Cobain! 3 Portal Online untuk Latihan Soal Tes CPNS

3 min. membaca Oleh Sindhi Aderianti on

Hayo, siapa di sini yang ikut seleksi CPNS? Usai dinyatakan lolos seleksi administrasi, seluruh peserta akan dihadapkan dengan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dalam waktu dekat. Ujian berbasis komputerisasi ini akan berlangsung mulai akhir Januari hingga Februari 2020.

Cobain! 3 Portal Online untuk Latihan Soal Tes CPNS

Passing Grade SKD dan Sistem Tes CAT

Proses seleksi CPNS untuk tahap SKD terbilang cukup sulit. Ada tiga jenis soal yang diujikan, antara lain Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Sistem penilaiannya pun ditentukan berdasarkan passing grade sebagai berikut:

  • 35 soal TKP (nilainya antara skala 1 s.d. 5, tidak ada nilai 0) – passing grade 126
  • 35 soal TIU (nilainya 0 jika salah, 5 jika benar) – passing grade 80
  • 30 soal TWK (nilainya 0 jika salah, dan 5 jika benar) – passing grade 65

Ketika ujian berlangsung, tak perlu membawa alat tulis sama sekali. BKN (Badan Kepegawaian Negara) telah mengusung CAT sebagai media tes para peserta CPNS. Apa itu CAT? CAT yang memiliki kepanjangan Computer Assisted Test merupakan suatu metode seleksi dengan alat bantu komputer. Dengan sistem seperti ini, peserta bisa mengerjakan soal ujiannya melalui layar monitor. Semua soalnya berbentuk pilihan ganda dari A sampai E, sehingga kamu cukup menggunakan mouse untuk mengklik pilihan yang dianggap benar.

Total jumlah soal yang harus dikerjakan ialah sebanyak 100 soal dalam waktu 90 menit atau 5.400 detik. Berarti untuk satu soal, pastikan kamu mengerjakannya dalam waktu maksimal 54 detik saja. Hasil akan langsung terlihat pada layar komputermu usai tes dinyatakan selesai.

(Baca juga: Materi Tes CPNS 2019 Apa Aja Ya? Intip Kisi-kisinya!)

Latihan Soal CPNS Gratis

Satu-satunya tips berhasl lolos SKD CPNS adalah dengan rajin berlatih soal. Nah, kamu bisa melakukan simulasi tes lewat portal online berikut ini. Tak perlu khawatir harus merogoh kocek dalam-dalam, karena semuanya gratis!

1. Pintaria

Pintaria - Cobain 3 Portal Online untuk Latihan Soal Tes CPNS

Pintaria merupakan portal online khusus edukasi yang dibuat oleh HarukaEdu. Untuk kebutuhan peserta CPNS, portal ini menyediakan paket simulasi berbasis CAT. Setiap paketnya terdiri dari tiga kategori soal, yaitu Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Cukup kunjungi website Pintaria untuk memulai simulasi ini. Setelah proses input data diri selesai, kamu bisa langsung mengerjakan kumpulan soal SKD online berbasis CAT secara gratis kapanpun dan dimanapun.

2. Simulasi CAT BKN

Simulasi CAT BKN - Cobain 3 Portal Online untuk Latihan Soal Tes CPNS

Badan Kepegawaian Negara (BKN) pun menyediakan portal online simulasi tes SKD CPNS 2019 berbasis  CAT. Untuk mengaksesnya, tinggal mendaftarkan diri melalui alamat website http://cat.bkn.go.id/. Isi form pendaftaran dan melakukan verifikasi email.

Dalam simulasi CAT CPNS, BKN menyediakan soal dengan jumlah; TKP 35, TWK 30, dan TIU 35. Kamu harus mengerjakan semua soal tersebut dalam kurun waktu 90 menit. Klik tombol SELESAI UJIAN ketika sudah menjawab semua pertanyaannya. Jika hasil simulasi CAT kurang dari passing grade, berarti tidak lulus SKD. Ulang terus simulasi hingga kamu berhasil memenuhi nilai ambang batas tersebut.

3. Arkademi

Arkademi - Cobain 3 Portal Online untuk Latihan Soal Tes CPNS

Selain dua portal online di atas, kamu juga bisa mengunjungi situs Arkademi. Arkademi adalah startup edukasi berbasis keahlian yang menyediakan kelas belajar dan kursus online. Kamu bisa mengaksesnya melalui website atau mobile app secara gratis pula.

Adapun soal yang disediakan Arkademi mengacu pada tipe soal CPNS di tahun-tahun sebelumnya. Jumlah soalnya pun berlimpah, diperkirakan ada ratusan soal yang dikumpulkan ke dalam bank data ada jumlahnya ini pun akan terus ditambah dari waktu ke waktu. Sehingga kamu bisa terus berlatih soal yang berbeda setiap harinya.

Masih ada waktu untuk belajar!  Sembari menunggu jadwal tes SKD keluar dari instansi yang kamu lamar, perbanyak latihan soal CPNS dari tiga portal online di atas.

(Baca juga: Krusial! Ini 5 Tahapan Seleksi CPNS Sampai Diterima)

Selain itu tips lainnya, lakukan survei tempat ujian agar tidak kehabisan waktu  mencari alamat di hari H. Mengenai dresscode, pakai kemeja putih polos lengan panjang, bawahan hitam polos, dan sepatu pantofel hitam. Jangan lupa juga membawa kartu ujian, KTP, dan dokumen persyaratan dalam satu map. Syarat ini amatlah penting karena petugas akan memeriksa semua kelayakan tersebut, sebelum dipersilakan mengikuti tes. Good luck!

Tentang kami

Sindhi Aderianti

Sindhi Aderianti Penulis yang kadang jadi pedagang