Amalan, Solusi Masalah Utang Terbaik Satu-satunya di Indonesia

Siapapun yang terjerat utang, pastinya ingin segera keluar dari lingkaran tersebut dan mencari solusi masalah utang terbaik. Namun biasanya, orang yang berada dalam situasi itu lebih mudah panik dan emosi, sehingga tidak bisa berpikir jernih.

Advertisement

Padahal, solusi masalah utang itu ada sangat banyak. Tidak hanya berpatok pada “gali lubang tutup lubang”, yang artinya kamu berutang di tempat lain untuk melunasi utang sebelumnya.

Hal seperti itu justru yang sebenarnya menambah beban orang berutang. Apalagi, jika kamu tidak menceritakan hal tersebut ke orang lain, baik itu keluarga dan orang terdekat lainnya, maka bisa saja kamu semakin stres dan putus asa.

Kalau sudah begitu, semangat untuk melunasi utang akan hilang. Kemungkinan lunasnya semua utang yang dimiliki pun, sepertinya hanya harapan.

Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya hal tersebut, kamu perlu mengetahui sejumlah solusi masalah utang terbaik, yang pada kesempatan kali ini akan diulas secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Sekilas tentang Utang

Sebelum membahas lebih jauh seputar solusi masalah utang, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu definisi dan informasi dasar dari utang itu sendiri.

Jadi, utang pada dasarnya merupakan suatu kewajiban, yang muncul akibat transaksi pembelian barang atau jasa secara kredit, yang berhubungan dengan kegiatan operasional perusahaan, dan harus dibayarkan segera dalam waktu singkat.

Menurut para ahli, utang adalah kewajiban yang bentuknya tidak hanya uang tunai saja. Melainkan ada juga kewajiban yang harus segera dilunasi dalam bentuk obligasi, surat berharga, surat pengakuan utang, tanda bukti utang, saham dan lain sebagainya.

Dari semua definisi tersebut, intinya utang adalah suatu kewajiban yang muncul, akibat terjadinya suatu transaksi dan harus segera dibayarkan dalam jangka waktu tertentu.

Berbicara tentang utang, sebenarnya jika dilihat berdasarkan waktunya, utang terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  • Utang jangka panjang, adalah perjanjian yang menimbulkan kewajiban peminjam, dengan syarat adanya kesepakatan antara peminjam dan kreditur terkait nominal pinjaman dan waktu pelunasan utang.
  • Utang jangka menengah, adalah utang yang jangka waktunya lebih lama dari utang jangka pendek, namun lebih singkat dari utang jangka panjang. Umumnya, kurun waktu utang jangka menengah berkisar satu sampai 10 tahun.
  • Utang jangka pendek, adalah suatu kewajiban keuangan yang harus dibayarkan dalam jangka waktu singkat, biasanya kurang dari satu tahun.

(Baca Juga: Panduan Menagih Utang)

7 Solusi Masalah Utang

Setelah mengetahui informasi dasar seputar utang, maka kali ini kamu akan mengetahui sejumlah solusi masalah utang, yang akan diulas secara lengkap, seperti yang dijanjikan sebelumnya.

Dan membahas soal solusi, sejatinya ada banyak solusi masalah utang yang bisa dilakukan. Namun, untuk memudahkanmu mengetahui apa saja solusi yang paling efektif, di bawah ini CekAja.com telah merangkum tujuh di antaranya yang terdiri dari:

1. Mengakui dan terbuka jika punya utang

Hal pertama yang perlu dilakukan, ketika kamu memiliki utang dan kesulitan untuk membayarnya, yaitu mengakui serta terbuka jika memang memiliki utang.

Kamu bisa membicarakan ini dengan pasangan (suami/istri), keluarga, maupun teman dekat yang sekiranya bisa membantu dan memberikan solusi.

Mungkin, kamu tidak akan langsung mendapat suntikan dana untuk melunasi semua utang-utangmu.

Tetapi dengan mengakui dan terbuka jika punya utang, setidaknya keluarga dan teman-temanmu tahu bagaimana kondisimu saat ini, khususnya dari segi finansial.

Dan apabila nantinya terjadi sesuatu pada dirimu, maka mereka bisa membantumu menghadapi hal-hal yang terjadi, baik secara finansial maupun mental, seperti memberikan dukungan penuh dan selalu ada disampingmu.

2. Membuat daftar utang

Setelah mengakui jika punya utang dan terbuka, selanjutnya kamu bisa membuat daftar utang. Di sini, maksudnya kamu bisa menyusun utang mana saja yang harus dilunasi lebih dulu.

Dengan kata lain, kamu menentukan skala prioritas. Kamu bisa melihat dari daftar yang telah dibuat, mana yang sekiranya lebih penting dan harus dilunasi dalam waktu dekat, maka itu yang harus dilunasi lebih dulu.

Pilihan lainnya jika tidak dalam keadaan terdesak, kamu bisa memprioritaskan utang yang jumlahnya lebih kecil, dan suku bunga yang rendah terlebih dahulu.

Setelah itu, kamu bisa melanjutkannya dengan melunasi utang yang jumlah dan suku bunganya besar.

3. Melakukan evaluasi pemasukan dan pengeluaran

Tidak hanya membuat daftar utang, kamu pun harus melakukan evaluasi pemasukan dan pengeluaran.

Ini menjadi hal yang penting untuk dilakukan, karena dengan evaluasi, kamu jadi bisa memantau alur keluar masuknya uang, serta melihat apa saja pengeluaran yang sebenarnya kurang penting dan bisa dipotong untuk bulan selanjutnya.

4. Tidak gali lubang tutup lubang

Solusi masalah utang yang keempat, yaitu hindari gali lubang tutup lubang. Maksudnya begini, jagan sampai kamu melunasi utang sebelumnya, dengan berutang lagi ke pinjaman online.

Mungkin jika berutangnya ke kerabat atau keluarga, itu tidak menjadi beban yang besar, karena mereka tentu tidak memberikan bunga.

Namun tetap saja itu bukan solusi terbaik, karena baik cepat atau lambat kamu tetap harus melunasi utang tersebut.

Sebaiknya, kamu mencari pekerjaan sampingan agar mendapat penghasilan tambahan. Dengan begitu, penghasilan tersebut bisa kamu gunakan untuk melunasi utang.

5. Menggadaikan atau menjual aset berharga

Solusi masalah utang sebelumnya adalah dengan bekerja sampingan (freelance), agar tidak menerapkan sistem “gali lubang tutup lubang”.

Tetapi, jika hal itu tidak memungkinkan, maka cara lain yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menggadaikan, atau menjual aset berharga.

Karena dengan menggadaikan atau menjual aset, kamu bisa mendapat sejumlah dana untuk membayar utang, bahkan melunasinya.

Hanya saja, jumlah dana yang kamu dapatkan tergantung dari nilai aset itu sendiri. Semakin besar nilai aset yang kamu gadai atau jual, maka semakin besar pula dana yang kamu dapatkan.

6. Melakukan konsultasi keuangan

Jika dari semua solusi masalah utang di atas sudah kamu lakukan, dan tetap tidak menyelesaikan utang-utangmu karena terlampau besar, maka sebaiknya kamu melakukan konsultasi keuangan untuk mendapatkan saran yang tepat.

Terlebih, jika kamu ternyata pribadi yang kurang paham masalah keuangan. Maka, melakukan konsultasi adalah pilihan terbaik untuk dilakukan.

Kamu bisa berkunjung ke perusahaan konsultasi keuangan, kemudian bertemu dengan profesional untuk membedah masalah keuanganmu.

Mungkin akan memakan biaya yang cukup besar, jika melakukan konsultasi keuangan privat. Untuk itu sebelum mengambil langkah ini, sebaiknya kamu lakukan beberapa cara sebelumnya dengan maksimal, dan jadikan ini pilihan terakhir.

7. Disiplin melunasi utang

Solusi masalah utang yang ketujuh sekaligus terakhir, yaitu disiplin melunasi utang. Intinya, dari semua poin yang sudah dibahas sebelumnya, hal paling penting yang harus kamu punya, yaitu niat untuk disiplin melunasi utang.

Karena dengan keyakinan dan tekad yang penuh, maka semua kemungkinan terbebas dari jeratan utang akan terwujud.

Tentunya tidak instan, proses itu akan berlangsung perlahan namun pasti, seiring dengan maksimalnya usaha yang dilakukan.

Amalan Jadi Solusi Masalah Utang Terbaik

Tahukah kamu, kalau ternyata di luar tujuh solusi masalah utang yang sudah diketahui sebelumnya, ada satu solusi terbaik yang bisa meringankan semua beban utangmu, yaitu Amalan!

Buat kamu yang belum tahu, atau hanya pernah mendengar, Amalan adalah layanan manajemen yang dapat membantu melunasi utang-utangmu.

Ya, Amalan bisa melunasi utang perbankan yang kamu miliki dengan lebih cepat, mudah, dan tentunya sesuai dengan kondisi finansialmu.

Adapun jenis utang yang dapat Amalan bantu lunasi, tidak hanya utang pinjaman dana tunai (KTA) saja, namun juga utang kartu kredit, kredit multiguna jaminan rumah (KMG), dan kredit pemilikan rumah (KPR).

Jika kamu ingin tahu informasi seputar solusi utang yang diberikan Amalan, kepada keempat jenis kredit tersebut, yuk simak ulasan berikut!

Solusi utang untuk Kartu Kredit dan KTA

Untuk kartu kredit dan KTA, Amalan akan memberikan tiga macam solusi yang bisa dipilih oleh para penggunanya, yaitu:

  • Diskon pelunasan hingga 50 persen
  • Diskon + cicilan ringan
  • Diskon + cicilan ringan jangka panjang

Ketiga macam solusi itu, bisa dipilih satu di antaranya yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansialmu.

Namun satu yang pasti, program solusi utang ini, sangat cocok untuk kamu yang memiliki utang kartu kredit atau KTA dari bank konvensional dengan jumlah minimal Rp10 juta.

Selain itu, program ini juga ditujukan untuk kamu yang sedang memiliki tunggakan utang, serta memiliki permasalahan finansial (dibuktikan dengan dokumen pendukung).

Tetapi, untuk bisa menggunakan program ini, kamu harus mau berkomitmen untuk melunasi utang, dengan menyisihkan dana pelunasan sesuai estimasi, dan memiliki pemasukan atau aset yang menjadi sumber dana pelunasan.

Solusi utang untuk KMG dan KPR

Program berikutnya, yaitu solusi utang untuk KMG jaminan rumah dan KPR. Ini merupakan program yang dapat mengubah pinjaman lama kamu yang masih berjalan, menjadi pinjaman yang lebih ringan.

Program solusi utang ini, ditujukan untuk kamu yang memiliki kesulitan pelunasan cicilan KPR. Hanya saja untuk bisa menggunakan program ini, kamu harus belum pernah terlambat membayar tagihan berbagai jenis kredit dalam satu tahun terakhir.

Selain itu, kamu juga belum pernah melakukan restrukturisasi kredit sebelumnya, memiliki sertifikat properti (SHM, SHB atau SHMSRS), dan sudah menjalankan kredit KPR/KMG setidaknya selama satu tahun.

Keunggulan Amalan

Amalan disebut sebagai solusi utang terbaik, karena memang Amalan memiliki sejumlah keunggulan, di antaranya yaitu:

  • Menjadi satu-satunya penyedia jasa manajemen utang resmi di Indonesia
  • Memberikan layanan konsultasi gratis mengenai masalah utang
  • Bekerja sama dengan puluhan bank konvensional di Indonesia
  • Sudah tercatat di Otoritas Jasa Keuangan
  • Memiliki proses yang sederhana dan mudah
  • Memberikan strategi pelunasan terbaik, karena dirancang sesuai dengan kondisi finansial para penggunanya.

Perlu diketahui, hingga saat ini Amalan sudah berhasil mengatasi lebih dari dua ribu masalah pelunasan utang, di semua bank konvensional terkemuka di Indonesia.

Cara Kerja Amalan

Untuk cara kerjanya sendiri, bisa dibilang Amalan memiliki cara kerja yang sangat sederhana.

Di mana, kamu hanya perlu melakukan pendaftaran sebagai langkah pertama, kemudian melakukan konsultasi keuangan gratis, setelah itu cicil dana pelunasan, negosiasi keringanan dan terakhir pelunasan utang.

(Baca Juga: Cara Berhutang yang Menghasilkan Uang)

Bagaimana, cara kerja amalan benar-benar sangat mudah bukan? Dengan mengajukan program ini, dijamin semua masalah utangmu akan selesai dalam waktu singkat.

Kamu tidak lagi terbebani dengan besarnya biaya bunga, maupun tagihan pihak bank yang mencekik, karena sudah dilunasi oleh Amalan.

Selanjutnya, kamu tinggal mengurus beberapa hal terkait pelunasan utang dari Amalan, dan hidupmu kembali tenang seperti sedia kala.

Maka dari itu, buat kamu yang saat ini sedang terjerat hutang, dan bingung bagaimana cara melunasinya karena terlampau besar, langsung saja ajukan solusi pelunasan utang dengan Amalan melalui CekAja.com.

Di sini, proses pengajuannya sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang juga!

Advertisement