Berikut Cara Daftar Akun PayPal, Siap Belanja Online di Mana Saja

Bagi kamu yang sering berselancar di dunia maya, pasti tidak asing dengan PayPal. Apalagi bagi kamu yang sering berbelanja online di situs-situs internasional.

Berikut Cara Daftar Akun PayPal

Tertarik untuk menggunakan PayPal sebagai metode pembayaran? Cari tahu dulu bagaimana cara daftar akun PayPal melalui artikel di bawah ini!

(Baca Juga: Cara Belanja Melalui PayPal agar Transaksi Lebih Praktis)

Apa Itu Paypal?

Sebelum mengetahui cara daftar akun PayPal, tentunya kamu perlu lebih dahulu mengenal apa itu PayPal. PayPal merupakan alat transaksi online yang bertindak sebagai rekening yang terkoneksi dengan kartu kredit.

Rekening paypal bisa disebut juga sebagai rekening virtual yang menawarkan jasa transfer ataupun pembayaran secara online. Dengan PayPal, transaksi dapat digunakan untuk semua orang dari berbagai negara.

Sebelum pembayaran online menjamur, PayPal melakukan pengiriman uang antar negara menggunakan slip pembayaran kertas berbentuk cek atau wesel pos dengan minimum jumlah pembayaran tertentu.

Namun kini seluruh transaksi dilakukan via daring dengan sistem keamanan terjamin dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan pembayaran.

Bagaimana Menggunakan PayPal

Untuk mengetahui cara daftar akun PayPal, penting untuk memahami cara kerja PayPal agar dapat kamu maksimalkan penggunaanya sesuai kebutuhanmu.

Layanan utama PayPal kini adalah pembayaran online. Layanan ini memudahkan konsumen membeli produk dari merchant pilihan yang berasal dari berbagai negara hanya dengan beberapa langkah mudah.

Langkah pertama yang harus kamu ambil adalah membuat akun PayPal. Pembuatan akun PayPal pribadi hanya memerlukan alamat e-mail dan nomor telepon secara gratis.

Selanjutnya, jika akunmu sudah sukses dibuat, kamu dapat menghubungkan akun dengan kartu pembayaran seperti kartu kredit atau kartu debit.

Terakhir, kamu dapat melakukan transaksi dengan merchant yang menggunakan layanan PayPal sebagai metode pembayarannya. Anda tidak perlu memasukkan rincian kartu kembali.

Untuk mengetahui apakah platform atau merchant yang kamu gunakan memiliki metode pembayaran PayPal atau tidak, kamu hanya perlu mencari logo mereka saat akan melakukan transaksi. Mudah bukan?

Untuk melakukan pembayaran, kamu hanya perlu log in ke akun PayPal saat proses checkout. Keamanan rincian kartumu terjamin karena PayPal menjamin penjual tidak akan memiliki akses terhadap data itu.

Anda juga dapat mengelola pembayaran rutin menggunakan PayPal. Dengan fitur ini, anda dapat melakukan pembayaran otomatis untuk transaksi bulanan seperti tagihan, program angsuran atau online subscription.

Cara Daftar PayPal

Untuk memanfaatkan fitur menarik dari PayPal, kamu perlu memiliki akun PayPal. Berikut cara daftar akun PayPal:

  1. Buka website resmi PayPal dengan alamat paypal.com
  2. Dalam laman home, klik pilihan sign up di pojok kanan atas.
  3. Kamu dapat memilih jenis akun PayPal, untuk keperluan personal atau bisnis dengan fitur yang berbeda
  4. Berikutnya isi nomor telepon untuk mendapatkan notifikasi transaksi selanjutnya. Masukan kode konfirmasi
  5. Isi data yang dibutuhkan untuk keperluan akun PayPal seperti alamat e-mail, nama lengkap, dan kata sandi
  6. Selanjutnya isi data pribadi yang akan digunakan untuk keperluan tagihan seperti kewarganegaraan, tanggal lahir, nomor identitas, serta alamat lengkap
  7. Jangan lupa baca user agreement dan privacy statement untuk mengetahui hak dan kewajibanmu sebagai pengguna PayPal
  8. Klik setuju dan buat rekening untuk menyelesaikan proses pembuatan akun. Lakukan konfirmasi akun melalui e-mail
  9. Untuk menggunakan akun PayPal, hubungkan kartu kredit atau kartu debit yang kamu miliki. Proses ini memerlukan verifikasi kartu terlebih dahulu
  10. Akun anda siap digunakan untuk pembayaran online maupun pengiriman uang antar negara

Keuntungan Menggunakan PayPal

Setelah mengetahui cara daftar akun PayPal, selanjutnya anda dapat mengetahui keuntungan menggunakan PayPal.

1. Digunakan di Berbagai Platform

Sebagai alat transaksi online yang paling populer, PayPal dapat digunakan di berbagai platform ternama seperti eBay, ASOS, Agoda, iHerb, dan Amazon.

Jika kamu memiliki akun PayPal, kamu akan dimudahkan untuk melakukan transaksi dan pembayaran online tanpa harus menggunakan metode pembayaran tambahan lain.

Hal ini juga penting karena konsumen dapat menjaga keamanan seperti data kartu kredit sehingga tidak disalahgunakan oleh merchant atau platform karena data ini dilindungi oleh PayPal.

2. Transaksi Terjamin Aman

Salah satu keuntungan terbesar menggunakan PayPal adalah terjaminnya keamanan data serta transaksi yang dilakukan di berbagai platform baik untuk pembayaran maupun pengiriman dan penerimaan dana.

Selain itu, apabila pembeli merasa terjadi kecurangan atau penipuan atas transaksi, PayPal mengutamakan Perlindungan Pembeli di mana dengan mengajukan komplain, pembeli bisa mendapatkan dananya kembali.

Jika pembeli menyampaikan komplain dalam waktu 180 setelah pembelian, PayPal akan menyelesaikan permasalahan ini dengan melakukan refund tanpa biaya admin yang didampingi customer support.

3. Gratis Ongkos Kirim untuk Pengembalian Barang

Dalam berbelanja daring, pembeli dapat merasakan ketidakpuasan terhadap produk baik dari segi kualitas atau kesesuaian dengan deskripsi penjual sebelum pembelian.

Untuk menjaga kepuasan pelanggan, PayPal menawarkan layanan gratis biaya pengiriman hingga $20 bagi kamu yang ingin mengembalikan barang kepada penjual.

Dengan mengajukan refund dana untuk pengiriman barang kembali, PayPal akan memproses pengajuanmu hari setelah kamu menyertakan bukti pengiriman beserta tagihan pembayaran.

Pastikan kamu mengirimkan barang kembali sebelum 30 hari setelah pembelian. PayPal akan mengganti ongkos kirim dalam waktu 10 hari setelah pengajuan.

4. Promo dan Reward yang Banyak

PayPal menawarkan segudang promo untuk pembelian online dengan toko-toko terkemuka di seluruh dunia. Mulai dari keperluan dapur, pakaian, hingga tiket pesawat, kamu bisa memanfaatkan promo ini dengan PayPal.

Selain itu, PayPal bekerjasama dengan bank tertentu agar pembelian barang dengan kartu kreditmu tetap mendapatkan poin dan reward yang bisa kamu kumpulkan untuk penawaran menarik.

(Baca Juga: 5 Kartu Debit Terbaik untuk Paypal)

Bagaimana? Tentunya kamu semakin yakin untuk menggunakan PayPal ya. Apalagi kini kamu mengetahui cara daftar akun PayPal yang mudah serta keuntungannya yang berlimpah.

Untuk memanfaatkan fitur PayPal, kamu perlu menghubungkan akun dengan kartu kredit agar dapat melakukan transaksi. Apakah kamu sudah memiliki kartu kredit?

Jika belum, tidak perlu khawatir. Pilih kartu kredit terbaik sesuai kebutuhanmu dengan CekAja.com. Di sini, kamu dapat membandingkan layanan dan biaya dari puluhan kartu kredit di Indonesia.

Selain mengetahui kartu kredit terbaik, kamu dapat mengajukan kartu kredit online melalui CekAja untuk proses apply yang mudah, cepat, dan aman.

Cari kartu kredit terbaik untukmu dan segera apply di CekAja.com untuk menikmati sejuta keuntungan.