10 Cara Memasang Wallpaper Dinding yang Benar, Gak Perlu Jasa Tukang Bangunan!

6 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Bagi sebagian orang, cara memasang wallpaper dinding adalah pekerjaan yang sulit karena ditakutkan hasilnya enggak sesuai ekspektasi. Padahal, jika dilakukan dengan tepat, rasanya jasa tukang bangunan tak lagi kamu butuhkan untuk memasang wallpaper dinding.

Mengapa Kamu Harus Memakai Wallpaper Dinding?

Dari tahun ke tahun, wallpaper dinding kian digemari oleh masyarakat karena dianggap bisa membuat tampilan rumah makin estetik.

Dengan motif dan warna yang beragam, wallpaper dapat menambah kesan hidup nan hangat dalam ruangan.

Selain itu, adanya wallpaper juga bisa jadi cara instan untuk kamu yang gemar mendekorasi bagian dalam rumah, khususnya pada ruang tamu dan kamar tidur.

Lalu, jika berbicara dari segi ketahanan, wallpaper dinding jauh lebih tahan bahkan hingga 20 tahun dibandingkan dinding yang hanya sekedar di cat.

Meskipun memang, cara memasang wallpaper dinding butuh ketelatenan tingkat tinggi, agar hasilnya sesuai dengan ekspektasi kamu.

Karena jika tidak, hasil yang kamu dapat justru jauh dari perkiraan.

Sehingga tak heran kalau kebanyakan orang justru memilih bermain aman yakni dengan memakai jasa tukang bangunan untuk memasang wallpaper dinding, walau harganya enggak murah.

(Baca Juga: 7 Desain Ruang Tamu Minimalis Terbaik)

Cara Memasang Wallpaper Dinding Tanpa Jasa Tukang Bangunan

Daripada biaya renovasi rumah makin membengkak hanya karena ingin memasang wallpaper dinding dengan memakai jasa tukang bangunan, kenapa kamu tak mencoba berkreasi sendiri?

Cukup ikuti seluruh cara memasang wallpaper dinding yang akan CekAja bagikan lewat artikel di bawah ini, yuk mulai pasang sendiri wallpaper dinding agar kondisi keuangan pun jauh lebih hemat.

1. Siapkan material dan perkakas yang dibutuhkan

Pertama-tama yang mesti kamu lakukan sesuai dengan cara memasang wallpaper dinding yang benar adalah menyiapkan wallpaper itu sendiri dan perkakas untuk melakukannya.

Nah, beberapa perkakas yang dimaksud ini, diantaranya adalah:

  • Lem khusus wallpaper beserta uasnya
  • Alas dari bahan plastik dan kain perca
  • Pensil
  • Penggaris
  • Gunting
  • Meteran
  • Pen cutter
  • Plum bob
  • Tangga

Sembari menyiapkan material dan perkakas yang dibutuhkan, pastikan kamu sudah mengukur tinggi dan lebar dari dinding yang akan dipasang wallpaper ya.

Sehingga, kamu juga bisa memperkirakan berapa banyak gulungan wallpaper yang bakal digunakan.

Cara ini jangan sampai terlewat, jika enggak ingin hasilnya jadi kurang maksimal. 

2. Pastikan dinding bebas dari rembesan air hujan

Cara memasang wallpaper dinding bisa saja berhasil sekaligus bertahan dalam jangka waktu lama, jika pemasangannya dilakukan di sudut dinding yang tepat, yakni bebas dari rembesan air hujan.

Sebab, ruangan yang punya tingkat kelembapan tinggi, bisa mengakibatkan wallpaper mudah mengelupas.

Sehingga fungsinya menjadi tidak jauh berbeda dengan cat pada umumnya.

3. Bersihkan dinding dan ratakan seluruh permukaannya

Setelah material, perkakas, memastikan dinding tidak rembes sekaligus perhitungan tinggi dan lebar dari dinding telah dilakukan.

Selanjutnya, cara memasang wallpaper dinding yang benar adalah dengan membersihkan dinding tersebut dari berbagai noda yang menempel maupun meratakan seluruh permukaannya.

Dengan begitu, wallpaper dapat terpasang sempurna.

Kalau terdapat sudut dinding yang lembab, coba kelupas lapisan catnya terlebih dulu kemudian tambal dengan dempul tembok.

Sementara, jika kamu menemukan adanya tonjolan atau lubang pada bagian dinding bekas paku yang menempel, segera kikis dan tambal bagian tersebut agar dinding tampak rata.

4. Lakukan pencegahan jika wallpaper tidak pas atau robek

Ukuran tinggi dan lebar dinding yang tadi sudah dilakukan, selanjutnya aplikasikan ukuran tersebut pada wallpaper yang bakal dipasang.

Sisakan beberapa cm, sebagai bentuk pencegahan jika sewaktu-waktu wallpaper sobek atau tidak pas.

Gunakan pensil untuk menandai panjang dan lebar dinding yang sudah diukur.

Namun jangan terlalu kelihatan terutama pada wallpaper yang punya motif dan warna cerah.

Cara memasang wallpaper dinding pada poin ini, benar-benar harus dilakukan sesuai dengan yang CekAja berikan ya, sehingga hasilnya pun akan tampak lebih maksimal.

5. Potong wallpaper dengan pen cutter

Jika ukuran wallpaper sudah disesuaikan dengan tinggi dan lebar dinding, langkah selanjutnya yang mesti dilakukan sesuai dengan cara memasang wallpaper dinding yang benar adalah memotong wallpaper tersebut menggunakan pen cutter.

Sembari memotong wallpaper nih, pastikan pula tidak terdapat kecacatan.

Selain itu, kamu juga mesti memperhatikan pemotongan bagian kedua wallpaper.

Karena jika salah sedikit saja, nantinya pola tersebut tidak bisa tersambung satu sama lain dengan benar.

Nah, untuk memudahkan kamu mengetahui apakah pola potongan sudah terlihat rapi, sejajarkan bagian pertama wallpaper yang sudah dipotong dengan gulungan wallpaper yang belum terpotong.

Lalu, posisikan sesuai dengan ukuran dinding yang sudah diukur dan potong pola hingga bisa dipakai untuk menutup seluruh permukaan dinding.

6. Gunakan garis bantu untuk menyesuaikan posisi wallpaper dinding

Selanjutnya cara memasang wallpaper dinding sendiri di rumah adalah dengan memanfaatkan garis bantu untuk atur posisi wallpaper. Gunakan plumb bob (bandul lot) dan pensil untuk membuat garis lurus dari atas ke bawah pada dinding, agar wallpaper terpasang sempurna.

Sebaiknya, hindari garis pintu dalam hal mengukur garis lurus utama pada dinding supaya wallpaper bisa ditempel dengan rapi.

7. Siapkan adonan lem

Seperti dihimpun dari situs Wallpaperbagus, cara memasang wallpaper dinding yang benar rupanya juga terletak pada adonan lem yang digunakan.

Setidaknya gunakan 2 adonan lem. Pertama, lem yang bisa dipakai untuk meratakan permukaan wallpaper, dan kedua lem khusus untuk menyambungkan antar wallpaper.

Mengenai komposisinya sendiri, lem sambungan wallpaper rata-rata memiliki komposisi lebih kental ketimbang lem yang fungsinya untuk meratakan permukaan, sehingga kamu enggak perlu lagi menambahkan air.

Lem ini juga nantinya bisa digunakan pada bagian tepi dinding agar wallpaper bisa terpasang lebih rekat.

8. Balurkan lem pada bagian wallpaper

Jika adonan lem telah siap, maka kamu bisa beralih ke cara memasang wallpaper dinding yang satu ini, yaitu membalurkan lem pada wallpaper.

Oleskan lem cukup satu kali saja dengan menggunakan kuas khusus wallpaper dinding.

Balurkan secara hati-hati dan kalau bisa jangan sampai terlalu basah karena bisa membuat permukaan tampak tidak rata.

Jangan lupa pula untuk menggunakan lem kental, terutama pada masing-masing sisi pinggir yang nantinya langsung berhadapan dengan sudut dinding.

9. Waktunya menempelkan wallpaper dinding

Ini dia tahapan yang pasti kamu tunggu-tunggu dalam cara memasang wallpaper dinding.

Eits, tetapi sebelum menempelkannya nih, pastikan kamu sudah menaruh tangga tepat didekatmu ya, sehingga kamu bisa menjangkau bagian paling atas dari dinding ruangan.

Umumnya, wallpaper dipasang mulai dari bagian bawah permukaan dinding kemudian barulah bagian atasnya.

Tempel masing-masing potongan wallpaper secara perlahan sembari diratakan, dan ingat ikuti garis bantu yang sebelumnya sudah dibuat.

Dengan begitu, dijamin deh wallpaper dinding yang dipakai ini pasti akan terlihat lebih ciamik dalam ruangan.

10. Cek kerapian pemasangan

Nah, bisa dibilang ini adalah tahapan terakhir dalam cara memasang wallpaper dinding yang benar.

Ya, setelah kamu menempel wallpaper pertama, aplikasikan lem sambungan yang lebih kental pada wallpaper kedua, ketiga, dan seterusnya secara perlahan-lahan.

Kemudian lakukan pengecekan secara berkala apakah wallpaper sudah terpasang rapi di dinding atau belum.

Jangan lupa pula untuk memotong bagian yang berlebih terutama pada sisi samping, atas, dan bawah dinding yang sudah dipasangi wallpaper.

(Baca Juga: 15 Tanaman Gantung untuk Rumah)

Cek Lagi Tips Memilih Wallpaper Dinding Ini agar Tampak Bagus Dalam Ruangan

Itu tadi 10 cara memasang wallpaper dinding yang benar di rumah sendiri.

Sebelum memasangnya, coba kamu cek lagi kondisi ruangan dan ikuti tips memilih wallpaper dinding yang tepat ini, sehingga ruangan benar-benar tampak lebih elegan dan bagus.

Berikut beberapa tips memilih wallpaper dinding seperti yang dilansir situs Okezone dari The Spruce.

  • Pilih motif wallpaper yang sesuai dengan gaya ruangan
  • Pilih wallpaper dengan backing kertas yang bagus, seperti non-woven
  • Hindari pola kecil jika ini adalah pertama kalinya menggunakan wallpaper
  • Sebaliknya pilih pola datar atau bertekstur untuk memberi kesan dinding tampak halus serta lebih kasual
  • Ukur dinding yang akan dipasang wallpaper, sehingga kamu bisa menentukan berapa banyak gulungan wallpaper dinding yang akan dibeli

Kalau semua tips di atas sudah diterapkan, kamu bisa mulai berkreasi dengan menggunakan wallpaper dinding agar tampilan ruangan tampak lebih bagus.

Ingat, poin utama dari renovasi rumah bukanlah bergantung dari tukang bangunan, namun dari dirimu sendiri.

Kamulah yang menjadi penentu sebagaimana ingin merombak hunianmu sehingga kalimat home sweet home benar-benar melekat pada rumah.

Masalah biayanya, enggak perlu dipusingkan!

Sebab, selain memangkas pengeluaran dengan berkreasi sendiri, kamu juga bisa memanfaatkan dana yang tersedia di CekAja.com.

Lewat CekAja, kamu bisa mendapatkan pinjaman uang tunai dari mitra bank ternama yang dimiliki, atau bahkan mencoba layanan p2p CekAja.

Selain mendapat kucuran dana, di portal finansial yang sudah mengantongi izin OJK ini juga, kamu bisa membandingkan terlebih dulu.

Sehingga produk pinjaman yang didapat sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan membayarmu.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera ajukan pinjaman uang tunai melalui CekAja.com atau melalui mitra p2p yang bekerjasama dengan CekAja sendiri.

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri