8 Cara Membersihkan Lantai Kayu Paling Efektif, Yuk Cek di Sini!

Jika kamu merupakan salah satu pemilik rumah yang menggunakan kayu sebagai material lantai, maka penting untuk kamu mengetahui sejumlah cara membersihkan lantai kayu. Pasalnya, cara-cara tersebut dapat merawat dan menjaga kayu agar tetap mengkilap.

Advertisement

Cara membersihkan lantai kayu pun ternyata sangat mudah, tidak serumit yang dibayangkan. Apalagi, bahan-bahan yang digunakan untuk membersihkan lantai kayu pun mudah didapat.

Jika ingin tahu apa saja cara membersihkan lantai kayu yang benar, pada kesempatan kali ini, CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Perbedaan Lantai Kayu dan Lantai Parket

Sebelum membahas lebih jauh cara membersihkan lantai kayu, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu perbedaan lantai kayu dan lantai parket.

Sebab, sebagian orang masih banyak yang belum mengetahui perbedaan lantai kayu dan lantai parket.

Mereka masih mengira, kalau lantai kayu sama dengan lantai parket. Yang membedakannya hanya sebutannya saja.

Padahal, lantai kayu adalah kepingan kayu utuh yang dibuat lantai, dengan cara memasangnya satu-persatu menggunakan sekrup.

Berbeda dengan lantai parket, yang merupakan kumpulan kepingan kayu original maupun yang sudah di press, untuk selanjutnya digunakan sebagai lantai konkrit interior dan eksterior rumah.

Dari definisi tersebut sudah terlihat bukan, kalau lantai kayu dan lantai parket adalah dua jenis lantai yang berbeda, meskipun dibangun dengan material yang sama persis.

Untuk bisa membedakan mana lantai kayu dan parket, kamu bisa melihatnya dari profil sisi lantai tersebut.

Apabila profil sisinya saling mengunci satu sama lain, kemudian diperkuat menggunakan paku tembak, maka sudah pasti itu adalah lantai parket, bukan lantai kayu.

Tetapi perlu diketahui, baik lantai kayu maupun lantai parket, keduanya menjadi jenis lantai favorit masyarakat.

Terlihat dari pemakaiannya yang sudah tersebar di banyak rumah komersil, serta gedung-gedung besar.

(Baca Juga: Rekomendasi Pembersih Lantai Terbaik)

Bahan Alami untuk Membersihkan Lantai Kayu

Setelah mengetahui perbedaan lantai kayu dan lantai parket, selanjutnya kamu akan mengetahui sejumlah bahan alami yang bisa digunakan untuk membersihkan lantai kayu.

Dari sekian banyak bahan alami yang ada, beberapa di antaranya ada yang mampu membersihkan lantai kayu secara efektif, yaitu:

  • Baking soda, dapat menghilangkan noda berminyak dan bergaris pada lantai.
  • Cuka, dapat mengangkat kotoran membandel pada lantai.
  • Roti gandum, dapat menghilangkan noda bekas coretan tinta.
  • Air lemon, mampu membasmi kuman dan bakteri.
  • Teh, mampu membuat lantai bebas dari kotoran dan debu membandel.
  • Olive oil, mampu membersihkan lantai kayu menjadi lebih bersih dan mengkilap.

Cara Membersihkan Lantai Kayu

Sesuai dengan janji di awal artikel, kalau CekAja.com akan memberikan sejumlah cara membersihkan lantai kayu yang benar dan efektif.

Cara-cara ini tentunya sangat mudah dilakukan, dan baru terlihat hasilnya, apabila dilakukan secara rutin.

Untuk tahu apa saja cara membersihkan lantai kayu yang dimaksud tersebut, yuk langsung simak bersama ulasan berikut ini!

1. Sapu lantai secara teratur

Cara membersihkan lantai kayu yang pertama, yaitu dengan menyapu lantai secara teratur. Maksudnya adalah kamu perlu sapu lantai searah dengan pola lantai kayu.

Hal itu bertujuan agar debu dan kotoran yang ada di sela-sela lantai kayu, bisa tersapu dan dibersihkan dengan maksimal.

Bagi sebagian orang, debu mungkin dianggap sebagai hal yang sepele, karena terlihat tidak akan merusak lantai kayu.

Namun sebenarnya, debu yang sudah menumpuk lama, sangat berpotensi untuk menimbulkan goresan di permukaan lantai, dan membuatnya terlihat kusam.

Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya hal tersebut, sebaiknya sapu lantai secara teratur, mengikuti pola lantai kayu yang ada di ruangan rumahmu.

2. Rutin mengepel lantai kayu

Selain menyapu, tentu cara membersihkan lantai kayu lainnya yang perlu dilakukan, yaitu mengepel.

Kamu mungkin berpikir, kalau kayu yang sering terkena air akan mudah keropos dan rusak. Sebenarnya ini bukan hal yang salah, namun kegiatan mengepel lantai kayu tetap harus dilakukan agar debu dan kotoran yang menempel dapat hilang sempurna.

Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengepel lantai kayu, salah satunya yaitu peras kain pel dengan benar.

Pastikan kain pel yang akan digunakan untuk membersihkan lantai tidak terlalu basah, agar lantai kayu tidak mudah rusak.

Karena jika teknik mengepel yang digunakan untuk lantai kayu sama dengan lantai keramik, maka yang lantai kayu akan menggelembung dan bahan perekatnya mudah lepas.

Apabila hal itu tetap dilakukan, nantinya lantai kayu semakin mudah berjamur dan kayu menjadi rapuh.

3. Jangan mencongkel kotoran di lantai pakai benda tajam

Meskipun ada kotoran atau benda yang menempel di sela-sela lantai kayu, sebaiknya jangan pernah mengambil paksa kotoran atau benda tersebut menggunakan benda tajam.

Karena, hal tersebut hanya akan merusak permukaan lantai saja. Ada cara membersihkan lantai kayu yang baik dan efektif untuk dilakukan, yaitu dengan menggunakan lap microfiber yang sudah diberi sedikit air.

Setelah itu, gosokkan lap microfiber ke bagian lantai kayu yang kotor, agar kembali bersih mengkilap seperti semula.

4. Bersihkan lantai kayu pakai vacuum cleaner

Cara membersihkan lantai kayu yang keempat, yaitu menggunakan vacuum cleaner. Seperti yang diketahui, vacuum cleaner dapat membersihkan kotoran, bahkan hingga ke partikel terkecil.

Maka dari itu, membersihkan lantai kayu menggunakan vacuum cleaner, merupakan salah satu cara yang paling mudah dilakukan.

Kamu bisa membersihkan lantai kayu dengan vacuum cleaner, setidaknya satu minggu sekali agar kualitas kayu terjaga baik hingga bertahun-tahun.

5. Bersihkan kotoran pakai lap kering

Nyatanya, lap kering juga bisa dipakai untuk membersihkan lantai kayu, loh! Tetapi, lap kering lebih dikhususkan untuk membersihkan kotoran yang berbentuk cairan, seperti misalnya tumpahan air.

Cara menggunakan lap kering dalam hal ini pun sangat mudah, yaitu cukup dengan menggosok bagian yang terkena cairan hingga kering, dan air tidak meresap ke dalam lantai kayu.

6. Hilangkan noda dengan larutan cuka

Di urutan keenam ada menghilangkan noda dengan larutan cuka. Di sini, larutan cuka berguna untuk mengangkat kotoran membandel pada lantai, seperti noda lumpur, tanah dan lain sebagainya.

Cara membuat larutan cuka pun sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan 60 ml cuka ke dalam 1000 ml air.

Setelah itu ambil kain pel, lalu pel lantai kayu yang terdapat noda membandel dengan larutan cuka tersebut hingga bersih.

Jika sudah selesai, kamu bisa melanjutkannya dengan mengepel lantai kayu untuk kedua kalinya menggunakan air bersih, untuk menghilangkan sisa cuka pada permukaan lantai. Bagaimana, sangat mudah bukan?

7. Poles lantai dengan produk khusus

Siapa di antara kamu yang ingin lantai kayu ruanganmu terlihat mengkilap? Sepertinya semua orang ingin memiliki lantai yang seperti itu.

Nah, khusus untuk lantai kayu, kamu bisa memoles lantai dengan produk pelicin khusus, agar lantai kayu terlihat semakin mengkilap alami.

Untuk cara penggunaannya, kamu bisa memakai produk pelicin khusus setiap beberapa bulan sekali, untuk mengembalikan warna alami lantai kayu.

Tetapi sebelum menggunakan produknya, terlebih dahulu kamu membaca secara teliti petunjuk penggunaannya.

Tujuannya sudah jelas, yaitu untuk meminimalisir risiko kesalahan maupun kerusakan yang terjadi, akibat penggunaan produk pelicin khusus.

8. Pilih dan gunakan bahan pembersih yang tepat

Cara membersihkan lantai kayu yang terakhir, yaitu dengan menggunakan bahan pembersih yang tepat.

Kamu bisa menggunakan bahan pembersih lantai beraroma harum, asalkan tidak mengandung bahan kimia tertentu yang dapat merusak tekstur dan warna lantai kayu.

Karena, ada beberapa bahan kimia yang mampu merusak lantai kayu, di antaranya yaitu porselen, deterjen, bahan pemutih dan lain sebagainya.

(Baca Juga: Merk Keramik Terbaik untuk Lantai Rumah)

Itulah beberapa cara membersihkan lantai kayu, yang sudah kamu ketahui informasinya secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Semua cara tersebut, tentunya bisa kamu coba sendiri di rumah, karena mudah dilakukan. Selain itu, bahan-bahan yang dibutuhkan pun bisa ditemukan dan didapat di supermarket maupun e-commerce.

Jika tertarik ingin mencoba beberapa cara membersihkan lantai kayu versi CekAja.com, kamu bisa membeli beberapa bahan yang dibutuhkan pakai kartu kredit, agar lebih praktis dan hemat.

Sebab, kartu kredit seringkali memberikan promo menarik yang dapat dinikmati para penggunanya, baik dalam bentuk diskon, cashback atau rewards point.

Untuk itu, buat kamu yang juga ingin mendapatkan dan menikmati promo tersebut, namun belum memiliki kartu kredit, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit khusus belanja, yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan kartu kredit terbaikmu sekarang juga, dan dapatkan segudang promo menariknya!

Advertisement