Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Cara Cepat Mendapatkan Pinjaman Dana Rp5 juta Buat Modal Usaha

by CekAja on 7 Agustus, 2019

Modal merupakan kunci utama yang wajib kamu miliki untuk membangun atau memulai suatu bisnis. Simak cara cepat mendapatkan pinjaman dana Rp5 juta buat  modal usaha, sebab tanpa modal, konsep ataupun ide bisnis yang kamu rancang tidak akan bisa berjalan.

Cara Cepat Mendapatkan Dana 5 Juta

Sebenarnya banyak sekali cara mendapatkan pinjaman cepat untuk modal usaha bagi kamu yang membutuhkan. Namun, sebelum memulai mencari cara cepat mendapatkan pinjaman dana Rp5 juta tersebut, kamu harus mengetahui terlebih dahulu mengenai berapakah jumlah dana yang dibutuhkan?

Sebagai permulaan, sebaiknya jangan memasang angka yang terlalu tinggi. Ditambah lagi bila kamu memang berniat untuk meminjam dana. Hal tersebut bertujuan agar kamu sendiri tidak akan kelimpungan atau kebingungan ketika waktunya untuk mengembalikan dana yang telah dipinjam tersebut.

Tahukan kamu bahwa dengan nominal modal berjumlah Rp5 juta saja, kamu sudah bisa mulai berbisnis lho.

Ragam Peluang Bisnis Modal Rp5 Juta
  • Bisnis Pulsa

Saat ini, sepertinya pulsa sudah menjadi salah satu kebutuhan yang paling penting bagi kita. Hal tersebut diikuti pula dengan semakin berkembangnya teknologi digital yang mempermudah kamu dalam melakukan komunikasi dan interaksi, yaitu dengan hadirnya ponsel pintar.

(Baca juga: Serba-serbi Pinjaman Online yang Perlu Anda Ketahui)

Hanya saja, kehadiran dari ponsel pintar tersebut sepertinya tidak akan bisa apa-apa tanpa kehadiran dari pulsa. Pulsa lah, yang membuat sebuah ponsel pintar dapat digunakan untuk mengakses internet yang sudah menjadi kebutuhan pokok bagi seluruh masyarakat di era masa kini.

Oleh karena itu bisnis pulsa pun menjadi salah satu bisnis yang berpeluang sangat besar untuk berkembang. Membuat bisnis ini pun juga tidak membutuhkan modal besar, yakni hanya sebesar Rp5 juta saja. Untuk itu kamu harus mengetahui cara cepat mendapatkan pinjaman dana Rp5 juta untuk modal usaha.

  • Warung Sembako

Bisnis warung sembako dapat dilakukan dimanapun, bahkan di lahan rumah kamu sendiri dengan modal kurang dari Rp5 juta.

Target konsumen yang dituju pun tidak muluk, yakni tetangga sekitar komplek perumahan tempat kamu tinggal. Dengan menjual berbagai keperluan rumah tangga seperti gula, minyak, tepung terigu dan beras saja, bisnis kamu sudah dipastikan dapat berkembang secara pesat.

Membangun bisnis tidak melulu membutuhkan modal yang besar, bukan? Banyak sekali jenis-jenis bisnis yang bisa kamu lakukan dengan hanya bermodalkan Rp5 juta saja.

Namun, walau cenderung kecil, mungkin akan menjadi kendala tersendiri bila kamu tidak memiliki modal yang cukup. Nah, lalu bagaimana sih cara cepat mendapatkan pinjaman dana Rp5 juta sebagai modal usaha?

Tips Cepat Mendapatkan Modal Usaha
1. Tabungan dan hasil investasi

Cara pertama dalam mendapatkan pinjaman dana Rp5 juta untuk usaha adalah dengan mengambilnya dari tabungan. Jika sebelumnya kamu pernah bekerja sebagai karyawan kantoran yang mendapatkan penghasilan tetap, maka kamu bisa memanfaatkan uang yang telah kamu tabung atau investasikan terlebih dahulu sebagai modal usaha.

Investasi emas bisa dikatakan sebagai salah satu jenis investasi yang paling cepat dan mudah dengan tingkat risiko yang rendah. Nilai emas yang terus mengalami peningkatan secara signifikan sering kali dimanfaatkan sebagai sumber modal usaha paling baik.

2. Mencari pinjaman online (pinjol)

Jika menurut kamu menabung dan berinvestasi memakan waktu yang cukup lama, maka cara paling instan ialah melalui pinjaman online. Tanpa perlu datang langsung ke lokasi, hanya dengan menggunakan komputer maupun ponsel pintar pun, kamu sudah bisa mengajukan pinjaman online sebagai salah satu cara cepat mendapatkan pinjaman dana Rp5 juta.

Selain itu, mengajukan pinjaman online juga tidak membutuhkan persyaratan yang muluk dengan prosedur yang sangat singkat. Jangka waktu dalam pencairan pinjaman dana pun hanya terhitung hari bahkan hingga jam. Sangat cepat, bukan?

(Baca juga: Awas Tertipu Pinjol Ilegal, Ini Sederet Ciri-cirinya!)

Tapi ingat, demi keamanan, kamu dianjurkan oleh pemerintah untuk mencari pinjaman online dari perusahaan financial technology (fintech) yang telah terdaftar dan mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ya.

Berikut adalah daftar Penyelenggara Fintech Terdaftar dan Berizin di OJK per 31 Mei 2019.

Persyaratan Pinjaman Online

Nah, bagi kamu yang ingin mengajukan pinjaman online, sebenarnya apa saja sih persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan?

1. Warga Negara Indonesia dan Berdomisili di Indonesia

2. Usia Minimal 21 tahun dan Maksimal 60 tahun dengan Sejarah Kredit yang Telah Lunas

Dokumen

1. Menyertakan Foto Copy KTP, KK, Surat Nikah (Bila yang sudah menikah)

2. Surat Keterangan Usaha atau Surat Ijin Usaha

3. Foto Copy Rekening Tabungan untuk 6 Bulan Terakhir

Sangat mudah, bukan? Jika kamu sudah memenuhi persyaratan maupun dokumen yang dibutuhkan, kamu tinggal mengajukan pinjaman melalui situs dari lembaga pinjaman online yang dituju.

Melalui pinjaman online, sebenarnya kamu juga dapat melakukan peminjaman dengan jumlah nominal sebesar apapun, bahkan lebih besar dari Rp5 juta sekalipun.

Namun, tetap saja ketika melakukan peminjaman, kamu juga perlu memastikan bahwa usaha yang akan kamu jalani memang berpeluang untuk berkembang sehingga kamuy akin bisa mengembalikan dana yang telah dipinjam tersebut.

Seiring dengan perkembangan zaman, modal bukan lagi menjadi sebuah kendala. Ada banyak sekali cara cepat mendapatkan pinjaman dana Rp5 juta untuk modal usaha. Butuh dana cepat untuk modal usaha? Ajukan pinjaman online saja!

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami