10 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah dengan Cepat dan Efektif

6 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Bagi kamu yang memiliki masalah flek hitam di wajah, sepertinya wajib mengetahui cara menghilangkan flek hitam di wajah berikut ini. Pasalnya, flek hitam merupakan salah satu masalah wajah, yang membuat penampilan terganggu.

Flek hitam juga juga menjadi masalah wajah, yang paling sering dialami, terutama kulit orang Indonesia.

Penyebab Flek Hitam di Wajah

Sebelum membahas tentang cara menghilangkan flek hitam di wajah, yuk cari tahu dulu apa penyebab flek hitam di wajah berikut ini.

Tidak timbul begitu saja tanpa sebab, flek hitam di wajah muncul akibat peningkatan produksi melanin di kulit, terlebih jika kulit terkena langsung paparan sinar matahari.

Apa itu melanin? Melanin sendiri merupakan pigmen alami, yang bisa menentukan warna kulit seseorang.

Nah, semakin banyak kadar melanin yang terkandung pada kulit, maka akan semakin gelap kulit seseorang.

Di sini sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet, berpengaruh besar terhadap munculnya flek hitam.

Pasalnya, sinar UV bisa menyebabkan peningkatan produksi melanin. Tidak tersebar merata, kadang melanin menumpuk di satu tempat, sehingga menghasilkan warna kulit yang berbeda dari kulit sekitarnya, seperti bintik-bintik.

Namun, selain faktor eksternal, flek hitam juga bisa disebabkan oleh kondisi genetik seseorang.

(Baca Juga: 8 Tanda Penuaan Dini, Kenali dan Cegah dengan Cara Ini)

Menyamarkan Dengan Make Up

Karena keberadaannya sangat mengganggu, maka tak heran banyak wanita yang mengakalinya dengan cara menyamarkan pakai make up.

Namun, menyamarkan flek hitam dengan make up tebal, tidak akan membuatnya hilang, dan kamu tidak akan pernah percaya diri tanpa make up.

Tinggalkan cara menyamarkan flek hitam dengan make up, kamu bisa lakukan cara menghilangkan flek hitam di wajah berikut ini, dengan cepat, efektif, dan permanen.

Cara Menghilangkan Flek Hitam – Dari Bahan Alami

1. Soda Kue

Cara menghilangkan flek hitam yang pertama adalah dengan menggunakan soda kue. Flek hitam yang membandel, seperti noda hitam bekas jerawat, juga bisa diatasi dengan ramuan soda kue.

Biasa digunakan untuk membuat kue atau memasak, soda kue juga memiliki manfaat untuk kecantikan.

Untuk cara membuat ramuannya sendiri cukup mudah. Pertama, kamu campurkan soda kue dengan sedikit air lalu aduk hingga menjadi pasta masker.

Setelah ramuan jadi, kamu bisa langsung oleskan pada wajah yang terdapat flek hitam. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

2. Lemon

Dilansir dari lifestyle.kompas.com, air perasan lemon mengandung vitamin C, yang dapat mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit.

Sehingga, lemon juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan flek hitam di wajah. Pasalnya, vitamin C telah terbukti sebagai agen depigmentasi, yang efektif menurunkan pembentukan melanin.

Nah, bagaimana cara mengaplikasikannya? Caranya sangat mudah, karena kamu cukup mengoleskan sari lemon, pada kulit wajah yang memiliki flek hitam.

Namun, bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, tetap bisa menggunakan sari lemon yang dicampur terlebih dahulu dengan air.

3. Kunyit

Tak kalah memberikan efek yang cepat, kunyit juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan flek hitam di wajah.

Rempah-rempah yang memiliki warna kuning pekat ini merupakan salah satu bahan alami, yang cukup ampuh menghilangkan flek hitam.

Tidak hanya di dunia memasak, ternyata kunyit juga populer di dunia kecantikan, karena dapat mengatasi kerusakan kulit akibat radikal bebas dan mengurangi pigmentasi kulit.

Bagaimana cara mengaplikasikannya? Nanti wajah malah jadi kuning? Tenang, efek warna kuning perlahan akan menghilang kok.

Caranya, kamu cukup masukan dua sendok kunyit bubuk ke dalam wadah, lalu tambahkan sedikit susu dan perasan air jeruk.

Lalu, aduk hingga merata. Setelah ramuan sudah berbentuk seperti bubur, segera oleskan pada wajah yang terdapat flek hitam.

Setelah dioleskan merata, diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat.

4. Madu

Cara menghilangkan flek hitam di wajah, yang selanjutnya adalah dengan madu. Bahan alami yang memiliki rasa manis ini, bisa menghilangkan flek hitam di wajah, karena mengandung zat antibiotik dan bisa membantu penyembuhan luka secara alami.

Tidak hanya flek hitam karena kelebihan melanin, madu juga bisa menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Sama seperti cara lainnya, kamu hanya tinggal oleskan madu ke area wajah yang terdapat flek hitam, pada malam hari, lalu biarkan meresap ke kulit semalaman.

Nah, setelah pagi datang, kamu bisa langsung bilas wajah dengan air hangat.

5. Ekstrak atau Minyak Biji Anggur

Terkenal sangat baik untuk kecantikan, ekstrak atau minyak biji anggur merupakan produk alami, yang digunakan untuk menghilangkan flek hitam di wajah.

Sebenarnya, belum ada penelitian mendalam tentang penggunaan topikal ekstrak biji anggur, untuk tujuan ini.

Namun, sebuah studi pernah menunjukkan bahwa, minum ekstrak biji anggur selama enam bulan, bermanfaat bagi orang yang memiliki kondisi kulit melasma, yang mirip dengan hiperpigmentasi pasca-inflamasi.

Jadi, tak ada salahnya kamu mencoba menggunakan bahan alami ini, untuk hilangkan flek hitam.

Bahkan, saat ini sudah banyak produk minyak biji anggur, yang bisa kamu beli di toko online.

Cara Menghilangkan Flek Hitam – Dengan Produk yang Ada di Apotik

1. Garnier Light Complete Multi Action Whitening Cream

Cara menghilangkan flek hitam di wajah, selain dengan bahan alami juga bisa dilakukan dengan menggunakan produk, yang ada di apotik, seperti Garnier Light Complete Multi Action Whitening Cream.

Produk ini mengandung SPF19/PA++ sehingga bisa melindungi kulitmu dari sinar matahari. Serum dari Garnier ini, juga sudah teruji secara dermatologis, yang memiliki kandungan utama Niacinamide, vitamin E, dan ekstrak lemon.

2. Melanox Forte Cream

Melanox Forte Cream, juga masuk ke dalam daftar cara menghilangkan flek hitam di wajah, yang bisa didapatkan di apotek.

Adapun cream ini, memang dikhususkan untuk kamu yang memiliki masalah noda gelap.

Cream yang berukuran 15gr ini menggunakan bahan aktif dari hydroquinone sebanyak 4%.

3. Quintri Cream

Produk Quintri juga bisa menjadi salah satu produk, untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Produk ini berbentuk salep atau cream, yang biasa digunakan untuk menghilangkan flek hitam.

Namun, produk ini biasanya digunakan bagi kamu yang memiliki problem flek hitam, yang sudah masuk kategori sedang hingga berat. P

Mengandung Hydroquinone, menjadikan produk ini paling efektif untuk menyamarkan noda gelap.

4. Nourish Skin Ultimate

Jika tadi hanya digunakan topikal, cara menghilangkan flek hitam di wajah yang satu ini, bisa dilakukan dari dalam, yakni dengan minum Nourish Skin Ultimate.

Namun, produk yang satu ini, lebih diperuntukkan buat kamu yang sudah menginjak usia 30-40 tahun ke atas.

Nourish Skin Ultimate, mengandung hyaluronic acid untuk melembabkan kulit dan kolagen untuk mempertahankan kekenyalan kulit. Lalu ada kandungan Lyophilized Marine Protein Complex yang kaya akan Omega-3, zat besi, potasium, dan antioksidan.

5. SK-II Whitening Spot Specialist Concentrate

Meski mahal, SK-II Whitening Spot Specialist Concentrate memang dikenal, sebagai salah satu produk dan cara menghilangkan flek hitam di wajah.

Bahkan, produk ini juga menyebutkan mampu menghilangkan bintik-bintik hitam, sejak pemakaian empat minggu pertama.

Produk ini dikemas, dengan kemasan ampoule, dan disarankan untuk sekali pakai. Namun, satu ampoule bisa digunakan untuk 2-3 kali pemakaian.

Kamu bisa gunakan serum ini, sesaat sebelum tidur, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

(Baca Juga: 7 Merk Serum Wajah Terbaik)

Nah, itu dia beberapa informasi terkait cara menghilangkan flek hitam di wajah. Karena, saat ini, penampilan wajah sangat penting terlebih untuk kepercayaan diri sendiri.

Namun, kebanyakan produk penghilang flek hitam, memang dikenal cukup mahal. Tapi, demi wajah putih merata, kamu pasti rela bukan?

Beli Produk Penghilang Flek Hitam Pakai Kartu Kredit Lebih Hemat!

Adapun, jika kamu mau lebih hemat ketika membeli produk penghilang flek hitam, Kartu kredit bisa menjadi solusinya.

Dengan kartu kredit, kamu bisa berkesempatan mendapatkan promo menarik, seperti diskon, cashback, hingga rewards.

Bagaimana kalau belum punya kartu kredit? Ngapain galau, ajukan saja lewat CekAja.com! Dijamin, cepat, praktis, dan mudah, karena semua proses pengajuannya dilakukan secara online.

CekAja.com, juga menawarkan banyak produk kartu kredit, dari berbagai perusahaan bank ternama, di Indonesia.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan kartu kredit terbaik pilihanmu, hanya di CekAja,com!