14 Tips Aman Terobos Genangan Air untuk Kendaraan Motor dan Mobil

7 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Mengetahui sederet tips aman terobos genangan air untuk kendaraan motor dan mobil rasanya sangat penting, mengingat saat ini kita sudah memasuki musim hujan. Beberapa daerah mungkin memiliki jalan yang sudah tergenang air, akibat air hujan yang turun hampir setiap hari.

Biasanya, para pengendara akan menerobos genangan air begitu saja, tanpa memperhatikan apakah kendaraanmu baik-baik saja atau tidak setelah menerobos genangan air tersebut.

Padahal, mengetahui tips aman terobos genangan air sangat penting, untuk mencegah risiko terjadinya kerusakan.

Dan tips yang perlu diketahui pun ada sangat banyak. Beberapa di antaranya akan diulas secara lengkap sebagai berikut.

Tips Aman Terobos Genangan Air untuk Kendaraan Motor

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kalau tips aman terobos genangan air ada sangat banyak, baik itu untuk kendaraan motor maupun mobil.

Nah karena hal itu, CekAja.com akan mengulas tips aman terobos genangan air tersebut satu persatu, sesuai dengan jenis kendaraannya.

Dan pada pembahasan kali ini, CekAja.com akan terlebih dahulu mengulas tips aman terobos genangan air untuk kendaraan motor, yang di antaranya yaitu:

1. Ketahui dengan jelas jalur yang akan dilalui

Tips aman terobos genangan air untuk kendaraan motor yang pertama, yaitu ketahui dengan jelas jalur yang akan dilalui.

Kamu bisa mengetahuinya dengan memperhatikan jalur yang banyak digunakan oleh pengendara, yang lebih dulu melalui genangan air.

Jika sudah dan jalur tersebut terlihat aman untuk dilalui, maka kamu juga bisa melalui jalur tersebut.

Atau jika ada bagian jalan yang genangan airnya tidak terlalu tinggi, kamu juga bisa memiliki jalur tersebut untuk dilalui.

2. Ketahui batas aman motor terobos genangan air

Berikutnya, kamu juga perlu mengetahui batas aman motor terobos genangan air. Yang mana, batas aman motor sebenarnya berbeda-beda sesuai dengan jenis dan tipe motornya.

Namun, secara keseluruhan batas aman motor terobos genangan air atau banjir, bisa dilihat dari trotoar.

Ya, kamu bisa menggunakan trotoar sebagai patokan, apakah motormu bisa melalui genangan air tersebut atau tidak.

Apabila genangan air sudah hampir sejajar dengan trotoar, maka genangan air dapat dikatakan cukup tinggi.

Tetapi apabila genangan air tidak sampai setengah dari tinggi trotoar, maka bisa dikatakan genangan air masih aman untuk dilalui.

Namun yang lebih pastinya, batas aman motor terobos genangan air, yaitu ketika tinggi air masih di bawah ujung knalpot.

(Baca Juga: 6 Tanda Mobil Pernah Terendam Banjir)

3. Dilarang berhenti di tengah genangan air

Dilarang berhenti di tengah genangan air pun, nyatanya menjadi salah satu tips aman terobos genangan air untuk kendaraan motor.

Pasalnya, jika motor berhenti di tengah genangan air, maka mesin motor akan sangat berisiko untuk kemasukan air.

Sehingga untuk mencegahnya, pastikan kamu selalu menjaga pacuan gas motor agar selalu stabil, dan tidak naik-turun.

4. Posisikan persneling pada gigi satu saat terobos genangan air

Selain melakukan tiga hal di atas, salah satu tips terobos genangan air yang juga perlu kamu perhatikan adalah posisi persneling motor.

Ketika hendak menerobos genangan air atau banjir, pastikan kamu memposisikan persneling pada gigi satu, apabila motor yang digunakan adalah motor bebek atau motor sport.

Sebab, hal itu akan membuat tarikan motor menjadi lebih enteng dan mudah saat menerobos genangan air atau banjir.

Dengan menggunakan gigi satu juga, kamu akan mencegah risiko masuknya air melalui knalpot, yang dapat merusak motor. Dengan catatan, gas harus ditahan pada posisi yang sama dan tidak naik-turun.

5. Gunakan gas konstan untuk motor matic

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kalau tips aman terobos genangan air untuk kendaraan motor, yang sangat perlu diperhatikan adalah penggunaan gas yang konstan.

Di mana, tips ini tidak hanya berlaku untuk motor bebek atau motor sport saja, tetapi juga berlaku untuk motor matic.

Sebisa mungkin usahakan kamu memutar gas secara konstan, dan menjaganya agar tidak terlalu tinggi saat menerjang genangan air.

Dan kalaupun diharuskan untuk mengerem, pastikan kamu tidak melakukannya secara mendadak.

Kamu bisa kocok rem belakang secara perlahan, kemudian diikuti dengan rem depan untuk menambah tingkat kepakeman dari pengereman.

Apabila rem dilakukan secara mendadak, itu tidak hanya membahayakan diri sendiri saja, tetapi juga dapat merusak motor karena air bisa masuk melalui knalpot.

6. Gunakan jasa gerobak

Salah satu tips aman terobos genangan air untuk kendaraan motor yang bisa dicoba lainnya, yaitu dengan menggunakan jasa gerobak.

Jasa gerobak yang satu ini bisa dimanfaatkan, apabila kondisi genangan air sudah sangat parah.

Dibanding mendapat risiko yang besar, ada baiknya jika kamu memanfaatkan jasa gerobak saja.

Dengan begitu, maka kamu dan kendaraan motor mu setidaknya terhindar dari risiko terbawa arus genangan air yang parah, serta peluang masuknya air ke dalam kendaraan melalui knalpot.

7. Gunakan jalan alternatif

Tips aman terobos genangan air untuk kendaraan motor yang terakhir, yaitu dengan mencari dan menggunakan jalan alternatif.

Pilihan yang satu ini bisa kamu ambil, apabila genangan air sudah sangat tinggi dan melebihi batas aman kendaraan.

Dibandingkan memaksa kendaraan untuk tetap melintas jalan tersebut, ada baiknya kamu mencari menggunakan alternatif jalan lain yang lebih aman untuk dilalui.

Tips Aman Terobos Genangan Air untuk Kendaraan Mobil

Jika di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui tips aman terobos genangan air untuk kendaraan motor, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui sederet tips untuk mobil.

Adapun tips aman terobos genangan air untuk kendaraan mobil yang perlu kamu ketahui tersebut, di antaranya yaitu:

8. Perhatikan terlebih dahulu mobil lain yang terobos genangan air

Tips aman terobos genangan air untuk kendaraan mobil yang pertama, yaitu dengan memperhatikan terlebih dahulu mobil lain yang melintasi genangan air.

Lihat kira-kira mobil jenis apa yang melintas, dan seberapa tinggi genangan air beserta gelombangnya yang terjadi ketika dilintasi kendaraan.

Apabila mobil yang berhasil melintas tersebut satu jenis dengan mobilmu, maka kamu bisa mengikuti cara melintas mobil tersebut.

Namun ketika sedang menerobos genangan air, pastikan kamu tidak menurunkan gas mobil atau berhenti, karena dapat membuka peluang untuk air masuk ke dalam mobil melalui knalpot atau sela-sela mobil.

9. Perhatikan gelombang air yang timbul dari kendaraan lain yang melintas

Selanjutnya, kamu juga perlu memperhatikan gelombang air yang timbul dari kendaraan lain yang melintas. Sebab, gelombang air dapat membuat tinggi air menjadi naik turun.

Apabila gelombang air yang terjadi cukup tinggi, bahkan melewati batas aman kendaraan, maka sebaiknya kamu tidak memaksakan diri untuk tetap menerobos genangan air.

Pasalnya, hal tersebut memberikan risiko yang cukup tinggi, untuk air genangan masuk ke dalam mobil melalui knalpot dan sela-sela mobil.

10. Ketahui batas aman mobil terobos genangan air

Batas aman mobil, juga menjadi salah satu tips aman terobos genangan air yang perlu diketahui. Sebenarnya, batas aman ini tidak hanya perlu diketahui untuk mobil saja, tetapi juga untuk kendaraan motor.

Hanya saja, batas aman mobil dan motor dalam menerobos genangan air berbeda. Untuk mobil sendiri, batas aman terobos genangan air yaitu tidak melebihi ketinggian ban saat melintas, atau maksimal berada pada posisi setengah ban ketika mobil tidak bergerak.

Sehingga, apabila genangan air sudah melebihi ketinggian ban, maka sebaiknya kamu mencari jalan alternatif lain, untuk mencegah risiko yang mungkin terjadi.

11. Gunakan gigi satu untuk mobil manual dan L untuk mobil matic

Ketika hendak melintasi genangan air, pastikan persneling mobil berada pada gigi satu untuk mobil manual, dan L untuk mobil matic.

Hal itu pasalnya akan membuat tarikan gas menjadi lebih ringan, dan mobil pun lebih mudah dikendarai di tengah-tengah genangan air.

12. Jaga jarak aman antar mobil

Di urutan kelima ada menjaga jarak aman antar mobil. Tips aman terobos genangan air satu ini penting untuk dilakukan, agar dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya rem mendadak yang dilakukan mobil depan.

Tidak hanya itu, menjaga jarak aman juga menjadi langkah antisipasi, apabila mobil di depan mogok.

Dengan demikian, kamu perlu memperlambat laju mobil agar jarak antar mobil tidak terlalu dekat, dan kamu pun bisa belok dengan mudah untuk mendahului mobil depan yang mogok.

13. Hindari setengah kopling

Tidak hanya menjaga jarak antar mobil, kamu juga perlu menghindari menginjak setengah kopling mobil.

Jika memang ingin melepaskannya, kamu bisa sepenuhnya melepaskan injakan kopling mobil saat melewati banjir, agar plat kopling tetap saling menempel erat dan mobil pun melaju dengan konstan.

Perlu diketahui, menggunakan setengah kopling terlalu sering juga dapat menaikkan putaran mesin dan memperbesar risiko kopling terbakar.

14. Lakukan pengecekan rem

Tips aman terobos genangan air untuk mobil terakhir yang perlu kamu ketahui, yaitu dengan melakukan pengecekan rem.

Apabila kendaraan sudah berhasil melintasi genangan air, maka kamu perlu segera melakukan pengecekan, untuk memastikan rem tetap berfungsi normal dan tidak terjadi gangguan apapun.

Cara yang perlu kamu lakukan sangat mudah, yaitu dengan menginjak rem berkali-kali sampai rem berfungsi seperti semula.

(Baca Juga: Tips Mengatasi Mobil yang Terendam Banjir)

Nah beberapa tips aman terobos genangan air, baik untuk kendaraan motor maupun mobil sudah kamu ketahui di pembahasan sebelumnya. Bagaimana, cukup banyak bukan?

Semua tips tersebut perlu kamu lakukan untuk menjaga kendaraan dari berbagai macam risiko kerusakan yang dapat terjadi, akibat air genangan yang mungkin masuk ke dalam kendaraan melalui knalpot atau sela-sela kendaraan.

Namun selain melakukan semua tips tersebut, kamu juga perlu melindungi kendaraan dengan asuransi, agar kendaraan yang kamu miliki mendapatkan proteksi lebih.

Apabila hingga saat ini kamu belum memiliki asuransi kendaraan, kamu bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kendaraan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kendaraanmu sekarang juga dan dapatkan perlindungan kendaraan yang optimal!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani