Cara Mengurus ATM BNI yang Hilang, Nggak Pake Lama Langsung Diganti!

Kartu kredit atau kartu ATM BNI kamu hilang? Jangan panik! Segera blokir dan intip cara mengurus ATM BNI yang hilang berikut ini.

Cara Mengurus ATM BNI yang Hilang, Nggak Pake Lama Langsung Diganti!

Terlebih, ATM menjadi alat pembayaran yang sering digunakan sehari-hari. Jadi, jika kartu tersebut hilang, kamu pasti akan kesulitan untuk melakukan berbagai transaksi.

Meski, kamu tetap bisa menggunakan mobile banking, tapi kamu tetap harus urus kartu ATM yang hilang. Tujuannya agar data kamu tetap aman, jika kartu tersebut ditemukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Jadi, yuk cari tahu cara mengurus ATM BNI yang hilang berikut ini, dijamin super cepat, dan kartu ATM yang baru akan segera dibuatkan untukmu!

Cara Mengurus ATM BNI yang Hilang

1. Segera Datangi Kantor Cabang BNI Terdekat & Buat Laporan Kehilangan

Cara mengurus ATM BNI yang hilang pertama adalah datangi kantor cabang BNI terdekat. Selama perjalanan, kamu juga bisa sambil lapor ke BNI pusat, dengan cara menghubungi call center di nomor 1500046, agar kartu yang hilang segera diblokir.

Apakah harus membuat laporan kepolisian terlebih dahulu? Tidak perlu! Karena, sekarang BNI sudah bisa melayani nasabah yang melaporkan kehilangan kartu ATM-nya, tanpa harus melapor ke kantor polisi.

Jadi, kamu cukup datang ke kantor cabang BNI, dan cukup membuat surat pernyataan kehilangan yang ditandatangani di atas materai. Dari mana format pernyataan tersebut?

Formulir surat pernyataan tersebut, sudah disediakan oleh pihak BNI. Jadi, kamu tidak dipersulit terkait proses pelaporannya, dan sangat memudahkan nasabah bukan?

(Baca Juga: Ini Dia 5 Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang, Tidak Perlu Panik!)

2. Buat Kartu Baru dan Lengkapi Persyaratannya

Cara mengurus ATM BNI yang hilang adalah dengan membuat pengganti kartu ATM BNI yang baru. Prosesnya sama ketika kamu baru pertama kali mengajukan, di mana kamu akan diminta melengkapi persyaratan.

Pasalnya, pihak bank tetap membutuhkan data nasabah yang valid. Agar data bisa direkam kembali ke sistem. Berikut beberapa data dan persyaratan yang harus dipersiapkan:

  • Buku tabungan BNI
  • KTP elektronik yang asli

Kalau E-KTP belum ada gimana? Jika E-KTP belum ada dengan alasan masih dalam proses pengurusan, maka kamu wajib membuat laporan kehilangan ke kantor polisi, untuk mencegah tindak penipuan yang mengatasnamakan kamu.

3. Tidak Perlu Datang ke Cabang Asal Pembuatan Rekening

Data kamu memang tercatat di cabang asal ketika pembuatan rekening. Tapi, ketika hilang, cara mengurus ATM BNI yang hilang tidak perlu dilakukan di cabang asal.

Jadi, tidak ada pernyataan bahwa kartu ATM BNI yang hilang, hanya bisa diganti di cabang asal, ketika kita membuka rekening BNI.

Karena BNI ingin memudahkan nasabahnya, maka proses pengurusan kartu ATM BNI yang hilang, bisa dilakukan di cabang mana saja. Jadi, jika kamu membuat rekening asal di cabang Surabaya, dan hilang di Jakarta, kamu tidak perlu datang ke cabang Surabaya.

Kamu cukup datangi cabang Bank BNI terdekat, lakukan pelaporan, lengkapi persyaratan, dan ganti dengan kartu ATM yang baru.

4. Sediakan Biaya Ganti Kartu Hilang

Hilang kan, bukan hal yang disengaja, tapi tetap kena biaya ya? Tenang! Meski ada biaya, tapi tidak mahal kok!

Terlebih juga, kamu hanya membayar biaya mengurus kartu ATM BNI yang hilang, untuk mengganti dengan kartu yang baru. Ibaratnya, kamu hanya bayar untuk mendapatkan kartu baru.

Nah, untuk besaran biaya pengganti kartu, berkisar antara Rp15.000 – Rp25.000, tergantung dari jenis kartu yang hilang atau yang kamu gunakan.

Menurut informasi, berukir daftar biaya ganti kartu hilang sesuai jenisnya:

  • Kartu berjenis GPN: Rp.15.000
  • Kartu berjenis Gold: Rp.20.000
  • Kartu berjenis Platinum: Rp.25.000

Kalau buku tabungannya juga hilang gimana? Tenang, proses urus buku tabungan BNI yang hilang juga sama dengan cara mengurus ATM BNI yang hilang. Yang terpenting, kamu sudah siapkan segala persyaratan di atas, dan segera datang ke kantor cabang terdekat.

(Baca Juga: 9 Promo Kartu Kredit BNI Bulan Oktober 2022, Cicilan 0% hingga 24 Bulan di E-Commerce!)

Ajukan Kartu Kredit BNI Online? Bisa! Yuk Ajuin Lewat CekAja!

Kamu nasabah baru, atau mau nambah kartu kredit BNI? Kalau ini, nggak perlu datang ke kantor cabang, karena kamu bisa ajukan secara online melalui CekAja.com!

Serius ngajuin kartu kredit BNI bisa dari rumah secara online? Bisa dong! Kamu tinggal kunjungi website CekAja.com saja!

Pilihan produknya bisa kamu lihat di sini atau klik untuk pengajuan:

Prosesnya mudah, cepat, dan dijamin aman! Kartu kredit pilihanmu, nantinya juga akan langsung dikirim ke alamat rumah!

CekAja.com adalah agregator finansial berupa finansial teknologi, yang sudah terdaftar OJK.