Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

14 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Maupun dengan Obat

by Vera Khairifah on 11 Juli, 2020

Gusi yang bengkak tentu sangat membuat tidak nyaman. Makan dan berbicara terasa sulit karena rasa sakitnya. Jangan diatasi asal-asalan, ini dia cara mengobati gusi bengkak yang harus kamu ketahui.

14 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Maupun dengan Obat

Penyebab Gusi Bengkak

Sakit gusi bengkak atau istilah medisnya bernama gingivitis merupakan sebuah kondisi penyakit yang membuat peradangan pada bagian gusi di dalam mulut.

Gejala yang dirasakan penderitanya antara lain muncul rasa sakit seperti nyeri atau denyutan pada satu titik gusi, disertai dengan warna kemerahan akibat peradangan pada syaraf gusi di dalamnya.

Sebelum mengetahui cara mengobati gusi bengkak, pahami dulu penyebabnya. Ada beberapa penyebab gusi bengkak, di antaranya sebagai berikut:

  • Terjadi iritasi

Iritasi di dalam mulut yang mengakibatkan gusi bengkak bisa saja terjadi karena beberapa hal. Misalnya karena gigimu termasuk ke dalam tipe gigi sensitif, namun kamu tidak menggunakan produk pasta gigi untuk jenis gigi tersebut.

Kemudian bisa juga karena iritasi pada penggunaan obat kumur yang tidak cocok, atau karena penggunaan obat-obatan tertentu yang membuatmu alergi terhadapnya.

  • Kebersihan mulut kurang terjaga

Setidaknya, setiap orang wajib menggosok gigi sebanyak dua kali sehari, menggunakan benang gigi dan obat kumur bila diperlukan. Namun, jika kamu kurang menjaga kebersihan mulut, maka jangan salahkan jika keluhan gusi bengkak menghampirimu.

Sisa makanan yang tidak dibersihkan akan menjadi sarang kuman dan bakteri untuk menimbulkan rasa sakit pada gusi, bahkan hingga ke bagian mulut lainnya.

  • Adanya plak gigi dan bakteri

Selain menggosok gigi sehari, kamu juga harus rutin memeriksakan kesehatan gigi di dokter paling tidak enam bulan sekali untuk membersihkan plak gigi dan bakeri di dalamnya. Sebab, kedua hal ini juga menjadi penyebab gusi bengkak.

  • Kekurangan vitamin

Bagian mulut sangat membutuhkan asupan vitamin C yang cukup untuk mencegahnya dari berbagai penyakit. Pastikan kamu tidak kekurangan vitamin ini agar tidak mengalami gusi bengkak.

(Baca Juga: Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami)
Cara Mengobati Gusi Bengkak

Lalu, bagaimana sih cara mengobati gusi bengkak? Well, kamu bisa mengunakan teknik pengobatan secara alami yang dilakukan di rumah maupun menggunakan obat-obatan medis yang diresepan dokter.

Sementara itu, cara mengobati gusi bengkak yang lain juga bisa dilakukan dengan melakukan pembersihan seluruh area mulut, misalnya dengan scalling maupun root planning oleh dokter gigi.

Berikut beberapa cara mengobati gusi bengkak:

1. Kompres dengan Es Batu atau Air Hangat

Kompres dengan Es Batu atau Air Hangat - 14 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Maupun dengan Obat

Cara mengobati gusi bengkak yang pertama yakni dengan mengkompres bagian gusi yang sakit dengan es batu yang dibalut kain bersih jika rasa sakit tidak disertai dengan denyutan. Namun, jika kamu juga merasakan denyutan rasa nyeri, maka kompreslah gusi dengan kain yang direndam dengan air hangat.

2. Berkumur dengan Air Lemon

Berkumur dengan Air Lemon - 14 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Maupun dengan Obat

Vitamin C sangat dibutuhkan dalam proses pengobatan gusi bengkak. Kamu bisa memilih campuran air hangat dengan perasan air lemon yang kaya dengan vitamin C sebagai obat kumur. Berkumurlah tiga kali sehari.

Zat anti bakteri pada lemon akan membantu menyembuhkan, serta menstabilkan kadar pH di dalam mulut.

3. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan Air Garam - 14 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Maupun dengan Obat

Garam atau senyawa NaCl memang dikenal sebagai obat untuk penyakit yang menyerang mulut, gusi dan gigi. Namun, efek perih bisa terasa jika kamu menempelkan garam secara langsung di bagian yang sakit.

Maka dari itu, cara mengobati gusi bengkak adalah dengan mencampurkan garam dengan air. Lalu gunakan larutan tersebut sebagai obat kumur.

4. Berkumur dengan Air Jahe

Berkumur dengan Air Jahe - 14 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Maupun dengan Obat

Umbi-umbian dengan nama ilmiah Zingeiber officinale ini mampu melibas bakteri di dalam mulut. Rebuslah jahe yang sudah dipotong lalu digeprek agar sarinya ke luar. Saring dan ambil air rebusan itu, lalu jadikan sebagai obat kumur.

5. Berkumur dengan Air Serai

Berkumur dengan Air Serai - 14 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Maupun dengan Obat

Selain jahe, serai juga bisa kamu jadikan bahan utama obat gusi bengkak. Caranya serupa, kamu cukup merebus serai dan menjadikan air rebusannya sebagai obat kumur.

Sering mengonsumsi air rebusan serai juga bisa mencegahmu dari penyakit gusi bengkak di kemudian hari.

6. Berkumur dengan Sari Daun Jambu Biji

Berkumur dengan Sari Daun Jambu Biji - 14 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Maupun dengan Obat

Siapa sangka bahwa cara mengobati gusi bengkak juga bisa dilakukan dengan daun jambu biji? Daun ini mengandung antioksidan, flavonoid, karoten, tannin, minyak atsiri yang sangat baik untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Ambil dan cuci bersih daun jambu biji, sobek-sobek sedikit bagian daun, lalu rebus dengan air bersih hingga tersisa setengahnya. Air rebusan ini bisa dijadikan obat kumur untuk gusi bengkak.

7. Mengoleskan Madu Asli

Mengoleskan Madu Asli - 14 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Maupun dengan Obat

Gusi bengkak akan bertambah parah jika terkena makanan atau minuman yang sangat manis. Lalu, kenapa madu justru bisa menjadi cara mengobati gusi bengkak?

Tenang saja, sebab madu mengandung gula alami yang aman untuk dikonsumsi. Pastikan memilih madu murni asli, ya.

8. Mengoleskan Pasta Garam dan Merica

Mengoleskan Pasta Garam dan Merica - 14 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Maupun dengan Obat

Cara mengobati gusi bengkak selanjutnya adalah dengan menggabungkan manfaat merica dan garam. Merica mengandung zat anti bakteri dan anti inflamasi yang membantu proses penyembuhan gusi bengkak.

Buatlah pasta kental dari garam, merica, dan sedikit air, lalu oleskan ke bagian gusi yang bengkak.

9. Mengoleskan Belimbing Wuluh

Mengoleskan Belimbing Wuluh - 14 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Maupun dengan Obat

Belimbing wuluh muda tidak hanya dijadikan sebagai bumbu masakan saja, tapi juga bermanfaat untuk mengobati gusi bengkak, lho. Haluskan belimbing wuluh dengan cara ditumbuk, lalu oleskan ke bagian gusi yang bengkak.

(Baca Juga: Khasiat Bunga Saffron Bagi Kesehatan)
10. Mengoleskan Minyak Cengkeh

Mengoleskan Minyak Cengkeh - 14 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Maupun dengan Obat

Cara mengobati gusi bengkak yang praktis adalah dengan menggunakan minyak cengkeh. Produk minyak cengkeh mudah ditemukan di pasar online. Gunakan dengan cara mengoleskannya pada gusi bengkak menggunakan cotton bud atau kapas kecil.

11. Ponstan

Ponstan - 14 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Maupun dengan Obat

Sementara itu, cara mengobati gusi bengkak juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan kimia yang diresepkan oleh dokter dengan dosis tertentu. Di antaranya seperti ponstan dan beberapa obat di poin selanjutnya.

Ponstan sendiri obat yang mengandung asam mefenamat yang memang digunakan untuk meredakan sakit gigi atau gusi bengkak.

12. Paracetamol

Paracetamol - 14 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Maupun dengan Obat

Paracetamol adalah obat pereda nyeri yang lebih umum digunakan publik sebagai pereda demam. Tapi, sebenarnya fungsi utama paracetamol adalah sebagai pereda nyeri apapun, termasuk nyeri pada gusi akibat bagian gusi yang bengkak.

13. Antibiotik

Antibiotik - 14 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Maupun dengan Obat

Ada beberapa antibiotik yang diresepkan dokter sebagai cara mengobati gusi bengkak. Seperti amoxicillin, minocycline, tetracycline, doxycycline, metronidazole, clindamycin, dan erythtromycin.

Tetapi, dokter hanya meresepkan antibiotic untuk kasus gusi bengkak yang parah hingga menimbulkan demam, bernanah, gusi bengkak yang membuat gigi copot, serta membuat kelenjar getah bening ikut membengkak.

Jika diresepkan antibiotik, maka kamu harus menghabiskan semuanya sesuai jumlah obat yang diberikan dan aturan dosis yang berlaku, meskipun rasa sakit sudah hilang. Sebab, bisa saja penyebab gusi bengkak belum hilang sepenuhnya.

Sedangkan untuk kasus gusi bengkak yang tidak parah, seperti karena infeksi virus dan jamur, kehamilan, atau kekurangan nutrisi, maka pengobatan dengan antibiotik dirasa tidak perlu.

14. Ibuprofen

Ibuprofen - 14 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Maupun dengan Obat

Cara mengobati gusi bengkak yang terakhir adalah dengan mengonsumsi Ibuprofen. Obat ini merupakan salah satu obat generik yang berbentuk kapsul, tablet, maupun sirup.

Berbeda dengan antibiotik, penggunaan ibuprofen harus dihentikan begitu rasa sakit akibat gusi bengkak sudah tak lagi terasa. Sebab, obat ini tak boleh dikonsumsi dalam waktu yang lama.

Cara Mencegah Gusi Bengkak
  • Sikat gigi minimal dua kali sehari, bila perlu gunakan benang gigi dan obat kumur yang cocok denganmu agar lebih bersih.
  • Rutin melakukan pembersihan gigi dengan scalling (pembersihan plak gigi) atau root planning (pembersihan bakteri di area akar gigi dan sela gusi) setidaknya 6 bulan sekali.
  • Jangan merokok, kurangi mengonsumsi minuman beralkohol, serta makanan maupun minuman yang manis.
  • Perbanyak minum air putih.
Jaminkan Kesehatan Gigi dengan Asuransi

Biaya untuk layanan kesehatan mulut, gigi, dan gusi tidaklah murah. Kamu harus sadar bahwa sangat penting melindungi diri dengan asuransi kesehatan di masa rawan berbagai penyakit dan keluhan kesehatan ini.

Lindungi kesehatan dirimu dan keluarga dengan produk asuransi kesehatan yang bisa kamu pilih melalui CekAja.com. Kami akan memberikan rekomendasi produk asuransi kesehatan, serta membandingkannya sesuai dengan kebutuhanmu.

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan, mulai dari manfaat rawat jalan, rawat inap, penggantian biaya jasa dokter dan obat-obatan, serta pembedahan, hingga layanan kesehatan gigi terbaik.

Yuk, segera cek, bandingkan, dan ajukan asuransi kesehatan untukmu lewat CekAja.com!

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast