Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Cara Mengusir Cicak dari Rumah dengan Bahan Alami. Dijamin Ampuh!

by Kyla Damasha on 9 Desember, 2019

Selain tikus dan kecoa, cicak juga merupakan salah satu jenis hewan yang paling banyak dibenci oleh manusia. Terkadang, kehadirannya memang suka mengganggu dan membuat geram karena sering kali muncul di tempat yang tak terduga, seperti di makanan, di wastafel, hingga kulkas.

Oleh sebab itu, banyak orang yang mungkin ingin mengetahui tentang cara mengusir cicak dari rumah tanpa menggunakan peralatan mahal alias dengan menggunakan bahan alami.

Sebenarnya, cara mengusir cicak dari rumah menggunakan bahan alami tidaklah terlalu sulit. Kamu bahkan hanya perlu mempersiapkan beberapa bahan yang bisa dengan mudahnya ditemukan di dapur.

Nah, sebelum kita membahas mengenai cara mengusir cicak dari rumah itu sendiri, beberapa dari kamu mungkin ada yang penasaran, sebenarnya apa saja sih jenis-jenis cicak yang ada? Bisa saja diantara jenis-jenis cicak tersebut sering kamu temui di lingkungan rumah.

(Baca juga: 7 Tips Belanja Hemat Bulanan Bagi Karyawan Kantor)
Jenis-Jenis Cicak
a. Cicak Tembok

Jenis cicak satu ini mungkin yang paling sering kamu temui di kehidupan sehari-hari. Sesuai dengan namanya, cicak tembok memang senang hinggap di tembok atau di sela-sela atap.

Ciri-ciri cicak tembok adalah tubuh dan ekornya yang pipih lebar yang disertai dengan bulu-bulu halus di tepinya.

b. Cicak Kayu

Jenis cicak selanjutnya adalah cicak kayu yang bisa kamu temui di pepohonan. Jenis cicak satu ini memiliki tubuh yang kurus dan ekor yang bulat.

Meskipun dinamakan cicak kayu, tak jarang pula cicak ini bisa kamu temui bersamaan dengan cicak tembok di dinding luar rumah yang berdekatan dengan lampu.

c. Cicak Gula

Jenis cicak terakhir yang akan kita bahas yaitu cicak gula. Jenis cicat ini memiliki tubuh yang kecil, kepala bulat, serta kulit yang berwarna transparan menyerupai daging.

Biasanya, cicak gula bisa ditemui di tempat penyimpanan makanan dan di dapur. Selain itu, tak jarang pula cicak satu ini tenggelam di dalam gelas kopi yang terlalu lama ditinggalkan.

Cara Mengusir Cicak dari Rumah

Dianggap sebagai hewan pengganggu, kehadiran cicak di rumah juga bisa membahayakan kesehatan anggota keluarga lo. Maka dari itu, ada baiknya apabila kamu mulai mengetahui cara mengusir cicak dari rumah

Upayakan jangan membunuh cicak dengan zat pembasmi. Kamu bisa mengusirnya dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di lingkungan rumah.

1. Tembakau

Cara mengusir cicak dari rumah yang pertama adalah dengan menggunakan tembakau. Hal tersebut dikarenakan tembakau memiliki bau yang menyengat sehingga tidak terlalu disukai oleh cicak.

Nah, cara mengusir cicak dari rumah dengan menggunakan tembakau sangatlah mudah. Bahan-bahan yang perlu kamu persiapkan adalah:

  • Tembakau
  • Plastik Kecil
  • Karet

Setelah seluruh bahan telah dipersiapkan, maka langkah selanjutnya adalah dengan memasukan tembakau ke dalam plastik dan mengikatnya dengan menggunakan karet.

Kemudian, kamu bisa melubangi plastik tersebut agar aroma dari tembakau dapat menyebar.

Jika cara mengusir cicak dari rumah satu ini dianggap terlalu merepotkan, maka kamu bisa menggunakan cara yang lebih efektif, yakni dengan membeli minyak esensial berbahan dan beraroma tembakau.

Gunakan minyak tersebut untuk mengelap meja atau perabotan lainnya yang sering dihinggapi cicak. Tidak hanya cicak, bahkan semut pun akan kabur ketika mencium bau tersebut.

2. Cangkang Telur

Cara mengusir cicak dari rumah yang tak kalah mudahnya yaitu dengan memanfaatkan cangkang telur. Setelah kamu memasak telur, dari pada cangkangnya dibuang akan lebih baik apabila segera dimanfaatkan untuk mengusir cicak di rumah.

Nyatanya, bau amis yang dihasilkan oleh cangkang telur tidak terlalu disukai dengan salah satu hewan melata ini.

Untuk memanfaatkan cangkang telur sebagai cara mengusir cicak dari rumah, yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menumbuk cangkang telur hingga menjadi serpihan kecil.

Setelah itu, kumpulkan serpihan tersebut dan masukan ke dalam kantong plastik yang sudah dilubangi dan gantunglah di dekat ventilasi atau jendela agar cicak tidak berani mendekati rumah.

3. Merica, Bawang Merah, dan Bawang Putih

Merica, bawang merah, dan bawang putih tentunya merupakan bumbu-bumbu dapur yang paling sering kamu gunakan untuk membuat suatu hidangan menjadi lezat.

Nah selain menjadi bumbu pelengkap, bahan yang bisa kamu temui dengan mudahnya di dapur ini juga bermanfaat sebagai salah satu cara mengusir cicak dari rumah yang cukup efektif dan ampuh lo.

Cara membuatnya sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan seluruh bumbu yang ada dengan menggunakan blender hingga halus.

Setelah itu, masukan ke dalam botol semprot yang sudah tidak lagi digunakan dan semprotkanlah ke sudut-sudut ruangan yang sering dijadikan sebagai sarang cicak.

Cara Memastikan Agar Cicak Tidak Kembali Lagi

Setelah kamu menerapkan beberapa cara mengusir cicak dari rumah dengan menggunakan aneka ragam bahan-bahan alami, maka kamu juga perlu melakukan sesuatu untuk memastikan apakah cicak sudah benar-benar hilang atau belum.

Nah, beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memastikan agar cicak tidak kembali lagi, yaitu dengan cara:

a. Singkirkan Nyamuk

Nyamuk merupakan sumber makanan utama bagi para cicak. Apabila sumber makanan mereka disingkirkan, maka cicak tentu tidak akan bisa bertahan hidup.

Atau lebih tepatnya mereka akan mencari tempat lain yang memiliki sumber makanan yang lebih banyak.

Maka dari itu, jika kamu tidak ingin cicak untuk kembali lagi ke rumah, kamu bisa mulai untuk menyingkirkan nyamuk. Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membersihkan sudut-sudut tempat menjadi sarang dari nyamuk itu sendiri.

Selain itu, pastikan pula untuk tidak ada air yang menggenang di halaman setelah hujan dan tutuplah tempat penampungan air dengan rapat. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan saluran air dan selokan secara rutin setidaknya seminggu sekali.

b. Memelihara ‘Predator’ Cicak

Kucing memang dikenal sebagai hewan yang pemalas. Namun, salah satu kelebihan dari salah satu hewan berbulu yang imut ini adalah karena mereka juga memiliki sifat yang aktif dan selalu penasaran akan berbagai hal, termasuk sesuatu yang bergerak secara tiba-tiba.

Maka dari itu, sifat cicak yang cenderung bergerak tiba-tiba membuat kucing menjadi ‘predator’ untuk salah satu hewan melata ini.

Sebenarnya, kucing bukanlah pemangsa cicak, melainkan hanya senang ‘bermain’ dengannya. Namun, tidak menutup kemungkinan kucing juga bisa memakan cicak.

Apalagi jika mereka dalam keadaan kelaparan. Maka dari itu, kucing bisa dijadikan sebagai penjaga rumah yang tepat dalam menangkal cicak agar tidak kembali lagi.

c. Memasang AC

Cicak merupakan hewan berdarah panas sehingga mereka tidak terlalu menyukai udara yang terlalu dingin. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan memastikan bahwa suhu di rumah mu tetap dingin agar cicak tidak berani mendekati.

Namun, cara mengusir cicak dari rumah satu ini nyatanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena diperlukan untuk menyalakan listrik dalam kurun waktu yang lama.

Maka dari itu, cara mengusir cicak dari rumah satu ini mungkin tidak semua orang bisa melakukannya. Hanya saja, jika kamu memiliki dana yang tidak terbatas, cara satu ini bisa menjadi sangat efektif tanpa membutuhkan usaha yang lebih.

Kalau kamu butuh dana tunai, jangan ragu untuk akses CekAja.com dan temukan ragam produk keuangan yang dibutuhkan.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda