6 Solusi untuk Permasalahan Hutang Agar Hidup Tenang dengan Amalan

Menjadi salah satu masalah finansial yang sering dialami, permasalahan hutang memang perlu dibasmi. Adapun, lima solusi untuk permasalahan hutang ini, bisa kamu terapkan, agar hidupmu bisa lebih tenang.

5 Solusi untuk Permasalahan Hutang Agar Hidup Tenang dengan Amalan

Memang tidak mudah, untuk keluar dari jeratan hutang. Namun, hal tersebut perlu kamu lakukan, agar kamu bisa melanjutkan kehidupan tanpa bayang-bayang hutang.

Pasalnya, ketika kamu punya hutang, kamu jadi sulit untuk menabung, investasi, beli rumah, beli kendaraan, mengajukan kartu kredit, hingga mengajukan pinjaman dana.

Jadi, bagaimana caranya agar kamu bisa terbebas dari hutang? Nah, jika kamu punya masalah ini, bisa terapkan lima solusi untuk permasalahan hutang, berikut ini.

6 Solusi untuk Permasalahan Hutang

1. Mengakui Jika Punya Hutang

Punya Hutang - Solusi untuk Permasalahan Hutang

Solusi untuk permasalahan hutang yang pertama adalah mengakui terlebih dahulu, kalau kamu memang punya hutang. Jika kamu merasa hutang tidak memiliki hutang, tidak mungkin akan muncul masalah lain.

Pasalnya, kebanyakan masalah yang muncul akibat hutang adalah, terhentinya kegiatan finansial lain. Terlebih, hutang juga bisa menggerogoti keuangan, karena pola konsumsi yang lebih besar pasak dari tiang.

(Baca Juga: 7 Cara Atasi Stress karena Utang dengan Amalan)

Selain itu, jika kamu tidak mengakui bahwa punya hutang, maka artinya kamu juga lari dari masalah, dan kamu tidak bergegas untuk mencari solusi.

Jika seperti itu, hutangmu tidak akan pernah selesai, malah justru akan makin bertambah. Jadi, sekecil apapun jumlah hutang, maka kamu harus mengakuinya.

2. Kenali Jenis Hutang

Jenis Hutang - Solusi untuk Permasalahan Hutang

Solusi untuk permasalahan hutang yang berikutnya adalah dengan mengenali jenis hutang. Dengan mengetahui jenis hutang, maka kamu bisa mengetahui cara mengatasinya. Pasalnya, dari banyak jenis hutang, maka implikasinya juga akan berbeda – beda.

Umumnya alasan orang berhutang adalah untuk bisa mendapatkan sesuatu dengan cepat. Namun, ada beberapa jenis hutang, yang bisa dikatakan hutang itu baik atau buruk.

Misalnya saja, jika kamu berhutang untuk membeli aset (seperti rumah), maka hutang tersebut bukan jenis hutang yang buruk.

Pasalnya, nilai aset yang dibeli dengan berhutang tersebut, nilainya akan meningkat seiring waktu. Sehingga, biaya hutang menjadi lebih kecil, dibandingkan manfaat yang diberikan aset.

Contohnya adalah kredit KPR. Anda beli rumah atau apartemen dengan mencicil lewat KPR dimana nilai rumah Anda cicil tersebut akan meningkat.

Jenis hutang ini, biasanya adalah ketika kamu membeli rumah dengan KPR, karena kenaikan harga properti setiap tahun lebih tinggi dari suku bunga.

Sehingga, terjadinya kenaikan nilai aset yang kamu miliki, suatu saat bisa menutupi biaya pinjaman hutang.

Selain membeli rumah, jenis hutang yang dipandang baik adalah jenis hutang yang digunakan untuk berbisnis, karena bertujuan untuk mengembangkan uang, dan bersifat produktif.

Nah, untuk jenis hutang yang ‘jahat’ adalah hutang yang digunakan untuk konsumsi dan “lapar mata”. Contohnya, ketika kamu berhutang untuk beli ponsel, baju, jalan-jalan, shopping dan kegiatan konsumtif lainnya.

3. Prioritaskan Bayar Hutang Ketika Gajian

Bayar Hutang - Solusi untuk Permasalahan Hutang

Solusi untuk permasalahan hutang yang berikutnya adalah, memprioritaskan bayar hutang, ketika gajian. Jadi, ketika kamu mendapatkan penghasilan bulanan, maka sisihkan terlebih dahulu untuk cicilan hutang.

4. Cari Penghasilan Tambahan

Penghasilan Tambahan - Solusi untuk Permasalahan Hutang

Jika jumlah hutang kamu besar, sehingga gaji bulanan tidak mencukupi, maka kamu bisa terapkan solusi untuk permasalahan hutang berikut ini, yakni dengan cara cari penghasilan tambahan.

Penghasilan tambahan, bisa kamu dapatkan dengan cara bekerja sampingan, menjadi freelancer, kerja part time, atau dengan berbisnis.

5. Jual Aset Berharga

Aset Berharga - Solusi untuk Permasalahan Hutang

Jika tidak ada lagi hal yang bisa membantu kamu untuk keluar dari masalah hutang, maka solusi untuk permasalahan hutang yang satu ini, juga bisa dicoba.

Yakni dengan cara menjual atau melepas sebagian aset yang dimiliki, seperti perhiasan, barang elektronik, otomotif, hingga barang berharga lainnya yang bernilai, untuk membayar utang.

6. Melakukan Konsultasi Keuangan

Konsultasi Keuangan - Solusi untuk Permasalahan Hutang

Ada kalanya, bukan kita tidak bisa membayar karena tidak punya uang, atau tidak berusaha untuk mencicil, tapi cara membayar hutang yang salah.

Contoh saja, dengan membayar hutang dengan cara meminjam uang ke pinjaman online. Bukan tidak boleh, tapi disarankan jangan, karena jika kamu tidak mengaturnya, kegiatan tersebut bisa jadi bumerang untuk kamu.

Maka dari itu, sebelum membayar hutang, ada baiknya konsultasikan masalah hutangmu ke beberapa pihak berikut ini, yang setidaknya paham dengan keuangan.

Tidak melulu harus ke konsultan keuangan yang profesional dan mahal, karena kamu juga bisa membedah masalah keuangan ke konsultan yang murah bahkan gratis, seperti:

  • Beli buku perencana keuangan
  • Ikut seminar online gratis tentang keuangan, atau dengarkan siaran perencana keuangan di radio, Youtube atau podcast.
  • seminar atau workshop yang diadakan perencana keuangan.
  • Konsultasi privat dengan perencana keuangan untuk menganalisis masalah keuangan Anda dan meminta saran cara mengatasi masalah keuangan tersebut.
  • Konsultasi gratis dengan Amalan.

Selesaikan Masalah Hutangmu dengan Amalan

Pilihan yang terakhir ini, bisa dijadikan pilihan tepat, untuk kamu yang ingin segera menyelesaikan masalah hutang. Terlebih, Amalan ini memang dibuat khusus untuk membantu kamu, yang sedang memiliki masalah hutang.

Terlebih, saat menjelang lebaran seperti ini, pasti ada banyak kebutuhan yang harus dibeli. Tapi, gara-gara hutang, kamu jadi harus menyelesaikannya terlebih dahulu.

Belanja saja belum, masa sudah harus bayar hutang? Eits, bukannya tidak boleh belanja, hanya saja bulan ramadhan harusnya dijadikan momentum baik untuk memenuhi dulu kewajiban yang mendesak, yaitu pelunasan utang.

Tapi, jangan khawatir, karena di sini ada Amalan yang siap membantu kamu,
menangani masalah utang, dengan jumlah utang minimum Rp10 juta. Apa sih Amalan itu?

(Baca Juga: Amalan, Solusi Masalah Utang Terbaik Satu-satunya di Indonesia)

Jadi, Amalan adalah satu-satunya perusahaan manajemen utang di Indonesia, yang tercatat di OJK dan berpengalaman menangani berbagai jenis utang, seperti:

✓ Kartu Kredit
✓ KMG
✓ KTA
✓ KPR

Selain itu, Amalan juga telah bekerja sama dengan semua bank besar di Indonesia, dan telah berhasil menangani ribuan klien dengan berbagai jenis masalah utang.

Nah, khusus di bulan ramadhan ini, Amalan menawarkan promo yang bisa membantu kamu, untuk mendapatkan keringanan hutang lebih besar dari bank, baik berupa potongan maupun cicilan, yang diperpanjang dengan bunga lebih rendah.

Jadi, di sini Jadi, kamu bisa jadi lebih hemat dalam membayar utang. Namun, tawarkan promo ini, hanya eksklusif bagi klien Amalan saja ya. Mau dibantu Amalan juga, untuk menyelesaikan hutangmu?

Yuk, segera daftarkan diri kamu di amalan sekarang juga. Rasakan betapa tenangnya hidup tanpa hutang!