8 Desainer Asal Indonesia yang Mendunia dan Membanggakan

5 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Jakarta Fashion Week (JFW) 2021 sudah resmi dimulai pada tanggal 26 – 29 November 2020 yang bertepatan pada hari Kamis sampai dengan Minggu kemarin.

Meskipun masih di dalam masa pandemi, JFW tetap diselenggarakan, namun secara virtual melalui live stream di JFW.tv.

Kali ini, JFW 2021 menggandeng sejumlah desainer dan label berbakat dari Tanah Air, seperti Restu Anggraini, Batik Chic, Tities Sapoetra, Wilsen Willim, Cotton Ink, Rinaldy Yunardi, dan masih banyak lagi.

(Baca Juga: 10 Brand Clothing Lokal Terbaik)

Melihat hal tersebut, kita dapat mengetahui bahwa ternyata Indonesia juga memiliki deretan desainer yang tak kalah berkualitasnya dibandingkan luar negeri.

Bahkan, beberapa desainer yang kita miliki ada yang sudah dikenal hingga ke mancanegara lho. Kamu termasuk penggemar fashion atau sering berburu baju-baju karya desainer lokal?

Di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa desainer asal Indonesia yang mendunia. Siapa sajakah mereka? Yuk kita simak bersama!

Desainer Asal Indonesia yang Mendunia

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sejumlah desainer asal Indonesia yang mendunia dan sangat membanggakan, yaitu adalah:

1. Dian Pelangi

Sepertinya sudah tidak asing lagi bahwa nama “Dian Pelangi” memang sudah menjadi salah satu desainer asal Indonesia yang mendunia.

Wanita cantik lulusan ESMOD Jakarta ini bahkan sudah sering sekali mengikuti pagelaran busana di berbagai negara.

Ia memulai debut mancanegaranya pada tahun 2009 dengan mengikuti pagelaran busana di Australia.

Setelah itu, Dian menjadi sering mewakilkan Indonesia untuk mengikuti pagelaran di berbagai negara, seperti London Fashion Week, Paris Fashion Week, dan New York Fashion Week.

Ketika mewakilkan Indonesia di London Fashion Week, Dian bahkan berkolaborasi dengan dua desainer lulusan London College of Fashion, yaitu Odette Steele dan Nelly Rose Stewart. Wah, sungguh sangat membanggakan sekali ya!

Hebatnya lagi, nama Dian Pelangi juga berhasil masuk ke jajaran 500 orang paling berpengaruh di industri fashion dunia, yang dilansir dari majalah Business of Fashion (BoF).

2. Arantxa Adi

Desainer asal Indonesia yang mendunia selanjutnya adalah Arantxa Adi, yang merupakan salah satu desainer celana jeans premium merk internasional, Citizens of Humanity, sebuah brand jeans yang berasal dari New York, Amerika Serikat.

Suatu prestasi yang begitu membanggakan, mengetahui Adi merupakan satu-satunya perancang yang ikut mendesain jeans internasional.

Dalam rangka merayakan 10 tahun berkarya di dunia fashion, pada tahun 2008 akhirnya Adi membuat buku dan tengah berencana untuk merambah ke dunia perfilman.

3. Tex Saverio

Desainer asal Indonesia yang mendunia selanjutnya adalah Tex Saverio, yang memulai labelnya pada tahun 2010.

Menjadi desainer pertama dari Indonesia yang berhasil mengisi panggung runaway di Paris Fashion Week bersama label ready-to-wear, pria kelahiran tahun 1984 ini mulai dikenal ketika diketahui salah satu karyanya digunakan oleh selebriti besar, Lady Gaga.

Tex Saverio itu sendiri terkenal karena kelihaiannya merancang busana khusus pengantin wanit dengan gaya yang glamour dan penuh fantasi.

Yang membuatnya semakin mengangumkan adalah, tak hanya Lady Gaga, gaun hasil karyanya bahkan juga pernah digunakan oleh Jennifer Lawrence ketika membintangi film The Hunger Games: Catching Fire lho.

Tak hanya itu, salah satu rancangannya juga pernah digunakan oleh Kim Kardashion di dalma majal Elle dan juga pernah memenangkan penghargaan di Asian Fashion Award pada tahun 2005 silam.

4. Peggy Hartanto

Peggy Hartanto merupakan salah satu desainer asal Indonesia yang merilis labelnya pada tahun 2011 silam.

Guna membuktikan rasa keseriusan dan ketertarikannya pada dunia fashion, ia menjadi lulusan terbaik di Raffles College of Design Sydney dengan gelar Fashion of Design and Commerce.

Dengan hasil rancangannya yang begitu memukau, ia bahkan berhasil menarik minat para selebriti mancanegara lho, seperti Gigi Hadid, Gwen Stefani, Bella Thorne, Giuliana Rancic, Odette Annable, dan masih banyak lagi.

Berkat kesuksesannya itulah, Peggy Hartanto juga pernah masuk ke dalam Forbes 30 Under 30 Asia: The Arts. Wah, hebat sekali ya!

5. Harry Halim

Bagi kamu yang sudah lama tertarik dengan dunia fashion, nama Harry Halim mungkin sudah tidak terlalu asing lagi.

Pria kelahiran Pontianak, Kalimantan Barat ini berhasil meraih Best Asian Designer of the Year dalam Asian Fashion Young Designers yang diadakan oleh Dabb sekitar pada tahun 2006 dan menjadi finalis di dalam Mercedes Benz Asia Fashion Awards.

Pada tahun 2006, ia pun memutuskan untuk pindah ke Paris dan memulai debutnya pada Fall/Winter 2010 di Paris Fashion Week.

Semenjak itulah, media mulai terkesan dengan karya-karyanya, yang membuat ia juga berhasil mendapatkan jadwal resmi di Paris Fashion Week.

6. Ardistia Dwiasri

Setelah sukses membangun label Ardistia New York, nama Ardistia Dwiasri itu sendiri menjadi sangat tidak asing di New York.

Dikarenakan hal itulah, Ardistia juga layak dimasukkan ke dalam nama desainer asal Indonesia yang mendunia.

Lulusan Parsons The New School of Design, New York, wanita ini terkenal dengan rancangannya yang minimalis dengan gayanya yang edgy.

Selain itu, ia juga pernah masuk ke dalam nominasi Ready to Wear dari Gen Art Styles. Karya-karyanya bahkan juga berhasil disorot oleh media besar sekelas Vogue, Elle, Harper’s Bazaar, hingga New York Times lho.

Diketahui bahwa saat ini, wanita kelahiran tahun 1979 ini tengah mempersiapkan karya-karyanya di beberapa kota besar di Amerika, Eropa, Kanada, dan Timur Tengah untuk melakukan ekspansi ke Asia.

7. Ghea S Panggabean

Desainer asal Indonesia yang mendunia selanjutnya adalah Ghea S Panggabean, yang dikenal dengan corak-corak etnik yang begitu mencerminkan kebudayaan Indonesia.

Meskipun terlahir sebagai blasteran Sunda-Belanda, rasa cintanya terhadap budaya Tahan Air tak perlu diragukan lagi.

Dikarenakan hal itulah, jangan heran apabila kamu akan sering menjumpai corak etnik Indonesia di setiap karyanya.

Tak hanya itu, Ghea bahkan juga berhasil mendapatkan Peraih aparel Award sebagai Indonesia Best Ready to Wear Designers pada tahun 1987.

8. Rinda Salmun

Nah, desainer asal Indonesia yang mendunia yang akan kita bahas terakhir adalah Rinda Salmun, yang sukses dikenal di London melalui labelnya dan rancangannya yang memukau.

Lulusan S2 Fashion Designer di Ravensbourne College of Design & Communication London, Rinda memulai debutnya pada tahun 2010 melalui pagelaran London Fashion Week.

Hasil rancangannya juga pernah digunakan oleh Jamella, kontestan The X Factor UK sekaligus muncul di pemotretan majalan fashion loka disana.

Pada tahun 2013, Rinda bahkan pernah mengikuti pagelaran busana Jakarta Fashion Week lho.

Dikarenakan hal itulah, tak heran nama Rinda Salmun juga sudah terkenal di telinga masyarakat Indonesia, terutama untuk kamu yang memang selalu up-to-date dengan berita-berita fashion Tanah Air.

Jadi, itulah beberapa desainer asal Indonesia yang mendunia dengan karya-karyanya yang begitu mengagumkan.

Melihat hal tersebut, sepertinya menjadi sukses memang bisa diraih oleh semua orang, bukan? Selama memiliki keinginan, tekad, dan tentunya jiwa pantang menyerah.

(Baca Juga: 10 Masker Brand Lokal yang Bagus)

Akan tetapi, dalam membangun bisnis, tentunya setiap orang akan membutuhkan modal untuk menjalankannya.

Nah, bagi kamu yang saat ini tengah merencanakan bisnis namun masih bingung karena belum memiliki modal yang cukup, janganlah khawatir! Karena, CekAja.com hadir untuk membantumu.

Disini, kamu bisa mengajukan pinjaman modal usaha dengan jumlah dan tenor yang dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial.

Tak hanya itu, seluruh proses pengajuan juga dapat dilakukan secara online lho, yang tentunya membuat kamu dapat melakukan pengajuan dimanapun dan kapanpun tanpa ribet.

Hanya dalam kurun waktu kurang dari seminggu, dana pinjaman bisa langsung cair ke rekening pribadi dan bisa segera kamu gunakan sebagai modal awal usaha.

Mudah banget kan! Ingin cepat memiliki modal untuk membangun bisnis? Segera ajukan saja hanya di CekAja.com!

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha