Cara Mengatasi Cat Mobil Kusam, Warna Pudar, dan Buram Paling Efektif

Tak seperti mobil baru, warna mobilmu lama-lama memudar dan terlihat kusam? Sepertinya, kamu perlu mengetahui cara mengatasi cat mobil kusam berikut ini. Pasalnya, cat mobil yang kusam, warna pudar, dan buram, sangat mengganggu penampilan bukan?

Pariwara

Biasanya, cat mobil bisa memudar dan kusam, ketika mobil sudah berusia lebih dari tiga tahun.

Bukan tanpa penyebab, cat mobil kusam juga bisa dipengaruhi beberapa faktor. Karena, jika pemilik mobil bisa merawatnya dengan baik, cat mobil tetap bisa mengkilap kok!

Penyebab Cat Mobil Kusam

Sebelum mengetahui cara mengatasi cat mobil kusam dan memudar, yuk ketahui dulu penyebab dibalik kusamnya cat mobilmu!

  • Sembarangan ketika menggunakan sampo mobil

Jangan gunakan sembarang sampo, karena mobil juga memiliki sampo khusus. Sampo khusus mobil juga perlu kamu perhatikan kandungannya, seperti potensial hidrogen yang angan terlalu tinggi, yakni di bawah 10.

  • Ketika menggunakan cover mobil

Menggunakan cover mobil sangat baik untuk mencegah terkena sinar matahari langsung. Namun, sebaiknya tidak digunakan ketika hujan, karena rembesan air hujan, bisa membuat mobil mudah berjamur dan bercak-bercak. Atau sebaiknya, kamu memilih cover mobil yang anti air.

  • Karena debu atau polusi udara

Debu dan polusi memang tak terlihat, namun mengandung partikel kecil yang bisa membuat mobil baret harus dan menjadikannya kusam. Terlebih, ketika berdebu kamu salah dalam cara membersihkannya, karena gesekan membuatnya semakin kusam.

  • Getah pohon dan kotoran burung atau hewan lainnya

Kamu mungkin sering meletakkan mobil di bawah pohon, agar mobil terlindungi. Namun, getah pohon yang mungkin jatuh ke permukaan mobil dan juga kotoran burung, ternyata bisa menyebabkan rusaknya cat mobil.

  • Melakukan pemolesan mobil, menggunakan bahan-bahan abrasive

Hal ini juga perlu diperhatikan, dalam menggunakan poles mobil. Karena, jika salah menggunakan bahan-bahan poles, mobil bisa menjadi kusam.

  • Mencuci mobil menggunakan air panas

Ketika mencuci mobil, disarankan untuk menggunakan air dingin atau air biasa. Karena, jika kamu menggunakan air panas, bisa membuat ca mudah memudar.

Nah, itu dia beberapa penyebab cat mobil kusam dan memudar. Biar, warna cat mobil mu kembali mengkilap, yuk langsung saja intip cara mengatasi cat mobil kusam, berikut ini!

(Baca Juga: 5 Sarung Jok Mobil Terbaik)

Namun, ada informasi penting sebelum kamu mengetahui cara mengatasi cat mobil kusam, yakni dengan mengetahui jenis cat mobil, yang digunakan.

Hal tersebut perlu diketahui, agar kamu bisa mengetahui juga jenis perawatan mana, yang sesuai atau cocok, untuk mobil kamu.

Setidaknya ada tiga jenis cat mobil, yang umumnya digunakan, diantaranya adalah:

  • Nitro Cellulose (NC)
  • Nitro Cellulose Modified
  • Polyurethane (PU)

Cara Mengatasi Cat Mobil Kusam

1. Menggunakan Wax Mobil

Cara mengatasi cat mobil kusam yan pertama adalah dengan menggunakan wax mobil. Teknik wax mobil ini, bisa membuat cat mobil kembali mengkilap, tanpa perlu membuat permukaan cat terkikis.

Pasalnya, cara mengkilapkan cat mobil dengan teknik wax ini, dirasa lebih aman bagi mobil, sehingga bisa jadi solusi yang tepat.

Hal tersebut dikarenakan, bahwa mengkilapkan cat mobil dengan wax, memiliki sifat seperti lilin.

Nah, buat kamu yang belum pernah menggunakan teknik wax, untuk mengkilapkan mobil, yuk intip langkah-langkah penggunaan wax, berikut ini!

  • Pertama, disarankan jangan meletakkan kendaraan di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.
  • Kedua, cuci mobil kamu secara keseluruhan, baik dengan tenaga manusia hingga tenaga robotic. Jika tidak terlalu kotor, cukup cuci mobil menggunakan air mengalir. Namun jika kondisi mobil anda penuh lumpur dan noda-noda, maka kamu bisa gunakan sampo khusus mobil.
  • Setelah mobil benar-benar bersih, keringkan dengan kain lap lembut dan bersih. Ketika sudah kering, kamu bisa langsung memoles dengan krim poles, sesuai jenis cat mobil.
  • Tapi, apabila cat mobil kamu, masih dalam kondisi yang baik, kamu bisa melewatkan proses memoles dan langsung ke proses waxing.
  • Dalam melakukan wax, pertama siapkan wax, obat poles, spons, dan kain lembut yang bersih atau microfiber.
  • Oleskan obat poles pada spon, dan poleska dengan gerakan memutar ataupun naik turun. Setelah itu tunggu hingga beberapa menit kurang lebih 10-15 menit.
  • Setelah kering, kamu dapat membersihkan sisa-sisa dari obat poles dengan menggunakan microfiber.
  • Proses selanjutnya yaitu waxing, untuk proses ini sebenarnya hampir sama dengan proses memoles dengan menggunakan obat poles, bedanya proses waxing lebih ringan.
  • Caranya tinggal poles wax pada bodi mobil, setelah itu diamkan beberapa saat, kurang lebih 5 menit.
  • Setelah kering, bersihkan sisa-sisa wax dengan menggunakan lap kering.
  • Agar hasil maksimal, dan mobil tampil mengkilap dan bebas dari jamur setiap saat, disarankan untuk melakukan waxing minimal 1 kali dalam sebulan.

2. Jangan Sering-sering Menggunakan Compound

Cara mengatasi cat mobil kusam yang selanjutnya adalah, jangan menggunakan compound, sebagai perawatan rutin mobil kamu.

Pasalnya, penggunaan compound apalagi jika terlalu sering, bisa membuat cat mobil kamu perlahan mengikis. Hal tersebut akan membuat warna asli mobil, perlahan memudar.

Sebenarnya, cara kerja compound ini adalah sebagai obat poles, yang digunakan dengan cara menggosoknya ke bodi mobil.

Jika kamu ingin mengkilapkan mobil dengan instan, cara ini mungkin bisa jadi solusi cepat, tapi penggunaannya bisa mengikis cat mobil kamu. Jadi, penggunaan compound, tidak disarankan.

3. Menggunakan Obat Poles

Cara mengatasi cat mobil kusam selanjutnya, terlebih setelah mobil dalam keadaan bersih, kamu bisa mengoleskan obat poles sesuai dengan jenis cat mobil.

Caranya juga sangat mudah, kamu tinggal aplikasikan obat poles pada spons bersih. Kemudian gosok body mobil menggunakan spons tersebut dengan gerakan memutar.

Setelah selesai memoleskan seluruh cat mobil, tunggu kurang lebih 10-15 menit, selanjutnya bersihkan bodi mobil menggunakan microfiber.

4. Mencuci Mobil dengan Benar

Cara mengatasi cat mobil kusam yang terakhir adalah dengan mencucinya dengan benar. Hal tersebut, agar mobil yang sudah mengkilap, tidak mudah kusam. Atau, jika mobil sudah mula kusam, agar tidak tambah kusam.

Maksud mencuci mobil dengan benar ini, artinya kamu harus pilih sampo khusus mobil yang tepat, air yang digunakan, hingga teknik membersihkan, yang benar, terlebih ketika mobil berdebu.

Jika keadaan mendesak pun, disarankan, hindari penggunaan shampo untuk rambut, deterjen, ataupun sabun cuci piring.

Nah, setelah cuci mobil dengan bersih, pastikan langsung dikeringkan menggunakan lap, yang berbahan katun lembut. Hal ini dilakukan, agar tidak merusak cat mobil.

Rekomendasi Produk Pengkilap Cat Mobil

Nah, biar nggak salah pilih produk pengkilap cat mobil, berikut kami akan merekomendasikannya untuk kamu!

  • Colour Evolution White
  • Stain Cleaner Strong Type 500ml”
  • Metallic Car Wax
  • Paint Protect
  • Premium Nano Ceramic Coating Liquid
  • Jet Black Black Spray Wax
  • Crystal nano Shield Protection 9H dan masih banyak lagi.

Adapun, setelah kamu memiliki cat mobil yang mengkilap dan tidak kusam lagi, kamu perlu merawat mobil agar tidak kembali kusam.

Bagaimana caranya? Yuk intip cara merawat cat mobil agar tetap mengkilap sepanjang waktu berikut ini.

Cara Merawat cat Mobil Agar Tetap Mengkilap

  • Jauhkan mobil dari area yang berdebu
  • Hindari mobil dari air hujan yang terus menerus
  • Hindari memarkirkan di bawah pohon
  • Perhatikan penggunaan cover mobil di waktu-waktu tertentu
  • Hindari penggunaan cat, sampo, hingga pengkilap yang mengandung bahan pengikis
  • Hindari bodi mobil dari oli hingga air aki, ketika masuk bengker atau ketika di service

(Baca Juga: 11 Merk Cat Mobil Terbaik dengan Harga Terjangkau)

Nah, itu dia beberapa informasi cara mengatasi cat mobil kusam, agar penampilan mobilmu jadi tetap oke.

Penampilan sudah oke, tapi belum terlindungi asuransi kendaraan? Percuma dong!

Biar mobil mu tetap keren dan terlindungi dari berbagai risiko kecelakaan, dan kerugian finansial lainnya, yuk asuransikan mobil kesayanganmu!

Ajukan Asuransi Kendaraan untuk Mobil Kesayangan, melalui CekAja.com!

Bingung, pilih asuransi kendaraan terbaik untuk mobil kesayangan mu, yang sudah mengkilap ini? Jangan ragu! Pilih asuransi kendaraan terbaik hanya di CekAja.com!

Di CekAja.com, kamu bisa memilih banyak produk asuransi kendaraan terbaik, dari berbagai perusahaan asuransi kendaraan ternama, di Indonesia, mulai dari Sinarmas hingga Adira!

Kamu juga bisa mendapatkan asuransi kendaraan, sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial mu.

Kamu bisa sesuaikan, mulai dari tenornya, bunganya, fasilitas yang didapat, jenis asuransinya dan lain-lain.

Pokoknya, CekAja.com akan merekomendasikan produk asuransi kendaraan yang paling terbaik, untuk kamu!

Yuk, segera ajukan asuransi kendaraan terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com!

Pariwara