Cara Mengajukan KTA DBS Online, Cocok Untuk Pemula

6 min. membaca Oleh Teti Purwanti on

Nama bank DBS sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Bank DBS Indonesia merupakan bagian dari kelompik usaha The Development Bank of Singapore Limited atau DBS Group Singapura. Yang merupakan salah satu bank dengan aset terbesar di Asia Tenggara.

cara mengajukan KTA dbs online

Pada 2017, DBS menjadi bank dengan aset terbesar di Asia Tenggara dengan total aset sebesar Rp5.263,1 triliun mengalahkan bank-bank lainnya di kawasan.

Dengan reputasi tersebut, tentunya setiap produk yang dimiliki oleh bank ini bisa menjadi alternatif utama bagi masyarakat. Baik untuk menabung, investasi, ataupun sebagai sumber pembiayaan.

DBS Indonesia juga bisa menjadi sumber pembiayaan. Karena memiliki produk Kredit Tanpa Agunan yang bisa diajukan secara online melalui layanan digitalnya, yang bernama Digibank by DBS.

Layanan digital dari bank DBS Indonesia tersebut diluncurkan pertama kali pada 29 Agusutus 2017 lalu. Yang memungkinkan nasabah melakukan kegiatan perbankan secara lebih praktis dan efisien.

Produk perbankan digital ini terintegrasi sepenuhnya ke dalam aplikasi mobile DBS. Sejak pertama kali diperkenalkan di India pada April 2016 silam.

DBS mengembangkan layanan digital melalui Digibank. Karena perkembangan era digital menuntut lembaga penyelenggara layanan perbankan mempersiapkan diri untuk menyesuaikan kebutuhan nasabah yang saat ini tidak terlepas dari smartphone.

Apabila kamu ingin mengajukan KTA secara online tanpa perlu ke kantor cabang bank, KTA Online Digibank ini adalah pilihan yang tepat.

Proses pengajuan KTA Online Digibank

Pembiayaan dari KTA termasuk dari Digibank bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Baik untuk keperluan konsumtif, ataupun bisa juga dipakai sebagai modal usaha. Selama bisa melaksanakan kewajiban pembayaran kembali untuk melunasi pinjaman tersebut.

Keuntungan dari KTA dari Digibank ini adalah proses pengajuan yang mudah dengan proses cepat. Terlebih lagi, pengajuan KTA dari Digibank dapat langsung mendapatkan kepastian persetujuan awal hanya dalam waktu 60 detik saja.

Kamu bisa mengajukan pinjaman KTA dari Digibank kapanpun dan di manapun. Karena prosesnya secara online kamu bisa mendapatkan pinjaman langsung cair ke rekening Digibank hingga Rp300 juta. Dengan tenor pinjaman hingga 36 bulan.

Cara pengajuannya, bagi nasabah yang telah memiliki rekening tabungan digibank, tahapan pengajuan kredit bisa dilakukan melalui langkah-langkah sebagai berikut:

1. Masuk ke menu utama pada Aplikasi digibank by DBS dan pilih digibank Personal Loan

2. Lengkapi data diri kamu dan tunggu persetujuan pinjaman tanpa agunan dari digibank KTA, kamu sudah bisa mendapatkan kepastian persetujuan awal dalam 60 detik saja

3. Jika telah disetujui, kamu dapat menentukan sendiri jumlah pinjaman, cicilan dan tenor yang kamu inginkan saat itu juga

4. Setelah itu dana akan langsung cair secara real time ke akun digibank by DBS kamu

Kemudian untuk nasabah yang belum menjadi nasabah digibank by DBS namun ingin mengajukan pinjaman KTA Digibank, bisa mengikuti 5 langkah mudah untuk mengajukan pinjaman online dari digibank KTA, antara lain:

1. Ajukan pinjaman tanpa agunan secara online melalui go.dbs.com/kta kapan saja 24 jam selama 7 hari seminggu

2. Lengkapi data diri kamu dan tunggu persetujuan pinjaman tanpa agunan dari digibank KTA, kamu sudah bisa mendapatkan kepastian persetujuan awal dalam 60 detik saja

3. Jika kamu belum memiliki Aplikasi digibank by DBS, sistem akan secara otomatis meminta kamu mengunduh Aplikasi digibank by DBS melalui Google Play Store atau App Store (jika kamu pengguna iOS) dan melanjutkan pengajuan pinjamanmu melalui Aplikasi digibank by DBS

4. Atur janji temu dengan agen digibank atau kunjungi booth digibank terdekat untuk melakukan verifikasi biometric untuk pembukaan rekening pencairan

5. Setelah verifikasi biometrik selesai, dana pinjamanmu pun akan langsung cair di rekening digibank secara otomatis dan real-time

Kriteria umum pengajuan KTA Online Digibank

Sebagaimana pengajuan KTA pada umumnya, Digibank juga memiliki persyaratan kriteria umum untuk siapa saja yang ingin mengajukan KTA secara online dari DBS Indonesia.

Persyaratan tersebut antara lain adalah warga negara Indonesia berusia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun baik yang memiliki profesi sebagai karyawan, wiraswasta, ataupun profesional.

Kemudian, terkait minimal penghasilan yang dipersyaratkan adalah sebesar Rp3 juta untuk karyawan, Rp5 juta untuk wiraswasta, dan Rp5 juta untuk profesional.

Selain itu, nasabah harus memiliki kartu kredit dari bank lain dengan masa aktif kartu kredit minimal selama 9 bulan untuk karyawan, 12 bulan untuk wiraswasta, dan 12 bulan untuk profesional.

Minimal limit kartu kredit yang dipersyaratkan antara lain Rp6 juta untuk karyawan, Rp7 juta untuk wiraswasta, dan Rp7 juta untuk profesional.

Selain itu, ada juga persyaratan minimal lama usaha atau bekerja, yakni selama 1 tahun untuk karyawan dan harus berstatus karyawan tetap, kemudian 2 tahun untuk wiraswasta, dan 2 tahun untuk profesional.

Selain itu, apabila kamu ingin mendapatkan persetujuan pengajuan kredit dari Digibank, perlu ada dokumen yang dipersiapkan. Seperti e-KTP dan juga NPWP yang telah didaftarkan melalui link pengajuan ataupun melalui aplikasi Digibank by DBS.

Biaya dan Bunga KTA Online Digibank

Digibank menawarkan suku bunga pinjaman KTA Online yang flat setiap bulannya hingga akhir periode cicilan dengan besaran yang berbeda. Tergantung dengan jumlah pinjaman dan lokasi nasabah.

Bagi nasabah yang berdomisili di Jabodetabek dan meminjam dengan besaran Rp5 juta hingga Rp75 juta, maka akan mendapatkan suku bunga 1,49% per bulan.

Sementara untuk pinjaman lebih dari Rp75 juta hingga Rp125 juta akan mendapatkan suku bunga 1,29% per bulan. Pinjaman lebih dari Rp125 juta hingga Rp200 juta akan mendapatkan besaran suku bunga 0,95% per bulan, dan untuk pinjaman lebih dari Rp200 juta hingga Rp300 juta akan mendapatkan suku bunga 0,88%.

Sementara itu, untuk nasabah yang berdomisili di Bandung dan Surabaya, besaran suku bunga yang dibebankan adalah 1,49% untuk pinjaman mulai dari Rp5 juta hingga Rp300 juta.

Selain bunga, ada juga biaya lain yang dibebankan kepada nasabah, seperti biaya tahunan pada tahun pertama sebesar 1,75% dari jumlah KTA yang disetujui, yang pembayarannya berasal dari pemotongan jumlah KTA yang disetujui. Selain itu, biaya tahunan pada tahun kedua dan seterusnya sebesar Rp65 ribu per tahun.

Kemudian, ada biaya administrasi sebesar Rp399 ribu serta biaya transfer pencairan pinjaman sebesar Rp30 ribu, dan biaya materai sebesar Rp6 ribu yang juga diambil dari pemotongan jumlah KTA yang disetujui.

Apabila terjadi keterlambatan pembayaran, ada biaya yang dikenakan minimum Rp250 ribu atau 6% dari angsuran bulanan per keterlambatan. Kemudian, kalau kamu melunasi pembayaran cicilan dipercepat sebelum akhir tenor akan dikenakan biaya 8% dari sisa pinjaman dan biaya lainnya.

Kemudian, ada biaya pembatalan sebesar 8% dari sisa pinjaman dan biaya lainnya. Lalu, ada biaya penolakan cek/giro/direct debit sebesar Rp50 ribu pada setiap penolakan. Serta biaya premi asuransi 1% dari jumlah pinjaman yang disetujui apabila nasabah ikut serta dan setuju dalam fasilitas perlindungan asuransi personal loan guard.

Keuntungan KTA dari Digibank

Kredit Tanpa Agunan Digibank merupakan produk pinjaman yang memberikan fasilitas kredit tanpa harus ada aset yang dibebankan kepada nasabah untuk diagunkan sebagai jaminan atas pinjaman yang diterimanya. Namun bisa diajukan secara online tanpa harus datang ke kantor cabang DBS Indonesia.

Selain kemudahan proses pengajuan, kamu juga bisa mendapatkan manfaat lainnya. Seperti kemudahan dalam melakukan proses pembayaran cicilan melalui berbagai cara. Seperti lewat autodebit, jaringan ATM Bersama, ATM Alto, ATM BCA, hingga melalui teller bank DBS Indonesia.

Selain itu, pembiayaan dari KTA Digibank juga bisa dipakai untuk berbagai keperluan. Baik keperluan produktif ataupun kebutuhan konsumtif. Seperti untuk pemenuhan hobi traveling, renovasi rumah, biaya sekolah atau untuk keperluan lainnya.

(Baca Juga: Ini Keuntungan Pinjaman Jangka Pendek, Solusi Untuk Bisnis Kamu!)

Dengan memilih layanan Kredit Tanpa Agunan dari digibank ini, sama artinya kamu telah memilih layanan yang terpercaya. Karena telah diakui oleh Otoritas Jasa Keuangan. Juga telah diakui oleh media kelas dunia The Digital Banker sebagai salah satu inovasi perbankan digital. Tentunya untuk membantu dan mempermudah kamu dalam mencapai berbagai aspirasi hidup.

Kemudahan proses pengajuan hingga pencairan yang ditawarkan oleh bank DBS melalui layanan Digibank bisa menjadi pilihan apabila kamu membutuhkan dana pinjaman secara mendesak. Namun memiliki keterbatasan waktu dan kesempatan untuk memproses pengajuan KTA di kantor cabang.

Selain itu, seperti sudah dijelaskan di atas, reputasi dari bank DBS tidak perlu diragukan lagi. Sehingga bisa dipastikan bahwa layanan yang ditawarkan oleh DBS memahami para nasabahnya. Yang menginginkan layanan secara mudah dan cepat.

Melalui KTA dari Digibank semoga bisa menjadi solusi dari masalah dan kebutuhan finansialmu. Sehingga bisa meningkatkan kualitas hidup ke depannya.

Tentang kami

Teti Purwanti

Teti Purwanti