Cara Daftar Usaha Kuliner di GoFood dan GrabFood 2021 Terlengkap, Yuk Simak!

Selaku pebisnis yang bergerak di bidang Food & Beverages, sudah seharusnya kamu mengetahui cara daftar usaha kuliner di GoFood dan GrabFood 2021. Pasalnya, cara-cara tersebut dapat membantu kamu meningkatkan angka penjualan.

Cara Daftar Usaha Kuliner di GoFood dan GrabFood 2021 Terlengkap, Yuk Simak!

Berbicara soal GoFood dan GrabFood, keduanya adalah layanan milik dua startup besar di Indonesia, yaitu Gojek dan Grab.

Sesuai dengan namanya, kedua layanan tersebut menawarkan jasa pesan dan kirim makanan serta minuman, yang menghubungkan langsung antara pemilik usaha dengan konsumen.

Melalui layanan ini, konsumen bisa dengan mudah mendapatkan makanan dan minuman yang diinginkan, tanpa harus pergi ke lokasi usaha.

Begitupun dengan pebisnis, mereka bisa menjangkau pasar yang lebih luas melalui penggunaan layanan GoFood dan GrabFood ini.

Lantas, bagaimana cara daftar usaha kuliner di GoFood dan GrabFood 2021 yang sebenarnya harus dilakukan?

Daripada bingung, pada kesempatan kali ini CekAja akan mengulas cara-caranya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Tips Mendaftarkan Usaha Kuliner di GoFood dan GrabFood

Sebelum tahu lebih jauh cara daftar usaha kuliner di GoFood dan GrabFood 2021, ada baiknya kamu ketahui dulu tips mendaftarkan usaha kuliner di kedua layanan tersebut.

Yang mana, tips yang perlu diketahui dan lakukan sejatinya tidak banyak. Kurang lebih ada tiga poin, yang di antaranya yaitu:

Daftar menggunakan nama makanan paling laku

Tips pertama yang perlu kamu lakukan, yaitu mendaftarkan usaha kulinermu di GoFood dan GrabFood pakai nama makanan paling laku.

Tips ini pada dasarnya dianjurkan untuk kamu yang baru menetas di dunia bisnis kuliner. Hal itu tak lain karena, restoran, cafe, gerai atau warung makanan milikmu belum cukup terkenal di pasaran.

Maka dari itu, sebaiknya kamu gunakan nama makanan yang paling laku di bisnismu, lalu diikuti dengan nama restorannya.

Sebagai contoh, kamu mendaftarkan usaha kuliner di GoFood dan GrabFood pakai nama “Soto Sulung Mbak Dina” dibandingkan “Resto Mbak Dina”, karena soto sulung adalah menu favorit di restoranmu.

Selain itu, pencantuman nama menu makanan paling favorit di GoFood dan GrabFood juga dikarenakan, konsumen pasti akan mencari nama makanannya terlebih dahulu di aplikasi, dibandingkan mencari nama restorannya ketika ingin memesan makanan.

(Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Kuliner Daerah Pakai Pinjaman UangTeman)

Tempatkan menu rekomendasi di urutan atas

Selain mendaftarkan usaha kuliner pakai nama makanan paling laku, kamu juga perlu menempatkan menu rekomendasi di urutan atas, pada aplikasi GoFood dan GrabFood.

Hal itu ditujukan agar menu makanan rekomendasi tersebut, bisa ditemukan dan dipesan dengan mudah oleh konsumen.

Gunakan foto menu yang menarik

Tips terakhir yang perlu kamu lakukan dalam mendaftar usaha kuliner di GoFood dan GrabFood, yaitu menggunakan foto menu yang menarik.

Ketahuilah, penggunaan foto menu yang menarik dapat memikat perhatian konsumen untuk membeli.

Maka dari itu, ketika ingin mendaftarkan usaha kulinermu di kedua layanan tersebut, pastikan kamu sudah memiliki banyak stok foto asli, agar konsumen nantinya juga tidak merasa ditipu.

Cara Daftar Usaha Kuliner di GoFood dan GrabFood 2021

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui tips mendaftarkan usaha kuliner di GoFood dan GrabFood, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui cara daftarnya.

Sebenarnya, cara daftar usaha kuliner di GoFood dan GrabFood tidak rumit. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang akan diulas secara lengkap berikut ini.

1. Cara Daftar Usaha Kuliner di GoFood melalui Go-Biz

Cara Daftar Usaha Kuliner di GoFood melalui Go-Biz Terlengkap

Cara daftar usaha kuliner di GoFood dan GrabFood 2021 yang akan diulas pertama, yaitu cara daftar usaha kuliner di GoFood melalui aplikasi Go-Biz.

Buat kamu yang belum tahu, GO-BIZ merupakan super app keluaran Gojek, yang dihadirkan secara khusus untuk mitra usaha, dalam memenuhi semua kebutuhan usaha pebisnis.

Seperti misalnya memudahkan pencatatan pesanan, menyediakan pilihan metode pembayaran, menghadirkan berbagai jenis promo, hingga mendatangkan pelanggan.

Nah dalam hal ini, GO-BIZ digunakan oleh para pebisnis kuliner untuk mendaftarkan usahanya di layanan GoFood. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan, di antaranya yaitu:

  • Mengunduh aplikasi GO-BIZ di Play Store
  • Jika sudah, pilih daftar GoFood dan pilih Daftar Sekarang
  • Setelah itu, pilih Jenis Pendaftaran yang disesuaikan dengan kebutuhan (buka restoran baru milik pribadi, buka restoran baru milik perusahaan, buka beberapa cabang restoran, penambahan cabang baru, dan buat akun GO-BIZ)
  • Apabila jenis restoran yang dipilih “Buka restoran baru milik pribadi”, maka bisa langsung pilih kota di mana restoran berada, lalu tekan lanjut
  • Setelah berhasil, daftar makanan di GoFood dengan cara mengisi formulir pengguna yang terdiri dari nama pengguna, email, dan nomor ponsel aktif
  • Setelah semua data terisi lengkap dan benar, kamu bisa langsung klik buat akun
  • Tunggu sebentar, hingga kode OTP masuk ke nomor yang didaftarkan sebelumnya
  • Apabila kode OTP sudah masuk, kamu bisa langsung tekan konfirmasi
  • Selanjutnya, kamu bisa langsung isi data usaha dengan memasukkan Nama Restoran, lalu klik lanjut
  • Kemudian, pilih Informasi Restoran dan isi beberapa informasi yang dibutuhkan, seperti alamat lengkap lokasi restoran, patokan lokasi, serta lokasi di peta
  • Jika semuanya sudah benar, pilih konfirmasi dan simpan
  • Isi informasi seputar identitas pemilik dengan mencantumkan nomor ponsel aktif, foto KTP, nomor NPWP dan foto NPWP (jika ada)
  • Selanjutnya, isi data informasi rekening bank dengan cara menekan tombol panah dalam kolom nama bank, lalu pilih bank yang digunakan
  • Masukkan juga nomor rekening dan nama pemilik rekening, lalu tekan verifikasi
  • Apabila nama pemilik rekening berbeda dengan nama pemilik restoran, maka kamu bisa memasukkan nama pemilik sesuai KTP dan nama pemegang rekening bank di kolom yang tersedia
  • Setelah semua data yang dibutuhkan lengkap, kamu bisa langsung klik tombol centang, unggah surat kuasa, lalu tekan simpan
  • Selanjutnya isi informasi pajak dan lainnya yang bersifat opsional
  • Jika sudah, nantinya akan muncul tampilan “Syarat dan Ketentuan GoFood dan GoPay”
  • Jika kamu setuju, klik dua tanda centang yang tersedia, lalu klik kirim data usaha
  • Proses pendaftaran usaha kuliner di GoFood pun selesai, dan kamu tinggal menunggu hasil apakah pendaftaranmu diterima atau ditolak
  • Apabila pendaftaran ditolak, maka kamu harus memperbaiki kolom merah data usaha yang belum sesuai, lalu klik lanjut
  • Sementara jika pendaftaranmu diterima, maka kamu bisa klik lanjut dan mengaktifkan restoran dengan mengisi jam operasional, menu restoran, profil restoran dan lain sebagainya.

2. Cara Daftar Usaha Kuliner di GrabFood

Cara Daftar Usaha Kuliner di GrabFood Terlengkap

Selain mengetahui cara daftar usaha kuliner di GoFood, dalam bahasan cara daftar usaha kuliner di GoFood dan GrabFood 2021, kamu juga akan mengetahui cara daftar usaha di GrabFood, yang di antaranya yaitu:

  • Membuat profil pebisnis dan verifikasi akun di https://www.grab.com/id/merchant/food, lalu mengisi beberapa informasi yang dibutuhkan mulai dari nama bisnis, alamat bisnis beserta kota, nomor ponsel aktif dan email secara lengkap
  • Jika sudah, klik DAFTAR lalu tim GrabFood akan mengirimkan email verifikasi yang harus diselesaikan dalam 72 jam
  • Setelah email berhasil terverifikasi, tim GrabFood akan menghubungi pebisnis dan menjelaskan langkah selanjutnya terkait informasi toko
  • Kamu selaku pebisnis diminta untuk melengkapi sejumlah informasi terkait bisnis yang dijalankan, mulai dari foto restoran, foto menu dan lain sebagainya
  • Jika semua hal tersebut sudah dipenuhi, maka kamu akan menerima email dari tim GrabFood untuk tandatangan kontrak
  • Selanjutnya, kamu akan diminta untuk kembali melakukan verifikasi email outlet dalam waktu 72 jam
  • Setelah proses verifikasi selesai, kamu bisa melakukan pendaftaran dan autentikasi akun OVO, sebagai platform pembayaran antara konsumen dan pelaku usaha
  • Tim OVO nantinya akan menghubungi kamu untuk melakukan validasi dan verifikasi informasi bisnis, termasuk nama dan alamat restoran
  • Apabila semua proses tersebut selesai dan berjalan sukses, maka kamu akan dikirimkan email oleh Tim GrabFood yang berisi bahan training, mengenai cara menggunakan aplikasi untuk merchant bisnis makanan
  • Tidak hanya itu, kamu pun akan mendapatkan informasi tentang cara mengaktifkan akun GrabFood merchant kamu.

(Baca Juga: Risiko Bangun Bisnis Bareng Teman)

Itulah sejumlah informasi terkait cara daftar usaha kuliner GoFood dan GrabFood 2021, yang sudah kamu ketahui lengkap di pembahasan sebelumnya.

Bagaimana, semua cara daftar tersebut sangat mudah dilakukan, bukan? Namun untuk bisa menerapkan cara daftar tersebut, kamu harus memiliki bisnis kulinernya terlebih dahulu.

Nah, untuk bisa memiliki bisnis kuliner dibutuhkan modal yang besar. Kamu bisa menggunakan dana tabungan yang dimiliki, atau mengajukan pinjaman dana secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk pinjaman terbaik dari bank maupun lembaga keuangan, yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang juga!