10 Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu Terlengkap 2021

Tergiur untuk investasi emas? Eitss, sebelum itu, pastikan kamu tahu ya cara membedakan emas asli dan palsu. Karena, modus penipuan dalam bentuk emas batangan atau perhiasan masih kerap terjadi.

10 Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu Terlengkap 2021

Emas; Investasi Bernilai Tinggi Paling Banyak Digemari

Kalau kamu cari investasi yang paling banyak diminati masyarakat luas dengan segala keuntungannya, tentu jawaban yang tepat atas apa yang kamu inginkan adalah emas.

Insturmen insvestasi yang satu ini kerap jadi primadona di semua kalangan usia, tak terkecuali kaum milineal.

Bukan tanpa alasan sih. Ada sejumlah faktor yang membuat emas menjadi salah satu aset investasi paling diburu masyarakat tiap tahunnya.

Pertama, karena nilai likuiditasnya yang tinggi. Hal ini tak bisa disangkal lagi.

Bagi yang belum tahu, likuiditas dalam investasi emas ini berarti kamu dapat menukar emas yang dipunya menjadi uang tunai kapanpun saat dibutuhkan.

Kedua, risiko dari investasi emas cenderung kecil. Mengapa demikian? Sebab, harga emas di pasaran umumnya jarang sekali mengalami naik turun (inflasi), dan relatif harganya dinamis.

Bahkan, bagi sebagian orang, mengucurkan dana dalam bentuk investasi emas bisa menjadi bekal jikalau nanti mengalami krisis keuangan.

Ketiga, emas dapat dijadikan dana darurat. Sebagaimana yang dijelaskan pada poin kedua di atas, yang mana emas cenderung harganya bersifat dinamis.

Dengan begitu, kamu dapat merubah fungsi emas dari sebelumnya sebagai ‘aset investasi’ menjadi uang tunai bila memang dibutuhkan dalam kondisi darurat. Apalagi, likuiditas emas sendiri tergolong tinggi.

Beli Emas tapi Kok Palsu? Waspada Ya!

Dari ketiga alasan di atas, mana yang akhirnya membuat kamu tergiur untuk investasi emas?

Nah, meski terlihat mudah untuk memulai investasi ini, namun ada beberapa pertimbangan yang perlu kamu ketahui.

Salah satunya mengenai keaslian dari emas yang kamus beli, baik dalam bentuk batangan atau perhiasan.

Karena, semakin tenarnya suatu barang, maka akan semakin banyak pula ‘tiruannya’, tak terkecuali emas.

Mengingat kembali kasus yang terjadi dua tahun silam, tepatnya di 2019, ada sebuah komplotan yang berhasil dibekukan aparat kepolisian karena berani menjual emas palsu di Pegadaian.

Bayangkan saja, sekelas perusahaan besar seperti Pegadaian sempat tertipu oleh kompolotan tersebut. Bahkan diketahui, kerugian yang dialami Pegadaian kala itu mencapai Rp1 miliar.

Dari fenomena tersebut, kita sebagai konsumen semestinya memang harus paham betul mengenai cara membedakan emas asli dan palsu.

Jangan sampai aset yang dimiliki justru barang tiruan. Alih-alih ingin untung, malah kerugian besar yang bakal kamu alami.

(Baca Juga: 6 Tips Menyimpan Emas di Rumah)

Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu Terlengkap 2021

Lantas, bagaimana sih cara membedakan emas asli dan palsu? Nah, lewat ulasan pada artikel kali ini, CekAja ingin mengajak kamu, untuk lebih dekat dan paham mengenai cara membedakan emas asli dan palsu.

Dan berikut cara membedakan emas asli dan palsu terlengkap 2021:

1. Datangi butik LM resmi Antam

butik LM - Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

Cara membedakan emas asli dan palsu terlengkap 2021 yang pertama dan sudah pasti kredibel adalah dengan mendatangi butik Logam Mulia (LM) resmi milik Antam.

Silahkan saja datang ke butik tersebut yang sekiranya paling dekat dengan lokasi rumahmu. Setibanya di sana, biasa petugas LM akan langsung mengecek keaslian kadar emas dari aset yang kamu miliki.

Mereka tentu akan lebih paham untuk membedakan mana emas yang asli dan hanya tiruan. Jadi, besar kemungkinan semua informasi yang didapat dari butik resmi Antam benar adanya.

2. Mengandalkan aplikasi Certieye

aplikasi Certieye - Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

Kalau tak mau repot mendatangi butik LM, kamu bisa kok mencoba cara membedakan emas asli dan palsu yang satu ini.

Ya, cara berikut tentu jauh lebih praktis, karena kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Certieye.

Sebagai informasi, Certieye merupakan aplikasi yang dibuat khusus oleh Antam LM. Kamu dapat mengunduh aplikasi tersebut secara cuma-cuma di Play Store.

Melalui aplikasi tersebut, kamu dapat mengetahui apakah emas Antam yang dibeli benar-benar terjamin keasliannya.

Untuk menggunakan aplikasi Certieye, tentu saja kamu harus mengunduhnya terlebih dulu. Baru setelah itu, bisa langsung mengakses aplikasinya dan lakukan scan barcode pada produk emas yang dimiliki.

Apabila tertulis istilah ‘Authenticated’ dan logo Antam, maka dapat dipastikan bahwa emas batangan yang dibeli adalah emas asli. Sebaliknya, jika tak muncul satupun istilah atau logo, berarti emas tersebut palsu.

3. Perhatikan sertifikat emasnya

sertifikat emasnya - Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

Cara membedakan emas asli dan palsu terlengkap 2021 yang berikutnya adalah dengan memperhatikan detil sertifikat emas tersebut.

Ada dua cara yang bisa kamu coba. Pertama, dengan mengandalkan sinar lampu. Kamu dapat meletakkan sertifikat emas yang dipunya tepat ke arah bawah sinar lampu.

Jika sertifikat tersebut asli, maka akan terdapat logo air serupa huruf C bolak-balik yang sebetulnya adalah simbol S dan saling terkait.

Cara kedua ialah dengan meletakkan sertifikat emas di bawah sinar UV. Dengan cara ini, kamu akan menemukan bayangan garis minor warna-warni selayaknya uang kertas dan blok berwarna hijau, serta logo watermark perusahaan yang mencetak sertifikat emas tersebut.

4. Cek hallmark dan bentuk fisik emas

Cek hallmark - Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

Meski tampak konvensional, namun cara membedakan emas asli dan palsu yang berikut masih sering dilakukan bahkan di tahun 2021 ini lho.

Ya, untuk mengecek apakah emas murni maupun batangan yang dibeli itu asli atau tiruan, dapat dilakukan dengan memperhatikan secara jeli bagian fisik, tepatnya pada hallmark emas tersebut.

Hallmark sendiri adalah quality mark, berupa stempel untuk menunjukkan jenis kemurnian emas dan simbol pembuatnya.

Pada emas batangan yang asli, biasanya akan terdapat sebuah cap dengan simbol berupa angka satuan karat, mulai dari 10K, 18K, hingga 24K.

Sebagai contoh, jika emas yang kamu miliki kode hallmark-nya tertulis 24K, berarti ini adalah emas murni. Sedangkan untuk emas berukuran 18K, artinya kemurnian emas tersebut 18/24 murni.

Kemudian pada emas palsu, umumnya tidak memiliki informasi tersebut. Namun, tak menutup kemungkinan pula jika emas palsu yang beredar memiliki cap serupa.

Hanya saja cap yang tertera pada emas palsu terkadang tidak lengkap. Jadi memang, intinya kamu mesti memperhatikan secara jeli hallmark maupun bentuk fisik emas yang dibeli.

5. Coba dekatkan dengan magnet

dekatkan dengan magnet - Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

Pada dasarnya emas murni bersifat non magnetis. Dengan begitu, cara membedakan emas asli dan palsu bisa kamu lakukan melalui uji magnet. Ini berlaku untuk semua jenis emas, baik itu batangan atau perhiasan.

Artinya, ketika kamu mencoba menempelkan emas yang dipunya dengan magnet dan ternyata tidak menempel, maka bisa dipastikan bahwa emas tersebut asli.

Sebaliknya, kalaulah emas dapat menarik atau menempel magnet, kamu patut curiga. Bisa jadi, itu adalah emas palsu dengan bahan yang digunakan terlalu banyak seperti besi dan tembaga.

6. Lakukan uji kertas atau keramik

uji kertas atau keramik - Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

Lanjut cara membedakan emas asli dan palsu terlengkap 2021 adalah dengan melakukan uji kertas ataupun keramik.

Kedua cara ini sama-sama bisa membuktikan apakah emas yang dimiliki asli atau hanya sekedar tiruan saja.

Pada emas asli, ketika digoreskan ke kertas maupun keramik, tidak akan meninggalkan jejak goresan.

Beda halnya dengan emas palsu, yang justru akan meninggalkan bekas goresan kecil atau berubah warna menjadi kehitaman akibat uji gores menggunakan kertas dan keramik.

(Baca Juga: 4 Jenis Emas Batangan untuk Investasi)

7. Cek suara emas dengan koin

suara emas dengan koin - Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

Cara membedakan emas asli dan palsu terlengkap 2021 lainnya adalah dengan melakukan uji suara menggunakan koin.

Tapi, kebayang enggak cara melakukannya? Nah, untuk membuktikan emas asli atau tidak mengggunakan koin, kamu hanya perlu mengetukkannya saja.

Jadi, ketuk-ketuk bagian emas batangan atau perhiasan dengan koin. Jika bunyi deringnya terdengar cukup panjang dan tinggi, bisa dipastikan itu adalah emas asli.

Namun, kalau suara yang dihasilkan jauh lebih pendek, boleh jadi itu adalah emas tiruan atau palsu.

Selain menggunakan koin, kamu juga bisa mencoba alternatif lainnya yakni dengan menjatuhkan emas ke lantai dan dengarkan bunyinya.

8. Tes dengan rendaman air cuka

air cuka - Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

Cara membedakan emas asli dan palsu terlengkap 2021 berikutnya adalah dengan menggunakan larutan air cuka. Cara ini merupakan alternatif pengganti asam nitrat.

Walaupun memang, keakuratannya lebih kecil ketimbang asam nitrat. Namun, penggunaan cuka jauh lebih aman, daripada saat kamu menguji keaslian emas dengan larutan asam nitrat.

Nah, penggunaan cuka untuk mengetes apakah emas batangan atau perhiasan yang dimiliki asli, bisa kamu mulai dengan merendam emas ke dalam gelas berisi cuka selama kurang lebih 5 menit.

Kalau warnanya berubah menjadi gelap dengan cepat, besar kemungkinannya itu adalah emas palsu.

9. Cek perubahan warna dengan menggosoknya

menggosoknya - Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

Cara membedakan emas asli dan palsu terlengkap 2021 yang kesembilan adalah dengan mengecek perubahan warnanya menggunakan metode ‘gosok’.

Artinya, kamu hanya perlu menggosok emas yang dimiliki dengan telapak tangan saja. Kalau setelahnya warna emas menjadi terlihat pudar, tentu itu adalah emas palsu.

Sebaliknya, jika emas asli, tentu saja warnanya tidak akan mengalami perubahan sedikitpun.

10. Tes dengan ‘gigitan’

gigitan - Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

Sedikit unik memang, namun cara membedakan emas asli dan palsu terlengkap yang satu ini patut dicoba. Pasalnya, cara ini jadi salah satu yang paling banyak direkomendasikan.

Bukan tanpa sebab, mengingat tekstur emas sendiri yang merupakan logam mulia lunak. Itu berarti, emas mudah sekali terbentuk bahkan hanya dengan satu gigitan yang kamu lakukan.

Jika terlihat bekas setelah kamu menggit emas yang dimiliki, bisa dipastikan bahwa itu adalah emas asli. Ingat, semakin besar persentase kadar karatnya, maka akan semakin lunak pula emas tersebut.

Ini Dia Alternatif selain Emas untuk Dana Darurat

Nah, itu tadi informasi mengenai cara membedakan emas asli dan palsu terlengkap 2021. Selain mengandalkan emas sebagai dana darurat, masih ada alternatif lainnya kok.

Dengan catatan, alternatif ini hanya boleh kamu gunakan jika memang kepepet dan tidak memiliki aset berharga seperti emas.

Dan adapun alternatif yang dimaksud adalah dengan mengajukan pinjaman tanpa agunan alias KTA di CekAja.com.

Produk KTA yang tersedia di CekAja sudah pasti aman dan berkualitas karena dipilih langsung dari mitra perbankan terbaik yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Suku bunganya juga tergolong ringan, mulai dari 0.65 persen saja dengan masa tenor bervariasi, dan begitupun plafonnya.

Untuk informasi lebih lanjut, yuk langsung ajukan atau cari tahu mengenai produk KTA-nya hanya dengan mengakses situs CekAja.com!