9 Cara Mengobati Cantengan Sendiri yang Efektif dan Aman

5 min membaca Oleh Vera Khairifah on

Cantengan atau infeksi jamur pada kuku adalah penyakit yang sangat menyakitkan dan menurunkan tingkat kepercayaandiri. Yuk, simak cara mengobati cantengan sendi yang bisa dilakukan di rumah yang efektif dan aman.

Cara Mengobati Cantengan Sendiri yang Efektif dan Aman

Penyebab Cantengan

Cantengan atau dalam istilah medis disebut dengan Paronychia adalah sebuah kondisi di mana ujung kuku tumbuh dan masuk ke dalam bagian daging di pinggiran area kuku.

Masuknya kuku ke dalam daging kemudian akan menimbulkan rasa nyeri, muncul kemerahan kulit sekitar kuku, muncul nanah, serta bisa saja mengakibatkan kuku menjadi lunak dan terlepas.Penyakit ini bisa terjadi pada kuku kaki maupun tangan.

Cantengan dapat menyerang semua orang dari segala usia. Namun memang mayoritas penderita cantengan adalah mereka yang masuk dalam kategori usia produktif (15 tahun sampai 40 tahun).

Demikian pula dengan orang-orang berusia di atas 50 tahun lebih berisiko terkena cantengan karena kondisi kuku yang lebih lunak dan tipis.

Berikut ini beberapa penyebab terjadinya cantengan pada kuku:

  • Menumpuknya sisa-sisa kotoran pada area kuku atau ujung kuku.
  • Infeksi jamur
  • Terlalu pendek memotong kuku, sehingga kuku tumbuh menancap ke dalam daging.
  • Menggunakan kaos kaki yang lembab atau basah.
  • Menggunakan sepatu yang sempit
  • Terjadi tekanan pada kuku secara berulang. Baik saat berkegiatan atau saat memakai sepatu yang terlalu sempit.
  • Memiliki bentuk kuku yang berbeda yakni melengkung. Kondisi ini dinamakan curved toenails.

Sedangkan cantengan yang disertai infeksi disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus. Jenis bakteri ini adalah bakteri yang menginfeksi kulit, dan menimbulkan penyakit-penyakit kulit.

Tetapi, pada kondisi infeksi yang lebih serius, bakteri Staphylococcus aureus dapat menjalar ke tulang. Infeksi tulang akan terjadi melalui persebaran dari kulit, otot, hingga sampai ke tulang.

Cantengan akan lebih berpeluang terjadi pada orang yang memiliki riwayat penyakit yang sama di keluarganya, pada orang-orang yang kaki atau tangannya mudah berkeringat, dan orang yang terkena diabetes.

Serta pada orang yang melakoni pekerjaan yang membuat kuku tertekan terus menerus, seperti atlet, SPG/SPB yang berdiri dalam waktu yang lama dengan sepatu sempit atau higheels.

Cara mengobati cantengan perlu kamu ketahui agar penyakit ini tidak menimbulkan komplikasi lain yang membuat penderitanya merasa lebih tidak nyaman. Kasus cantengan ringan sebenarnya dapat diatasi dengan cara mengobati cantengan di rumah.

Sedangkan untuk penderita diabetes yang cenderung lebih sulit mengalami proses penyembuhan luka, maka cara mengobati cantengan harus dilakukan oleh dokter.

(Baca Juga: Cara Mengobati Masuk Angin Tanpa Kerokan)

Gejala Cantengan

Seseorang yang menderita cantengan akan merasakan gejala-gejala berikut ini. Di antaranya:

  • Terasa nyeri saat bagian ujung kuku disentuh
  • Area sekitar kuku bengkak, muncul kemerahan, terasa lebih hangat atau mengeras
  • Muncul nanah atau darah di area dalam kuku
  • Gejala demam akan muncul pada kasus cantengan yang disertai infeksi bakteri

Cara Mengobati Cantengan

Jangan tunda proses pengobatan cantengan jika sudah terjadi infeksi yang menimbulkan nanah, darah, atau gejala demam. Demikian pula dengan kasus cantengan pada penderita diabetes. Kamu harus segera ditangani dokter untuk segera meredakan penyakit ini.

Cara mengobati cantengan yang dilakukan oleh dokter biasanya dnegan pemberian obat sesuai resep, serta operasi pengangkatan kuku.

Tetapi, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, untuk kasus cantengan ringan, cara mengobati cantengan bisa dilakukan sendiri di rumah dengan beberapa langkah.

Berikut ini daftar cara mengobati cantengan beserta penjelasannya:

1. Kompres Air Hangat

Kompres Air Hangat - 9 Cara Mengobati Cantengan Sendiri yang Efektif dan Aman

Cara mengobati cantengan yang pertama adalah dengan mengompres dengan air hangat. Selain membuat kaki atau tangan yang terkena cantengan lebih rileks, air hangat akan membantu mematikan bakteri atau jamur.

2. Rendam Kuku dengan Cuka Apel

Rendam Kuku dengan Cuka Apel - 9 Cara Mengobati Cantengan Sendiri yang Efektif dan Aman

Cuka apel mengandung zat antiseptik, antiradang dan antinyeri sehingga membantu meredakan rasa sakit yang ditimbulkan oleh cantengan.

Cara mengobati cantengan ini bisa dilakukan dengan memasukkan cuka apel ke dalam air hangat yang disiapkan di dalam wadah dengan rasio air hangat yang lebih banyak. Lalu, rendam kuku selama 20 menit hingga 30 menit.

3. Rendam Kuku dengan Air Garam

Rendam Kuku dengan Air Garam - 9 Cara Mengobati Cantengan Sendiri yang Efektif dan Aman

Jika kamu tidak memiliki cuka apel di rumah, kamu bisa menggunakan garam untuk dijadikan obat cantengan. Garam atau NaCl dipercaya mampu membunuh bakteri dan menghempas sisa-sisa kotoran pada kuku.

Rendam kuku setiap hari dengan campuran air hangat dan larutan garam. Dijamin, cantenganmu akan segera mereda.

(Baca Juga: Cara Mengobati Wasir Secara Alami Tanpa Operasi)

4. Rutin Membersihkan Kuku

Rutin Membersihkan Kuku - 9 Cara Mengobati Cantengan Sendiri yang Efektif dan Aman

Ini merupakan hal terpenting alias kunci kesuksesan dari cara mengobati cantengan. Kuku yang terkena cantengan harus selalu dalam kondisi bersih.

Caranya, lap bagian kuku yang lembab akibat nanah atau darah, basuh kuku dengan air sabun dan dibilas dengan air bersih yang mengalir. Keringkan dengan menggunakan kain lembut yang bersih, dan anginkan kuku agar semakin mongering dan tidak lembab.

Selalu ingat untuk tidak sembarangan memegang kuku dengan tangan yang kotor, karena akan menambah kemungkinan infeksi akibat kontaminasi dengan kotoran dan bakteri.

5. Mengonsumsi Obat

Mengonsumsi Obat - 9 Cara Mengobati Cantengan Sendiri yang Efektif dan Aman

Jika cantengan disertai rasa nyeri yang teramat sangat, maka kamu bisa mengonsumsi obat-obat yang memberi manfaat sebagai antinyeri, seperti paracetamol misalnya.

Obat antibiotik seperti penisilin juga bisa menjadi pilihan, maupun obat antijamur. Minum obat sesuai dosis pemakaian yang sewajarnya.

6. Mengoleskan Salep

Mengoleskan Salep - 9 Cara Mengobati Cantengan Sendiri yang Efektif dan Aman

Ada juga nih cara mengobati cantengan dari luar, yakni dengan mengoleskan salep antijamur dan antibiotik. Misalnya saja seperti salep Polysporin, Neosporin, dan Bactroban.

Penggunaan salep akan membantu pembunuhan jamur dan bakteri, serta mempercepat proses penyembuhan penderita cantengan.

7. Memotong Kuku yang Terinfeksi

Memotong Kuku yang Terinfeksi - 9 Cara Mengobati Cantengan Sendiri yang Efektif dan Aman

Cantengan biasanya membuat kuku menjadi lunak dan perlahan terlepas dari dasar kulit terluar. Kamu bisa memotong bagian kuku ini dengan ekstra hati-hati. Pastikan bentuk kuku yang dipotong rata, tidak membuat kuku menjadi lancip dan berpotensi menusuk kembali bagian daging yang lain.

Alat pemotong kuku harus dalam kondisi bersih, dan kembali bersihkan kuku setelah dipotong. Tak usah khawatir, kukumu nantinya akan kembali tumbuh dengan kondisi lebih baik dan lebih merekat pada kulit.

8. Mengganjal Kuku dengan Kasa

Mengganjal Kuku dengan Kasa - 9 Cara Mengobati Cantengan Sendiri yang Efektif dan Aman

Setelah menerapkan cara mengobati cantengan dengan memotong kuku, kamu bisa mengganjal bagian kuku yang sudah terpotong dengan kain kasa bersih.

Tujuannya untuk membuat posisi kuku yang akan tumbuh sesuai dengan posisi yang seharusnya. Sehingga kuku tidak kembali melengkung atau ke luar jalur hingga menusuk bagian daging.

9. Memakai Alas Kaki dengan Ujung Terbuka

Memakai Alas Kaki dengan Ujung Terbuka - 9 Cara Mengobati Cantengan Sendiri yang Efektif dan Aman

Cara mengobati cantengan yang terakhir adalah dengan memakai alas kaki yang nyaman dan terbuka. Jangan lagi memakai sepatu sempit, atau yang menutupi kaki secara full karena akan membuat kuku kembali lembab dan membuat cantengan tidak cepat sembuh.

Kurangi aktifitas yang melibatkan kerja tangan maupun kaki. Hal ini untuk meminimalisir terpaparnya kuku pada kotoran baru dan untuk menghindari kemungkinan kuku terluka akibat tersentuh benda-benda lain.

Itulah sederet cara mengobati cantengan. Agar makin bebas memeriksakan kesehatan diri ke rumah sakit terbaik, asuransi kesehatan wajib banget kamu miliki.

CekAja.com menyediakan perbandingan berbagai produk asuransi terpercaya yang sesuai dengan kebutuhanmu. Besaran premi bisa kamu pilih sendiri dengan nilai pertanggungan yang dijamin worth it. Yuk, miliki asuransi kesehatan sekarang juga melalui CekAja.com.

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah