Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Cara Menyimpan Daging di Kulkas Agar Awet, Segar, dan Anti Bau

by Estrin Vanadianti Lestari on 30 Juli, 2020

Cara menyimpan daging di kulkas dengan benar, sepertinya patut untuk diketahui, setelah kamu membeli atau mendapat jatah daging qurban. Hal tersebut dilakukan agar daging tetap awet, segar dan tidak bau, karena jika kamu tak memperhatikan hal ini, akan ada bakteri dan jamur yang bisa masuk ke daging, dan membuatnya cepat busuk.

Cara Menyimpan Daging di Kulkas Agar Awet, Segar, dan Anti Bau

Terlebih, setelah membeli atau mendapatkan jatah daging, mungkin sebagian orang tidak langsung mengolahnya semua. Sehingga, sebagian daging, mungkin akan disimpan untuk diolah di kemudian hari. 

Nah, buat kamu yang punya rencana untuk menyimpan daging, terutama dalam waktu yang lama, maka penting bagi kamu untuk mengetahui cara menyimpan daging di kulkas berikut ini. 

Mengapa Daging harus Disimpan di Kulkas?

Namun, sebelum mengetahui bagaimana cara menyimpan daging di kulkas yang benar, mari simak dulu mengapa daging harus disimpan di tempat yang tepat, seperti di kulkas.

Meski kondisi daging segar, bersih, dan berkualitas, kamu juga harus memperhatikan tata cara penyimpanannya, terlebih jika ingin disimpan lama. Pasalnya, dilansir dari laman royco.co.id, ada beberapa mikroorganisme yang sangat mudah hinggap, dan berkembang biak di daging mentah, jika tidak disimpan dengan cara yang tepat. 

Beberapa mikroorganisme tersebut bisa berupa bakteri penyebab tifus, hingga E.coli yang bisa menyebabkan infeksi usus. Nah, agar mikroorganisme tersebut tidak hinggap dan berkembang biak di daging mentah, kamu bisa mencegahnya dengan menyimpan daging mentah di suhu tertentu. 

Umumnya, daging mentah bisa disimpan di suhu freezer, dengan suhu di bawah 0° F (-18° C). Meski suhu tidak membunuh mikroorganisme, namun bisa memperlambat pertumbuhannya. 

(Baca Juga: Ciri-ciri Daging Sapi Segar yang Aman)

Akan tetapi, meski penyimpanan di kulkas membuat daging aman dan tahan lama, namun bukan berarti kamu dengan bebas menyimpan daging mentah, hingga berbulan-bulan, bahkan tahunan. Karena, kualitas daging tentunya akan semakin berkurang, terutama soal rasa, dan tekstur.

Nah, daripada kamu salah simpan, dan membuat daging yang sudah mahal-mahal dibeli akhirnya membusuk, yuk simak cara menyimpan daging di kulkas agar tetap awet, segar, dan anti bau, berikut ini.

Cara Menyimpan Daging di Kulkas

Dilansir dari berbagai sumber, berikut tips cara menyimpan daging di kulkas, dengan benar agar awet, segar, dan anti bau. Terlebih, daging yang sudah disimpan di dalam kulkas, setidaknya bisa tahan selama satu hingga dua bulan saja. Lebih dari itu, kualitasnya akan menurun perlahan.

1. Mencucinya dengan Air Bersih yang Mengalir

Cara menyimpan daging di kulkas yang pertama adalah mencucinya dengan air bersih di air mengalir. Bahkan seorang dokter spesialis hewan mengatakan, bahwa mencuci daging dengan air mengalir bisa menghilangkan kotoran. 

Kamu juga harus menggunakan air bersih, dan jangan menggunakan air kotor yang mengalir, seperti air sungai. Jika kamu menggunakan air kotor, lalu daging dimasukan ke dalam kulkas dengan suhu 0-4 derajat, justru dapat menyebabkan bakteri berkembang. 

Pastikan daging sudah dicuci bersih, sebelum masuk ke dalam freezer, agar kondisinya tetap segar dan tidak bau.

2. Masukkan dalam Wadah Tertutup Rapat

Cara menyimpan daging di kulkas yang kedua adalah, masukkan dalam wadah tertutup rapat. Mengapa? Karena daging yang tidak diawetkan, biasanya hanya bisa bertahan sekitar 3 hari di kulkas. 

Sehingga, kamu bisa menyimpannya dalam pembukus wadah yang rapat, atau kedap udara. Setelah itu, simpan di dalam freezer untuk membekukan. 

Dengan ditaruh di freezer, membuat daging tetap segar dan menghentikan pertumbuhan mikroorganisme dan memperlambat aktivitas enzim, yang bertanggung jawab atas pembusukan makan.  

Disimpan di wadah tertutup rapat, juga akan membuat bau daging tidak menyebar, ke seluruh ruangan freezer. Sehingga, makanan lain di freezer tidak ikut bau daging.

3. Segera Masukan Kulkas jangan Ditunda-tunda

Setelah ini, kamu bisa langsung letakan di kulkas secepatnya. Karena, cara menyimpan daging di kulkas yang benar adalah dengan jangan menunda meletakkannya di kulkas.

Pasalnya, daging mentah sebaiknya tidak disimpan lebih dari dua jam dalam suhu ruangan yakni sekitar 25 derajat celcius. Bahkan, jika suhu di luar lebih dari 32 derajat celcius, kita harus segera memasukkan daging ke dalam kulkas, paling lambat setelah satu jam.

4. Atur Suhu Freezer

Tidak semua freezer langsung tersetting dengan suhu yang tepat untuk daging. Sehingga, cara menyimpan daging di kulkas agar awet dan segar adalah dengan mengatur temperatur suhu kulkas atau freezer di bawah -18° C. 

Perhatikan juga, kondisi ruang dalam freezer, pastikan freezer tidak terlalu kosong dan terlalu penuh. Pasalnya, freezer yang terlalu penuh akan membuat sirkulasi udara tidak mengalir dengan baik, 

Sedangkan jika terlalu kosong, akan membuat daya listrik akan menarik lebih besar. Satu hal lagi yang harus diketahui adalah jangan sering membuka tutup pintu kulkas, karena akan mempengaruhi suhu di dalamnya.

5. Hindari Membekukan kembali Daging yang sudah Mencair

Cara menyimpan daging di kulkas yang benar selanjutnya adalah dengan cara, tidak membekukan daging beku yang sudah pernah dicairkan. 

Dengan membekukan kembali daging yang telah dicairkan, akan membuat daging mentah menurunkan kualitasnya, dan akan cepat membusuk. 

Sehingga, cara penyimpanan yang benar, akan mempengaruhi kualitas daging. Sehingga, daging akan benar-benar terhindar dari berbagai macam mikroorganisme, seperti salmonella atau E. Coli. 

(Baca Juga: 6 Merek Kulkas Murah Terbaik dan Hemat)
6. Berikan Catatan Tanggal Penyimpanan

Ada cara menyimpan daging di kulkas, yang bisa memberikanmu kemudahan, dan mengetahui sudah berapa lama daging itu tersimpan di kulkas, yakni dengan cara memberikan catatan tanggal penyimpanan. 

Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir akan lupa. Kamu juga bisa memperkirakan, kapan daging tersebut kualitasnya akan menurun, sehingga bisa dengan segera mengolahnya, sebelum membusuk. 

Nah, itu dia beberapa cara menyimpan daging di kulkas, agar tetap awet, segar, dan anti bau. Agar lebih baik lagi, jika kamu memiliki kulkas yang memang diperuntukan untuk menaruh daging mentah. 

Selain itu, kulkas khusus tersebut juga memiliki ruang yang lebih besar, suhu yang bisa diatur, dan tentunya lebih dingin. Kini, kulkas khusus untuk daging juga bisa digunakan untuk menyimpan makanan beku lainnya, bahkan bisa digunakan untuk berbisnis.

Jadi, ketika stok daging mentah sudah habis setelah momen Idul Adha, kamu bisa gunakan kulkas tersebut untuk membuka usaha makanan beku. Kamu bisa berbisnis nugget, sosis, daging ham, donat instan, dan lain-lain.

Tidak perlu khawatir soal harga kulkas, dengan kartu kredit, semua kebutuhanmu bisa terpenuhi, termasuk untuk membeli kulkas khusus daging. 

Belum punya kartu kredit? Ajukan saja di CekAja.com! Karena di CekAja.com menawarkan beragam produk kartu kredit, dari berbagai perusahaan perbankan ternama di Indonesia. 

Jadi, segera ajukan kartu kredit terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk