8 Merk Printer Laserjet Terbaik, Bantu Pekerjaan Selesai Lebih Cepat

7 min membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Sebagai salah satu jenis printer yang banyak digunakan, beberapa merk printer laserjet terbaik banyak dicari tahu dan diburu masyarakat. Bagaimana tidak, pasalnya printer laserjet sendiri memiliki banyak fungsi, yang dapat memudahkan pekerjaan manusia.

Buat kamu yang belum tahu, printer laserjet sejatinya terbagi menjadi dua kategori, yaitu printer yang hanya berfungsi untuk print saja, dan printer yang multifungsi.

Untuk printer multifungsi, ia tidak hanya bisa digunakan untuk print saja, tetapi juga bisa dipakai untuk fotokopi, scan dan fax.

Maka dari itu, sangat wajar apabila beberapa merk printer laserjet terbaik banyak diburu masyarakat.

Jika kamu ingin tahu apa saja merk printer laser terbaik, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan memberikan beberapa daftarnya secara lengkap, khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Perbedaan Printer Laserjet dengan Inkjet

Sebelum membahas lebih jauh tentang merk printer laser terbaik, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu perbedaan antara printer laserjet dan inkjet.

Pasalnya, masih banyak orang yang ternyata belum bisa membedakan printer laserjet dan inkjet.

Terlebih, bentuk dari kedua jenis printer tersebut tidak terlalu berbeda, jika dilihat secara sekilas.

Oleh karena itu, untuk benar-benar bisa membedakan printer laserjet dan inkjet, yuk mari berkenalan terlebih dahulu!

Secara definisi, baik itu printer laserjet maupun inkjet tentu jelas berbeda. Printer laserjet merupakan jenis printer, yang metode pencetakannya toner, dengan menggunakan perangkat inframerah.

Dan seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kalau printer laserjet ini multifungsi, karena bisa digunakan untuk print sekaligus fotokopi, scan dan fax.

Sementara itu, printer inkjet merupakan jenis printer yang sangat mengandalkan tinta, sebagai elemen untuk mencetak.

Sesuai dengan definisinya, printer inkjet ini hanya bisa digunakan untuk mencetak. Berbeda dengan laserjet yang multifungsi.

Namun selain itu, perbedaan printer laserjet dan inkjet masih banyak lagi yang bisa kamu ketahui, di antaranya yaitu:

Printer Laserjet

  • Harga beli printer dan cartridge tonernya lebih mahal dibandingkan printer inkjet, tetapi efisien dan sepadan dengan penggunaannya
  • Memiliki kecepatan cetak lebih dari 20 lembar per menitnya
  • Kualitas gambar yang dihasilkan kurang baik, karena terdapat garis di setiap perbedaan saturasi warna
  • Memiliki bentuk dan ukuran yang lebih besar dari printer inkjet
  • Membutuhkan waktu untuk memanaskan mesin sebelum digunakan.

Printer Inkjet

  • Harga beli printer inkjet dan cartridge-nya jauh lebih murah, dibandingkan printer laserjet
  • Memiliki kecepatan cetak hanya sekitar enam lembar per menitnya
  • Bisa menghasilkan gambar berkualitas prima
  • Memiliki bentuk yang mungil, sehingga bisa diletakkan di ruangan terbatas, baik itu di atas meja maupun di bawah meja
  • Tidak membutuhkan waktu untuk memanaskan mesin printer, jika ingin digunakan.

(Baca Juga: Daftar Laptop 16GB Terbaik)

Merk Printer Laserjet Terbaik

Nah, setelah mengetahui beberapa informasi dasar dan perbedaan antara printer laserjet dan inkjet, sebagian dari kamu mungkin semakin tertarik untuk memiliki printer laserjet.

Terlebih jika kamu ingin membuka bisnis fotokopi, atau untuk fasilitas kantor, maka keberadaan printer laserjet ini sangat dibutuhkan, untuk memudahkan pekerjaan.

Oleh sebab itu, di bawah ini CekAja.com telah merangkum delapan merk printer laserjet terbaik dari berbagai sumber, yang akan diulas secara lengkap sebagai berikut.

1. Canon Laser Printer LBP6030

Kisaran harga: Rp1,9 juta

Merk printer laserjet terbaik pertama, yang bisa kamu jadikan pilihan, yaitu Canon Laser Printer LBP6030.

Merk printer keluaran Canon yang satu ini, menawarkan sebuah printer yang mampu memberikan hasil cetakan sangat cepat.

Hal tersebut dikarenakan, printer ini sudah dilengkapi dengan teknologi On-Demand Fixing Roller, yang menggunakan daya serta pemanasan yang lebih sedikit.

Selain itu, printer ini juga sudah menggunakan desain cartridge 325 toner Canon all-in-one, agar lebih hemat biaya.

Jika menggunakan printer laserjet yang satu ini, kamu tidak perlu khawatir dengan konsumsi daya.

Sebab, printer ini sudah memiliki pengaturan sleep mode, yang jika diaktifkan mode ini akan menonaktifkan printer dalam jangka waktu tertentu. Dengan begitu, daya yang digunakan pun akan lebih sedikit dan lebih hemat.

2. Brother DCP-L2540DW

Kisaran harga: Rp2,5 juta

Berikutnya ada Brother DCP-L2540DW, yang masuk ke dalam daftar merk printer laserjet terbaik versi CekAja.com.

Printer yang memiliki fungsi untuk print, copy dan scan ini, memiliki ukuran yang sangat besar dengan dimensi sekitar 40,9 x 48,8 x 31,6, dan bobot 11,1 kg.

Dengan ukuran tersebut, printer ini sangat cocok untuk digunakan di perkantoran. Apalagi, kecepatan cetak printer ini cukup tinggi, yaitu hingga 30 lembar per menit dalam resolusi 2400 x 600 dpi.

Tingginya kecepatan dan resolusi tersebut pun, sama dengan kecepatan dan resolusi dalam memindai suatu dokumen.

Satu hal yang menarik dari printer laserjet Brother DCP-L2540DW ini, yaitu tersedianya port USB, serta bisa terhubung langsung melalui koneksi wifi, yang membuat aktivitas mencetak menjadi semakin mudah.

Tidak hanya itu, printer ini juga memiliki kemampuan mencetak duplex, atau mencetak di kedua sisi kertas tanpa harus membolak-balikkan kertasnya terlebih dahulu.

3. HP Laser 107a

Kisaran harga: Rp1,3 juta

Meski dibanderol dengan harga yang cukup mahal, namun printer laser keluaran HP yang satu ini, menjadi merk printer laserjet terbaik yang banyak diburu masyarakat.

Bagaimana tidak, pasalnya printer ini mampu mencetak dokumen hingga 1.500 halaman per bulan.

Dan apabila digunakan secara maksimal, maka printer ini mampu mencetak hingga 10.000 halaman.

Padahal jika dilihat dari bentuknya, printer laserjet satu ini memiliki bentuk yang sangat mungil, bahkan terlihat seperti printer inkjet pada umumnya.

Namun ternyata dibalik bentuknya yang mungil tersebut, terdapat kualitas yang luar biasa.

Printer ini pun, cocok digunakan untuk pemakaian pribadi maupun bisnis rumahan, karena tidak membutuhkan ruangan yang luas untuk menempatkannya.

4. HP LaserJet Pro M12W

Kisaran harga: Rp1,3 juta

Di urutan keempat ada HP LaserJet Pro M12W, yang menjadi salah satu pilihan merk printer laserjet terbaik.

Hal tersebut dikarenakan, printer ini mampu mencetak, meng-copy dan melakukan scan dokumen secara bersamaan.

Tidak hanya itu, untuk kecepatannya sendiri, printer ini mampu mencetak hingga 18 ppm, dengan resolusi maksimal 600 dpi.

Printer HP ini pun memiliki port USB 2.0, yang bisa digunakan untuk mencetak dokumen melalui flashdisk.

Atau jika kamu juga ingin mencetak dokumen langsung dari email, maka kamu bisa mencetaknya secara wireless, menggunakan jaringan wifi yang terkoneksi ke printer.

5. Fuji Xerox DocuPrint CP225W

Kisaran harga: Rp1,5 juta

Memiliki desain dan bentuk yang tidak terlalu besar, printer merk Fuji Xerox yang satu ini bisa digunakan untuk rumahan maupun perkantoran.

Salah satu keunggulan yang dimiliki printer ini, yaitu mampu mencetak duplex dengan cepat dan efisien.

Hal itu tentunya bisa terjadi, karena printer ini memiliki kecepatan mencetak hingga 26 ppm, dengan resolusi sekitar 2400 dpi.

Kemudian, tray input yang dimiliki printer ini mampu menampung kertas hingga 250 lembar. Berbeda dengan tray outputnya, yang hanya mampu menampung hingga 100 lembar.

6. HP LaserJet Pro MFP M181fw

Kisaran harga: Rp5,1 juta

Selanjutnya ada HP LaserJet Pro MFP M181fw, yang menjadi bagian dari daftar merk printer laserjet terbaik versi CekAja.com.

Memiliki kecepatan cetak 16 lembar per menit dengan ukuran kertas A4, printer ini mampu mencetak hingga 30.000 halaman setiap bulannya.

Yang membuat printer ini menarik dan berbeda dari printer laserjet lainnya, yaitu kemampuannya dalam mencetak dokumen langsung dari smartphone, melalui aplikasi HP Smart yang bisa diunduh.

Proses yang digunakan mesin printer ini bisa dibilang sangat cepat, karena mencapai 800 MHz dengan memori standar, yaitu 256 MB.

Dengan begitu, nantinya kamu tidak akan merasakan lemot ataupun error, saat menggunakan printer HP LaserJet Pro MFP M181fw.

7. Brother HL-2360DN

Kisaran harga: Rp1,4 juta

Selain enam merk printer laserjet terbaik di atas, kamu juga bisa menjadikan Brother HL-2360DN, sebagai printer andalan untuk mencetak dokumen.

Disebut andalan karena printer ini, memiliki kecepatan cetak yang baik, serta tray input yang cukup besar.

Apalagi, kamu juga bisa mengoperasikannya dengan mudah, karena printer ini sudah dilengkapi konektivitas nirkabel, yang memungkinkanmu untuk mencetak dokumen jarak jauh.

Resolusi yang dimiliki printer ini pun cukup baik, yaitu mencapai 600 x 600 dpi / HQ1200 (2400 x 600 dpi) untuk kertas ukuran maksimal A4.

Tidak hanya itu, printer ini pun sangat menarik, karena mampu mencetak hingga 30 ppm atau 30 halaman per menitnya, untuk cetak dokumen biasa.

Sedangkan untuk cetak dokumen bolak-balik, printer ini mampu mencetak dengan kecepatan 15 ppm, yang dapat menghemat kertas dan waktu.

8. HP Neverstop Laser MFP 1200w

Kisaran harga: Rp4 juta

Merk printer laserjet terbaik yang terakhir, yaitu HP Neverstop Laser MFP 1200w. Printer yang dibanderol dengan harga yang mahal ini, menawarkan banyak fitur unggulan yang bisa dinikmati.

Adapun beberapa fitur unggulan tersebut, salah satunya yaitu kecepatan mencetak dokumen hitam putih yang mencapai 20 halaman per menit, dengan ukuran kertas A4.

Selain itu, printer ini juga menggunakan tinta jenis toner, yang bisa dibilang cukup hemat sekitar 80 persen dibandingkan printer biasa.

Jadi, buat kamu yang tertarik dengan printer satu ini, bisa mempersiapkan budget yang cukup besar, karena printer HP Neverstop Laser MFP 1200w dibanderol dengan harga Rp4 juta.

(Baca Juga: 10 Anti Virus Komputer Gratis)

Itulah beberapa merk printer laserjet terbaik rekomendasi CekAja.com, yang sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Semua merk printer laserjet terbaik itu, tentunya bisa kamu jadikan pilihan. Kamu pun bisa menemukannya dengan mudah di toko elektronik, toko komputer, maupun ecommerce yang menjual berbagai merk dan jenis printer.

Jika tertarik dengan satu di antaranya, kamu bisa langsung membelinya menggunakan kartu kredit agar lebih hemat.

Sebab, kartu kredit seringkali memberikan promo belanja menarik, yang dapat dinikmati para penggunanya, baik dalam bentuk diskon, cashback maupun rewards point.

Maka dari itu, buat kamu yang ingin menikmati promo tersebut, namun belum memiliki kartu kredit, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit, yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan kartu kredit terbaikmu sekarang juga, dan dapatkan semua promo menariknya!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani