Cara Penagihan Pinjol Ilegal, Menakutkan!

Sebelum memutuskan mengajukan pinjaman online (pinjol) ilegal, sebaiknya kamu simak cara penagihan pinjol ilegal berikut ini!

Cara Penagihan Pinjol Ilegal, Menakutkan!

Terdapat alasan mengapa OJK sangat melarang peminjaman uang dari pinjaman online ilegal. Bukan hanya data, bahkan nyawa kamu juga bisa ikut terancam!

Hal ini karena metode penagihan pinjol yang digunakan oleh pinjaman online ilegal seringkali sangat ekstrem. Bagaimana cara penagihan pinjol yang dilakukan oleh pinjaman online ilegal? Simak di sini!

Metode Penagihan Pinjaman Ilegal

Cara yang digunakan untuk penagihan pinjaman online ilegal tak jarang membuat penggunanya ketakutan hingga mengalami trauma. Hal ini karena kamu akan diteror secara terus menerus untuk melunasi hutang oleh debt collector.

Tak hanya kamu, sanak saudara dan juga kerabat dekat juga bisa saja terkena teror yang dilakukan. Di salah satu daerah bahkan debt collector tidak segan menyebarkan foto kamu loh!

Bahkan, ditemukan pula beberapa kasus dimana penggunaannya lebih memilih untuk bunuh diri karena tidak kuat dengan hutang serta metode penagihan yang digunakan. Menyeramkan bukan?

Lalu bagaimana cara yang dapat kamu lakukan untuk dapat terhindar dari jeratan debt collector?

(Baca Juga: Waspada Penipuan, Begini Cara Cek Legalitas Pinjol!)

Tips Menghadapi Penagihan Pinjaman Online Ilegal

Tidak usah panik jika kamu sudah terlanjur harus berurusan dengan debt collector! Lakukan cara di bawah ini!

Kumpulkan Bukti Teror Penagihan

Tips pertama untuk menghadapi debt collector yang melakukan teror saat melakukan penagihan adalah dengan mengumpulkan seluruh bukti teror yang dilakukan. Ini dapat berupa rekaman suara, atau pesan yang kamu terima saat diteror oleh debt collector.

Kunjungi Kantor Polisi Terdekat

Langkah selanjutnya adalah mengunjungi kantor polisi terdekat yang ada di sekitarmu. Saat mengunjungi kantor polisi, kamu juga dapat membuat laporan apabila cara penagihan pinjol sudah berlebihan dan melanggar undang-undang.

Adukan Debt Collector dan Pinjaman Online Ilegal ke OJK

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah mengadukan debt collector dan juga pinjaman online ilegal yang kamu gunakan ke OJK.

Untuk mengadukan pinjaman online ilegal ke OJK kamu cukup menghubungi Satgas Waspada Investasi untuk kemudian dilakukan pemblokiran.

(Baca Juga: Simak! Ciri-Ciri Pinjol Ilegal serta Tips Memilih Pinjaman Online yang Aman)

Itulah tips yang dapat kamu lakukan untuk menghadapi pinjaman online ilegal. Sebisa mungkin, hindari pinjaman online ilegal dengan melihat legalitas perusahaan pinjaman online yang kamu gunakan!

Bingung memilih pinjaman online yang tepat dan aman? Ajukan pinjaman online kamu melalui CekAja.com!

Karena CekAja.com beserta mitra pinjaman online di dalamnya sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK sehingga kamu tak perlu lagi khawatir!

Jadi tunggu apalagi? Segera ajukan pinjaman online kamu melalui CekAja.com!