benda-benda beraroma tajam menjadi cara agar tidak mengantuk yang tepat. Kamu bisa menghirup minyak kayu putih, aroma kopi yang tajam, lemon bahkan daun mint yang dapat membuat mata menjadi lebih segar. Sehingga, rasa kantuk menjadi hilang seketika.

12. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Mengkonsumsi Makanan Sehat - 12 Cara Agar Tidak Ngantuk Ini Ampuh Jaga Produktivitas Kerja

Cara agar tidak ngantuk yang terakhir, yaitu dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat. Di mana, makanan yang kaya akan vitamin, mineral dan serat tinggi dapat mencegahmu dari serangan rasa mengantuk di siang hari. Dengan demikian, aktivitasmu dalam bekerja tidak akan terganggu oleh rasa kantuk.

Ngantuk Menjadi Gejala Timbulnya Berbagai Penyakit Kronis

Mengetahui beberapa cara agar tidak ngantuk ternyata sangat penting. Sebab, rasa ngantuk ternyata menjadi salah satu gejala apabila kamu terkena penyakit kronis. Lantas, apa saja penyakit kronis yang memiliki gejala mengantuk? Berikut uraiannya.

  • Rasa ngantuk menjadi salah satu gejala penyakit diabetes
  • Depresi
  • Penyakit anemia
  • Penyakit celiac
  • Sindrom kelelahan kronis
  • Obesitas
  • Hipotiroid atau rendahnya kadar hormon tiroid
  • Dan lain sebagainya.

(Baca Juga: Bahaya Tidur dengan Lampu Terang)

Itulah beberapa informasi terkait rasa ngantuk yang telah kamu ketahui, mulai dari penyebab timbulnya rasa ngantuk, waktu tidur ideal agar tidak mudah merasa ngantuk, cara agar tidak ngantuk yang bisa dilakukan, hingga ngantuk menjadi gejala timbulnya berbagai jenis penyakit kronis.

Intinya, rasa ngantuk bisa kamu cegah dengan beberapa cara yang mudah dan efektif. Tetapi, apabila kamu mengalami rasa kantuk yang berlebih dan sering, maka kamu tidak biasa membiarkannya begitu saja.

Karena, itu bisa saja menjadi gejala timbulnya berbagai jenis penyakit kronis. Oleh karena itu, kamu perlu mengkonsultasikannya ke dokter terkait, untuk mendapatkan perawatan khusus jika kamu memang menderita suatu penyakit.

Agar kegiatan pengobatan berjalan dengan lancar dan tidak terhalang oleh biaya yang besar, kamu bisa menggunakan asuransi kesehatan sebagai solusinya.

Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan selama kamu sakit. Sehingga, kamu tidak perlu lagi pusing-pusing memikirkan besarnya biaya pengobatan yang harus kamu keluarkan.

Oleh karena itu, buat kamu yang saat ini belum memiliki asuransi kesehatan, bisa segera mengajukannya di CekAja.com. Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, dengan mengajukan asuransi kesehatan di CekAja.com, kamu juga akan mendapatkan pelayanan yang mudah, cepat dan aman karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang!

Tentang Penulis