Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Mengecilkan Perut Buncit Dengan Bumbu Dapur yang Mudah dan Murah

by Estrin Vanadianti Lestari on 3 Juli, 2020

Perut buncit sering mengganggu penampilanmu, dan bikin gak pede? Terlebih, memiliki perut yang rata dan ramping, memang menjadi impian semua orang, baik pria maupun wanita. Namun, selain tentunya dengan berolahraga, cara mengecilkan perut buncit dengan bumbu dapur, juga bisa kamu lakukan loh. 

mengecilkan perut buncit dengan bumbu dapur yang mudah dan murah

Pasalnya, asupan makanan juga bisa mempengaruhi pembentukan perut buncit, yang bikin kamu gak percaya diri. Memang perut buncit diakibatkan oleh faktor apa saja sih?

Faktor Penyebab Perut Buncit
  • Sering mengonsumsi minuman beralkohol
  • Perokok berat
  • Asupan gula yang berlebihan
  • Sering mengonsumsi makanan cepat saji
  • Asupan air putih kurang
  • Jadwal makan berantakan
  • Jarang olahraga
Kenapa Perut Bisa Buncit?

Jika ditanya faktor penyebab perut buncit, jawabannya adalah poin-poin yang ada di atas. Namun, jika pertanyaan kenapa bisa terjadi perut buncit? Begini jawabannya.

Tubuh memiliki dua jenis lemak, yakni lemak viseral (terdapat di rongga perut) dan lemak subkutan (terdapat di balik kulit). Nah, kenapa kok perut bisa buncit?

Hal itu terjadi karena adanya penumpukan jenis lemak viseral secara berlebihan. Di mana lemak ini membungkus organ-organ di dalam rongga perut, sebut saja seperti pankreas, hati, dan usus. 

Nah, lemak viseral yang menumpuk ini, dipengaruhi oleh faktor-faktor yang sudah disebutkan sebelumnya, seperti kurang olahraga, jadwal makan berantakan, sering konsumsi fast food, dan lain-lain. 

(Baca Juga: Jus Organik untuk Penderita Kanker yang Kaya Antioksidan)
Pengaruh Perut Buncit Terhadap Kesehatan

Tidak hanya membuat penampilanmu menjadi kurang menarik, perut buncit juga bisa memengaruhi kesehatan tubuh loh. Apa saja risiko penyakit yang bisa terjadi, jika punya perut buncit?

  • Serangan jantung
  • Stroke
  • Diabetes tipe 2
  • Tekanan darah tinggi
  • Kanker

Sangat mengerikan bukan, jika kamu miliki perut buncit? Maka dari itu, cara  mengecilkan perut buncit dengan bumbu dapur yang mudah dan murah ini, sepertinya patut kamu coba. Yuk, racik sendiri ramuannya, dan terapkan secara rutin.

Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Bumbu Dapur
1. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis - Mengecilkan Perut Buncit Dengan Bumbu Dapur yang Mudah dan Murah

Cara mengecilkan perut buncit dengan bumbu dapur yang pertama adalah menggunakan jeruk nipis. Bumbu dapur yang sering digunakan untuk menciptakan rasa asam pada makanan ini, ternyata sering dijadikan ramuan, untuk mengecilkan perut buncit.

Cara mengecilkan perut buncit dengan jeruk nipis sangat mudah. Kamu hanya perlu mengkonsumsi satu buah jeruk nipis setiap hari. Kamu bisa peras jeruk nipis, lalu campurkan dengan segelas air hangat. 

2. Jahe

Jahe - Mengecilkan Perut Buncit Dengan Bumbu Dapur yang Mudah dan Murah

Selain jeruk nipis, cara mengecilkan perut buncit dengan bumbu dapur yang satu ini juga gak kalah ngefek, yakni menggunakan jahe. Rasanya yang bikin hangat tenggorokan dan perut ini, bisa mengurangi lemak-lemak di perut, jika dikonsumsi secara rutin.

Caranya, kamu bisa parut atau hanya sekadar di ‘geprek’, lalu rebus. Rebusan air jahe juga bisa kamu tambahkan madu, agar rasanya lebih nikmat.

3. Serai

Serai - Mengecilkan Perut Buncit Dengan Bumbu Dapur yang Mudah dan Murah

Sering digunakan untuk memasak aneka makanan, daun serai yang miliki aroma khas ini juga bisa dijadikan ramuan untuk mengecilkan perut buncit. Terlebih, bumbu dapur yang satu ini juga sangat mudah didapat dan berharga murah. 

Cara buat ramuannya, kamu tinggal rebus daun serai dengan air. Lalu air rebusannya bisa kamu tambahkan aneka bumbu dapur lainnya, seperti perasan jeruk nipis dan jahe.

4. Cabai

Cabai - Mengecilkan Perut Buncit Dengan Bumbu Dapur yang Mudah dan Murah

Siapa sangka, ternyata cara mengecilkan perut buncit dengan bumbu dapur yang miliki rasa pedas ini, juga sering dilakukan. Pasalnya, zat kimia yang ada pada cabai, tidak hanya membantu mengurangi nafsu makan, tapi juga bantu membakar lemak.

5. Paprika Hijau

Paprika Hijau - Mengecilkan Perut Buncit Dengan Bumbu Dapur yang Mudah dan Murah

Tidak banyak orang yang suka dengan sayuran yang satu ini, tapi ternyata paprika hijau juga sering digunakan untuk mengecilkan perut buncit loh. Paprika yang masih masuk dalam keluarga Capsicum ini, bisa meningkatkan metabolisme yang bisa menyebabkan peningkatan pembakaran lemak.

6. Bawang

Bawang - Mengecilkan Perut Buncit Dengan Bumbu Dapur yang Mudah dan Murah

Punya segudang manfaat untuk kesehatan, bawang ternyata juga masuk ke dalam daftar, cara mengecilkan perut buncit dengan bumbu dapur. Umumnya, bawang juga sering digunakan untuk asupan diet, sehingga cocok juga jika digunakan untuk kecilkan perut buncit.

7. Mentimun

Mentimun - Mengecilkan Perut Buncit Dengan Bumbu Dapur yang Mudah dan Murah

Siapa di sini yang doyan makan mentimun? Eits, jangan salah, selain menjadi sayuran yang kaya akan kandungan air, mentimun juga bisa bantu kamu merasa kenyang, dengan kalori yang sedikit. 

Mentimun juga sangat baik, untuk membantu tubuh kamu, membuang racun. Kamu bisa jus mentimun, atau dibuat infused water.

8. Kacang

Kacang - Mengecilkan Perut Buncit Dengan Bumbu Dapur yang Mudah dan Murah

Cara mengecilkan perut buncit dengan bumbu dapur yang rasanya enak adalah dengan kacang. Pasalnya, kacang memberi banyak serat, protein dan dalam beberapa kasus, zat besi. 

Kamu bisa mengkonsumsi kacang, dengan menambahkannya ke salad. Kacang yang bisa kamu gunakan di sini mulai dari mete, almond, hingga polong.

9. Seledri

Seledri - Mengecilkan Perut Buncit Dengan Bumbu Dapur yang Mudah dan Murah

Pernah dengar bahwa seledri bisa bantu menurunkan berat badan secara efektif? Yap, sama seperti mentimun, seledri juga memiliki kandungan air dan serat yang tinggi, dengan kalori yang kecil. 

Sehingga, seledri sangat cocok untuk bantu mengecilkan perut buncit, sekaligus berat badan. Caranya, bisa langsung kamu makan (batang seledri yang besar), diblender, atau dijadikan salad. 

(Baca Juga: Tantangan Minum Jus Seledri, Berani Coba?)
10. Wortel

Wortel - Mengecilkan Perut Buncit Dengan Bumbu Dapur yang Mudah dan Murah

Yang terakhir adalah wortel, meski bukan termasuk bumbu, wortel juga sering digunakan untuk mengecilkan perut buncit, karena kaya akan serat dan beta-karoten. Wortel juga bisa dijadikan kombinasi yang bagus, untuk menurunkan berat badan. 

Nah, itu dia beberapa cara mengecilkan perut buncit dengan bumbu dapur, yang dikenal mudah didapat dan juga murah. Jadi, tak perlu mahal bukan, untuk miliki perut ramping bak model?

Lindungi Diri dari Penyakit Kronis Akibat Perut Buncit dengan Asuransi Kesehatan

Karena, yang mahal itu adalah biaya pengobatan, jika kamu terserang penyakit akibat perut buncit. Tidak main-main, penyakit yang bisa menghampirimu adalah penyakit kronis, yang biaya pengobatannya sangat mahal. 

Jadi, lebih baik mencegah daripada mengobati bukan. Selain mencegah perut buncit dengan cara di atas, kamu juga bisa mencegah berbagai penyakit-penyakit akibat perut buncit dengan asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan, bisa membantu melindungi kamu dari berbagai risiko penyakit, termasuk penyakit akibat perut buncit. Sehingga, kamu akan tetap aman secara finansial dan kamu akan mendapatkan tindakan pelayanan kesehatan yang sangat layak. 

Jadi, selain terapkan pola hidup sehat, asuransi kesehatan juga tidak boleh ketinggalan. Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaik pilihanmu, untuk melindungi diri dan keluarga, hanya di CekAja.com!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk