Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Cara Menyiasati Rumah Tipe 24 dan 36 Agar Tampak Luas

by Ariesta on 1 November, 2016

Rumah tipe 24 atau 36 semakin digandrungi oleh kalangan kelas menengah. Lantaran harga rumah ini masih terjangkau, banyak pasangan atau keluarga muda mengincarnya.

Rumah tipe 24 atau 36 biasanya berada di atas tanah seluas 72 meter persegi dengan denah standar satu kamar dan satu kamar mandi untuk tipe 24, serta dua kamar dan satu kamar mandi untuk tipe 36.

Khusus untuk tipe 24, karena hampir mirip studio namun berada di tanah yang cukup luas, penghuni jadi lebih leluasa mendekorasi rumah. Namun baik rumah tipe 24 maupun 36 bisa sama-sama disiasati agar tampak lebih luas. Berikut ini caranya.

Memilih warna terang

2

Warna gelap memang membuat ruangan terkesan lebih hangat dan nyaman, namun warna gelap menyerap cahaya bukan memantulkannya. Akibatnya ruangan jadi terasa sempit. Sebaliknya pemilihan warna dinding seperti putih membuat ruangan terasa lebih lapang dan tinggi.

Melukis langit-langit

1

Kamu bisa menggambar atau menempelkan stiker di langit-langit. Hal ini akan membuat ilusi langit-langit ruangan lebih luas. (Baca juga: Ternyata Keputusan Membeli Rumah Bisa Mempengaruhi Kariermu)

Memberi batasan antara dinding dan furnitur

3

Jangan karena ruangan sempit, kamu meletakkan furnitur mentok ke sudut. Padahal agar tampak lega, kamu harusnya memberi batasan antara dinding dan furnitur. Bahkan beberapa inci antara dinding dan furniture berukuran besar bisa membuat ruangan terlihat luas. Lakukan trik ini di ruang tamu.

Menjadikan furnitur multifungsi

5
FOTO: thisoldhouse.com

Dalam rumah minimalis, furnitur harus multifungsi sehingga tidak makan tempat. Misalnya sofa yang di bawahnya terdapat laci, meja yang bisa dilipat, dinding sekaligus rak buku, bahkan kasur yang bisa disembunyikan di balik dinding.

 

Membuat rak buku menempel dengan langit-langit

6
FOTO: apartmenttherapy.com

Ruangan ukuran 1×2 meter pun bisa tampak lebih luas dari aslinya. Triknya adalah dengan membuat rak buku menempel dengan langit-langit di salah satu sisi dinding. Trik ini akan membuat mata fokus pada rak ketika memasuki ruangan. Hasilnya, ruangan terkesan lebih lapang.

Memilih pajangan berukuran besar

7
FOTO: en.wikipedia.org / target.com

Jangan karena ukuran ruangan sudah kecil, kamu jadi memilih pernak-pernik atau pajangan berukuran kecil. Hal ini justru malah membuat ruangan terkesan mini. Sebaliknya, pilihlah pajangan berukuran besar dan berwarna cerah.

Menggunakan motif vertikal untuk karpet

8
FOTO: bobedre.dk / Via cococozy.com

Memakai warna-warna terang saja tentu membosankan. Kalau ingin bermain motif, gunakan motif vertikal. Jika dalam fesyen motif vertikal membuat orang bertubuh gemuk terlihat lebih kurus, dalam desain interior, motif serupa membuat ruangan terkesan lebih panjang. (Baca juga: Ini Harga Rumah yang Sesuai dengan Gaji Kamu)

Gunakan cermin

FOTO: cb2.com
FOTO: cb2.com

Bukan rahasia lagi jika cermin dapat membuat ruangan terasa dua kali lipat lebih luas. Alasannya karena cermin memantulkan bayangan ruangan itu sendiri. Tidak perlu melapisi seluruh sisi dinding dengan cermin. Cukup pasang cermin seukuran pintu di sudut dinding, ruangan sudah terasa lebih lapang.

Gunakan karpet sebagai pemisah ruangan

FOTO: apartmenttherapy.com
FOTO: apartmenttherapy.com

Tipikal rumah tipe 24 dan 36 adalah ruang tamu digabungkan dengan ruang keluarga, sehingga pemilik rumah harus pintar-pintar menyiasati. Cara yang paling sering dilakukan adalah dengan memberi sekat lipat. Namun hal ini justru membuat ruangan terasa sempit. Supaya batas antara ruang tamu dan ruangan keluarga tetap jelas tanpa membuat ruangan sempit, gunakanlah karpet.

Menyelaraskan warna

FOTO: designsponge.com
FOTO: designsponge.com

Untuk dinding, karpet, dan furnitur, gunakan warna berbeda namun tetap dari satu nuansa warna. Misalnya warna biru tua, biru toska, dan biru muda. Kalau kamu tidak mau membeli furnitur baru, cukup mainkan warna pada hal-hal kecil seperti bantal sofa, seprai, atau gorden.

Gunakan furnitur dengan kaki ramping

12
FOTO: crateandbarrel.com

Tinggal di rumah tipe 24 atau 36 berarti kamu harus mengucapkan selamat tinggal pada sofa gemuk. Furnitur tanpa kolong seperti ini membuat ruangan terkesan sempit. Hal ini juga berlaku untuk tempat tidur, meja, dan lemari. Selain itu, furnitur berkaki ramping juga membuat ruangan lebih mudah dibersihkan. (Baca juga: Trik Agar Karyawan dengan Gaji UMR Bisa Beli Rumah)

Berpikir out oh the box

FOTO: lebeanock.com

Sebuah ruangan dinamakan ruang keluarga bukan berarti harus ada sofa, karpet, dan TV. Kamu bisa berkreasi dengan meletakkan bean bag sebagai pengganti sofa, atau malah membuat ayunan. Bebas!

Bermimpi punya rumah dalam waktu dekat? Wujudkan dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Daftar sekarang di sini

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami