Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Cara Menarik Pelanggan: Kiat-kiat Ciptakan Repeat Order

by Miftahul Khoer on 22 Oktober, 2019

Pembeli adalah raja. Demikian pepatah yang selalu menjadi pegangan bagi siapapun yang ingin mendirikan atau mengembangkan usaha. Nah, bagaimana cara menarik pelanggan hingga mereka tertarik melakukan repeat order?

cara menarik pelanggan

Pembeli atau pelanggan adalah faktor sukses tidaknya seseorang dalam menjalankan roda usahanya. Dengan demikian, memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan adalah hal utama ketika kamu ingin memulai berbisnis.

Nah, berikut kami telah merangkum beberapa cara agar produk yang kamu jual mampu menarik hati pelanggan. Bagaimana caranya agar pembeli terus menyukai produk-produk yang kamu jual dan tentu saja repeat order? Kuy simak tips berikut ini.

  • Berikan kemasan menarik

Rasa adalah segalanya. Ketika pelanggan membeli produk yang kamu jual, pasti salah satunya karena rasa. Namun selain rasa, hal yang harus diperhatikan adalah kemasan. Semakin kemasan produk yang kamu jual mampu membuat pelanggan berkesan, maka bukan tidak mungkin mereka akan kembali order produk yang kamu jual.

Saat ini, tren cara memasarkan produk perlahan sudah mulai berubah dari awalnya konvensional menjadi lebih fleksibel dan mudah. Apalagi sejak adanya media sosial terutama Instagram. Pelaku usaha tak perlu lagi mempromosikan produknya melalui selebaran melainkan cukup hanya mengunggah produknya di Instagram dengan pengambilan gambar yang bagus disertai keterangan caption lengkap. Dengan begitu, para pelanggan bisa memeroleh informasi secara lengkap dan tentunya penasaran untuk membeli produk yang dijual.

(Baca juga: Lima Bisnis Menguntungkan Bermodal Kartu Kredit)
  • Harga pelanggan pertama

Salah satu kiat agar pelanggan kembali melakukan order produk yang kamu jual adalah dengan memberikan harga spesial bagi seorang pelanggan ketika pertama kali bertransaksi. Namun, bukan berarti selaku penjual kamu harus memberikan harga yang sangat miring terhadap pelanggan pertama. Paling tidak, kamu kasih harga promosi agar pelanggan tertarik kembali untuk order produk yang kamu jual.

Sekedar catatan, memberikan harga pelanggan pertama ini juga jangan sampai membuat kamu merugi. Artinya, kamu harus pandai-pandai menentukan harga dan mengatur marjin dengan mempertimbangkan harga produksi dan harga jual.

  • Diskon bagi pelanggan setia

Tak hanya pelanggan pertama yang harus diberikan servis secara spesial. Kamu juga selaku pelaku usaha harus ‘merawat’ pelanggan setia agar terus melakukan order produk kamu. Caranya dengan memberikan harga diskon khusus bagi pelanggan setia. Di sini kamu bisa menjadikan mereka ‘member’ atau daftar anggota yang benar-benar menjadi pelanggan setia.

Harga diskon yang diberikan kepada pelanggan setia ini juga tidak harus membuat kamu rugi. Sama seperti yang dijelaskan di atas, kamu harus pandai mengatur marjin harga produksi dan harga jual dengan tetap memeroleh keuntungan meski memberikan harga diskon kepada pelanggan setia.

  • Tepat waktu saat pengiriman

Salah satu alasan pelanggan selalu repeat order produk yang kamu jual adalah karena mereka merasa puas dengan cara bisnis yang dilakukan yakni adanya fasilitas delivery order. Tanpa harus keluar rumah, pelanggan hanya tinggal diam di tempat dan menunggu orderan datang.

Hanya saja, pelayanan dengan skema delivery order ini tidak semua memberikan kepuasaan terhadap pelanggan. Masih banyak pelaku usaha yang membuat kecewa pelanggan karena lamanya layanan delivery order. Oleh karena itu, layanan pengiriman secara cepat harus menjadi perhatian agar pelanggan terus repeat order produk yang kamu jual.

  • Komunikatif dengan pelanggan

Salah satu hal yang tidak disukai oleh pelanggan saat transaksi jual beli adalah tidak adanya komunikasi dengan pelanggan. Terutama ketika transaksi online. Paling tidak, pelaku usaha yang menggunakan media sosial atau market place dalam menjalankan usaha harus mampu merespon secara cepat atau komunikatif apapun keluhan yang disampaikan pelanggan.

Selain di media sosial, transaksi secara face to face juga wajib komunikatif untuk memberikan kesan yang baik terhadap pelanggan. Paling tidak pelaku usaha bersikap ramah dan penuh senyum ketika melayani para pelanggan. Jangan harap pengusaha bakal maju jika ketika melayani pelanggan memasang wajah kecut dan jutek. Jangan berharap repeat order, pelanggan justru bakal kabur dan beralih ke lain hati.

(Baca juga: 5 Bisnis Rumahan yang Bisa Bikin Kaya Hanya Mengandalkan Ojek Online)

Itulah sejumlah cara untuk menarik pelanggan yang bisa kamu terapkan. Nah, buat kamu yang ingin membuka usaha tetapi masih terhambat permodalan, kamu bisa akses CekAja.com untuk mendapat panduan finansial terpercaya.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.