Cara Memulai Bisnis MUA, Pemula Wajib Tahu!

Saat ini MUA menjadi pekerjaan yang banyak peminatnya, meski begitu, ternyata cara memulai bisnis MUA tidaklah sesulit kedengarannya. Agar lebih mudah, kamu bisa menyimak bahasan artikel berikut ini!

Cara Memulai Bisnis MUA, Pemula Wajib Tahu!

Mungkin, merias diri menjadi cantik sudah bisa dilakukan oleh hampir sebagian wanita. Tetapi untuk merias orang lain menjadi cantik, apakah bisa?

Nyatanya, merias orang lain dan merias diri sendiri memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Jika kamu bisa merias diri menjadi cantik, belum tentu bisa membuat orang lain seperti itu juga.

Sebab, setiap orang memiliki tekstur kulit yang berbeda. Hal ini lah yang membuat kamu perlu memperhatikan teknik pengaplikasian make up yang berbeda pada setiap orang.

Tetapi, untuk merias orang lain menjadi cantik bisa dilakukan oleh MUA atau Make Up Artis. Oleh sebab itu, MUA menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan saat ini.

Hal ini dikarenakan, penghasilan yang diperoleh oleh MUA tidak main-main. Terlebih, jika sudah menjadi MUA ternama, dalam satu kali make up kamu bisa mendapatkan penghasilan jutaan rupiah.

Tidak hanya itu, banyaknya orang yang membutuhkan jasa MUA ini lah yang membuat bisnis ini cukup menjanjikan.

Mulai dari acara wisuda, pemotretan, fashion show, pernikahan, hingga prewedding membutuhkan bantuan MUA agar terlihat kebih baik.

Memiliki bisnis yang menjanjikan, membuat banyak orang mulai terjun menggeluti bisnis ini. Sebagian orang mungkin berhasil menjalani bisnis ini. Tetapi, tidak jarang juga gagal

Oleh sebab itu, kamu perlu memperhatikan beberapa hal seblum memulai bisnis MUA agar lebih lancar. Berikut ini merupakan beberapa cara memulai bisnis MUA yang bisa kamu simak!

(Baca Juga: 8 Brand Makeup High End Terbaik Andalan MUA Internasional)

Cara Memulai Bisnis MUA agar Lebih Mudah

Bagi pencinta make up, bisnis MUA menjadi bisnis yang paling di minati. Memiliki bakat dibidang make up tentu menjadikakn bisnis ini menjadi hal yang mudah untuk ditekuni.

Tetapi, sebelum memulai bisnis MUA, yuk simak terlebih dahulu beberapa bahasan untuk memulai bisnis MUA, berikut ini:

1. Meningkatkan Kemampuan Makeup

Menjadi MUA profesional perlu memahami berbagai teknik make up. Kamu juga perlu mengetahui jenis make up yang sesuai dengan bentuk muka klien.

Oleh sebab itu, meningkatkan kemampuan makeup menjadi tips & cara memulai bisnis MUA pertama yang perlu kamu tekuni.

Untuk meningkatkan kemampuan bisa melalui berbagai cara, mulai dari mengikuti kursus make up, workshop make up artist, hingga belajar teknik make up sendiri.

Saat ini media sosial bisa kamu manfaatkan untuk mempelajari berbagai teknik make up terbaru. Mulai dari youtube, instagram, hingga tiktok bisa kamu manfaatkan untuk belajar make up.

2. Mengetahui Tren Make up

Setiap tahunnya tren make up terus berubah. Mulai dari bentuk alis, cara penggunaan lipstick, hingga jenis make up yang digunakan berubah seiring berjalannya waktu.

Oleh sebab itu, untuk menjadi MUA, kamu perlu up to date terkait tren make up saat ini. Untuk mengetahui tren tersebut, kamu bisa melakukan pencarian di social media terkait tren masa kini.

Dengan begitu, kamu bisa mengikuti tren yang sedang berjalan tersebut untuk diterapkan di wajah klien.

Selain mengikuti tren, kamu juga bisa mengaplikasikan ciri khas make up kamu kepada klien. Sehingga, klien akan selalu ingat make up buatan kamu.

3. Mempersiapkan Alat Make Up dengan Lengkap

Memiliki alat make up yang lengkap tentu menjadi sesuatu yang wajib dimiliki oleh MUA. Sebab, alat tersebut lah yang akan digunakan untuk merias klien.

Berbagai jenis alat make up harus kamu miliki dan ketahui kegunaanya. Mulai dari bedak, foundation, cushion, mascara, eyeshadow, dan lain sebagainya.

Kamu akan berhadapan dengan klien yang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, setiap jenis alat makeup tersebut tidak bisa hanya kamu miliki satu jenis saja.

Terlebih, kamu perlu mengikuti permintaan klien yang beragam, sehingga berbagai peralatan make up perlu rasanya untuk kamu miliki.

4. Membuat Portofolio di Social Media

Cara memulai bisnis MUA selanjutnya adalah membuat portofolio di social media. Sebab, saat ini social media bisa menjadi ajang pembuktian hasil make up kamu.

Menampilkan protofolio juga bisa meyakainkan klien untuk menggunakan jasa make up kamu.

Terlebih, besarnya jangkauan yang dihasilkan oleh social media, bisa membuat banyak orang mengetahui kemampuan make up yang kamu miliki.

5. Bekerjasama dengan Wedding Organizer

Rasanya memanfaatkan social media saja tidak cukup. Kamu juga bisa menjalin hubungan kerjasama dengan wedding organizer untuk memperluas jaringan bisnis MUA kamu.

Dengan menjalin kerjasama dengan wedding organizer, akan membuat kamu lebih mudah untuk mendapatkan klien. Sehingga, Kamu hanya perlu menunggu kabar dari wedding organizer tersebut.

(Baca Juga: Sederet Rahasia Makeup Awet yang Wajib Diketahui)

Nah itu dia beberapa cara memulai bisnis MUA yang bisa kamu ikuti. Bagaimana, Makin terasa mudah bukan untuk memulai bisnis ini?

Tetapi, terdapat hal utama yang perlu diperhatikan dalam memulai bisnis MUA, yaitu modal. Sebab, alat dan jenis make up perlu dibeli dan membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Terkait modal, kamu tidak perlu khawatir lagi. Sebab, saat ini sudah banyak perusahaan yang menyediakan pinjaman kredit tanpa agunan (KTA).

Jenis pinjaman tersebut tidak perlu menyertakan jaminan, sehingga lebih memudahkan kamu dalam melakukan pinjaman.

Banyaknya jenis perusahaan yang memberikan penawaran KTA, tentu membuat kamu perlu berhati-hati dalam memilih.

Kamu perlu memilih jenis KTA yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kamu. Agar lebih mudah, kamu bisa melakukan perbandingan KTA melalui CekAja.com.

Di sana terdapat berbagai jenis KTA yang bisa kamu bandingkan. Setelah melakukan perbandingan, dan menentukan jenis KTA yang sesuai, kamu bisa langsung melakukan proses pengajuan.

Proses pengajuan di CekAja.com cukup mudah, cepat, dan juga aman. Terlebih CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga pelayanan nya sudah pasti aman untuk digunakan.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera ajukan KTA dan memulai bisnis MUA yang kamu inginkan!