12 Cara Mengecilkan Paha dan Betis yang Mudah dan Menyehatkan

Mengetahui cara mengecilkan paha dan betis, menjadi hal yang sangat penting bagi wanita. Pasalnya, memiliki paha dan betis yang besar, kerap kali membuat tingkat percaya diri seorang wanita menurun.

Pariwara
12 Cara Mengecilkan Paha dan Betis yang Mudah dan Menyehatkan

Tidak hanya itu, paha dan betis yang besar juga mempersulit seorang wanita dalam mendapatkan celana atau rok yang pas. Sehingga, tidak heran apabila banyak wanita ingin memiliki paha dan betis ideal.

Krusialnya bentuk paha dan betis ini, tak jarang membuat wanita melakukan banyak cara mengecilkan paha dan betis.

Mulai dari cara yang sehat dan sederhana, hingga cara instan yang dapat memicu timbulnya risiko kesehatan, seperti misalnya sedot lemak.

Penyebab Paha dan Betis Membesar

Sebelum kamu mengetahui beberapa cara mengecilkan paha dan betis, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa saja faktor-faktor yang menyebabkan paha dan betis membesar.

Sejatinya, ada tiga faktor utama yang menjadi penyebab paha dan betis membesar. Tiga faktor utama tersebut diantaranya, yaitu:

Obesitas

Faktor pertama penyebab paha dan betis membesar adalah obesitas. Diketahui, obesitas merupakan suatu kondisi di mana seseorang memiliki berat badan, yang jauh lebih besar dari berat badan idealnya.

Dan umumnya, orang yang menderita obesitas pun memiliki bentuk paha dan betis yang besar.

Faktor Keturunan atau Genetik

Faktor berikutnya adalah keturunan atau genetik. Orang-orang yang memiliki bentuk paha dan betis besar karena genetik, biasanya sudah terlihat sejak kecil karena bentuk paha dan betis tersebut akan terbentuk secara alami.

Malas Berolahraga

Betis dan paha besar nyatanya juga dapat terbentuk karena malas berolahraga. Hal tersebut dikarenakan, orang-orang yang malas berolahraga cenderung memiliki sifat malas bergerak.

Sehingga, lemak dalam tubuh tidak terbakar dengan sempurna dan lemak akan menumpuk di beberapa bagian tubuh, termasuk di area paha dan betis.

(Baca Juga: Cara Efektif Mengecilkan Lengan Berlemak)

12 Cara Mengecilkan Paha dan Betis

Setelah di pembahasan sebelumnya, kamu sudah mengetahui penyebab membesarnya paha dan betis. Maka di pembahasan kali ini, kamu akan mengetahui beberapa cara mengecilkan paha dan betis dengan mudah.

Pada dasarnya, ada banyak cara mengecilkan paha dan betis yang bisa kamu lakukan. Namun, pada kesempatan kali ini CekAja.com telah merangkum 12 cara mengecilkan paha dan betis, yang akan diulas secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

1. Naik Turun Tangga

12 Cara Mengecilkan Paha dan Betis yang Mudah dan Menyehatkan

Cara mengecilkan paha dan betis pertama, yang bisa kamu lakukan adalah naik turun tangga. Bagi sebagian besar orang, cara ini mungkin terdengar mustahil, karena hanya akan membuat betis bertambah besar.

Tetapi sebenarnya, naik turun tangga menjadi salah satu cara mengecilkan paha dan betis yang efektif.

Sebab, aktivitas ini dapat membakar kalori di kedua betis kaki mu, sehingga mampu mengecilkan bentuk betis yang sebelumnya besar.

Cara melakukan hal ini sangat mudah, kamu hanya perlu melewati setiap dua anak tangga, lalu kembali ke posisi semula.

Tidak ada batasan untuk kamu mengulangi aktivitas ini hingga berapa kali putaran, karena kamu bisa melakukannya secara berulang sesuai dengan kemampuan fisik.

Dengan naik turun tangga, kamu pun tidak hanya membuat betis menjadi lebih kecil dan kencang, tetapi juga membuat bentuk paha menjadi lebih bagus dan menyehatkan kondisi paru-paru.

2. Jalan Kaki secara Rutin

12 Cara Mengecilkan Paha dan Betis yang Mudah dan Menyehatkan

Berjalan kaki secara rutin, nyatanya menjadi salah satu cara mengecilkan paha dan betis yang bisa dilakukan.

Kamu bisa melakukan aktivitas ini setidaknya selama 30 menit setiap harinya. Dengan begitu, maka bentuk paha dan betis akan lebih mudah kecil.

Tidak hanya itu, jenis olahraga sederhana yang satu ini juga menyehatkan tubuh dan membuat tubuh terlihat lebih segar. Terlebih, imunitas tubuhmu menjadi lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

3. Lompat Tali

12 Cara Mengecilkan Paha dan Betis yang Mudah dan Menyehatkan

Selain dua cara di atas, kamu juga bisa melakukan lompat tali sebagai cara mengecilkan paha dan betis yang selanjutnya.

Kamu bisa melakukannya secara rutin setiap harinya selama 20-30 menit, untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih cepat dan efektif.

Tidak hanya itu, melakukan olahraga lompat tali pun sangat mudah dan tidak membutuhkan biaya yang besar.

Karena, apabila kamu tidak memiliki skipping untuk lompat tali, kamu bisa membuatnya menggunakan karet gelang hingga membentuk tali yang panjang.

4. Jogging

12 Cara Mengecilkan Paha dan Betis yang Mudah dan Menyehatkan

Ternyata, jogging tidak hanya mampu membakar lemak tubuh, tetapi juga menjadi salah satu cara mengecilkan paha dan betis secara alami yang bisa dilakukan.

Yang mana, olahraga kardio ini mengharuskan kaki untuk bergerak dengan stabil, agar mampu membakar lemak di paha dan betis secara efektif.

Jika kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa melakukannya setiap hari secara rutin selama kurang lebih 30 menit.

Dengan begitu, maka bentuk paha dan betis mu yang sebelumnya besar akan mengecil secara perlahan dan lebih kencang.

5. Squat

12 Cara Mengecilkan Paha dan Betis yang Mudah dan Menyehatkan

Sebagai salah satu cara mengecilkan paha dan betis, squat merupakan jenis olahraga yang dilakukan secara.

Di mana, untuk melakukan olahraga ini, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah berdiri tegak.

Setelah itu, buka kedua kaki selebar bahu dengan kedua tangan yang diposisikan lurus ke depan.

Jika sudah, turunkan posisi bokong hingga mendekati lantai dan tahan selama 15-30 detik. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu bisa mengulangi gerakan squat ini sebanyak 10 kali berturut-turut.

Olahraga ini pun bisa kamu lakukan dimana saja dan kapan saja. Hal tersebut dikarenakan kamu tidak membutuhkan alat khusus atau biaya yang besar.

Sebab, kamu hanya membutuhkan tubuh yang fit untuk bisa melakukan olahraga ini dengan benar.

6. Yoga

12 Cara Mengecilkan Paha dan Betis yang Mudah dan Menyehatkan

Di urutan keenam ada yoga, sebagai salah satu cara mengecilkan paha dan betis. Meski umumnya dikenal sebagai olahraga untuk meditasi, namun yoga nyatanya juga sering dilakukan untuk mengecilkan paha dan betis yang besar.

Pasalnya, ada beberapa gerakan dari yoga yang mampu mengecilkan paha dan betis besar yaitu gerakan warrior pose dan anantasana. Warrior pose sendiri merupakan gerakan yang sangat mudah dilakukan.

Pertama, kamu perlu membuka kedua kaki dengan lebar. Setelah itu, tekuk salah satu kaki dengan posisi kaki yang satunya lurus ke belakang.

Kemudian jika posisi kedua kaki sudah siap, rentangkan kedua tanganmu sejajar dengan kedua kaki.

Apabila semua posisi tubuh sudah sempurna, tahan selama kurang lebih satu menit dan ganti posisi. Kamu bisa mengulangi gerakan ini hingga delapan kali untuk mendapatkan hasil optimal.

Selanjutnya adalah gerakan anantasana. Gerakan yang satu ini pun tidak kalah mudah dari gerakan warrior pose, karena untuk melakukan gerakan ini kamu cukup membaringkan tubuh dengan posisi miring.

Setelah itu, angkat kaki kanan ke atas dan digapai oleh tangan kanan selama satu menit, lalu lakukan secara berulang selama delapan kali hitungan.

Jika sudah, kamu bisa menggantinya dengan kaki kiri dan gerakan yang sama selama satu menit secara berulang, dengan delapan kali hitungan juga. Bagaimana, sangat mudah bukan?

7. Fire Hydrant

12 Cara Mengecilkan Paha dan Betis yang Mudah dan Menyehatkan

Cara mengecilkan paha dan betis yang ketujuh adalah dengan melakukan fire hydrant. Pada dasarnya, fire hydrant merupakan salah satu jenis olahraga dengan gerakan yang sangat mudah.

Untuk bisa melakukan olahraga ini, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengambil posisi merangkak.

Setelah itu, posisikan tangan dan lutut terbuka hingga selebar bahu. Jika sudah, jaga posisi pinggul agar tetap sejajar, lalu dorong satu kaki lurus ke belakang.

Tahan tubuh dengan posisi tersebut selama beberapa detik, kemudian ganti dengan kaki yang satunya lagi. Kamu bisa mengulanginya hingga 15 kali untuk bisa mendapatkan bentuk paha dan betis yang ideal.

8. Calf Raises

12 Cara Mengecilkan Paha dan Betis yang Mudah dan Menyehatkan

Calf raises merupakan salah satu jenis olahraga, yang menjadikan ujung kaki sebagai pusat untuk menopang berat badan.

Cara mengecilkan paha dan betis dengan calf raises pun sangat mudah. Pertama, kamu perlu berdiri tegak dengan posisi kaki tertutup rapat.

Kemudian, angkat badan ke atas dengan posisi tumit yang juga sedikit terangkat, layaknya gerakan balet yang memanfaatkan ujung kaki untuk menopang keseluruhan berat badan. Setelah itu, tahan posisi tersebut hingga beberapa detik dan turunkan kembali.

Bagaimana, cara ini sangat mudah bukan untuk dilakukan? Kamu tidak memerlukan alat dan waktu yang khusus, karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Namun, jika kamu ingin mendapatkan bentuk paha dan betis ideal lebih cepat, kamu bisa melakukannya setiap hari secara rutin di rumah.

9. Bersepeda

12 Cara Mengecilkan Paha dan Betis yang Mudah dan Menyehatkan

Faktanya, bersepeda menjadi salah satu cara mengecilkan paha dan betis, yang menyenangkan. Sebab, kamu bisa melakukan aktivitas ini bersama keluarga, teman bahkan sanak saudara.

Kamu pun tidak harus menempuh jarak yang jauh, untuk bisa mengecilkan paha dan betis lebih cepat. Kamu cukup bersepeda berkeliling area rumah, asalkan dilakukan secara rutin setiap harinya.

Dengan begitu, lemak di seluruh bagian tubuh akan terbakar, termasuk lemak di area paha dan betis.

10. Berenang

12 Cara Mengecilkan Paha dan Betis yang Mudah dan Menyehatkan

Aktivitas menyenangkan lainnya yang bisa kamu gunakan sebagai cara mengecilkan paha dan betis adalah berenang.

Hal itu dikarenakan, berenang melibatkan hampir seluruh bagian tubuh untuk digerakkan, mulai dari lengan, perut, paha, dan kaki.

Oleh karena itu, jika berenang dilakukan secara rutin, maka seluruh otot di bagian tubuh akan menjadi lebih kuat dan membakar seluruh lemak dalam tubuh. Sehingga, beberapa bagian tubuh menjadi mengecil, termasuk paha dan betis.

Hanya saja, sebelum berenang kamu perlu melakukan pemanasan terlebih dahulu, agar tidak terjadi kram otot di beberapa bagian tubuh ketika berenang.

11. Menjaga Pola Makan Sehat

12 Cara Mengecilkan Paha dan Betis yang Mudah dan Menyehatkan

Cara mengecilkan paha dan betis yang ke-11 adalah, dengan menjaga pola makan sehat. Seperti yang diketahui, pola makan sehat memang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya mampu mengecilkan paha dan betis.

Kamu bisa mengurangi konsumsi beberapa jenis makanan, dengan kandungan karbohidrat dan gula yang tinggi, serta makanan-makanan yang digoreng.

Sebab, jenis makanan tersebut mampu meningkatkan kadar lemak dalam tubuh, termasuk paha dan betis.

Oleh karena itu, dengan mengurangi konsumsi makanan tersebut, dapat mencegah dan mengatasi paha dan betis yang besar.

Selain itu, menjaga pola makan sehat juga membuat tubuh menjadi lebih segar dan daya tahan tubuh meningkat.

12. Mengkonsumsi Lebih Banyak Air Putih

12 Cara Mengecilkan Paha dan Betis yang Mudah dan Menyehatkan

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan paha dan betis adalah mengkonsumsi banyak air putih. Karena, air putih diketahui dapat mencegah timbulnya ratusan kalori yang dapat menyebabkan area paha membesar.

Kamu bisa minum air putih setiap harinya sesuai dengan takarannya, yaitu 2,7 liter per hari untuk wanita dan 3,7 liter per hari untuk pria untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Dengan mengkonsumsi air putih, menariknya kamu tidak hanya dapat mengecilkan paha dan betis, tetapi juga dapat tubuh sehat dan segar.

(Baca Juga: 10 Cara Mengecilkan Perut Buncit)

Jika sudah begitu, maka tubuh memiliki imunitas yang lebih kuat dari biasanya, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Pasalnya, apabila tubuh memiliki imunitas yang rendah, maka tubuh akan sangat rentan terserang penyakit jenis apapun, mulai penyakit yang mudah disembuhkan hingga yang sulit disembuhkan.

Kalau sudah terserang penyakit, kamu tentu harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk berobat.

Terlebih jika kamu berobat ke dokter atau rumah sakit, sudah pasti biaya yang harus dikeluarkan cukup besar.

Namun, hal itu tidak menjadi masalah apabila kamu memiliki asuransi kesehatan. Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan selama kamu sakit.

Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi pusing memikirkan besarnya biaya pengobatan, karena sudah dijamin dengan asuransi kesehatan.

Maka dari itu, buat kamu yang belum memiliki asuransi kesehatan, bisa langsung mengajukannya di CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, mengajukan asuransi di CekAja.com pun mudah, cepat dan aman, karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang!

Pariwara