Ini Keuntungan Pinjaman Jangka Pendek, Solusi Untuk Bisnis Kamu!

7 min. membaca Oleh Maria Nofianti on

Pinjaman jangka pendek adalah jenis pinjaman yang diperoleh untuk mendukung kebutuhan modal pribadi atau bisnis sementara. Karena ini adalah jenis kredit, ini melibatkan jumlah modal pinjaman dan bunga yang harus dibayar pada tanggal jatuh tempo tertentu, yang biasanya dalam satu tahun sejak mendapatkan pinjaman.

keuntungan pinjaman jangka pendek

Pinjaman jangka pendek adalah opsi yang berharga, terutama untuk usaha kecil atau pemula yang belum memenuhi syarat untuk batas kredit dari bank. Pinjaman ini melibatkan jumlah pinjaman yang lebih rendah, yang berkisar antara Rp5 juta hingga Rp50 juta. Pinjaman jangka pendek cocok tidak hanya untuk bisnis tetapi juga untuk individu yang mendapati diri mereka memiliki masalah keuangan sementara yang tiba-tiba.

Pinjaman jangka pendek disebut demikian karena seberapa cepat pinjaman harus dilunasi. Dalam kebanyakan kasus, itu harus dilunasi dalam waktu enam bulan hingga satu tahun paling banyak, 18 bulan. Pinjaman apa pun untuk jangka waktu pinjaman yang lebih panjang dari yang dianggap pinjaman jangka menengah atau panjang.

Pinjaman jangka panjang dapat bertahan dari hanya satu tahun hingga 25 tahun. Beberapa pinjaman jangka pendek tidak menentukan jadwal pembayaran atau tanggal jatuh tempo tertentu. Mereka hanya memungkinkan peminjam untuk membayar kembali pinjaman dengan kecepatan mereka sendiri.

(Baca Juga: Tips Jitu Saat Butuh Pinjaman Online)

Bisnis memang menjadi satu alternatif upaya untuk meraih kesejahteraan finansial yang banyak dilakukan. Namun keberhasilan bisnis bergantung pada kemampuannya untuk terus berkembang. Tetapi untuk melakukan itu, seorang pebisnis membutuhkan aliran pendapatan dan juga keuangan yang stabil dan baik. Terkadang keuntungan tidak cukup dan pemilik usaha kecil membutuhkan modal untuk memberi mereka dorongan agar lebih maju. Dengan adanya tambahan modal, jelas membuat seorang pebisnis dapat menggunakannya untuk membeli lebih banyak inventaris, merekrut personel tambahan, atau membuka lebih banyak lokasi bisnisnya. Misalkan untuk usaha kuliner, ya memperbanyak cabang.

Dan, kita tahu, dijaman sekarang ini, meminjam uang adalah cara tercepat untuk mendapatkan modal yang dibutuhkan untuk ekspansi bisnis. Ada berbagai opsi pinjaman bisnis untuk dipilih. Namun, pinjaman jangka pendek lah yang semakin populer dan untuk alasan yang baik. Mari kita lihat beberapa keuntungan dari pinjaman jangka pendek.

1. Perbaiki Masalah Keuangan

Laju keuangan sangat lambat, memang terjadi pada saat sekarang ini, bahkan pada bisnis besar sekalipun. Selama masa-masa ini, usaha kecil berisiko gulung tikar. Perencanaan yang cermat terkadang dapat membantu dalam hal ini, tetapi ketika itu tidak cukup, pinjaman jangka pendek dapat membantu.

Gunakan dana untuk melunasi tagihan pemasok dan berbagai biaya operasional lainnya. Ini juga akan menjaga bisnis kita tetap stabil.

Banner Kredivo

2. Bersaing dengan Tren Musiman

Usaha kecil yang menyaksikan kenaikan aktivitas penjualan selama periode musiman mengetahui kesulitan keuangan yang mereka hadapi. Mencoba tren musiman itu mengharuskan kita membeli lebih banyak inventaris dan mempekerjakan lebih banyak staf. Kalau tidak, bisnis kita mungkin tidak memenuhi harapan pasar. Hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan hilangnya pendapatan karena pelanggan kita akan pergi.

Jadi untuk mencegah hal ini terjadi, kita perlu modal ekstra. Pinjaman jangka pendek adalah solusi sempurna untuk situasi ini. Gunakan itu untuk menutupi gaji pekerja sementara dan untuk persiapan liburan dadakan.

3. Perluas Bisnis

Ada saatnya ketika pemilik usaha kecil ingin tumbuh. Beberapa cara untuk melakukannya termasuk memperoleh gedung atau tempat usaha yang lebih besar, membeli gudang tambahan untuk menyimpan inventaris atau membuka lokasi baru sepertinya memang harus dilakukan.

Namun biaya yang terkait dengan ekspansi sangat luas, tergantung pada bagaimana kita mencoba melakukannya. Apapun rencana yang dimiliki untuk pertumbuhan usaha kita, kemungkinan memang membutuhkan dana tambahan. Modal yang kita dapatkan dari pinjaman jangka pendek dapat memberi kelonggaran untuk membeli apa yang dibutuhkan tanpa khawatir.

Persyaratan pinjaman jangka pendek biasanya masuk akal, karena dapat memberi kita cukup waktu untuk membayarnya.

4. Jaga Keadaan Darurat

Bahkan perencana terbaik tidak dapat merencanakan keadaan darurat. Ini muncul entah dari mana dan dapat menghancurkan semua aspek di bidang bisnis. Jadi, cara terbaik untuk mempersiapkan situasi darurat adalah dengan memiliki asuransi.

Pinjaman jangka pendek adalah bentuk asuransi yang luar biasa karena cepat diperoleh. Dan dalam kebanyakan kasus, kita bisa mendapatkan pinjaman jangka pendek senilai 5 juta hingga 50 juta. Dana ini menyediakan banyak ruang untuk mendapatkan apa yang dibutuhkan untuk menangani keadaan darurat apa pun yang dialami dalam bisnis kita.

Beberapa dari keadaan darurat yang dapat terjadi termasuk kerusakan peralatan dan crash komputer dan bencana alam.

5. Tingkatkan Peringkat Kredit

Semua bisnis memiliki peringkat kredit. Dengan mengambil pinjaman, maka kita membantu membangun sejarah kredit kita. Tentu saja, kita harus membayarnya tepat waktu untuk memastikan peringkat kredit kita tepat sasaran. Karena riwayat kredit ini dapat sangat berpengaruh jika suatu saat kita mengajukan pinjaman lagi.

Perbedaan lain antara pinjaman jangka pendek dan pinjaman jangka panjangnya adalah bahwa pinjaman jangka pendek ada yang memakai jaminan atau tidak. Ada pro dan kontra untuk kedua opsi tersebut. Kamu akan mendapat manfaat dari suku bunga yang lebih rendah dengan pinjaman yang dijamin tetapi untuk pinjaman jangka pendek tanpa jaminan kamu tidak harus memberikan jaminan apa pun.

6. Pinjaman jangka pendek proses aplikasinya cepat

Banyak pemberi pinjaman sekarang menawarkan proses aplikasi yang cepat dan mudah untuk pinjaman jangka pendek, yang memungkinkan pemilik bisnis untuk mengajukan pinjaman online sesingkat mungkin. Tidak seperti pemberi pinjaman tradisional (seperti bank), kamu tidak harus menghabiskan waktu berhari-hari menyusun dokumen atau menjadwalkan pertemuan hanya untuk mengakses modal yang dibutuhkan oleh bisnis kecil kamu. Aplikasi pinjaman bisa diselesaikan hanya dalam beberapa menit, semua dari kenyamanan komputer sendiri atau smartphone kamu. Tak heran jika karena kemudahan dan kecepatannya ini, pinjaman online sangat diminati.

7. Pinjaman jangka pendek proses persetujuan lebih cepat

Berkat pemberi pinjaman alternatif, pinjaman jangka pendek bisa disetujui hanya dalam 24 jam, dengan dana disetorkan ke rekening bank yang diberikan pada hari kerja berikutnya. Jenis lain dari pendanaan usaha kecil (termasuk yang berasal dari pemberi pinjaman tradisional seperti bank) bisa membutuhkan waktu beberapa hari, jika tidak berminggu-minggu, untuk disetujui, oleh karena itu ini akan menunda dana yang diperlukan beberapa saat. Hal ini tidak hanya dapat menyebabkan stres bagi pemilik bisnis, tetapi juga bisa membuat mereka yang dalam posisi rentan saat mereka menunggu pinjaman uang tunai yang sangat dibutuhkan.

8. Memiliki bunga yang rendah dan flat

Salah satu keuntungan pinjaman jangka pendek adalah bunganya yang rendah dan bunga tetap/flat. Bunga yang diberikan oleh bank biasanya berada di angka 3-7% tiap bulannya sedangkan untuk lembaga non bank memberikan bunga setiap hari di kisaran mulai dari 0,5% dan ini tergantung dari kebijakan masing-masing penyedia pinjaman jangka pendek. Selain itu bunga yang diberikan pada pinjaman jangka pendek ini adalah bunga flat atau tetap. Bunga ini tidak akan berubah sampai akhir cicilan karena tidak terpengaruh oleh fluktuasi pasar.

9. Persyaratan gampang

Bagi para pemilik bisnis memilih pinjaman jangka pendek pastilah ingin yang gampang baik itu syarat maupun prosesnya. Nah keuntungan pinjaman jangka pendek lainnya adalah persyaratannya yang gampang. Aturan dalam pinjaman jangka pendek ini memang lebih longgar daripada pinjaman jangka panjang. Kebebasan untuk menggunakan dana pinjaman ini juga menarik. Bahkan ada yang hanya mensyaratkan KTP saja untuk mendapatkan pinjaman jangka pendek ini.

10. Dapat diprediksi

Sulit untuk memperkirakan di mana keuangan kita akan berada di masa depan yang terlalu lama. Tidak ada yang tahu pasti bagaimana perekonomian dalam 20 atau 30 tahun ke depan. Dengan pinjaman jangka panjang, kamu masih akan bertanggung jawab untuk pembayaran jauh di masa depan, terlepas dari apa situasi keuangan kamu. Jauh lebih mudah untuk memperkirakan dan menganggarkan pinjaman jangka pendek.

11. Stres yang lebih rendah

Karena memiliki uang untuk jangka waktu yang lama dan memperhatikan peningkatan minat, akan mengambil dampak emosional dan psikologis. Dengan pinjaman jangka pendek, kamu akan melunasi hutang jauh lebih cepat dan bebas dari beban itu. Dengan begitu kamu akan lebih fokus untuk bisnis kamu.

12. Periode pembayaran yang pendek

Biasanya, pinjaman jangka pendek harus dilunasi antara 6 hingga 18 bulan. Jika kamu mengajukan pinjaman untuk menangani keadaan darurat, pinjaman jangka pendek memungkinkan kamu membayar kembali jumlah pinjaman dalam waktu sekitar satu tahun atau kurang sehingga kamu bisa merencanakan aliran dana utama untuk hal lainnya.

Nah itu dia keuntungan pinjaman jangka pendek yang bisa kamu dapatkan dalam mengembangkan bisnis kamu. Pinjaman jangka pendek ini akan bermanfaat jika kamu lancar dalam pelunasannya. Perlu kamu ingat ya jika pinjaman jangka pendek ini tidak cocok digunakan untuk modal usaha. Karena bisa-bisa kamu hanya akan tekor jika menggunakan sebagai modal usaha padahal keuntungan dari usaha kamu belum seberapa. Merencanakan mengambil pinjaman jangka pendek memang bisa menjadi solusi untuk kebutuhan dana yang cepat. Tapi kamu juga harus memperkirakan apakah semuanya bisa menutupi dan tidak menambah beban hutang kamu. Tetap rencanakan dengan tepat jika akan mengembangkan bisnis kamu ya, mulai dari sistem keuangan dan juga dukungan sistem bisnis yang baik, agar pinjaman dana yang kamu peroleh dapat menjadi pendukung terbaik dalam bisnismu.

Karena pinjaman jangka pendek tanpa jaminan, di sisi lain, diatur tanpa perlu agunan. Mereka yang tidak memiliki agunan tersedia atau sudah dibebani oleh hutang yang dijamin, karenanya, masih memenuhi syarat untuk pinjaman pribadi dengan syarat dan pembayaran yang wajar yang dapat mereka tangani.

Selalu pertimbangkan pilihan kamu untuk pembiayaan sebelum menyetujui sesuatu seperti pinjaman pribadi. Karena kamu mungkin menemukan bahwa kami dapat memperoleh manfaat lebih dari jenis pembiayaan lain, pinjaman, atau pengaturan pembayaran. Pada saat yang sama, jangan mengabaikan kemungkinan pinjaman tanpa jaminan jika kami khawatir memiliki dana tersedia tetapi kamu tidak dapat menawarkan atau tidak ingin menawarkan jaminan.

Kredit Kilat Bersama Kredivo

Untuk bisa menggunakan Kredivo, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut di Play Store ataupun App Store. Kemudian buat akun kreditmu dan sertakan syarat maupun dokumen yang diminta. Mulai dari berusia minimal 18 tahun dan maksimal 60 tahun, menyertakan KTP maupun swafoto, hingga bukti NPWP dengan minimum penghasilan Rp3 juta perbulan. Mudah bukan? Yuk, ajukan sekarang dan dapatkan manfaat berbelanja hanya di Kredivo.

Tentang kami

Maria Nofianti

Maria Nofianti