Cara Mendapatkan Uang dari Podcast dengan Mudah

Trend Podcast yang saat ini sedang hits, ternyata bisa mendatangkan uang loh! Cara mendapatkan uang dari podcast ini ternyata cukup mudah, yuk simak selengkapnya pada bahasan berikut!

Cara Mendapatkan Uang dari Podcast dengan Mudah

Belakangan ini, podcast menjadi media yang banyak disukai sebagian orang, termasuk gen milenial. Berbeda dengan media lainnya, podcast tidak mengharuskan para host menunjukkan mukanya.

Berisi tentang obrolan ringan, yang cukup menarik sebagian orang, menjadi alasan podcast banyak digemari.

Tetapi, kamu tidak, bahwa podcast ini ternyata bisa menghasilkan uang loh! Bahkan, total uang yang didapatkan bisa cukup besar tergantung kerjasama yang dijalin.

Nah, agar tidak penasaran, berikut ini beberapa cara mendapatkan uang dari podcast yang bisa kamu simak dan ikuti.

(Baca Juga: 8 Rekomendasi Podcast Horor Spotify)

Tips Podcast Menarik

Sebelum mengetahui cara mendaoatkan uang dari podcast, kamu perlu menarik perhatian pendengar terlebih dahulu.

Dengan begitu, kemungkinan kamu mendapatkan kerjasama yang menghasilkan uang akan terbuka lebih lebar.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar podcast kamu lebih menarik di mata pendengar. Yuk simak!

1. Topik Pembahasan Menarik

Podcast merupakan wadah tempat untuk berbincang dan bercerita. Tetapi, perlu kamu ketahui, jika hanya berbicara tanpa arah yang jelas, tidak menjamin podcast kamu akan sukses di dengar banyak orang.

Agar lebih menarik, kamu bisa mengangkat isu topik yang menarik dan disukai banyak orang. Dengan begitu, pendengar tentu tidak akan bosan mendengar isi podcastmu.

Pilihlah topik yang bermanfaat untuk banyak orang, dan pastikan kamu serta rekan dalam podcast menyukai dan memahami topik pembicaraan.

Sebab, dengan begitu, pembicaraan akan lebih lancar dan menyenangkan jika keua belah pihak nyaman dengan topik pembicaaraan.

2. Intro dengan Musik dan Pembukaan yang Menarik

Kesan pertama, tentu menjadi kesan yang paling membekas dan diingat. Oleh sebab itu, pastikan kamu memiliki intro pembuka yang menarik bagi pendengar.

Kamu bisa mengisi intro dengan ciri khasmu, atau dengan menggunakan lagu-lagu yang sesuai dengan topik yang akan dibawakan, agar pendengar semakin tertarik.

Saat tenggelam dalam obrolan, kamu juga bisa menyisipkan sedikit musik, agar pendengar lebih terbawa suasana.

3. Menggunakan Mikrofon dan Peralatan Podcast Lainnya Agar Suara Jelas dan Jernih

Perlengkapan podcast perlu kamu persiapkan secara matang. Jika dilakukan secara serius, pendengar tentu akan setia menyimak.

Salah satu perlengkapan podcast yang bisa kamu persiapkan adalah mikrofon. Dengan menggunakan mikrofon, suara yang dihasilkan akan lebih jelas dan jernih.

Pendengar juga tentu akan lebih nyaman, jika kualitas suara yang dihasilkan jernih. Terlebih, jika podcast yang kamu buat menerapkan sistem video, tentu akan terlihat lebih menarik dengan adanya properti seperti mikrofon.

4. Edit Rekaman

Setelah melakukan proses rekaman, sebelum menguploadnya, kamu bisa melakukan sedikit editing pada rekaman yang telah dibuat.

Kamu bisa memotong pembicaraan yang tidak perlu, sehingga podcast lebih singkat dan tidak bertele-tele.

Jangan lupa tambahkan efek dan iringan musik, agar podcast lebih terasa ‘hidup’ dan tentunya menarik pendengar untuk menonton.

5. Gunakan Cover yang menarik sebagai daya tarik

Cover podcast, menjadi faktor utama yang paling penting untuk diperhatikan. Buatlah desain yang menarik dan bisa membuat perhatian orang tertuju pada podcastmu.

Cara Mendapatkan Uang dari Podcast

Setelah membuat konten podcast yang dapat menarik banyak pendengar. Ketenaran tersebut, bisa kamu manfaatkan untuk memperoleh uang.

Cara mendapatkan uang dari podcast ini cukup mudah, setidaknya ada 3 cara yang bisa kamu tiru dan lakukan di rumah. Yuk simak bagaimana caranya!

1. Monetisasi Podcast di Anchor

Cara mendapatkan uang dari podcast yang pertama adalah dengan monetisasi di Anchor. Anchor sendiri merupakan podcast hosting yang telah diakuisisi Spotify, dan gratis untuk kamu gunakan.

Cara melakukan monetisasi podcast ini cukup mudah. Kamu perlu mengklik menu pengaturan ‘Money’ dan menentukan di menit keberapa iklan diselipkan pada podcast.

Jenis iklan yang akan dipasang, dipilih secara otomatis oleh Anchor yang sesuai dengan podcast milikmu.

Monetisasi podcast di Anchor, sebenarnya baru berlaku di Amerika Serikat (AS). Tetapi, tidak perlu khawatir, kamu masih tetap bisa menggunakannya dengan bantuan payoneer untuk membuat rekening AS.

2. Eksklusif Konten

Maksud dari eksklusif konten hampir sama dengan sponsor. Hanya saja, terdapat perbedaan pada kesepakatan antara kedua belah pihak.

Umumnya, podcast dalam ekslusif konten tidak dibagikan secara sembarangan, hanya pada platform-platform tertentu saja.

Misalnya pada spotify, noice, google podcast, atau apple podcast. Di indonesia, konsumen podcasct terbesar adalah di spotify.

3. Iklan

Tidak bisa dipungkiri, podcast yang mengandung iklan tentu menjadi sumber keuangan tersendiri bagi podcaster.

Kamu bisa menjalin kerjasama dengan suatu brand untuk memasarkan iklan dalam podcastmu. Jenis iklan ini ada 4 jenis, diantaranya adalah :

Adib

Adib atau host read ads, merupakan jenis iklan yang dibacakan langsung oleh podcaster. Umumnya, iklan ini berdurasi maksimal 60 detik.

Iklan ini akan dibawakan secara santai atau sesuai dengan gaya podcaster, dan akan disisipkan di dalam podcast.

Spot

Jenis iklan ini akan direkam secara terpisah oleh podcaster, kemudian disisipkan dalam 2 segmen podcast.

Sponsor

Sponsor merupakan jenis iklan yang bekerjasama dengan sebuah brand atau perusahaan. Kerjasama ini lebih eksklusif dibandingkan jenis iklan lainnya.

Pihak sponsor bisa menentukan bentuk iklan yang diinginkan untuk dimasukkan dalam podcast. Mulai dari mencantumkan logo brand, nama brand, atau hal lainnya.

Penempatan ide brand, juga bisa ditentukan oleh pihak sponsor. Misal di bagian opening dan closing podcast.

Business Exposed

Iklan yang satu ini akan dilakukan pada satu episode podcast, yang mana isinya adalah mengulas suatu produk iklan secara detail.

Dengan begitu, bentuk podcast umumnya berupa talkshow maupun review produk yang dilakukan secara monolog.

(Baca Juga: 6 Daftar Podcast Dongen Anak yang Sarat Makna dan Pesan Moral)

Nah, itu lah beberapa cara mendapatkan uang dari podcast yang bisa kamu ikuti. Jumlah uang yang didapatkan berbeda pada setiap caranya.

Untuk mendapatkan uang yang lebih tinggi, kamu perlu rutin menerima kerja sama, dan juga rutin mengupload konten podcast.

Setelah mendapatkan uang, pastikan kamu menyimpannya alam tabungan. Sebab, dengan begitu uang tersebut tidak akan habis begitu saja.

Kamu juga bisa menyiapkan dana untuk masa depan dari uang hasil podcast loh! Hal tersebut bisa terwujud, jika uang tersebut tidak digunakan secara sembarang.

Produk tabungan bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui CekAja.com. Di sana proses pengajuannya cukup praktis, mudah, simpel dan tentunya aman.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera buka tabungan melalui CekAja.com!