Cara Membuat Makrame Paling Simpel untuk Hiasan Kamar dan Ruang Tamu

4 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Banyak dijual dengan harga cukup mahal, padahal cara membuat makrame sangat mudah untuk dipraktekkan. Apalagi buat kamu yang sedang memodifikasi kamar, hingga ruang tamu agar terlihat semakin estetik.

Cara Membuat Makrame Paling Simple untuk Hiasan Kamar dan Ruang Tamu

Apa itu Makrame?

Sebelum mencari tahu terkait cara membuat makrame, yang simple dan estetik, yuk kita kenalan dulu sama hiasan rajut yang satu ini.

Makrame sendiri merupakan sebuah kerajinan tangan, yang dibuat menggunakan teknik rajutan, atau keahlian dalam merangkai tali. Adapun simpul utama pada makrame adalah kuadrat atau simpul karang.

Apa itu Makrame - Cara Membuat Makrame Paling Simpel

Tidak hanya sebagai kerajinan semata, makrame juga digunakan untuk membuat pakaian, syal, handuk, lukisan, lentera, dan hiasan dinding, karena memiliki nilai seni dan manfaat yang menarik.

(Baca Juga: 15 Tanaman Gantung yang Bikin Rumah jadi Cantik)

Kerajinan makrame berasal dari tradisi ikat simpul, para penenun Arab sekitar abad ke-13. Namun, makrame mulai populer di Amerika pada 1970-an.

Hingga kini, akhirnya makrame pun sangat digemari, khususnya bagi masyarakat Indonesia, sebagai hiasan dinding kamar dan ruang tamu.

Biasanya, hiasan makrame digunakan untuk hiasan rumah yang bertemakan gaya bohemian, vintage, rustik, hingga minimalis.

Untuk mendapatkan makrame yang bagus, setidaknya kamu harus membeli dengan harga yang cukup mahal. Yakni sekitar Rp50.000 bahkan hingga juta-an.

Namun, buat kamu yang lagi mencari hiasan makrame dengan harga yang murah, kamu bisa menerapkan sendiri cara membuat makrame simpel di rumah.

Ketahui Pilihan Tali untuk Membuat Makrame

Ketahui Pilihan Tali untuk Membuat Makrame

Sebelum mengetahui cara membuat makrame, ada baiknya kamu ketahui dulu jenis-jenis tali yang biasa digunakan untuk membuat makrame. Yuk intip di sini:

  • Material Tali

Biasanya, material tali yang digunakan adalah berbahan cotton, nylon, tali rami, polyester, kulit, hingga linen. Namun, jika kamu masih pemula dan ingin belajar cara membuat makrame, bisa menggunakan tali berbahan nylon.

  • Dilihat dari Lilitan Tali

Tali memiliki jenis lilitan, yakni lilitan kepang, tiga lilitan, dan satu lilitan. Untuk jenis lilitan tali bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan, ketika kamu ingin mengaplikasikan cara membuat makrame sendiri.

  • Kekuatan Tali

Jika dilihat dari kekuatannya, tali berbahan kulit, nylon dan rami yang dinilai paling kuat. Biasanya, untuk makrame yang digunakan untuk tali pot gantung, rak gantung, dan lain-lain.

  • Ukuran Tali

Untuk ukuran tali, biasanya menggunakan satuan ukuran diameter, yang dipakai adalah milimeter (mm). Jangan asal pilih, agar cara membuat makrame berhasil, pastikan kamu memilih tali yang berdiameter besar.

Selain ukuran diameter tali, panjang tali juga harus diperhatikan. Pastikan disesuaikan dengan dekorasi apa yang akan kamu buat. Agar leluasa, lebih baik beli satu gulung, sehingga, jika kepanjangan bisa dipotong dan sisanya bisa digunakan kembali.

  • Tekstur Tali

Jika digunakan untuk hiasan dinding biasa atau hiasan yang langsung bersentuhan dengan kulit, lebih baik gunakan tali yang bertekstur lembut, seperti nilon, sutra, rayon, satin, dan kulit.

Cara Membuat Makrame Paling Simpel

Cara Membuat Makrame Paling Simpel

Nah, sudah tahu kan jenis-jenis tali yang cocok untuk menerapkan cara membuat makrame seperti apa? Sekarang saatnya kamu mengetahui cara membuat makrame yang simple untuk hiasan deh, yuk intip di sini:

Bahan-bahan:

  • Tali (bisa memilih jenis katun braid, ukuran 6 mm, 14 buah) Untuk menghasilkan karya dengan ukuran satu meter, biasanya membutuhkan tali kira-kira 5-7 kalinya.
  • Tongkat/ranting kayu besar
  • Gunting
  • Meteran

Cara membuat:

  1. Cara membuat makrame yang pertama adalah siapkan tongkat dan tali yang sudah diukur.
  2. Cara membuat makrame berikutnya adalah dengan membuat simpul tali pada tongkat. Caranya, potong tali masing-masing 3 meter, lalu buat simpul dari tali-tali tersebut pada tongkat dengan teknik larks head knot.
  3. Setelah membuat simpul tali ke tongkat, lalu buat simpul mati, sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya. Caranya, silangkan tali kanan dan kiri, lalu tarik tali hingga ke ujung simpul awal. Ulangi terus langkah simpul mati tersebut sampai ujung tali yang ada.
  4. Sudah membuat simpul mati, cara membuat makrame selanjutnya adalah dengan menggabungkan 2 tali dengan teknik square knot. Setelah itu, bagi tali menjadi 2 kelompok dan sisakan satu simpul di tengah.
  5. Cara membuat makrame yang terakhir adalah dengan teknik diagonal half hitch, pada tali hingga dapat membentuk segitiga. Buat teknik ini di bagian sisi kiri dan kanan, lalu tali yang di tengah di buat simpul kotak.

(Baca Juga: Tips Menghias Kamar Kos Bergaya Estetik)

Nah, sudah tahu kan bagaimana cara membuat makrame paling simpel? Dengan mempelajari langkah-langkah ini, kamu sendiri tidak hanya bisa mendapatkan kerajinan untuk digunakan sendiri, akan tetapi juga bisa juga untuk dijual.

Ada banyak produk makrame yang sedang disukai, bahkan sedang menjadi tren di kalangan ibu-ibu rumah tangga dan para remaja, untuk menghias ruang tamu dan kamarnya.

Nah, karena banyak peminatnya, kamu pun bisa memanfaatkannya menjadi peluang usaha baru. Adapun beberapa kerajinan makrame, yang bisa kamu jadikan bisnis di antaranya adalah:

  • Wall Hanging (pajangan dinding)
  • Gantungan Pot
  • Tas
  • Gantungan kunci
  • Gelang
  • Sarung bantal/taplak meja/tirai dan lain-lain

Pilihan Pinjaman untuk Modal Usaha

Nah, buat kamu yang ingin memanfaatkan peluang bisnis makrame, bisa dimulai dari bisnis skala kecil dulu. Seperti kerajinan rumahan dengan sistem pre-order.

Untuk kamu yang membutuhkan modal usaha, adapun beberapa produk pinjaman dana ini bisa kamu temukan, melalui situs CekAja.com.

Ada banyak produk pinjaman dana, yang disediakan CekAja.com.

Selain itu, di CekAja.com, kamu juga bisa melihat informasi, membandingkan produk, hingga bisa menemukan produk pinjaman dana yang sesuai dengan kebutuhanmu, mulai dari besaran bunga, jumlah pinjaman, hingga tenor.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera kunjungi situs CekAja.com, pilih produk pinjaman dana terbaik, dan bangun bisnis makrame sendiri di rumah.