7 Cara Melunasi Hutang Pinjaman Online yang Bisa Kamu Lakukan

Agar segera terbebas dari tanggungan hutang, kamu harus mengetahui cara melunasi hutang pinjaman online. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Penasaran? Simak informasinya berikut ini.

7 Cara Melunasi Hutang Pinjaman Online yang Bisa Kamu Lakukan

Saat ini, semakin banyak produk pinjaman yang beredar dan ditawarkan ke masyarakat. Mulai dari pinjaman bank, pinjaman online peer-to-peer lending, dan pinjaman dari lembaga keuangan lainnya.

Kemudahan pengajuan pinjaman online menjadi daya tarik tersendiri. Banyak calon debitur yang tergiur untuk mengajukan pinjaman karena persyaratan yang mudah, yakni hanya menggunakan KTP, serta pencairan dana yang cepat.

Dengan mengakses situs resmi atau aplikasi dari penyedia pinjaman online lewat smartphone, kamu bisa mendapatkan dana pinjaman yang dikirim ke rekening pribadi.

Sayangnya, tidak semua orang mampu mengantisipasi terjadinya kredit macet alias cicilan hutang yang menunggak. Mereka yang tidak membuat perhitungan matang bisa terjerat dalam lingkaran hutang pinjaman online yang tiada henti.

Belum lagi bagi orang yang didera musibah dalam bidang ekonomi saat pandemi Covid-19. Seperti mereka yang terkena PHK, atau usaha yang omsetnya turun drastis bahkan bangkrut.

Maka dari itu, cara melunasi hutang pinjaman online perlu kamu ketahui lebih lanjut. Bunga dari pinjaman online sering kali dipatok tinggi. Jika kamu terus menunggak dalam membayar cicilannya, maka tagihan akan terus membengkak.

Di sisi lain, penyedia pinjaman online juga akan terus menagihmu. Baik itu melalui SMS, telepon, hingga didatangi oleh debt collector. Kamu sangat mungkin mendapat tekanan psikis berlebih dari proses penagihan hutang pinjaman online ini, yang membuatmu akhirnya justru semakin stress dan tidak tahu cara melunasi hutang pinjaman online yang tepat.

Tips Agar Terhidar dari Jeratan Hutang Pinjaman Online

Bagi kamu yang baru berminat atau baru sesekali mengajukan pinjaman online, kamu juga harus mengetahui cara melunasi hutang pinjaman online dan tips tepat agar terhindar dari jeratan hutang yang berkibat pada kredit macet. Ini dia tipsnya:

  • Bedakan antara kebutuhan dan keinginan. Pastikan kamu tahu prioritas keuanganmu, sehingga tidak impulsif saat berbelanja. Dengan begitu, tidak ada pinjaman yang diajukan untuk hal yang dirasa kurang penting.
  • Pinjaman sah-sah saja diajukan, asal kamu tidak berhutang melebihi batas dan masih mampu membayarnya. Normalnya, total rasio hutang yang masih dalam batas wajar yakni maksimal 30 persen dari pendapatanmu.
  • Saat memiliki hutang, kamu harus menyadari bahwa pelunasan hutang sangat penting dilakukan. Sehingga tak ada alasan untuk menunda pembayaran cicilan setiap bulannya.

(Baca Juga: 6 Solusi untuk Permasalahan Hutang Agar Hidup Tenang)

Cara Melunasi Hutang Pinjaman Online

Saat sudah merasa sangat kesulitan membayar cicilan hutang dari pinjaman online, kamu harus menenangkan pikiran sejenak untuk mencari cara terbaik dan yang tepat. Berikut ini beberapa cara melunasi hutang pinjaman online yang bisa kamu lakukan:

1. Berhemat

Berhemat - Cara Melunasi Hutang Pinjaman Online

Cara melunasi hutang pinjaman online yang pertama adalah dengan berhemat. Cobalah untuk mengatur ulang daftar pos pengeluaran, dengan mengutamakan kebutuhan yang sangat penting saja.

Misalnya kurangi budget makanan dengan makan masakan rumah alih-alih makan di luar. Kemudian hapuskan pos pengeluaran untuk belanja pakaian, atau budget nongkrong di kafe.

Alokasikan lebih banyak dana dari pendapatan untuk membayar hutang beserta bunga dan biaya keterlambatannya.

2. Cari Penghasilan Tambahan

Penghasilan Tambahan - Cara Melunasi Hutang Pinjaman Online

Jika gaji dari pekerjaan tetap yang kamu jalani dirasa tidak cukup untuk membayar hutang, maka segera pikirkan untuk mencari penghasilan tambahan. Misalnya dengan berjualan online, menerima pekerjaan sampingan (freelance), dan lain sebagainya.

3. Bayar Pinjaman dengan Pembayaran Minimal

Bayar Pinjaman - Cara Melunasi Hutang Pinjaman Online

Kemudian, cara melunasi hutang pinjaman online lainnya adalah dengan membayar pinjaman dengan pembayaran minimal. Beberapa penyedia jasa pinjaman online memiliki tarif minimal yang bisa debitur setorkan saat cicilan sudah jatuh tempo.

Pembayaran minimal akan meringankanmu, karena dana yang dibayarkan lebih sedikit dari cicilan biasanya, meskipun dengan masa tenor yang lebih panjang. Bagaimanapun, lebih baik kamu membayar hutang sedikit demi sedikit, asalkan hutang tersebut mampu dibayar.

4. Mengajukan Keringanan Pembayaran

Mengajukan Keringanan - Cara Melunasi Hutang Pinjaman Online

Keringanan pembayaran atau yang juga disebut sebagai restrukturisasi bisa menjadi pilihan cara melunasi hutang pinjaman online. Di masa pandemi yang menghancurkan sektor perekonomian, beberapa penyedia jasa pinjaman online menyediakan pilihan untuk pengajuan restrukturisasi.

Namun jika memilih cara ini, harus dengan kesepakatan antara debitur dan kreditur yang lebih kompleks. Kamu wajib membuktikan bahwa kamu adalah pelaku usaha yang terdampak saat masa pandemi, namun masih memiliki penghasilan di waktu mendatang dan beritikad untuk melunasi hutang.

Pengajuan restrukturisasi ini harus dilakukan sebelum waktu jatuh tempo pembayaran cicilan yang seharusnya.

(Baca Juga: 51 Daftar Pinjaman Online Ilegal Terbaru 2021)

5. Mengambil Pinjaman Bunga Rendah

Bunga Rendah - Cara Melunasi Hutang Pinjaman Online

Bunga dari pinjaman online memang dikenal tinggi, bahkan dipatok sebagai bunga harian. Cara melunasi hutang pinjaman online yang bisa kamu lakukan yakni mengambil pinjaman lain dengan bunga rendah. Misalnya pinjaman bank, atau pinjaman koperasi simpan pinjam.

Meskipun ini adalah teknik “gali lubang, tutup lubang”, namun tidak ada salahnya untuk dilakukan. Dengan catatan kamu hanya melakukannya sekali saja dan segera sadar untuk menyelesaikan hutang yang kamu tanggung.

6. Minta Bantuan Keluarga

Bantuan Keluarga - Cara Melunasi Hutang Pinjaman Online

Dalam urusan hutang, kamu juga bisa meminta bantuan keluarga sebagai cara melunasi hutang pinjaman online. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan pinjaman dari anggota keluarga lainnya, yang tentu saja tidak menyertakan bunga.

Hal ini akan sangat memudahkanmu dalam menyelesaikan pembayaran hutang. Selanjutnya, kamu hanya perlu membayar hutang pada kerabatmu tanpa dibebankan oleh bunga tambahan.

7. Menjual Aset

Menjual Aset - Cara Melunasi Hutang Pinjaman Online

Cara melunasi hutang pinjaman online yang terakhir adalah menjual aset. Jadikan ini sebagai pilihan terakhir, karena kebayakan dari kita kerap enggan melepaskan aset yang dimiliki.

Berbagai aset yang bisa dijual untuk melunasi hutang pinjaman online antara lain handphone, laptop, barang elektronik rumahan (TV, kulkas, AC, dan lain-lain), kendaraan pribadi seperti mobil dan motor, hingga rumah.

Itulah ketujuh cara melunasi hutang pinjaman online yang bisa kamu lakukan. Alih-alih mengambil hutang dalam jumlah yang banyak, lebih baik kamu berhemat dan menabung untuk masa depan.

Di CekAja.com, kamu bisa memilih produk tabungan dari bank terbaik. Proses pengajuan sangat mudah karena dilakukan serba online. Dengan tabungan ini, kamu juga bisa mengajukan kartu kredit jika memang diperlukan.

Untuk kamu yang ingin mengambil pinjaman untuk berbagai kebutuhan, lebih baik gunakan rekening tabungan sebagai syarat pengajuan kartu kredit.

Sebab kartu kredit memiliki keamanan yang baik, dengan sistem limit yang sesuai dengan kemampuan finansialmu dan metode pembayaran autodebet yang menghindarkanmu dari kredit macet.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo segera ajukan pembukaan rekening tabungan melalui CekAja.com!