Cara Menghilangkan Stretch Mark Paling Efektif, Kulit Mulus Kembali!

7 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Nggak pede dengan stretch mark? Cara menghilangkan stretch mark secara alami, beserta rekomendasi obat dari dokter berikut ini, sepertinya perlu dicoba! Terutama bagi para ibu, yang baru saja melahirkan!

Apa Itu Stretch Mark?

Sebelum mengetahui cara menghilangkan stretch mark, yang bikin kulit tak mulus, yuk intip dulu sekilas informasi, mengetahui stretch mark.

Stretch mark sendiri merupakan sebuah masalah kulit berupa guratan peregangan, yang disebabkan oleh hal-hal diluar penyakit, yang mendasari.

Misalnya, karena kehamilan pada trimester akhir, kenaikan berat badan akibat obesitas, pertumbuhan yang sangat cepat pada remaja, efek samping obat, hingga peningkatan ukuran otot secara pesat, melalui angkat beban.

Stretch Mark Tidak Menyebabkan Nyeri

Masalah kulit yang satu ini sebenarnya tidak menyebabkan nyeri, akan tetapi keberadaannya sangat mengganggu penampilan.

Sebab, stretch mark bisa membuat permukaan kulit menjadi tidak mulus, karena guratan-guratan memanjang (seperti kulit yang pecah dan berserat).

Penyebab Stretch Mark

Jika ditelaah lebih dalam, stretch mark terjadi terjadi diduga karena adanya peregangan kulit.

Bahkan, tingkat keparahan dari kondisi ini, bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, yakni genetik, derajat peregangan kulit yang terjadi, dan kadar hormon kortisol dalam tubuh.

Kortisol sendiri merupakan sebuah hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal, yang bisa melemahkan fiber elastin pada kulit.

Tidak hanya wanita hamil dan obesitas, stretch mark bisa terjadi pada siapapun. Namun, faktor-faktor berikut, yang paling memungkinkan seseorang untuk mengalaminya:

  • Jenis kelamin wanita
  • Memiliki riwayat mengalami stretch marks sebelumnya atau memiliki anggota keluarga yang mengalami stretch marks
  • Kehamilan, terutama kehamilan usia muda
  • Memiliki berat badan berlebih atau obesitas
  • Mengalami peningkatan atau penurunan berat badan secara drastis
  • Mendapatkan pengobatan kortikosteroid
  • Menjalani operasi pembedahan augmentasi payudara
  • Mengalami sindrom Cushing, sindrom Marfan, atau kelainan genetik tertentu

Variasi Stretch Mark

Tidak hanya sebuah guratan, stretch mark juga memiliki beberapa variasi. Umumnya, variasi terjadi tergantung dari jangka waktu terjadinya stretch mark, bagian tubuh yang terlibat, hinga jenis kulit dari individu yang mengalaminya.

Berikut beberapa variasi stretch mark:

  • Garis-garis berindentasi pada kulit
  • Garis berwarna merah muda, merah, hitam, biru, atau ungu
  • Garis berwarna terang yang memudar menjadi warna yang lebih muda seiring dengan berjalannya waktu
  • Garis pada kulit perut, payudara, pinggul, bokong, dan paha

Stretch mark variasi mana, yang pernah kamu alami?

Nah, sudah tahu kan, apa itu stretch mark beserta penyebab dan variasinya? Sekarang, kira-kira apa yang akan kamu lakukan untuk menghilangkan masalah tersebut?

Setidaknya ada beberapa cara menghilangkan stretch mark, yang bisa dilakukan. Mulai dari yang alami hingga rekomendasi obat dari dokter.

(Baca Juga: Jenis-jenis Alergi pada Kulit)

Tidak cepat, stretch mark bisa hilang sempurna, dengan perlahan namun pasti. Semua, juga tergantung dari ketelatenan individu itu sendiri, dalam mengatasinya.

Yuk, langsung saja inti cara menghilangkan stretch mark paling efektif, yang bikin kulit mulus kembali, tanpa guratan, berikut ini!

Cara Menghilangkan Stretch Mark – Secara Alami

1. Minyak Zaitun

Cara menghilangkan stretch mark dengan bahan alam yang pertama adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Menjadi minyak ajaib, terlebih untuk kecantikan, minyak zaitun juga dipercaya bisa memudarkan stretch mark.

Minyak zaitun sendiri, mengandung zat linoleic acid, yang mampu menjaga kadar air pada kulit, dan juga polifenol.

Aromanya yang menenangkan juga, membuat minyak ini menjadi favorit para wanita, sebagai minyak perawatan tubuh.

Cara menggunakannya, kamu hanya tinggal menoleskan pada bagian bergurat, sambil dipijat-pijat. Kamu juga bisa tambahkan bahan lain seperti madu.

2. Bubuk Cokelat

Tidak hanya terjadi pada remaja, stretch mark jua bisa terjadi pada remaja. Nah, pada kasus ini, cara menghilangkan stretch mark pada remaja, bisa dilakukan dengan menggunakan bubuk cokelat.

Bubuk cokelat bisa dijadikan sebagai scrub atau lulur, dengan tekstur yang halus. Cara mengaplikasikannya juga sangat mudah kok.

Kamu hanya cukup siapkan bubuk coklat murni, tambahkan madu atau air hingga membentuk pasta.

Oleskan pasta cokelat pada bagian kulit yang bergurat diamkan selama 15-30 menit. Setelah itu bilas sampai bersih.

3. Scrub Gula

Selain bubuk coklat, scrub gula juga bisa dijadikan salah satu cara menghilangkan stretch mark yang efektif loh.

Kamu hanya cukup campurkan gula pasir dengan minyak almond atau minyak kelapa, dan beberapa tetes lemon.

Aduk, dan oleskan pada area tubuh, yang terdapat stretch mark. Lakukan hal tersebut sebelum mandi, sehingga bisa langsung dibilas.

4. Lidah Buaya

Cara menghilangkan stretch mark lainnya, yang tidak kalah mudah adalah dengan lidah buaya. Pasalnya, lidah buaya dipercaya bisa merawat kulit, termasuk memudarkan stretch mark.

Bahkan, banyak yang menggunakan lidah buaya untuk berbagai macam perawatan kulit, termasuk sebagai pertolongan pertama pada luka bakar.

Cara mengaplikasikannya juga sangat mudah, yakni dengan menyiapkan lidah buaya kupas, atau bisa juga dengan gel lidah buaya, yang sudah banyak tersedia dalam bentuk kemasan.

Lalu oleskan secara merata, pada bagian tubuh yang terdapat stretch mark, dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.

5. Minyak Jarak

Selain minyak zaitun, minyak jarak juga bisa dijadikan bahan alami, untuk menghilangkan stretch mark secara alami.

Minyak jarak sendiri mengandung vitamin E yang dipercaya mampu meregenerasi kulit. Cara mengaplikasikannya, cukup dengan mengoleskan secara rutin, sebanyak 2 kali sehari.

Cara Menghilangkan Stretch Mark – Rekomendasi dari Dokter

1. Bio Oil

Cara menghilangkan stretch mark, rekomendasi dari dokter yang pertama ada Bio Oil. Terkenal dengan minyak sejuta khasiat, Bio Oil disebut bisa perlahan hilangkan stretch mark.

Bukan berbentuk krim, Bio Oil ini berbentuk minyak, dengan aroma yang menenangkan. Minyak ini, banyak diincar karena sangat bagus untuk berbagai perawatan kulit.

Bahkan, selain bisa memudarkan stretch mark, Bio Oil juga sering dijadikan penyamar bekas luka, seperti luka bakar, hingga luka bekas jerawat.

Maka tak heran, banyak wanita yang membeli ini untuk dijadikan skin care, karena bisa meratakan warna kulit, mencegah penuaan kulit, serta mengatasi dehidrasi kulit.

Bio Oil sendiri mengandung berbagai zat yang terdiri dari calendula oil, chamomile oil, serta lavender oil.

Produk ajaib ini tersedia dalam beberapa ukuran, yakni 25 ml, 60 ml, 100 ml, dan 200 ml. Sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Harga: Sekitar Rp60.000 (25 ml)

2. Mothercare It’s Your Body Stretch Mark Cream

Cara menghilangkan stretch mark yang kedua adalah dengan mengolesi dengan krim stretch mark dari Mothercare.

Produk penghilang stretch mark bernama Mothercare It’s Your Body Stretch Mark Cream. Mothercare sendiri, terkenal sebagai merk perlengkapan kebutuhan bayi, anak, dan ibu.

Mothercare juga mengeluarkan produk, untuk mengatasi masalah stretch mark pada ibu hamil.

Krim penghilang stretch mark ini, diperkaya dengan ekstrak almond dan shea butter. Bahkan, produk ini juga bisa mencegah munculnya stretch mark, sejak awal kehamilan.

Mothercare It’s Your Body Stretch Mark Cream ini tersedia dalam ukuran 200 ml. Dengan isi yang banyak, ibu bisa olesi krim ke bagian-bagian stretch mark sering muncul.

Seperti di betis, perut, paha, dan bagian tubuh sensitif lainnya. Bahkan, ketika perut sudah merasa gatal saat hamil, ibu bisa olesi krim ini, untuk meredakannya.

Harga: Sekitar Rp169.000 (200 ml)

3. Mama’s Choice Stretch Mark Cream

Obat penghilang stretch mark selanjutnya ada Mama’s Choice Stretch Mark Cream. Cara menghilangkank stretch mark dengan krim rekomendasi dari merk Mama’s Choice ini diperkaya dari bahan alami.

Sehingga produk ini tidak mengandung paraben, alkohol, hingga bahan kimia berbahaya lainnya.

Krim ini juga diperkaya lidah buaya dan lipobelle soyaaglycone, zat aktif yang ada di kacang kedelai.

Produk ini dipercaya bisa membantu memudarkan stretch mark, mengurangi rasa gatal pada bagian kulit yang meregang, dan memiliki aroma yang menenangkan.

Harga: Sekitar Rp99.000 (100 ml)

4. Vienna Stretch Mark Cream

Tidak semahal yang lain krim penghilang stretch mark yang satu ini adalah Vienna Strertc Mark Cream. Produk ini memiliki harga terjangkau, namun tetap bisa memberikan solusi untuk menghilangkan stretch mark.

Produk ini mengandung sunflower oil, olive oil, serta ekstrak lidah buaya. Krim ini juga bisa meningkatkan elastisitas kulit dan membuat kulit terasa lebih lembab.

Ibu dan para wanita lainnya, bisa menggunakan produk ini secara rutin agar hasil lebih maksimal. Produk ini tersedia dalam ukuran 80 ml, dengan harga di pasaran sekitar Rp30 ribu-an.

Harga: Sekitar Rp35.000 (80 ml)

5. Mustela Stretch Mark Cream

Nah, untuk produk krim penghilang stretch mark yang satu ini, mungkin memiliki haga lebih mahal, karena produk ini berasal dari Prancis, dan mengandung bahan-bahan unggul.

Rekomendasi krim penghilang stretch mark yang terakhir ini, adalah Mustela Stretch Mark Cream, yang diperkaya bahan-bahan natural, seperti coconut oil, sunflower oil, beeswax, shea butter, dan ekstrak alpukat.

Dengan kandungan unggulnya, maka tak heran banyak yang mengklaim produk ini bagus, dan efektif sebagai salah satu cara menghilangkan stretch mark.

Harga: Sekitar Rp500.000 (150 ml)

Nah, itu dia beberapa cara menghilangkan stretch mark, baik dari bahan alami, maupun rekomendasi obat dari dokter.

(Baca Juga: 11 Cara Mengatasi Pegal-Pegal Saat Hamil yang Efektif)

Keduanya bisa kamu coba sendiri di rumah, sesuai kebutuhan, dan masalah stretch mark yang kamu alami.

Jika ingin lebih praktis, kamu bisa menggunakan rekomendasi obat dari dokter, atau bisa juga dengan memadukan dengan cara alami.

Adapun produk krim penghilang stretch mark sendiri, sudah banyak tersedia di berbagai e-commerce langganan kamu, seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, dan masih banyak lagi.

Agar lebih hemat, kamu bisa membelinya menggunakan kartu kredit. Karena, akan ada banyak promo berlimpah, mulai dari diskon, cashback, hingga rewards.

Belum Punya Kartu Kredit? Ajukan Saja di CekAja.com!

Di CekAja.com, kamu bisa dengan mudah, mengajukan kartu kredit melalui CekAja.com, secara online.

CekAja.com juga menyediakan banyak kartu kredit terbaik, dari berbagai bank ternama di Indonesia.

Selain itu, kamu juga dengan mudah membandingkan produk kartu kredit yang satu dengan kartu kredit yang lainnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan kartu kredit terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com, dan beli krim penghilang stretch mark, demi kulit halus dan mulus!