15 Kelebihan Mobil Toyota Avanza yang Tak Disangka Banyak Orang

8 min membaca Oleh Kyla Damasha on

15 kelebihan mobil Toyota Avanza, sudahkah ada yang tahu? Meski saat ini sudah mulai banyak berbagai jenis mobil-mobil terbaru yang ada di pasaran, namun sepertinya Toyota Avanza masih seringkali dijadikan pilihan sebagai salah satu mobil keluarga pilihan.

Bagaimana tidak? Diluncurkan pertama kali pada tahun 2003, Avanza itu sendiri bahkan sudah dinyatakan sebagai mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) paling murah yang dikeluarkan oleh Toyota.

Maka, tak heran apabila mobil dengan desain minimalis ini berhasil mencapai penjualan hingga 100.000 unit di tahun pertama peluncurannya.

Semenjak itu, perkembangan pun terus dilakukan, menjadi inovasi-inovasi baru yang mengikuti pergerakan zaman, dan tentunya juga dengan penjualan yang belum terlihat adanya penurunan.

(Baca Juga: 7 Daftar Mobil Sunroof Murah)

Dikarenakan hal itulah, dapat dikatakan bahwa produk Avanza merupakan salah satu produk legendaris yang telah dilahirkan oleh Toyota.

Apakah kamu merupakan salah satu pengguna mobil Toyota Avanza? Lantas, apa sih yang membuat kamu memilih mobil satu ini?

Maka dari itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang 15 kelebihan mobil Toyota Avanza yang mungkin belum kamu temukan di jenis mobil lainnya. Yuk disimak!

15 Kelebihan Mobil Toyota Avanza

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 15 kelebihan mobil Toyota Avanza yang mungkin tidak ada di jenis mobil lainnya, yaitu adalah:

1. Memiliki Jaringan yang Luas

Salah satu dari 15 kelebihan mobil Toyota Avanza yang akan kita bahas pertama adalah, jaringannya yang sangat luas.

Avanza merupakan salah satu produk buatan Toyota. Nah, seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang bahwa brand otomotif asal Jepang ini memang dikenal memiliki jaringan penjualan terbesar di Indonesia, bahkan hingga mencapai ke pelosok negeri.

Sehingga, tak heran juga bahwa jaringan bengkel yang dimiliki pun juga sangatlah mudah, begitu juga dengan spare part nya.

Satu hal yang menjadi faktor luasnya jaringan yang dimiliki yaitu karena banyaknya masyarakat Indonesia yang memiliki Toyota Avanza sebagai transportasi mereka dalam bermobilitas.

2. Desain yang Simple Namun Stylish

Desain mobil yang simple dan stylish juga merupakan salah satu dari 15 kelebihan mobil Toyota Avanza yang mungkin juga seringkali dijadikan pertimbangan masyarakat.

Walaupun sudah mengalami perkembangan dan inovasi baru sejak peluncurannya pertama kali, dapat dikatakan bahwa desain mobil Toyota Avanza memang tidak hanya berubah, yakni tetap dengan tampilan yang sederhana dan stylish secara bersamaan, apalagi untuk desain terbarunya.

Saat ini, mobil keluaran Jepang ini memang sudah mengalami perubahan pada beberapa hal, seperti pada headlamp depan yang lebih stylish (1.5 G Luxury), desain baru Cover Foglamp (1.3 G), serta New Front Aero kit (Type G Luxury) yang membuatnya menjadi semakin terlihat elegan nan sporty.

Dengan tampilan yang begitu menawan, siapa sih yang gak langsung terkesima dan berniat untuk membelinya?

3. Mobil Keluarga Sejati

Salah satu dari 15 kelebihan mobil Toyota Avanza selanjutnya adalah, bahwa mobil ini memiliki ruang tempat duduk yang cukup luas, yakni hingga mencapai tujuh orang penumpang dewasa didalamnya.

Karena hal itu, banyak orang yang mempertimbangkan membeli mobil ini untuk bepergian bersama keluarga.

4. Harga Jual yang Stabil

Harga jual yang stabil juga tak luput masuk ke dalam daftar 15 kelebihan mobil Toyota Avanza yang sering dijadikan pertimbangan masyarakat.

Sejak peluncurannya pertama kali, Toyota Avanza memang sudah menarik banyak minat karena harga yang ditawarkan cenderung stabil.

Bahkan hingga saat ini pun, apabila kamu memiliki mobil satu ini dan berniat untuk menjualnya, maka harganya tidak akan turun terlalu drastis.

Nah, harga yang relatif stabil inilah yang menjadi salah satu dari 15 kelebihan mobil Toyota Avanza sekaligus keunggulan yang membuatnya dapat mempertahankan dominasi pasar otomotif di Tanah Air.

5. Mampu Mengakomodir Kebutuhan

Toyota sepertinya memang sudah sangat paham atas kebutuhan masyarakat Indonesia, yang direpresentasikan melalui Avanza.

Hal tersebut dapat dilihat dari beragam pilihan yang ditawarkan. Contohnya seperti pada bagian mesin yang terdapat dua pilihan, yaitu mobil dengan kapasitas 1.3 liter dan 1.5 liter, bagi mereka yang menginginkan mobil dengan tenaga lebih besar.

Walaupun memiliki kapasitas yang berbeda, namun keduanya sama-sama menggunakan tipe DOHC VVT-I 16 katup dengan 4 silinder, sehingga dapat dipastikan mampu memberikan performa yang begitu mumpuni.

Sementara itu, mobil yang dipasarkan terdapat tiga varian yang bisa kamu jadikan pilihan, yaitu tipe E, G dan Veloz dengan pilihan transmisi manual dan otomatis.

Dengan memiliki beragam variasi, maka konsumen pun juga dapat membeli sesuai kebutuhan dan kemampuan budget mereka.

6. Biaya Perawatan Murah

Salah satu dari 15 kelebihan mobil Toyota Avanza selanjutnya adalah biaya perawatan mobil yang relatif murah.

Selain memiliki jaringan yang begitu luas, keunggulan dari mobil keluaran Jepang ini ialah sifatnya yang awet dan tidak mudah rusak.

Tak hanya itu, bahkan biaya perawatannya pun terbilang cukup murah dan terjangkau lho. Tentu saja dengan fakta tersebut, tak heran apabila MPV sejuta umat ini juga merupakan salah satu mobil yang paling banyak dicari oleh para konsumen.

7. Kabin dan Bagasi yang Luas

Ternyata, mobil Toyota Avanza tak hanya memiliki ruang untuk penumpang yang luas, melainkan juga bagasi dan kabin yang dimiliki.

Mobil ini memiliki penampilan yang ramping, sehingga bisa cukup luwes jika harus dibawa masuk ke dalam jalan-jalan perumahan yang relatif sempit.

Meski begitu, nyatanya bagian kabin yang dimiliki juga cukup lega dan lapang lho, begitu pula dengan bagian bagasinya.

Jika kursi bagian belakang dilipat ke depan, maka area bagasi bisa menampung cukup banyak barang. Sangat cocok dijadikan sebagai transportasi untuk melakukan perjalanan jauh, seperti ke luar kota.

8. Tombol Pengaturan AC dan Starter yang Sudah Modern

Salah satu dari 15 kelebihan mobil Toyota Avanza selanjutnya adalah tombol pengaturan AC dan starter yang sudah modern.

Untuk beberapa tipe mobil Avanza, tombol pengaturan AC sudah hadir dalam bentuk digital. Jadi, kamu tak perlu repot untuk memutar kenop pintu atau kompor. Cukup diklik saja!

Sementara itu, Toyota Avanza keluaran tahun 2019 justru sudah tidak lagi menggunakan kunci kontak untuk starter.

Karena sudah terdapat tombol start engine, sehingga sangat mempermudah pengemudi dalam menyalakan mesin kendaraan.

9. AC pada Bangku Belakang Telah Dilengkapi dengan Fitur RSE

Masalah umum yang sering dialami oleh mobil-mobil MPV berukuran panjang zaman dahulu adalah ketiadaan blower AC pada barisan bangku belakang.

Nah, fitur satu ini ternyata sudah dimiliki dan menjadi salah satu dari 15 kelebihan mobil Toyota Avanza yang mungkin belum dimiliki oleh mobil MPV lainnya.

Sementara itu untuk tipe Veloz terbaru, justru sudah terdapat fitur RSE, yaitu Rear Seats Entertainment berupa TV kabin yang terletak di bawah blower AC barisan bangku belakang.

10. Harga Sparepart yang Mudah Dicari dengan Harga Terjangkau

Sparepart tentunya menjadi salah satu yang paling penting bagi para pemilik mobil. Menggunakan Toyota Avanza, kamu tak perlu khawatir ketika harus mencari sparepart yang dibutuhkan.

Sebab, sparepart Toyota Avanza dinilai sangat mudah untuk dicari, begitu pula dengan harga yang ditawarkan dianggap sangat ramah kantong.

Tak hanya itu, cara merawat dan memperbaikinya juga tak terlalu sulit. Kamu hanya perlu menjaga dan mengontrol mobil secara rutin.

11. Memiliki Penggerak Roda Belakang

Salah satu dari 15 kelebihan mobil Toyota Avanza selanjutnya adalah penggerak roda belakang.

Perlu diketahui bahwa Avanza dengan tipe penggerak roda belakang (RWD) merupakan hal yang unik dan cukup fungsional.

Karena dengan ini, pengemudi akan mempercayakan Avanza untuk bisa masuk ke jalanan-jalanan dengan medan ekstrim, seperti aspal hingga berlumpur, karena roda belakang yang dinilai memiliki tenaga lebih banyak dibandingkan penggerak roda depan.

Selain mampu menaklukan beragam medan jalanan, berkat penggerak roda belakang, maka radius putar roda depan menjadi lebih kecil.

Tentu ini sebuah kelebihan, karena mobil bisa dengan mudah ‘selap-selip’ di lalu lintas padat maupun jalanan yang sempit.

12. Fitur Keamanan dan Keselamatan

Yang tak boleh ketinggalan ketika membahas tentang 15 kelebihan mobil Toyota Avanza adalah, fitur keamanan dan keselamatan yang dimiliki oleh mobil ini.

Toyota Avanza itu sendiri sudah dilengkapi dengan fitur Dual SRS Airbags yang terletak bagian pengemudi dan penumpang depan, guna menghindari resiko adanya benturan keras yang bisa berakibat fatal ketika terjadi kecelakaan.

Sementara itu pada jok mobil, kamu kamu bisa menemukan fitur One Touch Slide dan Tumble Chair Slider, yang berfungsi untuk bergerak secara otomatis ketika sedang terjadinya tabrakan.

Sehingga, penumpang yang berada di dalam mobil bisa terhindar dari cedera fatal yang bisa ditimbulkan dari kecelakaan tak diinginkan.

13. Impresi dan Handling

Salah satu dari 15 kelebihan mobil Toyota Avanza selanjutnya terletak pada impresi dan handling mobil.

Dapat dikatakan bahwa mobil satu ini memiliki handling yang sangat baik, sehingga sangat mudah sekali digunakan untuk bermanuver.

Tak hanya itu, setir pada mobil ini pun juga sudah dilengkapi dengan teknologi ESP (Electric Power Steering), yang berfungsi untuk meringankan putaran kemudi ketika berkendara, baik itu sebelum berjalan maupun ketika berjalan, dalam kecepatan rendah.

Dengan demikian, mobil Toyota Avanza tak hanya memberikan kenyamanan pada penumpang saja, melainkan juga untuk pengemudi.

14. Mesin yang Irit

Salah satu dari 15 kelebihan mobil Toyota Avanza selanjutnya terletak pada mesinnya yang irit. Seperti yang telah sempat dibahas di poin sebelumnya, Toyota Avanza itu sendiri hadir dengan dua tipe mesin, yaitu mesin 1.5 L dengan seri 3SZ-VE dan 1.3 L dengan seri K3-VE, yang mana keduanya juga telah didukung oleh teknologi ESP.

Selain itu, mobil MPV satu ini untuk tipe 1.5 L juga dapat mengeluarkan tenaga maksimal mencapai 104 PS atau setara dengan 6.000 rpm, disertai dengan torsi maksimal 13,9Nm yang setara dengan 4.400 rpm.

Sedangkan untuk tipe 1.3 L, mesin mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga mencapai 92 PS atau setara dengan 6.000 rpm dengan torsi maksimal yang mencapai 11.9 NM atau setara dengan 4.400 rpm.

15. Biaya Pajak yang Murah

Nah, daftar terakhir yang masuk ke dalam 15 kelebihan mobil Toyota Avanza adalah mengenai biaya pajaknya yang tergolong cukup murah, apalagi jika dibandingkan dengan mobil jenis MPV lainnya.

Tentu saja ini juga menjadi keunggulan tersendiri bagi Toyota, selaku perusahaan yang memproduksi mobil ini.

Jadi, itulah 15 kelebihan mobil Toyota Avanza yang mungkin tidak kamu dapatkan di jenis mobil lainnya.

Apakah kamu merupakan salah satu pengguna mobil Toyota Avanza? Meskipun mobil keluaran Jepang ini dinilai memiliki fitur keamanan yang cukup mumpuni, bukan berarti kamu tidak memerlukan perlindungan ekstra seperti asuransi kendaraan, bukan?

Sebab, ketika berkendara terkadang kita bisa saja menghadapi situasi tak terduga yang bisa berakibat pada kerugian finansial, seperti kebanjiran, kecelakaan, dan masih banyak lagi.

(Baca Juga: Daftar Merk Mobil paling Laris di Indonesia 2020)

Mengapa disebut sebagai kerugian finansial? Yaitu karena risiko tersebut berkemungkinan untuk memerlukan biaya reparasi yang tidak sedikit.

Nah, salah satu solusi yang bisa kamu lakukan agar berkendara bisa lebih aman dan nyaman tanpa perlu khawatir dengan biaya, segera miliki asuransi kendaraan saja.

Bingung dimana tempat mengajukannya? Ya di CekAja.com! Sebab, di CekAja.com, kamu bisa melakukan pengajuan dengan sangat mudah dan cepat, karena seluruh prosesnya yang dilakukan secara online.

Tak hanya itu, kamu pun juga bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis asuransi manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar premi.

Jadi, kamu tak perlu bingung lagi dalam memilih. Tunggu apa lagi? Yuk segera ajukan asuransi kendaraan pilihanmu hanya di CekAja.com dan nikmatilah segudang manfaatnya!

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha