Tips Memulai Bisnis Kuliner Daerah Pakai Pinjaman UangTeman, Yuk Cek!

Buat kamu yang ingin berbisnis kuliner khas daerah, mendingan ketahui dulu sederet tips memulai bisnis kuliner daerah lewat artikel CekAja berikut ini.

Berbisnis adalah salah satu profesi yang banyak digemari khususnya anak milenial, sebab peluangnya yang menjanjikan.

Salah satu bidang bisnis yang dinilai punya potensi besar untuk cepat untung adalah bidang kuliner. Bidang yang satu ini memang tak akan ada habisnya karena termasuk kebutuhan primer dalam kehidupan.

Nah bidang kuliner sendiri terbagi lagi menjadi beragam jenis, salah satunya bisnis kuliner daerah.

Kuliner daerah selalu menarik perhatian masyarakat, sebab rasanya yang khas dan hanya ditemukan di kawasan tersebut saja.

Contoh kecilnya adalah pie susu Bali. Kudapan manis yang satu ini selalu jadi favorit wisatawan kala berkunjung ke Pulau Dewata.

Bahkan, tak jarang ada yang membuka usaha jastip pie susu dengan harga sedikit lebih mahal dari normalnya.

Tips Memulai Bisnis Kuliner Daerah

Meski menjanjikan, enggak sedikit pula pengusaha kuliner daerah yang gulung tikar karena ketidakmatangan strategi.

Nah, bagi kamu yang baru saja ingin merintis bisnis kuliner daerah, jangan merasa takut gagal dulu ya.

Masih ada banyak cara yang dapat kamu lakukan agar bisnismu dapat bertahan ditengah persaingan yang ketat.

Untuk membantu kamu, CekAja bakal memaparkan informasi mengenai tips memulai bisnis kuliner daerah di bawah ini seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Tentukan jenis makanannya

Tips memulai bisnis kuliner daerah yang pertama adalah dengan menentukan terlebih dulu jenis makanan yang bakal dijual.

Hal ini bakal memudahkan kamu untuk berfokus pada satu produk terlebih dulu, apalagi bila makanan daerahnya adalah buatan sendiri.

Ingat, jangan terlena untuk menjual banyak produk makanan, karena takutnya dapat membuat kamu sulit untuk menentukan prioritas penjualan.

Namun kalaupun ingin menjual banyak produk, pastikan bahwa produk tersebut diambil dari agen yang berkualitas dan bukan kamu produksi sendiri.

2. Hitung perkiraan modal

Setelah mengetahui jenis makanan yang akan dijual, selanjutnya coba ambil pena dan buku tulis kosong untuk menghitung perkiraan modal usaha yang diperlukan.

Perkiraan modal usaha sangat penting untuk kamu pahami supaya nantinya kegiatan operasional bisnis bisa berjalan mulus tanpa ada hambatan sedikit pun.

Idealnya sih, kamu dapat memperhitungkan besaran modal yang dibutuhkan untuk satu tahun ke depan.

Apabila modal belum mencapai target, kamu bisa mengajukan pinjaman terlebih dulu ke UangTeman, sebagai opsi terakhir.

UangTeman adalah lembaga pembiayaan berizin OJK yang dapat digunakan untuk meminjam dana dalam waktu singkat.

Fintech P2P ini bisa kamu akses lewat aplikasinya langsung ataupun melalui CekAja.com.

(Baca Juga: 8 Cara Sukses Binsis Kuliner Online)

3. Ciptakan ciri khas produk

Beralih ke tips memulai bisnis kuliner daerah yang berikutnya, CekAja menyarankan kamu untuk bisa memulai bisnis kuliner dengan menciptakan ciri khas tersendiri.

Saat kamu tertarik untuk memulai bisnis kuliner daerah, berarti kamu juga harus mampu untuk membangun maupun mempertahankan ciri khas itu agar tampilannya makin menarik.

Ciri khas tersebut bukan hanya dari cita rasa saja, namun juga dari pengemasan produk hingga bagaimana kamu mempromosikannya.

4. Tentukan lokasi penjualan

Lokasi penjualan adalah salah satu hal yang penting jika kita berbicara mengenai tips berbisnis.

Lokasi penjualan yang strategis dapat menjadi keuntungan besar bagi pemiliknya, begitupun untuk usaha kuliner daerah.

Pilihlah lokasi yang dekat dengan pusat kota atau tempat wisata. Sehingga mudah untuk dijangkau oleh konsumen, terutama dari luar daerah tersebut.

Bukan hanya itu saja, tempat usahamu juga harus memiliki lahan parkir yang luas agar memudahkan pembeli saat memarkirkan kendaraannya.

(Baca Juga: 9 Tips Buka Cabang Bisnis Baru)

5. Perkuat promosi penjualan

Tips memulai bisnis kuliner daerah yang berikutnya adalah dengan memperkuat promosi penjualan. Tanpa adanya promosi, jangan heran bila nantinya usahamu ini sepi peminat.

Promosi tak hanya bisa dilakukan dari mulut ke mulut. Kamu juga butuh sosial media sebagai tempat promosi, karena tingkat keefektivannya yang jauh lebih tinggi.

Lewat sosial media pula, kamu dapat menggunakan jasa endorse influencer.

Untuk skala kecilnya, cobalah jasa influencer lokal dari daerah tersebut. Mungkin kamu bisa memintanya untuk mendatangi lokasi bisnismu sembari mencicipi makanan yang dijual.

6. Bangun brand image yang baik

Tips memulai bisnis kuliner daerah yang satu ini tak boleh diabaikan begitu saja, sebab dampaknya ke konsumen bisa dibilang cukup besar.

Reputasi yang baik dari bisnis kuliner tentu akan menjadikan usahamu untung besar, apalagi jika sampai dikenal oleh masyarakat di luar daerah tersebut.

Tanpa adanya brand image yang baik, boleh jadi kedepannya pesaingmu dapat mengambil perhatian pelanggan untuk beralih ke produk mereka.

Nah untuk membangun brand image yang baik setidaknya kamu harus tahu dulu siapa yang menjadi target pasar untuk bisnismu sendiri.

Setelahnya baru lakukan pemasaran secara aktif dengan konten-konten menarik guna menjaring lebih banyak lagi konsumen.

7. Jalin kerjasama dengan jasa travel

Tips memulai bisnis kuliner daerah yang lainnya adalah menjalin kerjasama dengan jasa travel.

Cara ini layak dicoba karena biasanya jasa travel akan merekomendasikan wisatawannya ke tempat-tempat perbelanjaan kuliner daerah.

Apabila kamu menjalin kerjasama dengan jasa travel, tentu outlet kamu bakal ramai dikunjungi oleh wisatawan, dan omzet yang didapat pun pasti akan meningkat pesat.

Nah saat wisatawan mendatangi outletmu, jangan lupa untuk mengabadikan momen tersebut dan mengunggahnya di sosial media guna menarik lebih banyak lagi pelanggan.

8. Ikuti pameran kuliner

Yang terakhir, tips memulai bisnis kuliner daerah adalah dengan mengikuti pameran kuliner yang biasanya diselenggarakan oleh pemerintah setempat.

Dengan cara ini, kamu dapat memperkenalkan produkmu ke khalayak luas, sekaligus meraih untung besar, apalagi jika peserta pameran yang datang sangat ramai.

Tambah Modal Usaha untuk Bisnis Kuliner Daerah dengan UangTeman

Nah tadi sudah kamu tahu tentang tips memulai bisnis kuliner daerah. Bagaimana, mulai tertarik untuk mencobanya?

Jika iya, maka kamu harus mempersiapkan segala kebutuhannya, termasuk pula dana sebagai modal awal berbisnis.

Kalaupun modal yang dimiliki belum sesuai dengan realitanya, tak perlu berkecil hati! Sebab, kamu tetap bisa memulai bisnis kuliner daerah pakai pinjaman UangTeman.

Pinjaman dari UangTeman bakal sangat membantu kamu untuk mendapatkan tambahan dana dalam waktu yang cepat sekaligus dengan proses pengajuan yang praktis.

Jika masih bingung akan pengajuan pinjaman di UangTeman, kamu dapat mengajukannya lewat CekAja.com juga.

Di CekAja, kamu hanya perlu mengakses laman “Jelajahi Produk-Pinjaman Online”, kemudian bakal muncul tabel pinjaman UangTeman dengan limit yang berbeda-beda.

Kamu bisa langsung klik “Ajukan Sekarang” pada tabel yang sesuai pilihan, lalu isi formulir onlinenya.

Nanti CekAja bakal memproses pinjamanmu dan kembali menghubungi kamu untuk konfirmasi pinjaman.

Apabila semua data sudah sesuai dengan waktu konfirmasi, maka kamu hanya perlu menunggu pinjamanmu diproses dan cair ke rekening pribadi.

Gimana, gampang kan? Jadi, tunggu apalagi? Yuk langsung ajukan pinjaman UangTeman lewat CekAja.com sekarang juga, dan raih impianmu untuk memulai bisnis kuliner daerah.