10 Cara Membuat Kamar Kedap Suara yang Efektif dan Wajib Dicoba

5 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Ternyata, ada banyak sekali cara membuat kamar kedap suara yang bisa dilakukan. Selain menggunakan cat peredam suara, kamu juga bisa menutup celah pintu menggunakan door seal, menanam tanaman menjalar, dan lain sebagainya.

Namun dari semua cara membuat kamar kedap suara tersebut, manakah yang paling efektif? Ataukah harus dilakukan bersamaan terlebih dahulu, agar kamar bisa meredam suara dengan maksimal?

Daripada penasaran, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulas sejumlah cara membuat kamar kedap suara, secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

10 Cara Membuat Kamar Kedap Suara

Seperti yang sudah disinggung dan dijanjikan sebelumnya, kalau kali ini CekAja.com akan memberikan beberapa cara membuat kamar kedap suara yang efektif dan teruji ampuh.

Semua cara tersebut pada dasarnya tidak sulit dilakukan, namun memang ada beberapa cara memerlukan bantuan dari ahlinya.

Lantas, apa saja cara membuat kamar kedap suara tersebut? Di bawah ini, CekAja.com telah merangkum 10 cara membuat kamar kedap suara, yang akan diulas sebagai berikut.

1. Tutup celah pintu pakai door seal

Cara membuat kamar kedap suara yang pertama, yaitu menutup celah pintu menggunakan door seal (penutup celah di bawah pintu).

Sebab, door seal dapat menutup celah yang ada di pintu, sekaligus menahan suara dari dalam ke luar ruangan, maupun sebaliknya.

Namun tidak hanya itu, door seal juga mampu mencegah debu dan serangga masuk ke dalam kamarmu.

Jika ingin kamarmu benar-benar kedap suara, maka kamu bisa menggunakan door seal yang tebal. Dengan begitu, sekencang apapun suara yang ada di dalam kamar, tidak akan terdengar ke luar ruangan.

(Baca Juga: Ide Dekorasi Kamar Tidur Minimalis)

2. Pasang karpet atau pelapis karet di dinding kamar

Berikutnya, kamu bisa memasang karpet atau pelapis karet di dinding kamar, sebagai cara membuat kamar kedap suara.

Untuk bisa melakukan cara yang satu ini, kamu mungkin membutuhkan tenaga dari ahlinya. Sebab, seluruh dinding kamarmu akan ditempel dengan karpet atau pelapis karet, yang dapat meredam suara.

Karena seperti yang diketahui, suara akan dipantulkan melalui permukaan yang keras, seperti lantai, dinding dan langit-langit.

Maka dari itu, untuk membuat kamar menjadi kedap suara, kamu perlu meredam semua bagian yang dapat memantulkan suara.

3. Pasang karpet tebal beserta alasnya di lantai

Selain dinding, ternyata lantai pun perlu dipasang karet tebal untuk membuat kamar menjadi kedap suara.

Hal tersebut dikarenakan, karpet yang tebal dapat menyerap suara dengan sangat baik. Dan apabila kamu ingin membuat kamar lebih kedap suara lagi, maka kamu bisa menyelipkan rug pad tebal di bawah karpet tersebut.

Cara membuat kamar kedap suara yang satu ini, bisa dikatakan sebagai cara yang paling mudah dilakukan dibandingkan dua cara sebelumnya, karena bisa dilakukan sendiri.

4. Menggunakan lemari buku

Tahukah kamu, kalau memasang lemari buku besar di dinding, nyatanya juga menjadi cara membuat kamar kedap suara yang efektif.

Bagaimana tidak, pasalnya lemari buku yang terpasang di dinding dapat meredam suara dengan baik.

Sehingga, gelombang suara yang berasal dari dalam atau luar ruangan, akan terhalang oleh lemari buku.

Oleh karena itu jika kamu ingin ruangan benar-benar kedap suara, maka kamu bisa memasang lemari buku yang menutupi dinding sepenuhnya, setelah lantai dan dinding sudah dilapisi karpet tebal.

5. Menggunakan cat dinding peredam suara

Cara kelima yang bisa kamu lakukan untuk membuat kamar kedap suara, yaitu menggunakan cat dinding peredam suara.

Ini merupakan cara membuat kamar kedap suara paling sederhana, karena kamu hanya perlu mengaplikasikan cat ini ke seluruh bagian dinding kamar secara merata.

Untuk merk catnya sendiri, kamu bisa menggunakan yang berasal dari produsen bernama Serenity Coating.

Jika dilihat dari formulanya, cat dinding yang satu ini memiliki formula khusus yang dapat mengurangi kebisingan hingga 30 persen.

Nah dengan menggunakan cat dinding ini, maka kamu tidak hanya mempercantik tampilan kamar saja, tetapi juga sekaligus membuat dinding kamar menjadi kedap suara.

Agar suara yang diredam semakin maksimal, kamu bisa melakukan empat cara membuat kamar kedap suara yang sudah dijelaskan sebelumnya.

6. Pasang gorden tebal di depan pintu kamar

Siapa sangka, kalau memasang gorden tebal di depan pintu kamar, juga menjadi cara membuat kamar kedap suara yang tepat.

Setelah pintu dipasang door seal di bagian celah-celahnya, maka selanjutnya pintu bisa dipasang gorden tebal, untuk menyaring dan menahan suara dari luar kamar agar tidak masuk ke dalam, begitupun sebaliknya.

7. Redam suara menggunakan gypsum

Biasanya, gypsum dipasang di langit-langit kamar dan ruangan lainnya hanya sebagai hiasan. Namun sebenarnya, gypsum juga bisa digunakan untuk membuat ruangan menjadi kedap suara.

Jika ada celah di antara dinding dan gypsum, maka kamu bisa mengisinya dengan material peredam bunyi, seperti glasswool atau rockwool.

Apabila kamu benar-benar ingin meredam suara menggunakan gypsum, maka kamu bisa menggunakan jenis gypsum yang memang dibuat khusus untuk kedap suara, dengan berbagai macam ketebalan.

8. Menggunakan sistem insulasi lengkap

Cara paling profesional yang bisa dilakukan untuk membuat kamar kedap suara, yaitu dengan menggunakan sistem insulasi lengkap.

Insulasi sendiri, pada umumnya dilakukan secara menyeluruh menggunakan bahan-bahan peredam suara yang khusus, dan dipasang langsung oleh ahlinya.

Sistem insulasi ini pun, tidak hanya bisa digunakan untuk meredam suara, tetapi juga bisa digunakan untuk mengurangi panas matahari, agar tidak merambat dan masuk ke dalam rumah.

9. Menanam tanaman menjalar dan rimbun

Cara membuat kamar kedap suara yang satu ini mungkin terdengar asing, namun faktanya ini menjadi salah satu cara yang efektif untuk dilakukan.

Kamu bisa membuat atau menanam tanaman menjalar dan rimbun di luar rumah, khususnya di sekitar ruangan yang ingin dibuat kedap suara.

Sebab, tanaman ini dapat menyaring dan mencegah suara bising dari luar, masuk ke dalam rumah atau kamar.

10. Menggunakan panel akustik

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan, untuk membuat kamar menjadi kedap suara, yaitu dengan menggunakan panel akustik.

Buat kamu yang belum tahu, panel akustik merupakan salah satu elemen interior, yang dirancang khusus untuk mencegah suara memantul dari permukaan yang keras.

Tidak hanya itu, panel akustik juga berfungsi untuk menghalangi gelombang suara, masuk melalui pintu atau jendela.

Maka dari itu, jika ingin kamar mu menjadi kedap suara, kamu bisa memasang panel akustik di beberapa bagian kamar.

(Baca Juga: Tips Menghias Kamar Kos)

Nah beberapa cara membuat kamar kedap suara, sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Semua cara tersebut tentunya efektif dilakukan untuk meredam suara, baik dari dalam maupun dari luar ruangan atau rumah.

Jika ingin mencoba cara-cara tersebut, kamu harus membeli beberapa bahan yang dibutuhkan di toko material, toko karpet dan toko lainnya yang menjual semua bahan yang diperlukan.

Namun agar belanja lebih hemat, kamu bisa menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayarannya.

Sebab, kartu kredit seringkali memberikan banyak promo belanja menarik yang dapat dinikmati para penggunanya, baik dalam bentuk diskon, cashback maupun rewards point.

Maka dari itu, buat kamu yang juga ingin mendapatkan dan menikmati promo tersebut, namun belum memiliki kartu kredit, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit khusus belanja, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan kartu kredit khusus belanja terbaikmu sekarang juga, dan dapatkan segudang promo menariknya!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani