Estimasi Biaya Servis Motor yang Terendam Banjir di Bengkel Resmi

3 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari pada

Banjir di Ibukota membuat sebagian jalanan lumpuh. Bahkan, kendaraan seperti sepeda motor pun, banyak yang terjebak dan akhirnya mogok. Jika kamu menjadi salah satu korban kebanjiran, yuk intip estimasi biaya servis motor yang terendam banjir berikut, agar kedepannya, bisa lebih berhati-hati dalam menerjang banjir.

Tidak hanya motor mogok yang nekat terjang banjir, motor yang terjebak banjir di rumah juga, mesti diservis karena mesin dan bagian lainnya harus dibersihkan dari lumpur.

Setelah air surut, motor pasti baru bisa dievakuasi. Namun, meski sudah kering, bukan berarti motor langsung bisa dinyalakan dan digunakan.

Bahkan, dilansir dari otomotif.kompas.com, menurut Wahyudin, selaku Kepala Mekanik AHASS Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan bahwa setidaknya ada lima bagian yang rentan rusak, ketika motor terendam banjir, seperti bagian pelumas, pengapian, dan kelistrikan.

Karena motor tidak bisa dinyalakan dan harus segera diservis, maka kamu harus bawa motor kamu ke bengkel, menggunakan angkutan lain, mungkin seperti gerobak sebagai angkutan darurat.

Karena motor menjadi salah satu alat transportasi penting, untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Terlebih, angkutan umum pasti belum aktif beroperasi, pasca surut banjir.

Nah, di sini kamu juga harus mengetahui estimasi biaya servis motor yang terendam banjir, agar pengeluaranmu pasca banjir, tidak terlalu melonjak.

Pasalnya, tidak hanya motor yang harus kamu perbaiki. Tapi, juga rumah, beserta perabotan lainnya, belum lagi ada anggota yang sakit pasca banjir, jadi pengeluaran harus diperhatikan.

(Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Mobil yang Terendam Banjir)

Jadi, kira-kira berapa estimasi biaya servis motor yang terendam banjir, terlebih jika dilakukan di bengkel resmi? Yuk, intip di sini!

Estimasi Biaya Servis Motor yang Terendam Banjir

Untuk biaya servis motor pasca banjir, biasanya akan dilakukan pengecekan pertama kali, pada sistem kelistrikannya. Setelah itu, servis ringan atau overhaul, yang semua sudah ada perhitungannya.

1. Biaya Cek Sistem Kelistrikan

Estimasi biaya servis motor yang terendam banjir, pertama adalah cek kondisi kelistrikannya.

Adapun, pada kondisi ini, biasanya hanya dilakukan pengecekan ringan saja. Pada pengecekan ini, kamu hanya cukup siapkan biaya sekitar Rp35.000.

Namun, untuk pengecekan kelistrikan lengkap, kamu bisa siapkan biaya sekitar Rp75.000.

Jika setelah dilakukan pengecekan, ada beberapa komponen yang harus diganti, maka kamu harus siapkan budget servis sekitar Rp90.000 hingga Rp150.000.

2. Biaya Servis Mesin Motor

Estimasi biaya servis motor yang terendam banjir selanjutnya, ketika motor mengalami kerusakan di mesin.

Jika sudah berefek ke mesin, maka harus dilakukan pembongkaran mesin. Untuk ongkos bongkar mesin, biasanya kamu harus siapkan dana sekitar Rp250.000-an – Rp300.00-an.

Namun, biaya tersebut, hanya ongkos bongkar saja. Jadi, belum termasuk harga penggantian suku cadangnya.

Berikut daftar harga suku cadang, yang umumnya diganti, ketika mesin rusak terkena banjir:

  • Busi: Mulai Rp12.000-an – Rp28.000-an
  • Tutup Busi: Mulai Rp18.000-an – Rp300.000-an
  • Filter udara: Mulai Rp21.000-an – Rp130.000-an
  • ECU: Mulai Rp450.000-an – Rp1,5 juta-an

3. Ganti Oli Motor

Selain sistem listrik dan mesin, oli motor juga perlu diganti, ketika motor habis terkena banjir.

Estimasi biaya servis motor yang terkena banjir, dan harus ganti oli, biasanya adalah sekitar Rp30.000 – Rp60.000.

Sedangkan, untuk biaya ganti oli gardan, adalah sekitar Rp15.000-an.

4. Biaya Servis Tune Up Motor Bebek, Matic, hingga Sport

Selanjutnya estimasi biaya servis motor yang terendam banjir tune up, biasa dikenakan biaya mulai Rp100.000 – Rp200.000, diluar harga oli dan suku cadang yang harus diganti.

Bagaimana jika servis harus dilakukan sampai overhaul atau turun mesin? Biayanya yakni mulai dari Rp400.000 – Rp600.000, namun tergantung tipe motornya.

Mudahnya untuk memastikan estimasi biaya servis motor yang terendam banjir adalah, jika motor masih bisa hidup, maka kamu cukup cek kelistrikkan dan servis ringan saja.

Tapi, jika motor sampai mogok, tidak bisa menyala, atau berjalan, maka perlu dilakukan servis overhaul.

Nah, itu dia beberapa informasi terkait estimasi biaya servis motor yang terendam banjir.

Cukup mahal, jika kondisi motor memang benar-benar mati. Tapi, daripada didiamkan, akan semakin rusak, jadi harus segera diservis.

Bagaimana jika sedang terkena musibah atau bencana, sebagian hartamu hilang, sehingga tidak memiliki cukup uang, untuk melakukan service motor?

(Baca Juga: 6 Tips Merawat Motor yang Terendam Banjir)

Tak perlu khawatir, karena kamu bisa mengajukan pinjaman dana tunai cepat, melalui CekAja.com, secara online.

Sehingga, selain dipermudah mendapatkan dananya, kamu juga dipermudah, dengan cara pengajuannya, yakni melalui CekAja.com.

CekAja.com juga menyediakan banyak produk pinjaman dana tunai cepat, dari berbagai perusahaan p2p lending ternama di Indonesia.

Jadi, dana tersebut, bisa digunakan untuk servis motor, karena hal tersebut bersifat darurat.

Setelah motor diperbaiki, dan bisa berjalan. Motor bisa digunakan untuk bekerja, hingga bisa menghasilkan uang kembali, untuk membayar tagihan pinjaman.

Jadi, jangan tunggu sampai rusak para, segera ajukan pinjaman dana tunai cepat, hanya di CekAja.com, dan lakukan segera servis motor kamu di bengkel resmi.