8 Cara Menghasilkan Uang dari Google Termudah di 2021

7 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Ingin tahu bagaimana cara menghasilkan uang dari Google termudah di 2021? Jangan khawatir! Kali ini, CekAja.com akan mengulas beberapa cara mudah mendapatkan uang, dari produk-produk dan aplikasi milik Google.

Seperti yang diketahui, produk dan aplikasi yang dimiliki Google sangat banyak. Dan menariknya, semua produk dan aplikasi tersebut juga menjadi andalan semua orang.

Seperti misalnya YouTube. Aplikasi yang digunakan hampir semua orang di dunia, dengan berbagai kalangan usia ini, banyak dipakai oleh para content creator untuk menyalurkan karya-karyanya, agar bisa dinikmati semua orang.

Nah, selain menjadi wadah untuk menyampaikan karya, di sana juga kamu bisa mendapatkan sejumlah uang, yang tentunya berasal dari karya yang kamu upload di YouTube tersebut.

Lantas, bagaimana cara kerjanya? Untuk tahu secara lengkap, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan memberikan beberapa cara menghasilkan uang dari Google termudah di 2021, termasuk Youtube khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Cara Menghasilkan Uang dari Google Termudah di 2021

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kalau kali ini CekAja.com akan memberikan cara menghasilkan uang dari Google termudah di 2021.

Yang mana, cara menghasilkan uang tersebut ada banyak sekali yang bisa dilakukan. Selain dari YouTube, kamu juga bisa mendapatkan uang dari beberapa produk Google seperti Google AdSense, Google Ads dan lain sebagainya.

Daripada berlama-lama penasaran, berikut merupakan beberapa cara menghasilkan uang dari Google termudah di 2021, yang di antaranya yaitu:

1. Google AdSense

Di urutan pertama ada Google AdSense. Hayo, siapa di antara kamu yang belum tahu, atau belum pernah mendengar Google AdSense? Sepertinya tidak ada.

Pasalnya, Google AdSense sendiri merupakan layanan iklan daring yang disediakan Google, untuk dipasang di situs web.

Nah, Google AdSense ini juga menjadi cara utama yang banyak digunakan, karena sangat mudah untuk melakukan monetisasi situs web, baik dalam bentuk personal blog maupun portal.

Buat kamu yang belum tahu monetisasi, itu merupakan proses mengubah sesuatu agar bisa menjadi sebuah penghasilan (mendapatkan uang).

Adapun cara kerja Google AdSense, yaitu dengan menampilkan iklan-iklan tertentu di situs web yang kamu daftarkan.

Kemudian, melalui iklan-iklan yang ditampilkan, kamu akan mendapatkan uang berdasarkan jumlah orang yang melihat dan mengklik iklan tersebut.

Bagaimana, cara kerjanya sangat mudah bukan? Meski begitu, namun kamu tetap harus memastikan kalau personal blog yang akan didaftarkan aktif, serta memiliki konten yang unik dan menarik.

Google AdSense pun sama seperti produk atau aplikasi pada umumnya, yang memiliki kelebihan dan kekurangan.

Untuk kelebihannya sendiri di antaranya, yaitu Google AdSense bisa membuatmu mendapatkan uang secara instan ketika iklan diklik pengunjung, iklan yang ditampilkan memiliki harga tertinggi, tampilan iklan responsif, bebas memilih tampilan iklan yang diinginkan, serta tersedia statistic khusus untuk mengontrol performa iklan.

Sementara untuk kekurangannya, Google AdSense membutuhkan trafik yang tinggi untuk bisa mendapatkan penghasilan besar, pendapatan akan terhenti secara otomatis apabila trafik dan iklan hilang, serta Google dapat memberikan penalti apabila iklan tidak sengaja diklik.

(Baca Juga: Cara Monetisasi Akun Youtube)

2. Google Ads

Berikutnya ada Google Ads, yang juga menjadi salah satu cara menghasilkan uang dari Google termudah di 2021.

Google Ads sendiri, memiliki cara kerja yang berbeda dari Google AdSense. Sebab, ia tidak langsung menghasilkan uang.

Tetapi menariknya, Google Ads ini memiliki peluang yang besar, untuk kamu meraup keuntungan dari bisnis yang dijalankan.

Maka dari itu, tidak heran apabila produk Google yang satu ini banyak digunakan oleh para pebisnis, karena dapat memberikan eksposur lebih untuk usahanya.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kalau Google Ads ini memiliki cara yang berbeda dan unik.

Karena, Google Ads akan memberikanmu pilihan untuk menampilkan bisnismu, di hasil pencarian Google teratas. Yang mana, hal itu tentu akan sangat menguntungkan.

Namun selain itu, ada beberapa opsi lain yang bisa dipilih para pebisnis, di antaranya yaitu bisa melalui bentuk iklan dan medium iklan yang berbeda.

Seperti misalnya melalui iklan bergambar, iklan yang diselipkan di tengah video YouTube, maupun iklan lain yang ada dalam aplikasi.

Kemudian untuk masalah biayanya, kamu perlu membayar sejumlah orang yang mengklik iklanmu. Sebab, Google Ads sendiri menerapkan sistem Pay Per Click (PPC).

Walaupun kamu harus membayar sejumlah uang untuk iklan, jangan khawatir kamu tidak mendapat untung.

Karena melalui cara ini, kamu akan mendapat eksposur lebih yang akan mendatangkan banyak pelanggan.

3. Organic Traffic Google

Selain dua cara di atas, kamu juga bisa mencoba produk Google lainnya yang bernama Organic Traffic Google.

Organic Traffic Google ini merupakan salah satu jenis trafik, yang hingga saat ini diketahui memiliki peran sebagai pendulang monetisasi terbesar.

Produk Google ini, nyatanya tidak hanya menjadi sebuah cara menghasilkan uang dari Google termudah di 2021 saja, tetapi juga disebut enam kali lebih efektif dibandingkan paid search.

Bagaimana tidak, pasalnya untuk bisa menggunakan cara ini, dibutuhkan kemampuan SEO yang handal, untuk bisa mendulang trafik organik ke suatu website.

Biasanya, orang-orang yang menggunakan cara ini adalah para pemilik website, perusahaan-perusahaan, serta blogger yang ingin menjadikan situsnya selalu berada di halaman pertama, atau bahkan posisi pertama di hasil pencarian Google.

Jadi, SEO (Search Engine Optimization) sendiri bukanlah sebuah cara monetisasi, melainkan cara pendukung agar sebuah situs bisa menjangkau semua pengguna internet.

Dan oleh karena itu pula, sangat wajar apabila Organic Traffic Google juga menjadi salah satu jenis trafik, yang hingga saat ini diketahui memiliki peran sebagai pendulang monetisasi terbesar, karena memang dibutuhkan keterampilan SEO di dalamnya.

4. Google My Business

Siapa sangka, kalau Google My Business juga menjadi cara menghasilkan uang dari Google termudah di 2021.

Produk Google yang memiliki banyak kelebihan ini, mampu membuat profil bisnis milikmu memiliki eksposur dan reputasi bisnis yang lebih meningkat.

Karena seperti yang diketahui, era yang dimasuki saat ini adalah era digital. Di mana, sebuah bisnis kehadirannya sangat dibutuhkan secara digital, untuk membuat bisnis tersebut lebih dikenal secara luas.

Mengingat, saat ini hampir semua masyarakat di dunia, sudah sangat bergantung pada internet, dalam mencari ataupun melakukan sesuatu.

Untuk itu, Google My Business hadir untuk membantu para pebisnis mendapatkan keuntungan yang lebih besar, dengan cara meningkatkan eksposur dan reputasi bisnis.

Jika kamu tertarik menggunakan produk Google yang satu ini, nantinya kamu akan merasakan beberapa kelebihan yang dimiliki Google My Business, seperti penggunaannya yang mudah, mampu membantu menghadirkan bisnis secara online, membangun reputasi bisnis dengan praktis, serta terdapat beberapa fitur gratis dan insight lengkap untuk menunjang bisnis.

5. Google Play Store

Salah satu produk Google yang hadir dalam bentuk aplikasi ini, sepertinya sudah sangat dikenal di kalangan masyarakat dunia.

Hal itu karena, Google Play Store menyediakan berbagai jenis aplikasi, baik yang berbayar maupun tidak, yang bisa diunduh oleh semua pengguna gadget berbasis Android.

Namun, sebuah fakta menarik diketahui, kalau di Google Play Store kamu juga ternyata bisa mendapatkan uang dari sana. Tentunya dengan cara membuat aplikasi.

Mungkin itu terdengar menjadi suatu hal yang berat dan sulit dilakukan, tetapi itu merupakan peluang yang sangat bagus untuk menghasilkan uang.

Yang mana, kamu bisa mendapatkannya melalui penjualan aplikasi, fitur inapp advertising, inapp purchase dan subscription.

Dengan menggunakan Google Play Store, kamu pun akan menikmati beberapa keunggulan yang dimiliki, seperti pesaing yang tidak sebanyak di platform Google lainnya, dan terdapat banyak skema monetisasi.

Dibalik keunggulan tersebut pun, tentu ada beberapa kekurangan yang perlu diantisipasi, seperti waktu yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi cukup lama, hanya bisa digunakan untuk developer aplikasi, serta membutuhkan waktu dan modal promosi yang tidak sedikit untuk menarik pengguna.

6. Google Maps

Kalau berbicara tentang menghasilkan uang, sebenarnya Google Maps tidak bisa disebutkan sebagai cara menghasilkan uang yang tepat.

Tetapi, dari sini kamu bisa mendapatkan insentif yang diberikan langsung oleh Google, apabila aktif berkontribusi memberikan ulasan, menilai, maupun menambahkan foto lokasi suatu tempat atau daerah.

Menariknya, kamu atau siapapun bisa dan memiliki kesempatan untuk berkontribusi dalam memberikan ulasan, dan berbagai pengembangan lainnya.

Selain itu, dengan menggunakan platform geolocation ini, kamu juga bisa menikmati beberapa keunggulan yang dimiliki, seperti poin yang tidak akan hangus, mencoba berbagai fitur baru yang dihadirkan, mendapatkan insentif dari Google dan lain sebagainya.

7. YouTube

Di urutan ketujuh ada YouTube, yang masuk ke dalam daftar cara menghasilkan uang dari Google termudah di 2021.

Menjadi platform yang diminati seluruh masyarakat di dunia, dengan berbagai kalangan usia, YouTube memungkinkan para pembuat konten berbentuk video ini, mendapatkan penghasilan dari karya yang dibuatnya.

Sehingga, untuk bisa menghasilan uang melalui YouTube, kamu dan pembuat konten lainnya (content creator), harus aktif serta rutin membuat konten yang menarik.

Dengan begitu, nantinya kamu bisa mendapat banyak penonton, yang akan menggiringmu ke peluang monetisasi yang sangat luas. Dengan begitu, penghasilan dari YouTube pun bisa kamu dapatkan.

8. G-Suite

Cara menghasilkan uang dari Google termudah di 2021, yang terakhir yaitu G-Suite. Sebagai platform e-mail untuk perusahaan atau lembaga, G-Suite memungkinkan para pelanggannya untuk mengkostumisasi e-mail bisnis maupun karyawan sesuai keinginan.

Tidak hanya itu, melalui G-Suite kamu pun bisa menghasilkan uang. Adapun cara yang perlu dilakukan bisa dibilang sangat unik.

Sebab, sebagai pelanggan kamu harus mengajak teman, atau perusahaan untuk jadi mitra baru di G-Suite.

Jika hal itu berhasil dilakukan, maka kamu bisa dengan mudah mendapatkan penghasilan dari G-Suite.

(Baca Juga: Cara Meraup Uang dari Instagram)

Itulah beberapa informasi seputar cara menghasilkan uang dari Google termudah 2021. Cukup memanfaatkan beberapa produk dan aplikasi Google semaksimal mungkin, maka uang pun bisa diraih.

Setelah berhasil memaksimalkan produk dari Google dan meraup keuntungan yang besar, jangan lupa ditabung untuk investasi masa depan.

Sebab, jika tidak disimpan dengan baik, bisa saja uang yang didapatkan tersebut akan habis untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.

Jadi, sebelum hal itu terjadi, sebaiknya segera menyimpannya di tabungan. Tetapi, jika hingga saat ini kamu belum memiliki tabungan, jangan khawatir. Langsung saja ajukan melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk tabungan, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Apalagi, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang juga!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani