Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Cara Mengejar Tabungan Pernikahan Selama 12 Bulan

by JTO on 28 September, 2015

pernikahan sederhana selebriti _ kredit tanpa agunan - CekAja.com

Hai CekAja,

Saya Suryani,

Saya ingin bertanya bagaimana menabung yang paling cocok untuk persiapan pernikahan saya yang akan berlangsung satu tahun lagi. Sampai dengan saat ini, saya dan pasangan memiliki tabungan sebesar Rp 50 juta.

Kami kini masih perlu mengumpulkan uang lagi sekaligus langsung membayar biaya pesta pernikahan kami. Biaya yang kamu butuhkan kira-kira Rp 120 juta.

Sebagai informasi saat ini saya bekerja dengan penghasilan Rp 7 juta per bulan. Bagaimana sebaiknya saya dan pasangan mengumpulkan uang yang kami butuhkan tersebut? Terima kasih

 

 

Jawaban:

 

Cara Menabung untuk Persiapan Pernikahan 12 Bulan

Hai Suryani,

Terima kasih sudah mempercayakan kami untuk memberikan solusi. Biasanya dana pernikahan yang akan berlangsung pada 12 bulan ke depan akan langsung digunakan untuk biaya-biaya down-payment atau uang muka. Dengan persiapan dana tabungan sebesar Rp 50 juta, kamu berdua sudah cukup memiliki awalan yang baik.

Sebagian dari uang tersebut bisa mulai dialokasikan pada pembiayaan tersebut. Umumnya yang membutuhkan biaya semacam ini adalah paket pesta pernikahan di gedung atau sewa gedung dan katering makanan (dua pos dana terbesar di pesta pernikahan). Kemudian, biaya lainnya akan dicicil secara bertahap sampai dengan hari H.

Siapkan Dana Tambahan

Dari hitungan kasar, kamu masih membutuhkan dana tambahan sebesar Rp 70 juta untuk menutup biaya pernikahan. Namun, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan dana tambahan jika memang memungkinkan. (Baca juga: Cerdas Pilih Asuransi Kesehatan Sesuai Bujet)

Misalnya kamu sekarang memiliki target untuk menabung sampai dengan Rp 100 juta untuk memenuhi kebutuhan biaya pernikahan kamu. Namun, jika tidak bisa kamu cukup mencoba mengumpulkan uang yang dibutuhkan sesuai kalkulasi yang sudah dibuat.

Sembari mengumpulkan uang, ke depannya kamu juga sudah sekaligus menabung untuk memenuhi kebutuhan lain dalam pernikahan seperti baju pengantin, seserahan, sewa mobil pengantin, souvenir, foto pre wedding, dan lain sebagainya. Syukur-syukur nantinya bisa terkumpul uang untuk membeli perabotan rumah tangga juga.

Sisihkan Penghasilan

Untuk memudahkan, kamu bisa menabung berdasarkan kebutuhan. Misalnya kamu bisa mulai menyisihkan 30 persen dari gaji bulanan untuk tabungan pernikahan. Berarti kamu menabung sekitar Rp 2.000.000 per bulan. Jika pasanganmu mendapatkan gaji yang lebih tinggi, porsinya bisa diperbesar. Kira-kira kalian berdua akan mengumpulkan Rp48 juta sampai dengan akhir tahun. (Baca juga: Sakit Dulu, Asuransi Dulu : 2 Alasan Besar Anda Malas Ikut Asuransi Kesehatan)

Dari jumlah tersebut kamu sudah mendapatkan dana sebanyak Rp100 juta sampai dengan akhir tahun. Jumlah ini sangat mungkin dapat memenuhi kebutuhan untuk biaya pesta pernikahan kamu. Sementara untuk kebutuhan lainnya seperti baju, sewa mobil dan lain sebagainya kemungkinan besar masuk dalam anggaran Rp20 juta. Jika memang demikian, kamu bisa mencoba menabung dengan mencicilnya setiap bulan dan memangkas anggaran yang biasa digunakan untuk kencan kalian berdua.

Kamu cukup menyisihkan tambahan simpanan masing-masing Rp750 ribu per bulan untuk menyicil belanja kebutuhan pernikahan. Totalnya bisa mencapai angka Rp 20 juta. Bagaimana caranya?

Cobalah untuk berhemat saat berkencan. Uang yang biasanya digunakan untuk nonton bioskop atau kencan di restoran kini ditabung untuk membayar kebutuhan pernikahan. Kalian bisa mulai mencicil untuk belanja seserahan, memesan souvenir, serta menjahit baju pengantin. Semoga membantu.

 

 

Salam,

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami