5 Cara Membuat Buku Digital eBook dan Pilihan Aplikasi Pembuatnya

Cara membuat buku digital atau yang biasa disebut dengan eBook ternyata tidak terlalu sulit. Kamu bisa membuat dan menerbitkan buku karyamu ke berbagai platform. Berikut cara lengkapnya!

5 Cara Membuat Buku Digital eBook dan Pilihan Aplikasi Pembuatnya

Buku adalah sumber ilmu dan pengembangan diri yang bisa dibilang terbaik.

Saat mempelajari pelajaran di sekolah, pelajaran yang mengasah kemampuan non-akademis, hingga materi pelajaran yang berkaitan dengan pekerjaan, kita menggunakan buku sebagai sumber ilmu.

Dahulu, buku berbentuk tumpukan lembaran kertas yang ditulis dengan mesin ketik atau hasil cetakan (print).

Di tengah kemajuan zaman yang melibatkan teknologi canggih, kini bentuk buku cetak sudah beralih menjadi buku digital.

Dengan hadirnya buku digital, siapa saja kini bisa membuat buku serta mempublikasikannya untuk pembaca.

Buat kamu yang berminat membuat buku sendiri dalam bentuk softcopy, cara membuat buku digital wajib banget diketahui.

Aplikasi Pembuat Buku Digital

Untuk membuat buku digital, kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi yang harus kamu unduh di laptop, komputer, atau smartphone.

Tetapi, agar pembuatan buku digital lebih mudah, disarankan kamu menggunakan laptop atau komputer saja, ya. Sebab dengan menggunakan gadget ini, tools yang tersedia lebih mudah digunakan.

Pengoperasian dan tata cara membuat buku digital di setiap aplikasi sebenarnya hampir sama.

Tidak ada perbedaan mencolok yang membingungkan penggunanya, kecuali pada ketersediaan format buku digital yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

Berikut ini beberapa aplikasi pembuat buku digital yang bisa kamu pilih:

Calibre

Calibre adalah aplikasi pembuat buku digital untuk gadget berbasis Windows, Linux, dan iOS. Format eBook yang tersedia termasuk yang paling lengkap.

Kamu bisa memasukkan format AZW, AZW3, AZW4, CBZ, CBR, CBC, CHM, DJVU, DOCX, EPUB, FB2, HTML, HTMLZ, LIT, LRF, MOBI, ODT, PDF, PRC, PDB, PML, RB, RTF, SNB, TCR, TXT, dan TXTZ) kemudian mengubahnya menjadi format AZW3, EPUB, DOCX, FB2, HTMLZ, OEB, LIT, LRF, MOBI, PDB, PMLZ, RB, PDF, RTF, SNB, TCR, TXT, TXTZ, ataupun ZIP.

Sigil

Yakni aplikasi pembuat buku digital untuk gadget berbasis Windows dan iOS. Format yang didukung adalah HTML dan ePUB, yang kemudian bisa dikonversikan menjadi format ePUB.

(Baca Juga: Fungsi dan Manfaat ISBN di Buku, Penerbit dan Penulis Wajib Tahu!)

Mobipocket Creator

Untuk aplikasi Mobipocket Creator, format file yang bisa di-import adalah HTML, DOCX, TXT, dan PDF. Nantinya, format akan diubah menjadi eBook PRC atau PRCX.

ePUBee Maker

Cara membuat aplikasi buku digital di aplikasi ini sangat mudah karena dapat dikoneksikan ke aplikasi Microsoft Word.

Pengguna bisa memasukkan fitur ePUBee Maker ke dalam toolbar Ms Word. Hasil file yang sudah terkonversi nantinya adalah ePUB dan PDF.

Cara Membuat Buku Digital

Ada banyak aplikasi yang bisa kamu pilih dalam membuat buku digital atau eBook. Setiap aplikasi memiliki cara membuat buku digital yang terbilang sama.

Berikut ini cara membuat buku digital beserta langkah-langkahnya:

1. Siapkan Dokumen Buku dalam Format Word Document

Cara membuat buku digital yang pertama adalah dengan menyiapkan file atau dokumen buku digitalmu dalam format Word Document di aplikasi Ms Word.

Pastikan semuanya sudah lengkap. Mulai dari cover, daftar isi, kata pengantar penulis, semua bab materi buku, penutup, dan lainnya.

Kamu juga bisa menyelipkan foto dalam file ini. Pastikan letak foto berada di tengah teks atau dalam posisi In Line With Text, dan rapikan juga posisi tabel.

Jika semua konten sudah lengkap di file dasar ini, ubah formatnya sesuai dengan format yang bisa diterima oleh aplikasi pembuat buku digital yang kamu pilih.

2. Import File ke Aplikasi Pembuat Buku Digital

Langkah kedua, bukalah aplikasi pembuat buku digital yang sudah kamu unduh. Pilih file buku digital, lalu masukkan dengan cara meng-import file yang dipilih.

Pada cara membuat buku digital ini, kamu disarankan untuk mengecek kembali konten buku digital yang sudah dimasukkan.

Lihat kembali apakah semua posisi konten seperti cover, daftar isi, teks, posisi foto sudah pas atau belum.

Pada aplikasi pembuat buku digital, kamu juga bisa mengedit konten. Misalnya membuat daftar isi sendiri, memasukkan infografik, menambahkan video, dan lain-lain.

Untuk menambahkan file tambahan seperti foto, video, dan infografik ke dalam buku digital, caranya mudah.

Klik Insert, lalu pilih File, dan pilih Other File, lalu pilih file tambahan yang ingin kamu masukkan. FYI, file video yang dapat dimasukkan adalah video dengan format mp4.

Sedangkan untuk membuat daftar isi sendiri, kamu bisa memilih posisi halaman daftar isi terlebih dulu. Lalu pilih tools yang menyisipkan tabel atau Table of Contents.

Kemudian, atur posisi tabel dan heading penomoran sesuai yang kamu inginkan.

(Baca Juga: 6 Cara Membeli Buku Import Online dengan Mudah dan Cepat)

3. Isi Metadata Buku Digital

Salah satu yang membedakan tampilan buku digital adalah adanya metadata yang memberikan deskripsi singkat tentang isi buku bagi pembaca.

Nah, dalam cara membuat buku digital, kamu juga harus mengisi metadata sendiri. Isi data diri penulis, judul buku, tahun pembuatan buku, kategori, deskripsi singkat tentang buku, dan lain-lain.

Untuk mengisi metadata ini, cek menu tools yang tersedia dalam aplikasi pembuat buku digital, lalu pilih Metadata Editor.

4. Masukkan Cover Buku

Cara membuat buku digital yang selanjutnya adalah memasukkan file cover buku. Untuk membuat cover buku, kamu bisa menggunakan aplikasi yang memudahkan proses desain.

Seperti Canva, Ms Power Point, CorelDraw, atau Adobe Photoshop.

Untuk menyisipkan file cover buku ini, pilih menu Add Cover pada tools yang tersedia di aplikasi pembuat buku digital.

Nantinya akan ada petunjuk jenis format file, lalu kamu sesuaikan format cover buku dengan yang bisa diterima oleh aplikasi tersebut.

5. Simpan dan Konversikan File Buku Digital

Jika semua konten sudah lengkap dan tersusun rapi, ini saatnya kamu menyimpan file buku digital. Aplikasi akan mengkonversikan file buku agar sesuai dengan format buku digital pada umumnya.

Kamu bisa memilih format keluaran sesuai keinginan, misalnya PDF, PRC, HTML, dan lain sebagainya.

Aplikasi pembuat buku digital membutuhkan beberapa waktu sesaat untuk mengonversikan format keluaran ini.

Jika proses konversi sudah selesai, akan ada notifikasi yang muncul di layar tampilan aplikasi.

Cara Mempublikasikan Buku Digital

Itu dia sederet cara membuat buku digital yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Buku digital bisa kamu publikasikan secara gratis di beberapa platform, seperti situs jurnal dan buku digital, blog, atau media sosial pribadi.

Sedangkan untuk publikasi buku dengan biaya, kamu bisa memasarkannya di aplikasi baca eBook seperti Google Play Book, Gramedia Online, dan aplikasi lainnya.

Namun begitu, untuk mempublikasikan buku secara komersil, kamu harus melakukan kerjasama terlebih dulu dengan pihak penerbit.

Selain untuk membagikan karya tulismu, buku digital tentu bermanfaat untuk menginformasi atau sekadar menghibur pembaca.

Manfaat buku digital juga memberikan perlindungan karya dalam bentuk softcopy, sehingga karyamu tersimpan abadi tanpa takut rusak seperti buku fisik.

Cara membuat buku digital sudah dijelaskan dengan mendetil. Jadi, apakah kamu berminat untuk membuat buku digital juga?

Segala kegiatan akan lebih mudah dikerjakan dengan bantuan alat elektronik berteknologi tinggi.

Miliki berbagai gadget dan alat elektronik idamanmu dengan promo dan cicilan ringan dari kartu kredit.

Belum punya kartu kredit? Cari rekomendasi kartu kredit terbaik hanya lewat CekAja.com.

CekAja.com akan membandingkan berbagai jenis kartu kredit sesuai dengan profil finansialmua. Sehingga kamu bisa mendapatkan pilihan yang tepat sesuai kebutuhan.

Jika kamu berminat mengajukan kepemilikan kartu kredit, langsung saja pilih kartu kredit yang kamu inginkan, lalu isi formulir pengajuan online.

Tim CekAja.com akan menerima formulir pengajuan tersebut dan memprosesnya lebih lanjut.

Semua transaksi dilakukan secara online, sehingga kamu tak perlu repot-repot mengunjungi kantor cabang penyedia kartu kredit.

Yuk, bandingkan dan ajukan kartu kredit sekarang juga hanya melalui CekAja.com.

Transaksi di CekAja.com dijamin aman karena diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia.