Pentingnya Service Mobil 1000 KM Pertama, Jangan Sampai Diabaikan!

4 min membaca Oleh Maria Nofianti on

Bagi kalian yang membeli mobil baru, ketahuilah betapa pentingnya service mobil 1000 KM pertama. Karena hal ini akan menentukan bagaimana kondisi mobil baru kalian, apakah kondisinya memang prima, atau memerlukan perbaikan sana sini.

Mengalami masalah mobil sangat membuat frustasi. Lebih buruk lagi, hal itu biasanya terjadi pada saat-saat yang paling tidak nyaman lebih sering ketika kita dalam perjalanan ke kantor, jauh dari bengkel mobil atau sedang menuju liburan.

Semua ini bisa dicegah meskipun hanya dengan melakukan service mobil secara teratur.

Sejak penemuan mobil, pabrikan selalu mengingatkan pelanggan mereka agar mobil mereka menjalani pemeriksaan dan perawatan rutin untuk pengalaman berkendara yang bebas masalah dan juga untuk memperpanjang umur mobil.

Dengan teknik modern, pabrikan mobil telah dapat menentukan harapan hidup dari komponen atau suku cadang mobil tertentu, sehingga memungkinkan mereka untuk membuat daftar jadwal sistematis untuk mobil di mana cairan, pelumasan, dan suku cadang mobil telah diisi ulang atau diganti. 

Cara kita memperlakukan mesin mobil baru secara langsung berdampak pada performa, efisiensi dan masa pakainya dalam jangka panjang. Karena mobil adalah alat transportasi yang komponen-komponennya memiliki batas pemakaian.

Maka dari itu perlu dilakukan service awal. Untuk mobil baru biasanya mereka harus mencapai 1000 km pertama. Mobil-mobil sekarang memiliki teknologi yang semakin canggih.

Spare partnya juga semakin meningkat kualitasnya. Tapi disamping itu semua apa sih pentingnya service mobil 1000 km pertama untuk sebuah mobil baru?

Tentu saja ada banyak sekali karena beberapa pengecekan mungkin bisa dilakukan sendiri oleh kita tapi ada hal-hal yang harus dicek oleh ahlinya. Jadi kali ini kita akan mengulas betapa pentingnya service mobil 1000 km pertama. Simak terus tulisan ini sampai akhir.

Pentingnya Service Mobil 1000 KM Pertama

Service pertama bagi mobil baru dilakukan saat jarak tempuhnya masih rendah. Beberapa dealer juga menyarankan untuk melakukan service pada 1 bulan pertama.

Ini semua sangat penting untuk keberlangsungan mobil baru kita loh. Apa pentingnya service mobil 1000 km pertama untuk mobil baru? Mereka antara lain karena:

1. Untuk Memastikan Bagian-bagian Mobil Berfungsi Secara Optimal

Sebelum mobil itu menjadi milik kita tentu semuanya sudah dilakukan pengecekan apakah mobil itu layak diperjualbelikan dan layak pakai.

Sembari menunggu pembeli yang cocok mobil itu harus masuk di gudang tanpa dipanaskan atau dibersihkan setiap harinya. Jadi pentingnya service mobil 1000 km pertama adalah untuk kembali mengecek apakah bagian-bagian mobil tersebut masih bisa berfungsi secara optimal.

Apalagi setelah mungkin tidak lama dipakai lalu tiba-tiba dipakai kita. Dengan melakukan service ini kita tahu bahwa mobil kita masih layak dipakai.

2. Menjadi Media Penting Mobil Dalam Kondisi Prima

Selanjutnya alasan pentingnya service mobil 1000 km pertama adalah agar kita tahu bahwa mobil baru kita berada dalam kondisi yang prima. Seperti yang sudah diketahui bahwa ada beberapa hal yang harus dicek oleh mekanik yang ahli.

Misalnya untuk pengecekan rem, atau pengecekan sistem EFI yang memerlukan mekanik ahli yang benar-benar mempunyai skill khusus.

3. Pendeteksi Dini Kondisi Mobil

Saat kita melakukan service 1000 km pertama ini merupakan awal kita untuk mendeteksi bagaimana kondisi mobil baru kita.

Apakah ada kerusakan atau tidak? Jika ada maka kerusakan itu bisa diperbaiki lebih cepat sebelum itu menjadi masalah yang besar di kemudian hari.

(Baca Juga: Pilihan Merk Mobil Terbaik)

Kita juga bisa menghindari biaya perbaikan yang lumayan banyak jika kerusakan itu berpotensi semakin menjalar ke banyak komponen. 

4. Syarat Utama Garansi

Beberapa dealer melakukan kebijakan untuk memberikan garansi pada mobil yang baru dibeli dengan syarat utamanya adalah dengan melakukan service secara rutin di bengkel resmi.

Jadi pentingnya service mobil 1000 km  pertama ini adalah untuk mendapatkan garansi. Kalau kita lupa atau bahkan malas service berkala ke bengkel resmi lalu tiba-tiba ada masalah dengan mobil kita bisa jadi klaim garansi kita ditolak oleh dealer.

Padahal jika kita melakukan service rutin klaim garansi itu bisa diterima. Nah kita rugi kan?

5. Pemeriksaan Secara Detail

Pentingnya service mobil 1000 km pertama salah satunya adalah mobil kita akan diperiksa secara detail oleh mekanik. Bagian-bagian yang dicek adalah yang pertama fungsi dari ruang kemudi seperti sistem keamanan, sistem kemudi, fungsi AC, kelistrikan dan head unit.

Selanjutnya akan diperiksa bagian luar seperti body mobil, fungsi pintu mobil, lampu mobil serta wiper. Lalu dilanjutkan ke pemeriksaan bagian mesin seperti oli mesin, volume air radiator, tegangan fan belt, minyak rem dan fungsi cairan-cairan lainnya semuanya dicek secara mendetail.

Bahkan sistem penggerak seperti kopling dan transmisi juga diperiksa. Begitu juga dengan bagian sasisnya.

6. Penggantian Gratis Jika Ditemukan Kerusakan

Ini adalah salah satu keuntungan kita tentang pentingnya service mobil 1000 km pertama. Setelah tadi diperiksa secara mendetail dan jika ditemukan kerusakan komponen maka bisa langsung diganti secara gratis.

Tapi perlu diingat bahwa kerusakan komponen itu adalah untuk komponen yang sudah dijamin oleh dealer dan bukan karena perlakuan kita sebagai pemilik mobil. Kalo ternyata suatu komponen itu rusak karena kita maka penggantian gratis dibatalkan.

7. Service Gratis

Dengan melakukan service mobil di 1000 km pertama maka kita tidak harus membayar pemeriksaan yang telah dilakukan. Tentu ini sangat membantu kita kan?

Bayangkan saja jika kita harus membayar pemeriksaan yang mendetail seperti itu pasti kita harus membayar lumayan mahal. Tidak mau kan melewatkan sesuatu yang gratis seperti ini?

Nah itu dia alasan pentingnya service mobil 1000 km pertama bagi mobil baru kita. Tapi disamping itu kita juga perlu memperhatikan bagaimana kita merawat mobil baru kita agar awet dipakai.

(Baca Juga: Lakukan Ini Agar Kendaraan Prima Saat Musim Hujan)

Mengendarai mobil baru dengan stabil juga bisa membuat mobil kita awet. Ini memastikan kita tidak memberikan tekanan yang tidak perlu pada mesin.

Jaga putaran mesin tetap rendah agar mesin bekerja dengan lancar. Disarankan dan direkomendasikan oleh setiap pabrikan, hindari menyentuh kecepatan 100km / jam untuk seratus kilometer awal jika tidak, mobil akan berakhir dengan kerusakan mesin dan akan membuat kita mengerem mendadak, hal ini memperpendek rem dan daya hidup kopling. 

Selain service di 1000 KM pertama yang memang sangat penting untuk mobil baru. Melengkapi mobil baru dengan asuransi kendaraan pun sangat penting.

Jangan sampai kita merugi karena hal hal yang tidak diinginkan terjadi pada mobil baru kita ya. Nah, untuk memilih asuransi kendaraan yang tepat bisa melalui CekAja.com.

Karena pembelian asuransi melalui CekAja.com kini sangat mudah dan cepat. Yuk tunggu apa lagi!

Tentang kami

Maria Nofianti

Maria Nofianti