10 Cara Menghasilkan Uang dari Internet Paling Mudah dan Efektif

Buat kamu yang membutuhkan penghasilan tambahan, sepertinya kamu wajib mengetahui sejumlah cara menghasilkan uang dari internet. Pasalnya, cara yang bisa dilakukan ada sangat banyak, salah satunya yaitu menjadi influencer.

10 Cara Menghasilkan Uang dari Internet Paling Mudah dan Efektif

Berbicara soal cara menghasilkan uang dari internet, sebenarnya kamu tak hanya bisa menjadi seorang influencer saja, namun juga bisa menjadi YouTuber, dropshipper, asisten virtual, dan lain sebagainya.

Jika kamu ingin tahu apa saja cara menghasilkan uang dari internet lainnya, pada artikel kali ini akan diulas semuanya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Tanpa perlu berlama-lama, di bawah ini merupakan 10 cara menghasilkan uang dari internet, yang telah dirangkum dari berbagai sumber, di antaranya yaitu:

1. Membuka online shop

Cara menghasilkan uang dari internet yang pertama, yaitu membuka online shop. Bisa dibilang, ini adalah salah satu cara yang cukup mudah dilakukan, karena kamu tinggal membuat akun di beberapa media sosial dan e-commerce yang akan digunakan.

Adapun media sosial yang efektif untuk digunakan berjualan online, yaitu Instagram, Facebook, dan TikTok.

Jika kamu tertarik untuk mencoba cara ini, bisa dibilang ini adalah peluang usaha yang menguntungkan sekaligus menjanjikan.

Hal itu karena, online shop kini menjadi tempat orang-orang berbelanja dengan mudah, kapan saja dan di mana saja. Sehingga, kamu tidak perlu repot-repot pergi ke toko.

Tetapi kamu juga perlu memperhatikan produk yang akan dijual, apakah menjual produk sendiri, atau mengambil dari pemasok (supplier).

Apabila kamu menjual barang milik sendiri, maka keuntungan yang bisa kamu dapat lebih besar. Tak hanya itu, perputaran uang dan produknya pun menjadi lebih mudah.

(Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari Google Termudah)

2. Menjadi influencer

Selain membuka online shop, kamu juga bisa coba menghasilkan uang dengan menjadi influencer. Pasalnya, cara menghasilkan uang dari internet yang satu ini sangat mudah.

Kamu hanya perlu memiliki jumlah pengikut (followers) yang banyak, lalu membuka endorsement di akun media sosial yang akan menghasilkan pendapatan.

Tetapi ingat, untuk bisa menjadi influencer kamu harus memiliki satu kemampuan, atau sesuatu hal yang unik dan menarik untuk dijual.

3. Menjadi YouTuber

Menjadi YouTuber juga merupakan salah satu cara menghasilkan uang dari internet, yang bisa kamu lakukan.

Bisa dibilang, pekerjaan ini susah-susah gampang, karena kamu diharuskan untuk membuat konten-konten video, yang dikemas secara menarik untuk dilihat penonton.

Namun tak hanya sekadar menarik, konten YouTube juga harus bermutu secara isi. Dengan begitu, konten yang kamu berikan tak hanya menghibur para penonton, tapi juga menginformasi.

4. Bekerja freelance

Di urutan keempat ada bekerja sebagai freelance. Cara menghasilkan uang dari internet yang satu ini sangat menarik untuk dicoba.

Sebab, pekerjaan sebagai freelance ini tidak mengharuskanmu bekerja dari kantor, dengan waktu kerja yang sudah ditentukan.

Jika bekerja sebagai freelance, kamu nantinya bisa bekerja di mana saja dan kapan saja. Karena yang terpenting adalah pekerjaan sesuai dengan tenggat waktu yang ditentukan.

Apabila kamu gemar bermain sosial media, maka kamu bisa coba-coba mendaftarkan diri ke website yang mengumpulkan portofolio freelancer, baik itu dalam bentuk tulisan, desain grafis, video-video, dan lain sebagainya.

Dengan bekerja sebagai freelance, kamu juga mendapat keuntungan menarik, berupa kemungkinan membangun relasi dengan banyak orang dari berbagai profesi.

5. Afiliasi

Cara menghasilkan uang dari internet yang selanjutnya, yaitu Afiliasi. Buat kamu yang masih bingung dengan Afiliasi, ini sejatinya adalah salah satu program yang menawarkan produk atau jasa milik orang lain.

Apabila kamu menjadi Afiliasi, dan berhasil menjual satu produk atau jasa, maka kamu akan mendapatkan komisi.

Yang menarik dari cara menghasilkan uang yang satu ini, yaitu semakin banyak kamu menjual produk atau jasa milik orang lain, maka semakin banyak pula uang yang kamu dapatkan.

Akan tetapi, kamu perlu memiliki platform untuk berjualan, baik itu situs resmi, blog, akun e-commerce, media sosial, maupun bulletin email.

Semakin banyak media sosial yang kamu gunakan untuk mempromosikan Afiliasi, maka semakin besar pula pasar yang bisa kamu jangkau.

Soal pengiriman barang ke konsumen, kamu tidak perlu khawatir. Sebab, pengiriman barang akan dilakukan langsung oleh pihak penjual.

Kamu selaku afiliasi hanya perlu mempromosikan produk, baik itu barang atau jasa, dan menjualnya ke konsumen dari berbagai lingkup.

6. Menjadi dropshipper

Sebuah keputusan yang tepat, ketika kamu memilih bekerja sebagai dropshipper untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Sebab, dropshipper memiliki tugas untuk menjual barang-barang milik orang lain, tanpa harus mengeluarkan modal.

Menariknya, seorang dropshipper hanya perlu mempromosikan produk yang dijual, sampai konsumen tertarik untuk membelinya.

Apabila konsumen sudah tertarik, maka kamu selaku dropshipper hanya perlu menghubungi penjual barang, dan memintanya untuk mengirim ke konsumen.

Soal keuntungan, dropshipper bisa mendapatkannya dengan cara menaikkan sedikit dari harga jual normal.

7. Mengikuti survei berbayar

Siapa sangka, kalau mengikuti survei berbayar juga menjadi salah satu cara menghasilkan uang dari internet yang bisa dilakukan.

Cukup dengan mengisi survei berbayar yang diadakan oleh perusahaan-perusahaan yang membutuhkan opini, maka kamu akan mendapatkan poin yang nantinya bisa ditukar dengan hadiah tertentu, baik itu voucher belanja, uang tunai, maupun pulsa.

Bagaimana, sangat mudah bukan cara menghasilkan uang dari internet yang satu ini? Tanpa harus mengeluarkan modal sepeserpun, kamu sudah bisa mendapatkan tambahan banyak uang.

8. Blogging

Saat ini, blogging bukan hanya sebuah kegiatan yang dilakukan atas dasar hobi. Tetapi juga menjadi salah satu cara menghasilkan uang dari internet.

Blogging sendiri bisa dilakukan oleh siapa saja, tanpa harus memiliki latar belakang penulis. Apalagi, blogger juga diberi kebebasan untuk menulis dari topik apapun, karena memang pada dasarnya tidak ada aturan pakem mengenai topik apapun.

Soal keuntungannya, blogger bisa mendapatkannya dari banyaknya konten-konten yang diproduksi dan dibaca oleh pembaca.

Nah untuk mendapatkan banyak jumlah pembaca, seorang blogger harus membuat konten yang menarik dan berkualitas, agar pembaca betah membaca tulisan-tulisan yang dibuat, serta bisa menjangkau banyak pengunjung.

9. Menjadi asisten virtual

Cara menghasilkan uang dari internet yang kesembilan, yaitu menjadi asisten virtual. Di era yang sudah serba digital saat ini, bekerja sebagai asisten virtual menguntungkan.

Apalagi jika kamu juga mahir dalam membuat dan mengelola banyak rencana, maka cara menghasilkan uang yang satu ini patut dicoba.

Menyoal tugas, seorang asisten virtual tak hanya mengurus soal pembukuan saja, namun juga mengurus email, riset, entri data, dan lain sebagainya.

Jika kamu tertarik dengan pekerjaan ini, maka kamu bisa coba mencari lowongan di situs-situs freelance, seperti Upwork, Fiverr, dan semacamnya.

10. Membuka jasa optimasi website

Cara menghasilkan uang di internet yang terakhir, yaitu membuka jasa optimasi website atau yang dikenal dengan Search Engine Optimization (SEO).

Sesuai dengan namanya, bidang pekerjaan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Hanya saja, untuk melakukan pekerjaan ini dibutuhkan kemampuan dan keahlian khusus.

(Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari YouTube)

Itulah beberapa cara menghasilkan uang dari internet, yang sudah kamu ketahui informasinya secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Bagaimana, dari semua cara tersebut, apakah satu di antaranya ada yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhanmu?

Jika ada, maka kamu bisa langsung mencobanya dengan mendaftar di situs-situs freelance. Apabila berhasil, maka kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan, yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Tetapi, apabila uang yang didapatkan tersebut masih belum mencukupi kebutuhan sehari-hari, maka kamu bisa mengajukan pinjaman uang.

Saat ini, mengajukan pinjaman uang bisa dilakukan dengan mudah, yaitu secara online melalui situs perbandingan CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk pinjaman dari perbankan maupun lembaga keuangan lainnya, yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang juga!