Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami dengan Mudah dan Cepat

5 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Masalah pencernaan seringkali membuat sembelit atau konstipasi, hingga Buang Air Besar (BAB) tidak lancar. Sembelit jika tidak segera diobati, juga bisa membuatnya semakin parah, hingga memunculkan penyakit lain, sehingga jangan pernah mengabaikannya. Tidak sulit, cara mengatasi sembelit secara alami, juga bisa dilakukan dengan mudah dan singkat.

cara mengatasi sembelit secara alami dengan mudah dan cepat

Apa Itu Sembelit?

Sembelit atau konstipasi merupakan suatu gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan, di mana seseorang mengalami pengerasan tinja, yang berlebih. Sehingga sulit untuk dikeluarkan, dan menyebabkan rasa sakit yang hebat.

Hal ini mungkin biasa dirasakan ketika tidak buang air besar, selama tiga hari. Sehingga membuat struktur tinja menjadi menumpuk dan lebih keras.

(Baca Juga: Mengecilkan Perut Buncit Dengan Bumbu Dapur)

Penyebab Sembelit

Adapun penyebab sembelit berikut ini juga perlu kamu ketahui, sebelum akhirnya kamu mencari tahu cara mengatasi sembelit secara alami dengan mudah dan cepat. Lantas apa saja kondisi yang umumnya menjadi penyebab sembelit, yuk simak di sini?

  • Gaya Hidup yang Kurang Sehat

Penyebab yang paling umum hingga terjadinya sembelit adalah pengaruh gaya hidup yang kurang sehat, terutama kekurangan cairan. Pola makan yang berantakan dan terlalu banyak mengkonsumsi olahan susu juga bisa menyebabkan sembelit.

Selain itu, kurang aktif bergerak dan jarang olahraga juga bisa mengundang sembelit. Biasanya minum air putih 8 gelas sehari, agar pencernaan lancar. Hal ini sering terjadi pada masyarakat perkotaan yang memiliki tingkat kesibukan bekerja dan kurang memahami cara mengatasi sembelit secara alami.

  • Sering Menunda atau Menahan BAB

Penyebab yang umum terjadi juga adalah karena menunda dan menahan BAB. Biasanya hal ini lebih sering terjadi pada anak kecil, hingga orang dewasa yang malas ke toilet atau tidak menemukan toilet.

Sehingga, tinja yang seharusnya keluar menjadi menumpuk di dalam usus besar dan jika dibiarkan hingga beberapa hari, tinja akan mengeras.

  • Pengaruh Obat-obatan

Ada beberapa obat yang menyebabkan efek samping sembelit. Biasanya obat-obatan yang memiliki efek samping tersebut adalah suplemen kalsium, suplemen zat besi, obat anti epilepsi, antidepresan, antipsikotik, obat diuretik, hingga obat pereda nyeri golongan narkotik.

  • Faktor-faktor Psikologis

Sembelih ternyata juga bisa terjadi akibat masalah kesehatan psikis, yang sering terjadi di kehidupan sehari-hari. Mulai dari stres kerjaan, cemas yang berlebih akan sesuatu, depresi, trauma, atau pelecehan seksual.

  • Memiliki Kondisi Kesehatan Tertentu

Jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu, misalnya seperti diabetes, sindrom iritasi usus besar, hiperkalemia atau kelebihan kalsium dalam darah, hingga kelenjar tiroid, bisa jadi kamu juga akan mengalami kesulitan BAB atau sembelit.

  • Kehamilan

Kehamilan juga turut menjadi penyebab terjadinya sembelit. pasalnya sekitar 40 persen wanita hamil mengalami sembelit, terutama pada periode awal.

Ibu hamil juga akan memproduksi banyak hormon progesteron, yang efeknya bisa mengendurkan otot, sehingga menyulitkan oto usus untuk berkontraksi. Untuk itu para ibu hamil juga penting mengetahui cara mengatasi sembelit secara alami agar tidak mengganggu perkembangan janin.

Apa yang Terjadi jika Sembelit dibiarkan?

  • Mengalami luka di sekitar anus, karena gesekan dan tekanan tinja yang keras
  • Menimbulkan wasir atau ambeien, akibat mengejan terlalu kuat
  • Prolaps rektum atau kondisi dimana bagian usus besar ikut keluar melewati anus
  • Inkontinensia alvi (BAB keluar tiba-tiba) dimana hal ini biasanya terjadi akibat sembelit disertai wasir dan prolaps rektum

Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami dengan Mudah dan Cepat

1. Minum Air Putih

Minum Air Putih

Cara mengatasi sembelit secara alami dengan mudah dan cepat adalah dengan minum air putih lebih banyak lagi. Seperti yang diketahui bahwa sembelit disebabkan karena kondisi feses yang keras, karena tidak mengandung cukup air, ketika feses juga mulai turun ke usus besar.

Sehingga, penting bagi kamu untuk mengonsumsi air putih lebih banyak, untuk memenuhi kebutuhan cairan selama satu hari. Kamu juga bisa mengecek, apakah kamu merasa masih kurang cairan atau tidak, dengan melihat warna urine. Jika masih kuning pekat, berarti masih kurang cairan.

2. Banyak Konsumsi Makanan Berserat

Banyak Konsumsi Makanan Berserat

Serat memang sangat baik untuk pencernaan, sehingga BAB pun lebih lancar dan bisa mengatasi sembelit secara alami dengan mudah dan cepat. Serat juga banyak terkandung dalam sayuran, buah-buahan, sereal, hingga roti gandum. Hal ini bisa kamu lakukan sebagai cara mengatasi sembelit dengan mengkonsumsi makanan yang berserat.

Namun, kamu juga harus imbangi dengan kandungan makanan menyehatkan lainnya, dan jangan mengandalkan serat. Pasalnya, jika kamu mengkonsumsi terlalu banyak serat, justru akan mengakibatkan kembung dan begah.

3. Minum Yogurt

Minum Yogurt

Cara mengatasi sembelit secara alami dan rasa yang enak adalah dengan minum yogurt. Minuman yogurt, mengandung probiotik yang bisa mengatasi sembelit, dimana probiotik bisa memproduksi lactic acid dan asam lemak.

Lactic acid dan asam lemak berfungsi sebagai perangsang pergerakan usus, agar feses bisa dikeluarkan dengan mudah. Kamu bisa konsumsi yogurt sehari dua kali, dan bisa juga dikonsumsi dengan camuran salad buah.

4. Minum Kopi

Minum Kopi

Pernahkan setelah kamu minum kopi, perut jadi terasa mulas? Hal tersebut karena kopi bisa meningkatkan dorongan buang air besar, karena kandungan kafeinnya yang bisa merangsang otot-otot sistem pencernaan. Cara mengatasi sembelit dengan minum kopi bisa dilakukan pada pagi hari.

Sehingga, jika kamu sedang sembelit, kamu bisa coba untuk minum kopi secukupnya, dan tunggu hingga perutmu terasa mulas. Ingat ya secukupnya, jangan kebanyakan!

5. Minum Minyak Zaitun

Minum Minyak Zaitun

Sembelit diakibatkan karena tinja yang keras dan sulit dikeluarkan. Di sini minyak zaitun sangat berguna sebagai cara mengatasi sembelit secara alami, karena bisa melunakkan tinja dan membantunya agar mudah dikeluarkan.

Jika kamu tidak suka minum minyak zaitun secara langsung, karena rasanya tidak enak, kamu bisa campurkan minyak zaitun ke salad, atau makanan lainnya.

Namun, ada beberapa orang yang tidak boleh mengkonsumsi minyak zaitun, untuk mengatasi sembelit, yakni wanita hamil dan anak-anak. Jika boleh pun, kamu harus konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

6. Jangan Menunda atau Menahan BAB

Menahan BAB

Kebiasaan menunda atau menahan BAB juga bisa mengakibatkan sembelit. Itu artinya, jika kau tidak ingin merasakan sakitnya sembelit, maka jangan pernah menunda dan menahan BAB.

Jika perut sudah terasa mulas akibat panggilan alam (BAB), segeralah cari toilet dan keluarkan feses yang sudah menumpuk di usus besar. Ini termasuk cara mengatasi sembelit dengan efektif.

7. Rajin Berolahraga

Rajin Berolahraga

(Baca Juga: Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil dan Janin)

Bergerak dan rajin olahraga juga bisa jadi salah satu cara mengatasi sembelit secara alami dan mudah. Ketika sembelit datang, cobalah untuk melakukan sedikit peregangan ringan.

Hal tersebut akan berpengaruh ke gerakan otot di dalam usus. Kamu bisa coba gerakan tubuh mulai dari berjalan kaki setiap hari selama kurang lebih 15-30 menit.

Niscaya, pencernaanmu akan lancar dan sehat. Pastikan juga didukung dengan pola hidup yang sehat dan makan makanan yang bergizi.

Nah itu dia beberapa cara mengatasi sembelit secara alami dengan mudah dan cepat. Pasalnya, kamu tidak ingin bukan mengalami masalah yang lebih serius terhadap usus besar kamu?

Karena masalah kesehatan yang terjadi akibat sembelit juga bisa berkepanjangan. Jadi, mulailah hidup sehat dengan minum air putih, makan makanan berserat, hingga rajin olahraga.

Lindungi Diri dengan Asuransi Kasehatan dari Berbagai Risiko Penyakit Pencernaan

Selain mencegah sembelit dengan pola hidup sehat, lindungi dirimu juga dengan asuransi kesehatan, untuk mencegah kerugian finansial, ketika masalah usus besar akibat sembelit terjadi.

Dapatkan pelayanan yang cepat dan maksimal, dengan menggunakan asuransi kesehatan. Tidak ingin bukan, kamu menahan rasa sakit akibat wasir hingga prolaps, hanya karena pelayanan rumah sakit yang lambat dan tak maksimal melayani?

Maka dari itu, penting untuk melindungi diri dengan asuransi kesehatan sekarang juga. Yuk, bagi kamu yang belum memiliki asuransi kesehatan, segera ajukan asuransi kesehatan terbaik pilihanmu hanya di CekAa.com!