Cara Jitu Lunasi Utang Kartu Kredit Tanpa Beban Pikiran

Kamu sering merasa utang kartu kredit menjadi beban yang berat? Yuk, jika kamu punya tagihan kartu kredit yang belum lunas, ikuti cara jitu lunasi utang kartu kredit, tanpa menambah beban utang dan jadi tekanan buat kamu.

Cara Jitu Lunasi Utang Kartu Kredit Tanpa Beban Pikiran

Adapun, adanya tagihan atau utang yang menumpuk, biasanya terjadi karena kamu merupakan pengguna kartu kredit pemula.

Sehingga, tidak mengetahui banyak pengetahuan dan pengalaman, terkait penggunaan kartu kredit.

Namun, jika hal tersebut dan saat ini sedang terjadi terhadapmu, tak perlu panik. Karena, jika kamu memiliki niat baik untuk melunasinya, maka akan selalu ada jalan.

Sehingga, bulan atau tahun berikutnya, kamu bisa bebas dari utang kartu kredit, dan bisa menggunakan kartu kredit, dengan lebih bijak lagi.

(Baca Juga: Hak dan Kewajiban Pemegang Kartu Kredit)

Yuk, langsung saja intip cara jitu lunasi utang kartu kredit, seperti yang dilansir dari berbagai sumber, berikut ini!

Cara Jitu Lunasi Utang Kartu Kredit

1. Berhenti gunakan kartu kredit sementara waktu

Berhenti gunakan kartu kredit - Cara Jitu Lunasi Utang Kartu Kredit

Cara jitu lunasi utang kartu kredit yang pertama adalah mencoba berhenti dulu, menggunakan kartu kredit untuk sementara waktu.

Hal ini dilakukan agar kamu bisa fokus melunasi utang, dan tidak menciptakan utang baru, yang bisa membuat utang kamu tidak selesai-selesai.

Tapi, jika kamu masih bandel menggunakan kartu kredit, dan membuat beban utangmu tambah banyak, dijamin niatmu untuk melunasi utang kartu kredit, akan menjadi sia-sia.

2. Buat skala prioritas kartu yang akan dilunasi

Buat prioritas kartu yang akan dilunasi - Cara Jitu Lunasi Utang Kartu Kredit

Cara jitu lunasi utang kartu kredit yang selanjutnya adalah membuat skala prioritas kartu, yang pertama akan dilunasi.

Untuk kasus ini, biasanya dikhususkan untuk kamu yang memiliki dua kartu kredit, dan kedua tagihan kartu kreditnya menunggak.

Lantas, jika ingin mencoba melunasi, kira-kira kartu kredit mana yang lebih dulu dilunasi? Nah, karena di sini yang mengetahui kondisi keuangan adalah pemilik kartu kredit sendiri, jadi kamulah yang bisa menentukan.

Namun, ada baiknya lunasilah segera tunggakan kartu kredit, yang memiliki bunga terbesar terlebih dahulu.

Pasalnya, tagihan kartu kredit dengan bunga besar, akan terus menggerus dompetmu, jika tidak segera dilunasi.

Barulah, ketika tagihan kartu kredit bunga besar telah lunas, maka selanjutnya kamu bisa fokus, ke utang kartu kredit yang tagihannya lebih kecil.

3. Mencari pekerjaan sampingan atau tambahan

Mencari pekerjaan sampingan - Cara Jitu Lunasi Utang Kartu Kredit

Tidak bisa menghindar terus, utang tetaplah utang. Nah, biar nggak dikejar-kejar terus, cara jitu lunasi utang kartu kredit berikut ini, juga bisa kamu terapkan.

Apa lagi kalau bukan mencari pekerjaan sampingan atau tambahan. Bahkan, cara ini bisa dijadikan cara kreatif dalam membayar utang yang menumpuk.

Karena bisa dilakukan tanpa menimbulkan masalah lain, dan kamu hanya perlu menyiapkan fisik, pikiran, dan waktu, yang lebih banyak lagi.

Terlebih, saat ini ada banyak jalan atau cara, untuk bisa mendapatkan pekerjaan sampingan.

Sebut saja menjadi freelance desain, freelance writer, bisnis kecil-kecilan di rumah, dan lain-lain.

4. Lakukan balance transfer ke kartu yang memiliki bunga terendah

balance transfer ke kartu bunga rendah - Cara Jitu Lunasi Utang Kartu Kredit

Cara jitu lunasi utang kartu kredit yang bisa kamu lakukan selanjutnya, adalah dengan melakukan balance transfer ke kartu yang memiliki bunga rendah.

Pasalnya, agar nasabah tertarik ajukan kartu kredit, pasti bank penerbit menawarkan suku bunga yang kompetitif.

Bahkan, beberapa bank menawarkan bunga mulai dari 0 persen-2 persen, selama 3 bulan pertama atau lebih. Jika perlu tanyakan ketika pengajuan kartu kredit.

Nah, balance transfer sendiri merupakan fasilitas memindahkan tagihan dari satu kartu kredit ke kartu kredit lain. Jadi, jika kamu penasaran, tidak ada salahnya mencoba.

Namun, siap-siap karena kamu memiliki konsekuensi untuk memiliki kartu kredit baru dan harus menghentikan transaksi, hingga tagihan kamu lunas.

5. Pinjam uang ke kerabat atau orang dekat

Pinjam uang ke kerabat - Cara Jitu Lunasi Utang Kartu Kredit

Cara jitu lunasi utang kartu kredit lainnya, adalah dengan cara pinjam sedikit uang ke kerabat dekat atau keluarga, untuk menutupi utang mu yang besar.

Mengapa harus ke kerabat atau keluarga? Karena, jika kamu pinjam uang ke mereka, kamu bisa dapatkan pinjaman tanpa bunga dan tanpa jaminan, dengan tenor yang bisa disesuaikan dengan kondisi finansial mu.

Tidak mungkin bukan, kerabat atau keluarga tega membiarkanmu, terlilit utang yang bisa membuatmu tidak bisa produktif menabung untuk masa depan.

Namun, pastikan jangan salah pilih teman untuk meminjam, da pilih teman yang memang dekat dan yang memang mau membantumu.

Akan tetapi, jangan mentang-mentang teman dan keluargamu baik, jangan sampai kamu tidak melunasinya.

6. Pinjam KTA bunga rendah

Pinjam KTA - Cara Jitu Lunasi Utang Kartu Kredit

Namun, jika kerabat hingga saudara memang tidak punya dana, maka kamu bisa coba pinjam dana kredit tanpa agunan atau KTA, dan pilih pinjaman dengan bunga yang rendah.

(Baca Juga: 5 Tips Mudah Membayar Cicilan Utang Pinjaman Online)

Hal ini juga termasuk ke dalam cara jitu lunasi utang kartu kredit. Tapi jangan sembarang memilih KTA, karena sebisa mungkin kamu mencari produk tanpa agunan dengan bunga murah sebesar 1 persen per bulan.

Bahkan, bunga pinjaman KTA saat ini lebih murah dari bunga kartu kredit, yang sekarang yakni sebesar 2,25 persen per bulan.

Nah, itu dia beberapa informasi penting terkait cara jitu lunasi utang kartu kredit, yang bisa kamu terapkan.

Apapun masalahnya, tentu tidak akan terjadi jika tidak ada penyebab. Di sini kamu harus bisa memahami, bahwa utang tidak main-main.

Untuk saja ada beberapa cara jitu ini, yang bisa jadi salah solusi terbaik. Sama bergunanya dengan situs CekAja.com yang membantumu menemukan produk pinjaman KTA terbaik, dari berbagai bank ternama Indonesia.

Jadi, buat kamu yang berniat untuk melunasi utang kartu kredit, bisa coba cari deretan produk pinjaman KTA di CekAja.com.

Selain memudahkan, CekAja.com juga bisa membantumu melakukan perbandingan dari berbagai produk.

Setelah menemukan yang tepat, kamu juga bisa langsung mengajukan di CekAja.com secara online.

Kurang mudah dan praktis apa lagi Yuk, cari pinjaman KTA terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com!