7 Cara Atasi Stress karena Utang dengan Amalan

Informasi mengenai cara atasi stress karena utang dengan Amalan, sepertinya perlu kamu pahami dulu, terlebih jika kamu mengalami hal yang sama.

Advertisement

Pasalnya, kini telah tersedia layanan Amalan, yang memudahkan setiap orang untuk mengelola utang mereka agar tidak terus-menerus menumpuk.

Berhutang dengan orang lain atau bahkan bank, memang bikin hidup enggak tentram. Terkadang, kita pasti akan merasa gelisah apabila sisa utang yang dimiliki masih cukup banyak.

Belum lagi, jika kondisi finansial kian mengalami pemerosotan, mengingat di masa pandemi seperti sekarang, banyak pekerja kantoran yang mengalami pemotongan gaji atau bahkan di PHK.

(Baca Juga: 3 Cara Berhutang Tapi Menghasilkan Uang)

Cara Atasi Stress karena Utang

Nah, sebelum membahas topik utama dari artikel ini, yaitu mengenai pengelolaan utang dengan produk Amalan, CekAja ingin berbagi sedikit informasi akan cara atasi stress karena utang.

Siapa tahu, informasi berikut berguna bagi kamu, entah untuk di kondisi saat ini maupun di masa mendatang. Dan tanpa berlama-lama lagi, yuk langsung cek ulasannya di bawah ini.

1. Pahami tentang penggunaan uang

Cara atasi stress karena utang yang pertama adalah dengan terlebih dulu memahami tentang penggunaan uang.

Bagi sebagian orang, uang merupakan harta terpenting dan sebagai ajang pembuktian diri. Artinya, ketika memiliki uang, mereka tentu akan memperlihatkan bagaimana kehidupannya dengan uang tersebut.

Nah, pola pikir yang seperti itulah sebenarnya yang tidak boleh kamu ikuti. Sebab, menjadikan uang sebagai ‘pembuktian diri’, justru bakal membuat kamu menjadi seorang yang berperilaku konsumtif.

Alih-alih hidup bahagia, justru kamu merasa stress akibat utang yang menumpuk dari perilaku konsumtif berlebihan itu.

Makanya, daripada menganut pemahaman yang salah, coba dipikir kembali mengenai penggunaan uang yang tepat.

Misalnya, dengan menjadikan uang hanya sebagai alat transaksi untuk kebutuhan yang penting saja, dan bukan untuk ajang pamer.

2. Berani menerima kondisi

Tidak banyak orang yang berani menerima kenyataan atau bahkan menyepelekan masalah utang mereka. Padahal, tidak ada salahnya lho untuk terbuka dan menerima kondisi yang sedang dialami.

Dengan begitu, otomatis pola gaya hidup yang dianut sebelumnya tentu akan mengalami perubahan, seiring dengan adanya utang yang mesti dibayar.

Nah, cara atasi stress karena utang pada poin berikut ini, nyatanya cukup bermanfaat, terutama bagi orang yang terlilit utang.

Mereka tentu akan menganggap utangnya sebagai masalah krusial yang semestinya harus diselesaikan sesegera mungkin.

3. Jadikan utang sebagai hal yang dibenci

Cara atasi stress karena utang yang berikutnya dianggap efektif adalah dengan menjadikannya sebagai hal yang paling dibenci, ataupun sebagai musuh bebuyutan.

Karena, dengan menjadikan utang sebagai sesuatu yang dibenci, otomatis kamu pun bakal berpikir untuk tidak kembali berurusan dengan hal tersebut.

Sebaliknya, kalau kamu menganggap utang sebagai sesuatu yang menyenangkan atau bahkan teman, tentu dengan mudahnya kamu akan kembali berhutang lagi dan lagi.

4. Prioritaskan utang dengan bunga tinggi

Cara atasi stress karena utang yang lainnya adalah dengan menentukan terlebih dulu akan utang yang memiliki bunga tinggi.

Langkah tersebut cukup efektif untuk dilakukan, guna meringankan sisa utang yang menumpuk.

Tidak hanya itu saja, dengan memprioritaskan utang berbunga tinggi, kondisi keuanganmu pun tentu akan lebih terarah. Sebab, otomatis kamu bakal lebih fokus untuk menyelesaikan utang tersebut.

Ohiya, meski kamu mengutamakan utang berbunga tinggi, namun jangan lupa pula ya untuk mencatat list utang lainnya, walau berjumlah sedikit atau tidak dikenai bunga sama sekali.

5. Kendalikan kondisi keuangan

Setelah membuat daftar utang, langkah berikutnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengontrol kondisi keuangan.

Hal ini penting untuk dilakukan, agar setidaknya kondisi keuangan tetap stabil meskipun kamu harus membayar tunggakan utang.

Nah, mengendalikan kondisi keuangan ini dapat dilakukan dengan terlebih dulu mencatat semua pengeluaran dan pemasukan bulanan.

Dengan cara ini, kamu bisa tahu bagaimana pastinya arus keuanganmu dan dapat merubahnya jika dirasa pengeluaran jauh lebih banyak dibandingkan pemasukan.

Ingat, dalam urusan finansial, porsi utang yang ideal itu adalah sekitar 30 persen dari 50 persen anggaran yang dipunya.

Tidak boleh lebih dari itu, agar kamu pun tidak perlu memangkas anggaran lainnya, seperti biaya transportasi.

6. Cari penghasilan tambahan

Cara atasi stress karena utang yang satu ini juga sangat membantu, terutama kalau kamu merasa kondisi finansial pribadi mulai goyah.

Namun, sebelum kamu mencari penghasilan tambahan, cobalah dulu untuk memperhitungkan total utang dan penghasilan tetap per bulan yang kamu hasilkan.

Kalau sekiranya masih ada cela untuk mendapatkan penghasilan tambahan, maka kamu bisa memulainya dengan menjadi seorang pekerja lepas alias freelance.

Menjadi seorang pekerja lepas biasanya memiliki jam kerja yang jauh lebih fleksibel. Tinggal bagaimana kamu mengatur waktunya saja, antara pekerjaan utama dan pekerjaan sampingan.

7. Minta solusi dari pihak profesional

Terakhir, cara atasi stress karena utang adalah dengan meminta solusi yang tepat dari pihak profesional.

Pihak profesional di sini maksudnya adalah mereka yang memang paham mengenai utang piutang, dan siap membantu kamu untuk terbebas dari masalah tersebut.

Salah satu tim profesional yang CekAja rekomendasikan adalah Amalan. Perusahaan ini menyediakan Program Manajemen Utang untuk membantu nasabah menangani masalah utang mereka.

(Baca Juga: Cara Dapatkan Bantuan Keringanan Utang untuk UMKM)

Sekilas Tentang Amalan

Bagi kamu yang masih asing dengan perusahaan ini, tenang, CekAja telah menyiapkan informasi lebih detil mengenai Amalan.

Umumnya, Amalan merupakan sebuah layanan untuk membantu orang-orang yang kesulitan melunasi utang mereka, baik itu utang kartu kredit, KTA, maupun utang KPR kepada pihak bank.

Dengan mengantongi sertifikat dari International Association of Professional Debt Arbitrators dan tercatat OJK, Amalan pastinya memiliki layanan yang berkualitas, karena semua tim terdiri dari jajaran profesional yang paham mengenai masalah perhutangan.

Keunggulan Amalan:

  • Menyediakan layanan konsultasi gratis terkait masalah utang
  • Telah tercatat OJK dan menjalani kerjasama dengan berbagai bank konvensional di Indonesia
  • Akurat dalam memberikan strategi pelunasan terbaik

Keringan Utang yang Diberikan Amalan

Keringanan utang atau layanan yang ditawarkan oleh Amalan umumnya terdiri dari dua jenis, yaitu Solusi Utang Kartu Kredit & KTA, serta Solusi Utang KPR & KMG Jaminan Rumah.

Solusi Utang Kartu Kredit & KTA:

  • Diskon pelunasan hingga 50%
  • Diskon + cicilan ringan
  • Cicilan ringan jangka panjang
  • Cocok untuk debitur dengan utang total minimal Rp10 juta

Solusi Utang KPR & KMG Jaminan Rumah:

  • Cocok bagi debitur yang memiliki cicilan KPR dan mulai kesulitan melunasinya
  • Dapat digunakan untuk mengubah pinjaman lama menjadi pinjaman yang jauh lebih ringan
  • Berlaku untuk debitur yang telah menjalankan kredit KPR/KMG setidaknya selama 1 tahun

Bagaimana Cara Atasi Stress karena Utang dengan Amalan?

Cara atasi stress karena utang dengan Amalan nyatanya sangat gampang lho. Hal pertama yang perlu kamu lakukan hanya melakukan pendaftaran di Amalan.

Kemudian, lakukan konsultasi gratis, lalu menyicil dana pelunasan. Jangan lupa pula untuk melakukan negosiasi keringanan dana cicilan dan terakhir lunasi hutangmu sesuai dengan hasil negosiasi yang dilakukan.

Tertarik Mengajukan Produk Amalan?

Nah, apabila kamu tertarik untuk mengatasi masalah tunggakan utangmu dengan Amalan, bisa kok langsung mencoba layanannya lewat CekAja.com.

Di CekAja, pengajuannya dijamin gampang dan praktis, serta tentunya sudah terdaftar OJK. Bagaimana mulai tertarik untuk mengetahui produk Amalan?

Yuk, langsung akses laman utama CekAja, dan dapatkan informasi lebih detil seputar produk Amalan.

Advertisement