Ini Dia 5 Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang, Tidak Perlu Panik!

Mendadak kehilangan kartu ATM atau tertelan mesin? Jangan panik, kamu bisa mengikuti cara mengurus ATM BRI yang hilang berikut.

Ini Dia 5 Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang, Tidak Perlu Panik!

Memiliki bentuk yang kecil dan tipis membuat kartu ATM mudah hilang. Bahkan terkadang terjadi hal yang tidak terduga seperti mesin ATM yang bermasalah dan membuat kartu tertelan.

Tidak perlu khawatir jika hal tersebut terjadi, terdapat beberapa cara yang cukup mudah untuk mengatasi kartu ATM yang hilang atau tertelan mesin.

Berikut ini sudah CekAja rangkum khusus untukmu, beberapa cara mengurus ATM BRI yang hilang.

5 Langkah Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang

1. Hubungi Call Center Bank BRI

Cara mengurus ATM BRI yang hilang pertama adalah menghubungi call center BRI di 14017 atau (021)1500017 untuk melakukan pemblokiran kartu ATM mu yang hilang atau tertelan.

Terlebih untuk kasus ATM yang tertelan, kamu harus sangat hati-hati dan pastikan nomor call center yang kamu hubungi sudah benar.

Pasalnya terdapat banyak kasus penipuan dengan modus nomor call center palsu pada mesin ATM yang dilakukan penipu untuk meminta pin ATM, yang selanjutnya ia akan menguras saldomu.

Maka dari itu, pastikan untuk tenang dan hati-hati untuk mencari tahu nomor call center yang akan kamu hubungi ya.

2. Memblokir Kartu ATM Melalui BRI Mobile

Cara mengurus ATM BRI yang hilang selanjutnya, selain menghubungi call center kamu juga bisa memanfaatkan BRI Mobile untuk melakukan pemblokiran.

Untuk melakukan pemblokiran dengan menggunakan BRI Mobile, kamu tentunya harus sudah terdaftar ya. Berikut cara untuk memblokir kartu ATM dengan BRI Mobile:

  • Buka link https://ib.bri.co.id/ atau aplikasi BRI Mobile di smartphone mu
  • Masuk ke menu “Layanan Nasabah”
  • Pilih sub menu “Layanan Lain”
  • Klik “Disable Kartu”
  • Pilih rekening kartu ATM yang akan di blokir (apabila memiliki lebih dari 1 rekening aktif)
  • Masukkan password dan kirim

(Baca juga: 11 Jenis Tabungan BRI beserta Keunggulan dan Syarat Pengajuannya)

3. Membuat Surat Kehilangan di Kantor Polisi Terdekat

Setelah berhasil memblokir kartu ATM, cara mengurus kartu ATM yang hilang selanjutnya adalah meminta surat kehilangan di kantor polisi.

Kamu dapat mendatangi kantor polisi terdekat dan membawa kartu identitas mu seperti KTP serta buku tabungan.

Untuk proses ini, jika tidak ada antrian kamu bisa mendapatkannya hanya dalam waktu 5 menit.

Selain itu, kamu juga tidak perlu mengeluarkan uang karena proses mengurus surat kehilangan tidak dipungut biaya apapun.

4 Siapkan Persyaratan untuk Pembuatan Kartu Baru

Cara mengurus kartu ATM BRI yang hilang selanjutnya, sebelum kamu mengunjungi cabang BRI untuk membuat kartu ATM yang baru, kamu perlu menyiapkan persyaratan yang akan dibutuhkan.

Untuk pembuatan kartu baru, biasanya diperlukan beberapa persyaratan yang harus dilengkapi. Diantaranya sebagai berikut:

  • Identitas diri berupa KTP/SIM
  • Buku Tabungan
  • Surat kehilangan dari kantor polisi

Jika kamu masih menyimpan baik buku tabunganmu, kamu tidak perlu menggunakan surat kehilangan dari kantor polisi.

Namun, jika buku tabungan milikmu juga hilang, kamu harus mengunjungi kantor polisi terdekat untuk membuat surat kehilangan ya!

5. Kunjungi Cabang BRI Terdekat untuk Pembuatan Kartu Baru

Setelah memiliki surat kehilangan, kamu bisa segera mengunjungi kantor cabang BRI terdekat untuk membuat kartu ATM baru.

Ketika mengunjungi kantor cabang, kamu akan diarahkan ke antrian nasabah dan menunggu hingga giliran mu tiba.

Setelah itu, kamu bisa menjelaskan permasalahan mengenai kartu ATM mu yang hilang atau tertelan kepada customer service.

Jangan lupa untuk menyerahkan persyaratan yang diperlukan mulai dari kartu identitas dan buku tabungan.

Biasanya, customer service akan menanyakan beberapa hal mengenai rekening seperti jumlah saldo terakhir atau transaksi terakhir yang kamu lakukan.

Setelah proses selesai, pembuatan kartu ATM baru akan segera diproses dengan nomor rekening dan kata sandi yang sama dengan sebelumnya.

Biaya Membuat Kartu ATM Baru

Biaya yang diperlukan untuk membuat kartu ATM baru yang sebelumnya hilang tergolong murah dan terjangkau.

Kamu akan dikenakan biaya kurang lebih sebesar Rp10 ribu hingga Rp20 ribu, tergantung dengan jenis kartu ATM yang kamu miliki atau pilih.

Selain itu, untuk biaya admin jika buku tabungan yang hilang atau rusak, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp25 ribu untuk tabungan Simpedes.

(Baca juga: 6 Promo Kartu Kredit BRI bulan Oktober 2022, Promo Traveloka Salah Satunya!)

Ajukan Kartu Kredit BRI Mudah melalui CekAja.com

Nah itu dia beberapa langkah cara mengurus kartu ATM BRI yang hilang, pastikan tidak perlu panik dan ikuti cara tersebut dengan tenang ya

Selain kartu ATM, kamu juga dapat memanfaatkan berbagai Kartu Kredit dari Bank BRI untuk membuat segala transaksi mu lebih mudah loh!

Dengan menggunakan Kartu Kredit kamu dapat memanfaatkan berbagai promo menarik mulai dari diskon dan cashback dari berbagai merchant yang bekerja sama dengan BRI.

Kamu dapat mengajukan Kartu Kredit BRI dengan mudah melalui CekAja.com, terdapat banyak produk Kartu Kredit BRI yang bisa kamu pilih, diantaranya sebagai berikut:

Tidak perlu bingung, dengan CekAja.com kamu dapat membandingkan beberapa produk tersebut dan pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial mu.

Mudah sekali kan? Yuk segera ajukan Kartu Kredit BRI dengan CekAja.com!