5 Cara Membedakan Mobil Matic Dan Manual

Mau beli mobil, tapi masih bingung bagaimana cara membedakan mobil matic dan manual. Karena meski secara tampilan luar memang sama, namun jika melihat bagian dalamnya jelas berbeda.

5 Cara Membedakan Mobil Matic Dan Manual

Mobil adalah salah satu alat transportasi yang banyak diminati orang. Ini karena mobil sangat membantu berbagai aktivitas.

Banyak orang yang menginginkan mobil untuk alat mobilisasi mereka. Dengan mobil mereka akan merasa lebih nyaman saat berkendara serta terlindungi dari panas maupun hujan.

Di masa modern sekarang mobil memiliki banyak variasi dan teknologi. Banyak sekali brand mobil baru yang bermunculan.

Lalu sejatinya mobil itu sendiri ada 2 jenis yaitu mobil matic dan manual. Jika dilihat dari luar kedua jenis mobil ini seperti tidak ada bedanya.

Lalu bagaimana cara membedakan mobil matic dan manual? Ada banyak hal yang bisa membedakan kedua jenis mobil ini mengingat ada banyak perbedaan antara mobil matic dan manual.

(Baca Juga: Penting Sekali Untuk Service Mobil 1000 Km Pertama)

Masing-masing mobil juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika kita sedang berpikir untuk membeli mobil baru dan bingung bagaimana cara membedakan mobil matic dan manual maka simak terus tulisan ini sampai akhir.

Cara Membedakan Mobil Matic dan Manual

Cara membedakan mobil matic dan manual secara kasar adalah dengan melihat perbedaan harganya. Mobil matic dijual lebih mahal antara Rp 5 juta sampai Rp 20 juta daripada mobil manual.

Bahkan mobil bekasnya saja juga memiliki selisih dengan mobil manual bekas. Apalagi di kota besar yang sering terjadi kemacetan karena saat macet mengendarai mobil matic memang dirasa lebih nyaman dibanding mobil manual.

Nah selain harganya kali ini kita akan berikan informasi gimana cara membedakan mobil matic dan manual dengan tepat. Yuk simak dibawa ini.

1. Cara Mengoperasikannya

Cara Mengoperasikannya - 5 Cara Membedakan Mobil Matic Dan Manual

Cara membedakan mobil matic dan manual yang pertama adalah dengan melihat cara mengoperasikannya. Pada mobil manual ada 3 buah pedal yakni rem, kopling dan gas.

Sedangkan pada mobil matic hanya ada 2 buah pedal yakni rem dan gas. Di Indonesia pengemudi mobil selalu berada di sebelah kanan sehingga untuk mengoperasikan mobil tangan kanan mengendalikan setir sedangkan tangan kiri untuk memindahkan gigi.

Pada mobil manual, perpindahan gigi ini dilakukan secara manual dengan pedal kopling dan tuas kopling.

Sedangkan untuk mobil matic, tidak ada kopling saat mobil mengganti gigi tergantung pada kecepatan kita melaju dan kondisi jalan.

Roda gigi umumnya hanya memiliki empat mode – parkir (P), mundur (R), netral (N) dan drive (D). Hanya dengan melihat hal ini bisa menjadi cara membedakan mobil matic dan manual dengan jelas.

2. Akselerasinya

Akselerasinya - 5 Cara Membedakan Mobil Matic Dan Manual

Cara membedakan mobil matic dan manual selanjutnya adalah dengan melihat akselerasinya. Mobil manual memiliki transmisi yang lebih sederhana bila dibandingkan dengan transmisi mobil matic, dan ini membuat transmisi mobil manual menjadi lebih responsif.

Ini sangat membantu terutama di kondisi jalan menanjak karena mobil manual selain lebih responsif juga lebih kuat. Sedangkan untuk akselerasinya mobil manual jauh lebih cepat daripada mobil matic.

Tapi dengan berkembangnya teknologi sekarang, ada juga mobil matic yang transmisinya tidak jauh berbeda dengan mobil manual.

Biasanya, mobil matic ini memakai teknologi CVT yang transmisinya memiliki belt, yang ukurannya bisa memanjang dan memendek dengan halus. 

3. Konsumsi Bahan Bakarnya

Konsumsi Bahan Bakarnya - 5 Cara Membedakan Mobil Matic Dan Manual

Dengan melihat bagaimana konsumsi bahan bakarnya bisa menjadi cara membedakan mobil matic dan manual loh. Biasanya mobil matic lebih banyak mengkonsumsi bahan bakar daripada mobil manual.

Ini dikarenakan, kerja mesinnya lebih berat bila dibandingkan mobil manual, dan juga putaran mesin mobil matic tidak bisa diatur.

Agar kita tidak terlalu boros bahan bakar saat memakai mobil matic, ada tips menarik yaitu memanfaatkan gas and glide.

Maksudnya kalau kita terus menerus menginjak gas ini bisa membuat boros pemakaian bahan bakar. Tapi kalau kita menginjak gas lalu meluncur ini bisa lebih menghemat bahan bakar.

4. Kenyamanan Saat Mengendarai

Kenyamanan Saat Mengendarai - 5 Cara Membedakan Mobil Matic Dan Manual

Ada juga poin kenyamanan saat mengendarai bisa jadi cara membedakan mobil matic dan manual kali ini. Sebenarnya  kenyamanan ini tergantung dari tipe mobil yang sedang dikendarai.

Tapi ada banyak orang lebih memilih mobil matic karena nyaman saat dikendarai sendiri. Tapi pilih mobil manual saja jika kita bersama supir karena biasanya mereka sudah handal mengendarai mobil manual dengan perpindahan rem yang halus dan bisa lebih irit bahan bakar.

5. Perawatannya

Perawatannya - 5 Cara Membedakan Mobil Matic Dan Manual

Cara membedakan mobil matic dan manual selanjutnya adalah dengan melihat bagaimana perawatannya. Mobil matic memiliki perawatan yang lebih mahal dari mobil manual.

Ini dikarenakan harga suku cadang dan komponen mobil matic lebih mahal. Bahkan untuk mobil matic yang memakai transmisi CVT harus menggantinya setiap 50.000 km dan biayanya cukup besar.

Tapi untuk plat kopling mobil matic lebih awet dibanding mobil manual meski itu juga tergantung dari pemakaiannya.

Nah itu dia cara membedakan mobil matic dan manual dengan jelas yang bisa menjadi pertimbangan kita jika akan membeli mobil. Karena masing-masing jenis mobil ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya.

Mobil matic terlihat memiliki banyak kelebihan seperti nyaman berkendara, gampang dipelajari bagi yang belum pernah mengendarai mobil, nilai jual juga sangat tinggi di kota-kota besar.

Tapi kita juga harus siap dengan perawatannya yang tidak murah, harganya lebih mahal dari mobil manual dan akselerasinya yang kurang apalagi jika di jalan menanjak.

(Baca Juga: Pilihan Asuransi Mobil Terbaik Untukmu)

Jika tidak hati-hati maka mobil tak akan kuat menanjak. Begitu juga di jalan yang menurun, rem bisa kehilangan daya cengkeram. 

Mobil manual juga bisa menjadi pilihan kita untuk dibeli. Meskipun ini lebih rumit dalam memindahkan gigi tapi mobil manual harga dan perawatannya lebih murah.

Mobil manual juga lebih irit bahan bakarnya. Mobil manual sering dianggap jadul karena orang-orang sering kesulitan untuk belajar mengendarainya.

Apapun pilihan mobil yang kita ambil sebaiknya itu disesuaikan dengan kebutuhan. Mempertimbangkan hal seperti kenyamanan, harga dan biaya perawatan juga perlu.

Jangan sampai kita membeli mobil karena gengsi atau hanya ikut-ikutan tren saja karena mobil adalah barang yang butuh perawatan rutin agar tetap awet.

Makanya melengkapi mobil dengan asuransi pun salah satu hal wajib, agar jika terjadi sesuatu pada mobil, biaya yang kita keluarkan tidaklah besar bahkan gratis.

Pilihan asuransi untuk kendaraan pun saat ini cukup banyak, dan kita bisa memilih dan mulai membandingkannya melalui cekAja.com karena ada banyak pilihan asuransi kendaraan yang bisa diambil secara online.

Yuk, pastikan mobil pilihanmu aman dengan asuransi kendaraan terbaik.